DIGITAL PUBLISHING – iii

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kategori Desain Grafis
Advertisements

Desideria Cempaka WM, S. Sos., M. A
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Perancangan Sistem Informasi Terstruktur (3 SKS)
Persepsi Dalam Dunia iklan
PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Interaksi Manusia dan Komputer
1.2Tujuan Tujuan dari pengembangan produk ukiran dari suku Kamoro, Timika adalah untuk dapat menjadi produk ukiran yang memiliki suatu ciri khas dan berbeda.
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI.
Pemasaran Jasa Pelayanan Kesehatan (MNP101)
Digital Publishing 3 Wayfinding Tugas Pertemuan 02
Pertemuan 10 Understanding Marketing Strategies on Internet 1.
KONSEP PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Komponen / Elemen Desain Grafis
Pengertian Identity Manual Pertemuan 10
“ Berkarya Walau Sekecil Apapun ”
Digital Publishing 3 Logo + Packaging Ratna Cahaya, M. Rizaldi, Zamzami A Tugas Pertemuan 04.
Digital Publishing 3 Wayfinding Ratna Cahaya, M. Rizaldi, Zamzami A Tugas Pertemuan 03.
Digital Publishing 3 Logo + Packaging Materi Pertemuan 04
PROFILE BOARDS DAN VISUAL APPROACH BOARD Pertemuan 9
DIGITAL PUBLISHING – iii LOGO
Ema Kartika sari Resume 26 Sept. – 3 Okt
Pengenalan desain grafis 2
Pertemuan 1 Kontrak Perkuliahan
ANALISA KINERJA SISTEM
MATA KULIAH kEWIRAUSAHAAN
CLOSURE, SIMILARITY, CONTINUANCE Pertemuan 5
Doris Febriyanti, S.IP, M.Si
Prinsip Dasar Desain Web
SISTEM OPERASI Dosen Pengampu : Erfanti Fatkhiyah, ST., M.Cs.
NOVIA KENCANA, S.IP, MPA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN “Pertemuan I : Pengantar Materi dan Silabus Pendidikan Kewarganegaraan.
PENDEKATAN RPL UNTUK INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER
METODE REPRODUKSI GRAFIKA I ANNAS M. S, S.SN
DESAIN SISTEM Muhammad Taqiyyuddin Alawiy, ST., MT TEKNIK ELEKTRO
TESTING & IMPLEMENTASI SI
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Issa Arwani, S.kom, M.sc. Vokasi UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG
LOADING
SISTEM BASIS DATA H. Batkunde, S.Si, M.Si.
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Konsep kewirausahaan BY : SUTEGO.
Pertemuan 8 TEORI GESTALT
ENVELOPE REVIEW Approval to client: JPG, RGB, 72 dpi
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
Komponen / Elemen Desain Grafis
GRAPHIC DESIGNING.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Mengenal produk kerajinan limbah tekstil dan desain pengemasannya
Membuat Infografis (Praktek Membuat Infografis dengan Pictochart)
Teaching Plan Rearrangement Software engineering week 8-14 Kelompok A dan A kelompok A
TESTING & IMPLEMENTASI SI
METODOLOGI PENELITIAN- PERTEMUAN 1
Universitas Negeri Semarang
Digital Publishing 3 Tugas Pertemuan 01
Infografis (Infographics)
MATERI PERKULIAHAN SISTEM OPERASI
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
STRATEGI DESAIN Pertemuan 8
BAHASA VISUAL Rudi irawanto.
Pengantar DKV Ratih Pertiwi, M. Ds Pertemuan 9
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
Abdu Hari Wijaya Nurul Fajri
BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG
Pemrograman Web Dasar (4 SKS)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER. PENGERTIAN DESAIN  Desain adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk.
KONTRAK KULIAH KOMTING : BAGAS UTS : 30% UAS : 30% TUGAS : 35%
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
PPG DALAM JABATAN Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF STORYBOARD.
Transcript presentasi:

DIGITAL PUBLISHING – iii Ratna Cahaya Rina, .S. Sos., M.Ds.

Rencana kegiatan belajar Infografis Logo Packaging Majalah

Penilaian Tugas 50% UTS 20% UAS 30% Tugas individu (kualitas, ketepatan waktu) Tugas kelompok (kualitas, ketepatan waktu, kerjasama) Sikap (partisipasi, kedisiplinan, kejujuran) UTS 20% UAS 30%

Penilaian Kualitas Kemampuan menerapkan prinsip desain 20% Kesesuaian konsep dengan tujuan 20% Kreativitas mencari solusi 20% Efektivitas dan prosedur kerja 20% Kerapihan 20% TOTAL 100%

Digital publishing – iii Infografis-1 Mohammad Rizaldi S.T., M.Ds

The Information Design Handbook, O’Grady & Ken Visocky Infographics: The Power of Visual Storytelling, O’Grady & Ken Visocky

Apakah infografis? Informasi desain membuat informasi rumit menjadi lebih mudah dipahami dan digunakan --AIGA Penyajian informasi yang jelas dan efektif. Melibatkan pendekatan interdisipliner (komunikasi, grafik desain, psikologi, inovasi teknis dan non-teknis, teori komunikasi, dan studi budaya) -- Frank Thissen

Statistics Applications: presenting company information, industry research. Source: http://www.flickr.com/photos/gdsdigital/4361707483/

Applications: illustrating thought leadership or philosophy. Concepts Applications: illustrating thought leadership or philosophy.

