Pendahuluan Secara konvensional komputer didefinisikan berdasarkan antarmuka (interfaces) yang tedapat pada beberapa lapisan tingkat abstraksi (leyered abstraction level) Masing-masing level mempunyai fungsi yang mendukung predecessor-nya Termasuk pada masing level program aplikasi, bahasa tingkat tinggi dan sekumpulan instruksi mesin.
Interfaces Layer Berdasarkan interface antar tingkat sistem yang berbeda, sejumlah definisi arsitektur komputer dapat dinyatakan : Interface antara program aplikasi dengan bahasa tingkat tinggi disebut sebagai language architecture Interface antara instruksi mesin dasar dengan runtime dan kontrol I/O disebut dengan Instruction set architecture
View Point Difinisi lain dari arsitektur komputer dibangun atas empat sudut pandang yang berbeda, yaitu : Struktur Organisasi Implementasi Performance.
View Point… Struktur didefinisikan sebagai interkoneksi berbagai jenis komponen hardware Organisasi didefinisikan sebagai proses dinamik (dynamic interplay) dan manajemen dari berbagai komponen. Implementasi didefinisikan sebagai rancangan lengkap (detailed design) dari komponen hardware Performance menjelaskan perilaku dari sistem komputer.
History Empat dekade perkembangan Komputer Fitur Batch Time-Sharing Desktop Network Decade 1960-an 1970-an 1980-an 1990-an Lokasi Computer room Terminal Room Mobile User Expert Specialist Individual Group Data Alphanumerik Text, Bilangan Fonts, Grafik Multimedia Tujuan Kalkulasi Akses Presentasi Komunikasi Interface Punched Card Keyboard & CRT See & Point Ask & Tell Operasi Proses Edit Laupot Orchestrate Konektivitas None Kabel Periperal LAN Internet
Perkembangan Arsitektur Perkembangan Arsitektur komputer cendrung mengacu pada peningkatan kinerja arsitekturnya. Berkembang dalam berbagai wujud Single Instruction Complex instruction set computers (CISCs) Reduced instruction set komputer (RISCs)
Perkembangan Teknologi Perkembangan teknologi komputer merupakan suatu pertumbuhan yang sulit diprediksi Perkembangan teknologinya sejalan dengan perkembangan teknologi chip SSI (small scale integrated) MSI (medium scale integrated) LSI (large scale integrated) VLSI (very large scale integrated) WSI (wafer scale integrated)
Perkembangan Teknologi… Integration Technology Jumlah Device Fungsi SSI Bipolar 10 – 20 Gerbang dan flip-flop MSI Bipolar & Mos 50 – 100 Adder dan Counter LSi 100 – 10.000 ROM & RAM VLSI CMOS 10.000 – 5 jt Prosessor WSI > 5 jt DSP & Kegunaan khusus
Pengukuran Kinerja Jumlah clock CPU yang digunakan untuk mengeksekusi suatu job disebut dengan cycle count (CC), cyle time dengan CT dan frekuensi clock dengan f. Waktu yang dibutuhkan oleh CPU untuk mengeksekusi suatu job dapat dihitung dengan persamaan : CPU time = CC x CT == CC/f
Pengukuran Kinerja… Namun akan lebih mudah untuk menghitung jumlah instruksi yang telah dieksekusi diberikan sebagai perbandingan untuk menghitung jumlah CPU clock cycles yang dibutuhkan untuk mengeksekusi program tersebut. Dengan demikian akan diperoleh jumlah rata-rata clock cycles per instruction (CPI)
Pengukuran Kinerja… Untuk menghitung Clock Cycles per instruction (CPI) dapat digunakan persamaan : Sehingga diperoleh : CPU time = Instruction count x CPI x Clock Cyle time
Pengukuran Kinerja… Dengan menggabung persamaan di atas akan diperoleh : Dengan demikian nilai CPI untuk setiap instruksi dapat dihitung :
Pengukuran Kinerja Pengukuran kinerja lainnya adalah dengan mengukur MIPS (million instruction per-secondI), yaitu rat-rata eksekusi instruksi per-satuan waktu, dengan persamaan :
Pengukuran Kinerja Million floating point per second (MFLOP), adalah rata-rata eksekusi instruksi floating point per-satuan waktu, juga sering digunakan untuk mengukur kinerja mesin.
Tugas Cari pengertian dari semua kata yang diberi garis miring dari slide awal, kecuali persamaan. Berdasarkan tabel perkembangan komputer, jelaskan trend komputasi 20 tahun terakhir. Limit tugas tgl 28 september jam 23.59 WIB.