MAKNA & PERAN SERTA FUNGSI IDEOLOGI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
WARGA NEGARA DAN PARTISIPASI POLITIK
Advertisements

Oleh: Leni Anggraeni, S.Pd., M.Pd.
Filsafat PANCASILA.
BUDAYA POLITIK Budaya politik pada hakikatnya merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat dengan ciri- ciri yang lebih khas. Istilah budaya politik.
SEJARAH, KEBUDAYAAN, IPTEK DAN MASALAH SOSIAL
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL
Kelompok 7 : Gaby Ananda Reksi Merantama Yeni Mustika Sari
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA
Teori perubahan sosial dan hukum
KONSEPSI DAN STRATEGI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS NASIONAL
Pendekatan/Perspektif dalam Sosiologi
Pancasila sebagai Ideologi Terbuka 12
TUJUAN MATA KULIAH PENGANTAR ARSITEKTUR
Beberapa Perspektif Sosiologi Politik
PEMIKIRAN TOKOH – TOKOH DALAM ILMU SOSIAL
Budaya Politik di Indonesia
WAWASAN NUSANTARA.
Oleh: RUSDIANTO UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA 2012
Bangsa Dan Negara (2) Pertemuan 04
PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN
Dasar-Dasar Perubahan Sosial
IDEOLOGI-IDEOLOGI DUNIA
Kelompok 5 : Bernandhika Kusuma Putri (08) Dhiana Indah Lestari (13)
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA
Latar Belakang, Konsep, Implementasi dan Tantangan
AGAMA DALAM PERUBAHAN SOSIAL
Pancasila Sebagai Ideologi nasional (2)
Pancasila Sebagai Ideologi nasional (2)
Ideologi yang Berkembang di Dunia
Sosiopsikologi Tradisi sosiopsikologi memandang individu sebagai mahluk sosial Tradisi pemikiran sosiopsikologi membantu kita memahami berbagai situasi.
Gimana Jadinya Negara Indonesia tanpa Ideologi Pancasila ?????
TOKOH DAN PEMIKIRANNYA TENTANG BIROKRASI
Budaya Politik.
PERTEMUAN 14 PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA.
KONSEPSI DAN STRATEGI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS NASIONAL
Sumber Perubahan sosial dan Modernisasi
BUDAYA POLITIK DI I N D O N E S I A
Teori-teori Sosial (Social Theories)
PENGERTIAN PARADIGMA Definisi paradigma
PANCASILA IDEOLOGI TERBUKA
Pancasila sebagai PARADIGMA KEHIDUPAN BERBANGSA & BERNEGARA
BUDAYA DAN ETIKA Perubahan lingkungan semakin turbulen, sistem dan subsitem organisasi menjadi makin terbuka dan tingkat persaingan semakin ketat dan.
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA 3
MATERI KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA
Pengaruh Ideologi Pancasila terhadap Ketahanan Nasional
MATERI KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA
Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA
PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN IDEOLOGI
Pendidikan dan kebudayaan
Pancasila sebagai sistem filsafat, perbandingan filsafat pancasila dengan sistem filsafat lainnya didunia.
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA
KOMUNIKASI SEBAGAI PROSES
IDEOLOGI Beberapa pendapat:
PANCASILA SBG IDEOLOGI TERBUKA PERANAN PERS DLM MASY. DEMOKRASI
Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA
Hakikat Manusia 9/16/ :07 PM.
Kedudukan dan Peran Pancasila bagi Bangsa Indonesia
Konsep dan pendekatan sosiologi
Teori-teori Hubungan Etnik
ETIKA PROFESI.
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL
PERKEMBANGAN IDEOLOGI BESAR DUNIA
WAWASAN NUSANTARA Latar Belakang, Konsep, Implementasi dan Tantangan.
B Y C HANDRA S ETIAWAN. Pendapat para ahli Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Budaya politik adalah pola sikap, keyakinan dan perasaan tertentu yang.
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI BANGSA DAN NEGARA
“PANCASILA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL”
Etika Komputer Tinjauan Umum bahan utama: Etika Komputer Teguh Wahyono.
Transcript presentasi:

MAKNA & PERAN SERTA FUNGSI IDEOLOGI MK. IDEOLOGI NEGARA PROGDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SEMESTER II FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

MAKNA IDELOGI BAGI NEGARA MENURUT M.IQBAL HASAN Konsensus tentang nilai dasar suatu masyarakat dalam bernegara. Gagasan dasar yang disusun secara sistematis dan menyeluruh mengenai manusia dan kehidupannya, utamanya hidup bernegara. Sebagai cita-cita sekaligus motivasi dalam sistem penyelenggaraan negara. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS

MAKNA IDELOGI BAGI NEGARA MENURUT ELLY M. SETIADI Mempunayai derajat yang tinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan. Mewujudkan asas kerokhanian dari pandangan dunia atau pandangan hidup yang harus dipelihara, dikembangkan, diamalkan, ditanamkan pada generasi agar lestari, diperjuangakan, dan dipertahankan sebagai landasan bernegara. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS

PERAN DAN FUNGSI IDEOLOGI BAGI BANGSA DAN NEGARA Menentukan Eksistensi Negara. Tanpa ideologi, suatu negara akan kehilangan arah, tujuan, dan strategi mewujudkan tujuannya. Memberi Gambaran Mengenai Masyarakat Bangsa yang Akan Direalisasi. Ideologi menjadi indikator keberhasilan negara dalam membangun masyarakatnya. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS

PERAN DAN FUNGSI IDEOLOGI BAGI BANGSA DAN NEGARA Alat Pengikat dalam Mempersatukan Bangsa. Ideologi dapat diterima oleh berbagai pihak karena didasarkan pada pemikiran rasional dan sistematis. Kepastian Tentang Masa Depan Bangsa. Ideologi berisi cita-cita dan harapan mengenai masa depan bangsa dan negara. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS

PERAN DAN FUNGSI IDEOLOGI BAGI BANGSA DAN NEGARA Patokan Bagi Warganegara Berprilaku. Ideologi berisi nilai-nilai bagaimana semestinya warganegara bertingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pengendali Konflik Sekaligus Integratif. Ajaran dan nilai-nilai dalam ideologi dapat digunakan untuk mengendalikan konflik, baik yang terjadi dalam diri sendiri maupu dengan orang lain. Sekaligus akan tercipta integrasi. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS

PERAN DAN FUNGSI IDEOLOGI BAGI BANGSA DAN NEGARA Sebagai Suatu Lensa, Cermin, dan Jendela dari Suatu Bangsa dan Negara. Lensa : Dengan Ideologi Seseorang dapat melihat dunia bangsanya. Cemin : Dengan Ideologi Seseorang dapat melihat dirinya sendiri. Jendela : Dengan Ideoplogi orang lain dapat melihat diri bangsa dan negara pemilik ideologi tersebut. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS

FUNGSI IDEOLOGI MENURUT M.IQBAL HASAN Struktur Kognitif >> Keseluruhan Pengetahuan yang Menjadi Landasan untu Memahami dan Menafsirkan Dunia dan Kejadiannya pada Alam Sekitar. Orientasi Dasar >> Wawasan yang Memberikan Makna serta Mewujudkan Tujuan dalam Kehidupan Manusia. Norma >> Pedoman dan Pegangan untuk Melangkah dan Bertindak. Bekal dan Jalan >> Sarana untuk Menemukan Identitasnya. Motivator >> Kekuatan Penyemangat dan Pendorong untuk Menjalankan dan Mencapai Cita-cita. Meidia Pendidikan >> Sarana untuk Memahami, Menghayati, dan Mempolakan Tingkah Laku Sesuai Orientasi dan Norma Ideologi tsb. 28 August 2018esuai A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS

FUNGSI POSITIF IDEOLOGI SECARA UMUM MENURUT STEVEN VAGO Memberikan Legitimasi dan Rasionalisasi terhadap Prilaku Hubungan-hubungan Sosial dalam Masyarakat. Sebagai Dasar atau Acuan Pokok Bagi Solidaritas Sosial dalam Kehidupan Kelopmpok atau Masyarakat. Memberi Motivasi bagi para Individu Mengenai Pola-pola Tindakan yang Pasti dan Harus Dilakukan. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS

FUNGSI IDEOLOGI MENURUT KARL MARX IDEOLOGI MERUPAKAN DISTORSI REALITAS Ideologi memunculkan distorsi yang dibuat oleh kelas dominan dalam masyarkat sebagai upaya sistematis untuk mempertahankan status quo Ideologi sebagai distorsi secara ontologis berakar pada filsafat materialisme, yang menyatakan bahwa bahwa bukan kesadaran yang menentukan kehidupan riil, tetapi kehidupan riil yang menentukan kesadaran. Karenanya dunia infrastrktural (nyata) yang akan menentuka tipe suprastruktural. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS

FUNGSI IDEOLOGI MENURUT KARL MARX IDEOLOGI MERUPAKAN DISTORSI REALITAS Ideologi sebagai ekspresi suprastruktural hanyalah rekayasa mental untuk mengelabuhi rakyat (kaum proletar). Bersaman ini, ideologi diidentikkan dengan negara, yang kemudian menjadi alat kelas dominan untuk menindas usaha proletar guna memperbaiki nasibnya. Ideologi dipandang sebagai imaginer yang kontras dengan realitas. Sementara realitas oleh Marx dan pengikutnya (Marxian) adalah praksis (kegiatan yang terisi dengan kegiatan produksi). 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS

FUNGSI IDEOLOGI MENURUT MAX WEBER IDEOLOGI SEBAGAI LEGITIMASI SOSIAL Setiap orde sosial selalu melibatkan dua fenomena pokok yang melekat pada tatanan sosial. (1). Adanya klaim otoritas bagi lapisan elit pemimpin, (2). Kepercayaan dan kepatuhan mayoritas warga masyarakat. Kedua fenomena dalam orde sosial tersebut selalu terdapat ketidakcocokan tertentu, terdapat kesenjangan bersifat laten. Ideologi berfungsi mengisi ketidak cocokan (presisi) tersebut dengan merekatkan kesenjangan (diskrepansi) yang ada guna melegitimasikan otoritas. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS

