Pemrograman Berorientasi objek Java (IX307) Kontrak Perkuliahan Pemrograman Berorientasi objek Java (IX307)
Penilaian Aturan penilaian : KAT 40% UTS 30% UAS 30% Praktikum Tugas Quiz UTS 30% UAS 30%
Kehadiran Kehadiran minimal 75% dari jumlah kehadiran dosen, dengan pembulatan kebawah (sesuai aturan). C:dosen 12-14x, mhs max tdk masuk 3x C:dosen 11x, mhs max tdk masuk 2x Keterlambatan max 30 menit Kecuali sudah memeritahukan sebelumnya Kecuali dengan alasan yg jelas (minta ijin dosen apakah masih boleh masuk)
Referensi Savitch, Walter; “Java; An Introduction to Computer Science & Programing 3rd ed.”; Pearson Education Inc; 2004 ___; “Java Programming Language (SL-275); Sun Microsystem; 2005 Schildt, Herbert; “Java A Beginner’s Guide 3rd ed.; McGrawHill; 2005 Flanagan, David; “Java in a Nutshell 5th ed.”; O’Reilly; 2002 Eckel, Bruce; “Thinking in Java 3rd ed.” (or latest ed.); dl at:www.mindview.net ___; “The Java Developer’s Almanac 1.4 vol 1”; Addison Wesley; 2002 Albing,Carl; Schwarz, Michael; “Java™ Application Development on Linux”; Pearson Education; 2005 dll, termasuk buku berbahasa Indonesia
Referensi
Referensi
Materi yg akan dibahas Pengenalan Teknologi Java Dasar OOP Elemen Dasar Bahasa Java Array & String Class Design (Encapsulation, Inheritance) Polymorphism Advanced Class Features Exception & Assertion, I/O Stream & File JDBC Database Building GUI (AWT / Swing) GUI Event Handling
Alur Perkuliahan (1) Teori - Teori di lab - Tugas Teori Praktikum Latihan Praktikum Tugas Praktikum Soal Praktikum - Pembahasan Latihan, Tugas & Soal Prak Website bahan kuliah : http://benaiahsoenarto.wordpress.com/mcu-oop/
Alur Perkuliahan (2) > Tugas Praktikum : > Tugas Teori : Berupa rangkuman Kumpulkan pada saat Kuliah Nama file : Tugas_Teori1_Nama_NRP.doc > Latihan Praktikum : Berupa Program yg sudah jadi Nama file : Lat_Prak1_Nama_NRP.zip > Tugas Praktikum : Berupa Soal / Program Nama file : Tug_Prak1_Nama_NRP.zip > Soal Praktikum : Berupa Soal Program bisa langsung dikumpulkan / dinilai saat praktikum
Saran Pelajaran yg ada praktikum : Do it right for the first time Kesulitan dalam belajar bahasa pemrograman : Melatih logika Sintaks Teknik mahir memprogram : Latihan, latihan, dan latihan Baca buku (Pemrograman, Algoritma, Struktur data, Logika) Pelajari program orang lain