Man Machine Interface Oleh Umar Muhammad, MT.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Komponen Antarmuka Grafis
Advertisements

Taukhid Wisnu Broto, S.Kom, MT Tim Informatika ITB
Komponen Antarmuka Grafis. Indrawani S/SPK/ GRAFIS • Grafis menjadikan presentasi informasi lebih jelas dalam mengungkapkan arti dari data dan dapat.
Entry Data Aplikasi dengan Keyboard
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
E-LEARNING, I-LEARNING DAN FUNGSI MENU PULLDOWN PADA Ms. POWER POINT
RAGAM DIALOG.
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Perancangan Sistem Ana Kurniawati.
Membuat Data Base Kemahasiswaan
Konsep Dasar Database Database (basis data) adalah: sistem penyimpanan beragam jenis data dalam sebuah entitas yang besar untuk diolah sedemikian rupa.
Pembuatan Komponen Antar Muka Grafis
Merancang User Interface
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
KELOMPOK 10 PROYEK 5 Formulir Pembelian Buku Web / HTML
MENATA DATA.
KKPI KETRAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI 5 MENIT
Interaksi Manusia Dan Komputer
Database dalam Ms.Access
DATABASE Pert. 1 Pengenalan Microsoft Access Dosen : Dewi Octaviani, S
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
SISTEM OPERASI WINDOWS
Bina Sarana Informatika
Interaksi Manusia Dan Komputer
Pengenalan Sistem Operasi
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Pengenalan Visual Basic
BELAJAR MICROSOFT EXCEL 2007
MICROSOFT OFFICE EXCEL
PEMROSESAN DOKUMEN FILE DOKUMEN
PENGANTAR KOMPUTER & TI 2A
Ragam Dialog|pertemuan VI
Ragam Dialog|.
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
Louis Bertrand Secondra
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
KONSEP INTERFACE
Pengenalan Sistem Operasi
Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer
Operating System Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio Kelompok Teknologi Informasi dan komunikasi Penyusun : Ahadiat,S.ST Dadang Abdurrakhman,S.Pd.
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PROTOTIPE (Berkerja dengan Model Pertama)
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
Implementation Support
Oleh: Syukriya Al Asyik, S.kom
SCADA Pert V (Pengolahan Data )
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
OLEH : SONIA RUKMARDI SARI KELAS : X2
UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
KELOMPOK 10 PROYEK 5 Formulir Pembelian Buku Web / HTML
Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer
KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Pertemuan VI (Perangkat Lunak) Umar muhammad, MT
Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Bapsm-kalsel.or.id.
Ragam Dialog|pertemuan VI
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER HUMAN COMPUTER INTERACTION.
Komponen input dan output komputer
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2B
Transcript presentasi:

Man Machine Interface Oleh Umar Muhammad, MT. MMI Man Machine Interface Oleh Umar Muhammad, MT.

Pengertian Man-machine interface adalah perangkat dan sarana yang penting dari suatu pusat pengendalian dan pemantauan (monitoring) pada system seperti jaringan system tenaga listrik, sebagai media komunikasi antara operator dengan computer

Fungsi MMI Melihat/memantau keadaan system daya. Memasukkan atau merubah data Bernavigasi di antara fungsi - fungsi SCADA, EMS, DA dan sebagainya Memonitor dan mengendalikan peralatan system daya Memonitor dan mengendalikan konfigurasi system

Standar minimum Multi Window User Friendly Keseragaman User Interface Konsol operator Akses Pemakai Tampilan grafis Operator dialog Notepad Operator Fasilitas tampilan kurva tranding Hardcopy and logging Fasilitas untuk laporan-laporan Interoperability dengan aplikasi berbasis PC Tampilan Editor

Keseragaman User Interface Menu - menu dengan bahasa semantic yang sama Pengoperasian window-window yang sama Interaksi window - window yang sama Menggunakan mouse , tombol - tombol dan key board yang sama Penggunaan font - font dan warna grafis yang sama

Konsol operator Suatu konsol operator biasanya terdiri satu atau lebih layar tampilan, sebuah keyboard dan beberapa perangkat - perangkat penunjuk seperti mouse, tracking ball dan beberapa perangkat - perangkat pendukung lainnya seperti telepon, radio, dan fasilitas tempat membuat catatan - catatan seperlunya.

Konsol operator Manajemen window Pemakaian input device Tataletak layar Identifikasi tampilan dilengkapi dengan halaman display, b iasanya adalah nama gardu dan jenis informasi. Nomor halaman dalam bentuk x(y) bila terdiri lebih dari satu halaman per setiappenampilan. System atau subsistem yang memperlihatkan bagian dari system tenaga dimana operator sedang bekerja Hari, tanggal dan jam Alarm peringatan siaga yang paling mutakhir yang belum sempat di acknowledge operator Tanda display yang menunjukkan display mana yang sedang tersambung dengan keyboard Dinamyc function key yang menampilkan fungsi dari masing - masing display, yang berbeda untuk setiap tampilan Dialog field yang menampilkan pesan - pesan dari computer dan ruangan bagi operatoruntuk menuliskan suatu perintah. Pada display ini juga terdapat tempat menampilkan setiap tindakan operator yang tidak illegal. On-line help

Akses Pemakai Security Acces Log-on/log-off Kunci masuk Level system Level operator Log-on/log-off Kunci masuk Batas daerah wewenang

Tampilan Grafis (full Graphic display 1. Single line diagram 2. Tampilan tabulasi 3. Tampilan kurva trending Tampilan notepad Tampilan navigasi System berlapis Panning Pembesaran (zooming) Cluttering

Operator dialog Pemilihan Objek Pemasukan data

Note Pad Operator Pilih sebagian atau semua informasi yang dikehendaki pada layar dan tempatkan pada kotak note pad Penambahan teks-teks pada note Penambahan informasi grafis ke note pad Memilih elemen-elemen kedalaman jendela note pad Penyimpanan note

Fasilitas Tampilan Kurva Trending Track secara vertical ataupun horizontal Warna yang berbeda Warna yang berubah pada kondisi tertentu untuk mempertegas Menampilkan/ menghilangkan grid

Hard-Copy and Logging Printer-printer Hard-copy Plotter-plotter

Fasilitas untuk Laporan-Laporan Memungkinkan operator untuk mendefinisikan atau membuat report dengan data dari beberapa sumber Secara otomatis menghitung total dari kolom dan baris Memungkinkan untuk melakukan fungsi-fungsi numeric Secara periodic mengambil data dari database Memberikan kemampuan untuk menghitung nilai-nilai yang hilang dengan menggunakan nilai lampau yang sah.

Inter Operability dengan Aplikasi Berbasis Personal Computer Arsitektur sistem yang open harus memungkinkan system pengendalian berkomunikasi dengan aplikasi yang berbasis PC. Kemampuan ini memungkinkan PC untuk mengakses semua macam data-data real time, data-data hostoris, data-data hasil-hasil studi, dan sebagainya.

Tampilan Editor Bekerja secara visual Mampu mengedit dengan teknik multi window Interaktif Mempunyai berbagai font standar Mampu untuk membuat tampilan/obyek, tanpa bergantung kepada obyek di dalam database Dapat mengubah obyek secara off-line dan tidak mempengaruhi data on-line Dapat menyimpan data gambar dalam bentuk ASCII Dapat mengimpor data gambar dari format DFX.