Models Applications: business process, service offerings. Source: David Armano, EdelmanDigital.com

Applications: ideas, concepts, scenarios, culture. Cartoons Applications: ideas, concepts, scenarios, culture.

Information Applications: industry resources, specs, “cheat sheets”, comparisons Source: http://jess3.com/the-blog-tree/

Applications: evolution, progress, history, schedules. Timelines Applications: evolution, progress, history, schedules. Source: http://conversations.nokia.com/2011/02/10/social-media-week-inside-nokia/?mobile

Sejarah Infografis Petroglyph Ancestral Puebloans – Amerika Barat

Sejarah Infografis Pictographic – bangsa Sumeria

Sejarah Infografis Cartograph

Sejarah Infografis Grafik dan diagram – William Playfair

Sejarah Infografis ISOTYPE (International System of Typographic Picture Education)– penyajian data sosial ekonomi menggunakan simbol

Sejarah Infografis ISOTYPE

Sejarah Infografis Pameran interaktif

Sejarah Infografis Website

Aplikasi infografis Kalender

Aplikasi infografis Timeline

Aplikasi infografis Grafik dan diagram

Aplikasi infografis Pameran

Aplikasi infografis Signage

Aplikasi infografis Signage

Aplikasi infografis Environment

Aplikasi infografis Ikon, simbol

Aplikasi infografis Interface digital

Aplikasi infografis Interface fisik

Aplikasi infografis Peta

Aplikasi infografis Narativ

Aplikasi infografis Ilustrasi teknis

Aplikasi infografis Tutorial dan instruksi

Aplikasi infografis Website

Aplikasi infografis Media interaktif

Infographic Kegunaan Kekuatan Keindahan Consideration + Inspiration + Perspiration = Good Infographic Websites Books Peoples Surrounding Knowledge Principal & Elemen Tools Data Audience Resources

Strategi desain infografis Pahami: Proses memori manusia Prinsip persepsi Gestalt Hierarki visual Jenis Media

Strategi desain infografis (1) Gunakan warna kontras & dinamis untuk menarik perhatian Kontras dalam hue, value, saturation dan intensity

Strategi desain infografis (1)

Strategi desain infografis (1)

Strategi desain infografis (1)

Strategi desain infografis (1)

Strategi desain infografis (1) @@@@@@@@@@ %%%%%%%%%%%%%

Strategi desain infografis (1)

Strategi desain infografis (1) Pilih asosiasi (simbol, warna, tanda, layout) yang familiar Menyesuaikan dengan budaya Contoh, ragam warna duka di berbagai bangsa Western Thailand South Afrika Mesir

Strategi desain infografis (1) Mempermudah audiens memanggil kembali informasi yang tersimpan dalam memorinya

Strategi desain infografis (1) Gunakan tanda (ikon, simbol atau indeks) sesuai dengan target audiens Ikon lebih literal Mobil diwakili oleh gambar yang aktual seperti mobil Simbol lebih abstrak Tidak mewakili bendanya. Misalnya tanda biohazard Indeks, berkaitan dengan yang diwakili Hujan, diwakili dengan tanda payung Jangan membuat dekorasi, buatlah desain

Tugas 1 Kelompok Buat sistem grafis Universitas Multimedia Nusantara

Ketentuan Tugas 1 Kelompok Perkelompok terdiri dari 3 mahasiswa Data dan Sketsa turut disertakan File akhir dalam bentuk PDF Tugas Dikumpulkan 2 Minggu kemudian Pengumpulan yang Terlambat TIDAK AKAN dinilai

Tugas 1 (individu) Buat infografis terkait kondisi perkuliahan atau fisik UMN

Ketentuan Tugas 1 (individu) Buat Format fisik dengan ukuran Mini (Skala) Perkirakan jenis bahan dan peletakan infografis dengan Digital Imaging. Tulis analisis dengan size A4, font Calibri 12 pt, spasi 1 kumpulkan dalam format PDF Tugas Dikumpulkan pada pertemuan kedua Pengumpulan yang Terlambat TIDAK AKAN dinilai

End of slide Terima Kasih!