FUNGSI IDEOLOGI MENURUT RICOEUR IDEOLOGI SEBAGAI LEGITIMASI SOSIAL (Mempertajam argumen yang dikemukakan Weber) Adanya kesenjangan dalam masyarakat antara kepercayaan masyarakat dan tuntutan otoritas kelompok atau lapisan pimpinan. Unsur kepercayaan memberi andil lebih besar dari pada klaim otoritas yang dimiliki kelompok pemimpin/penguasa. Ideologi berfungsi mengisi kesenjangan antara kepercayaan dan otoritas penguasa dimaksud. Pengisian kesenjangan dimaksud menunjukkan perlunya teori baru mengenai Nilai Lebih (Surplus Value). 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS

FUNGSI IDEOLOGI MENURUT CLIFFORD GEERTZ IDEOLOGI BERFUNGSI INTEGRASI Manusia dalam kehidupan, tindakan, dan interaksi dengan sesamanya penuh dengan simbol, dan tidak bisa lepas dari dunia simbolik atau interaksi simbolik. Simbol dalam komunikasi bersifat arbiter (perantara) yang maknanya ditentukan berdasarkan definisi sosial bukan pewarisan biologis. Atau penemuan fisik atau sosial untuk menunjuk makna yang ikuti bersama. Interaksi simbolik berarti menggunakan simbol-simbol untuk membangun definisi realitas sosial yang dimiliki dan bagaimana realitas sosial tersebut menentukan tindakan sosialnya. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS

FUNGSI IDEOLOGI MENURUT CLIFFORD GEERTZ IDEOLOGI BERFUNGSI INTEGRASI Ideologi mengambil peran sebagai mediasi simbolik. Pemaknaan terhadap sismbol untuk membangun definisi realitas sosial dilandasi atau dijawai oleh nilai-nilai yang ada dalam ideologi dimaksud. Fungsi dasariah ideologi pada taraf simbolik tersebut, sehingga dapat memperlihatkan peran riilnya dalam membangun eksistensi sosial. Dengan demikian ideologi mempunyai hakekat integratif yang sanggup memelihara identitas sosial. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS

SISI ATAU FUNGSI NEGATIF IDEOLOGI MENURUT NAPOLEON BONAPARTE Doktrin yang bersifat Utopis dan Tidak Realistis. MENURUT KARL MARX Kesadaran palusu dan mewkili kepentingan kelas yang berkuasa dalam struktur kehidupan masyarakat. MENURUT M. IQBAL HASAN Terkait dengan totalitarianisme ideologi, yaitu pandangan dan nilai yang menentukan seluruh segi kehidupan manusia secara total, menuntut kehidupan dan tindakan manusiak secara mutlak harus sesuai garis ideologi, sehingga mengingkari kebebasan kodrati individu/pribadi. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS

A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS ISU KEMATIAN IDEOLOGI Isu Kematian Ideologi (Irrelevansi Ideologi) di antaranya dikemukakan oleh Daniel Bell >> Menolak kepercayaan umum yang menerima konsepsi menyeluruh tentang problematik sosial budaya sebagaimana diobesikan oleh berbagai ideologi sebagai cara bertindak manusia. Penolakan Daniel Bell berangkat dari kenyataan pengaruh perkembangan IPTEK, yang menjadikan manusia melangsungkan kehidupan dan prilakunya secara pragmatis. Artinya orang dalam hidup dan prilakunaya tidak lagi dimbimbing oleh nilai-nilai etik dan moral serta idealisme dalam ideologi. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS

A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS ISU KEMATIAN IDEOLOGI Tidak jarang pula pragmatisme dianut pula oleh sebuah negara, yang tercermin pada prioritas pembangunan ekonomi dan kemajuan fisik yang sangat kuantitatif. Namun kenyataan tersebut bukan berarti sebagai kematian ideologi. Menurut Mochtar Pabotiunggi >> Jika suatu negara merumuskan program untuk merubah masa lalunya ke masa kini atau masa depannya selaras dengan gagasan/cita-cita ideologinya, berarti negara tersebut masih mengakui ideologinya. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS

A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS ISU KEMATIAN IDEOLOGI Menurut Slamet Sutrisno >> Pengakuan terhadap ideologi bukan bersumber atas legitimasi formal atau yuridis, melainkan berbasis pada kepercayaan yang bersemayam dalam hati dan rasa warga masyarakat sendiri (Belief System) Menurut Sydney Hook >> Menggunakan contoh Amerika Serikat dan Uni Soviet (Waktu Itu), kedua negara tersebut memiliki kemajuan teknologi yang berimbang, namun dalam penanganan media masa berbeda, Amerika Serikat memberi kebebasan penuh pengelonya, sedang Uni Soviet sebaliknya. Faktor pokok yang membedkan pengelolaan tersebut adalah ideologinya. Artinya ideologi dikeduanegara tersebut masih hidup. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS