NOTASI UML DAN DIAGRAM-DIAGRAM UML

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Advertisements

ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
21-Aug-14 OO Concept E. Haodudin Nurkifli Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Kuliah 3 : Administrative dan Introduction 8 Oktober 2010.
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
Unified Modelling Language (UML)
PENGENALAN ANALISA SISTEM BERORIENTASI OBYEK
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
BY DR. HERI NUGRAHA. SE.MSi
Analisis Model.
Yang akan dipelajari Pengenalan UML Sejarah Singkat UML
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Pertemuan 1 Konsep Dasar OOAD
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Pertemuan 9 Metodologi Perancangan Multimedia
Terminologi Object Oriented Analaysis adalah metode analisis yang memeriksa requirements (syarat/keperluan yang harus dipenuhi suatu sistem) dari sudut.
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
UML (Unified Modelling Language)
Pengantar Perancangan Berorintasi Objek
OBJECTORIENTED ANALYSIS
Oleh : Veri Julianto, M.Si
Unified Modeling Language [UML]
Pertemuan 9 Metodologi Perancangan Multimedia
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Analisis Model.
Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek (OOAD)
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Thomas Andrianto, S.Si., M.Cs.
UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML )
Perancangan Sistem Informasi
Analisa dan Desain Berorientasi Obyek
Pengantar Object Oriented Analysis and Design
Object-Oriented Analysis (OOA)
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
PENGANTAR KE UML Dewi Sartika, M.kom.
PEMODELAN PROYEK (UML)
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGANTAR UML Citra N., S.Si, MT UNIKOM.
Rekayasa Produk (Perangkat Lunak)
Pemodelan Berorientasi Objek
Oleh : Sri Herawati, S.Kom
Pertemuan 7.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Analisis Model.
Pertemuan 2 Model Proses + Metodologi
Unified Modelling Languange (UML)
Unified Modeling Language (UML)
Pemrograman Berorientasi Objek
Statechart Diagram Febriardi Mahendra ( )
Pengantar Objek.
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML
PEMODELAN ANALISIS RPL – PERTEMUAN 5&6.
Perancangan dan Implementasi PL
Unified Modeling Language
Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom
Pemodelan Sistem PL.
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Analisa Desain Berorientasi Objek
TIM RPL Program Studi Teknik Informatika
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

NOTASI UML DAN DIAGRAM-DIAGRAM UML KELOMPOK 1: MAULIDA IRPAN RIVO AZWAR SURYANDI

1. OOD (Object Oriented Design) OOD mengubah model konseptual yang dihasilkan dalam analisis berorientasi objek memperhitungkan kendala yang dipaksakan oleh arsitektur yang dipilih dan setiap non-fungsional – teknologi atau lingkungan – kendala, seperti transaksi throughput, response time, run – waktu platform, lingkungan pengembangan, atau bahasa pemrograman.

Karakteristik dari Objek Objek Objek adalah benda secara fisik dan konseptual yang ada di sekitar kita. Sebuah objek memiliki keadaan sesaat yang disebut state. Objek dapat kongkrit, seperti halnya arsip dalam sistem, atau konseptual seperti kebijakan penjadwalan dalam multiprocessing pada sistem operasi. Dua objek dapat berbeda walaupun bila semua nilai atributnya identik.

Gambar 1. Macam-macam Objek

2. Pemodelan OMT yang dikembangkan oleh Rumbaugh didasarkan pada analisis terstruktur dan pemodelan entity-relationship. Tahapannya adalah analisis, design sistem, design obyek, dan implementasi. Keunggulannya adalah dalam penotasian yang mendukung semua konsep Object Oriented. 3. Kelas Objek Kelas merupakan gambaran sekumpulan Objek yang terbagi dalam atribut, operasi, metode, hubungan, dan makna yang sama. Suatu kegiatan mengumpulkan data (atribut) dan perilaku (operasi) yang mempunyai struktur data sama ke dalam satu grup. Kelas Objek merupakan wadah bagi Objek. Dapat digunakan untuk menciptakan Objek. Objek mewakili fakta/keterangan dari sebuah kelas.

Gambar 2. Kelas dan Objek

Istilah-istilah Objek Atribut : Data item yang menegaskan Objek. Operasi : Fungsi di dalam kelas yang dikombinasikan ke bentuk tingkah laku kelas. Metode : Pelaksanaan prosedur (badan dari kode yang mengeksekusi respon terhadap permintaan objek lain di dalam sistem).

2. OMT Object Modeling Technique(OMT) merupakan salah satu objek orientasi methodologi. Merhodologi adalah proses untuk menghasilkan PL terorganisir dengan menggunakan sejumlah teknik dan konversi notasi yang terdefenisi. Merupakan sebuah proses iteratif.

OMT (Object Modeling Techique ) Aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam OMT ini adalah: o Model Objek o Model Dinamis o Model Fungsional

3. OOSE (Object Oriented Software Engenering) Object-Oriented Software Engineering (OOSE) adalah desain perangkat lunak teknik yang digunakan dalam desain perangkat lunak dalam pemrograman berorientasi obyek. OOSE dikembangkan oleh Ivar Jacobson pada tahun 1992. OOSE adalah berorientasi objek pertama desain metodologi yang menggunakan kasus digunakan dalam desain perangkat lunak. OOSE adalah salah satu prekursor dari Unified Modeling Language (UML), seperti Booch dan OMT. Ini termasuk persyaratan, analisis, desain, implementasi dan model pengujian.Diagram interaksi mirip dengan diagram urutan UML. Diagram transisi seperti statechart diagram UML.

Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah OOSE (Object Oriented Software Engenering). Dalam OOSE, perancangan diimplementasikan dalam use case dan block.  Use case adalah kasus penggunaan perangkat lunak yang mungkin dilakukan oleh sistem luar atauuser atau kalau dalam OOSE disebut sebagai aktor.  

Sedangkan Block dalam hal ini dapat diartikan sebagai kelas yang akan membangun modul-modul dalam program, jika rancangan perangkat lunak diwujudkan menjadi perangkat lunak yang sesungguhnya. Inilah menariknya desain OOSE, yaitu ia sangat dekat sekali dengan implementasi atau proses coding.