Computer Software Perangkat Lunak Materi 3 Computer Software Perangkat Lunak
Outline (Kerangka Materi) Signifikansi Peranti Lunak Peranti Lunak Sistem Peranti Lunak Aplikasi Isu-isu Peranti Lunak Bahasa Pemrograman Pengembangan Peranti Lunak TG 1
3.1. Signifikansi Peranti Lunak Peranti keras komputer akan berfungsi secara efektif sesuai dgn instruksi yg diberikan dan instruksi tersebut ada dlm peranti lunak. Ada 2 jenis utama dari peranti lunak : Peranti lunak sistem. Serangkaian instruksi yg khususnya menjadi penghubung antara peranti keras komputer dgn program aplikasi, menyediakan fungsi2 penting yg dapat diatur sendiri oleh sistem komputer. Contoh : Sistem Operasi Windows OS, Linux OS, Unix OS, Tiger OS. Symbian OS, Palm OS. Peranti lunak aplikasi. Rangkaian instruksi komputer yg menyediakan fungsionalitas yg lebih khusus dari pengguna (pengetikan, program penggajian). Contoh : MS Office, Corel Draw, Accurate, Antivirus, dll. Program Komputer : Urutan instruksi untuk komputer yang membentuk peranti lunak. TG 1
Software Peranti Lunak System Software Peranti Lunak Sistem Application Software Aplikasi Software Peranti Lunak TG 1
Keterkaitan Peranti Lunak Komputer User Interface Application Programs User Interface Operating System User Interface Basic Input and Output Services (BIOS) dibutuhkan komputer untuk boot up Computer Hardware TG 1
3.2. Peranti Lunak Sistem Merupakan program yang menunjang eksekusi dan pengembangan program-program lainnya. 2 (dua) tipe utama Sistem Sistem : - Operating systems (Sistem Operasi) - Translation systems/sistem translasi (compilers & linkers) Dalam komputer, sistem operasi merupakan kode komputer yang mengendalikan operasi internal dari komputer. Kode tsb yang membuat komputer berjalan/bekerja. Peranti lunak sistem mrpk kelas program yg mengendalikan dan mendukung sistem komputer dan aktivitas pemrosesan informasinya. TG 1
Klasifikasi Sistem Operasi Sistem operasi diklasifikasikan dlm beberapa jenis ber-dasarkan jumlah pengguna yg didukungnya serta tingkat kecanggihannya, sbb.: a. Sistem operasi untuk peralatan mobile (HP, PDA, Smartphone), contoh : Palm OS, Symbian OS, Windows CE, Windows Mobile 2005, Java b. Sistem operasi untuk komputer kecil, contoh : WinXP, Vista, Linux, Lindows, MacOS Tiger X, c. Sistem operasi untuk komputer besar, contoh : Solaris, Unix, TG 1
Sistem Operasi Komputer yang Populer DOS - MS DOS, IBM DOS Windows (95, 98, ME, 2000, XP, Vista) – ditemukan pada era PC tahun 90an, 2000an Mac-OS – dijumpai pada Mac Computers Linux – dijumpai pada sedikit PC (terutama di lingkungan pengguna opensource) Unix – digunakan oleh komputer mainframe Solaris – digunakan oleh power PC/super komputer SUN PalmOS – digunakan pada PDA / PDA Phone Symbian OS – digunakan pada HP / Smart Phone Window Mobile – sda TG 1
Operation System Software Tampilan Windows Vista / Longhorn
Tampilan IBM UNIX/AIX- OS TG 1
Tampilan Amiga OS TG 1
Tampilan Apple Mac OS / Tiger X TG 1
Tampilan Sun-OS Solaris TG 1
Translation System (Sistem Penterjemahan) Suatu rangkaian program yg digunakan untuk mengembangkan peranti lunak. Tipe2 translator/penterjemah: Compiler Linker Contoh2 : Microsoft Visual C++, Borland C++, g++
3.3. Peranti Lunak Aplikasi Merupakan program2 yang dirancang mudah digunakan untuk menjalankan tugas2 spesifik. Peranti lunak Aplikasi membuat komputer populer dan mudah digunakan. Peranti lunak aplikasi umum : Microsoft Word, WordPerfect PowerPoint Netscape, Internet Explorer PhotoShop, Photo-Paint Quick Time Dreamweaver TG 1
Jenis-jenis Peranti Lunak Aplikasi : a. Peranti lunak aplikasi kepemilikan (propietary) Mrpk peranti lunak yg memenuhi kebutuhan bisnis khusus atau unik dari suatu perusahaan. Program peranti lunak ini sering disebut sebagai peranti lunak kontrak. b. Peranti lunak aplikasi off-the-shelf Peranti lunak yg dibeli, dikontrak, atau disewa dari vendor yg mengembangkan program dan menjualnya ke berbagai organisasi; dapat bersifat standar atau sesuai kebutuhan. Peranti lunak ini diarahkan pada peranti lunak aplikasi personal, yg meliputi : spreadsheet, manajemen data, pengolah kata, desktop publishing, grafis presentasi, grafis analisis, desain komputer/CAD. TG 1
3.4. ISU-ISU PERANTI LUNAK Kerusakan Peranti Lunak (bug) Peranti lunak “allien” pestware/malware/scumware, meliputi : a. Adware iklan pop up b. Spyware pencari password/sandi c. Spamware penyusup sistem Evaluasi dan seleksi peranti lunak Lisensi peranti lunak Pembaruan peranti lunak Sistem terbuka Peranti lunak open source TG 1
3.5. Bahasa Pemrograman Bahasa pemrograman menyediakan blok bangunan dasar untuk semua sistem dan peranti lunak aplikasi. Macam-macam bahasa pemrograman : Bahasa mesin Bahasa rakitan / assembly Bahasa prosedural Bahasa non prosedural Bahasa pemrograman visual Bahasa Hipertext Markup (HTML) Bahasa Extensible Markup (XML) Componentware Bahasa Permodelan Virtual Reality (VRML) Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek Bahasa Permodelan Unified (UML) TG 1
COMPUTER LANGUAGE (Bahasa Komputer)
MACHINE LANGUAGE (Bahasa Mesin) Setiap komputer memliki bahasa mesinnya sendiri, yg dibuat dari aliran 0-an dan 1-an karena circuit internal komputer dibuat dari switch/saklar, transistor dan perangkat elektronik lain yang hanya bekerja dlm 2 status : off atau on. 0 merepresentasi status off; 1 merepresentasi status on.
Program Bahasa Mesin menggunakan Sistem Biner 00000000 00000100 0000000000000000 01011110 00001100 11000010 0000000000000010 11101111 00010110 0000000000000101 11101111 10011110 0000000000001011 11111000 10101101 11011111 0000000000010010 01100010 11011111 0000000000010101 11101111 00000010 11111011 0000000000010111 11110100 10101101 11011111 0000000000011110 00000011 10100010 11011111 0000000000100001 11101111 00000010 11111011 0000000000100100 01111110 11110100 10101101 11111000 10101110 11000101 0000000000101011 00000110 10100010 11111011 0000000000110001 11101111 00000010 11111011 0000000000110100 01010000 11010100 0000000000111011 00000100 0000000000111101 TG 1
Bahasa Mesin Contoh instruksi bahasa mesin : 00000101 00010000 00000000 Operasi Nilai Untuk tambah Operan 1st menyimpan hasil TG 1
SYMBOLIC LANGUAGE (Bahasa Simbolik) Simbol2 merepresentasi instruksi2 bahasa mesin. Program khusus yg dikenal dgn assembler menterjemah-kan kode simbolik ke dlm bahasa mesin, yg kemudian juga dikenal sebagai assembly language. entry main, ^m<r2> subl2 #12,sp jsb C$MAIN_ARGS movab $CHAR_STRING_CON pushal –8(fp) pushal (r2) calls #2,read pushal –12(fp) calls #2, read mull3 –8(fp), -12(fp), - pusha 6(r2) calls #2, print clrl r0 ret
HIGH-LEVEL LANGUAGE (Bahasa Tingkat Tinggi) Portabel utk banyak macam komputer, membiarkan programmer untuk berkonsentrasi pada masalah yang ada dibanding memikir keruwetan komputer. Membebaskan programmer dari detil bahasa assembly/perakitan Berbagi satu hal dengan bahasa simbolis: mereka harus di-compile untuk mengkonversi ke bahasa mesin. #include <iostream> using namespace std; int main (void) { // Local Declarations int number1; int number2; int result; // Statements cin >> number1; cin >> number2; result = number1 * number2; cout << result; return 0; } // main
3.6. Pengembangan Peranti Lunak Aktivitas2 Utama Editing (menulis program) Compiling (mencipta file .obj) Mengkaitkan dgn file2 yg dikompail (mencipta file .exe) File2 Object Modul2 Library Loading dan executing Testing program Compile Link Library routines Other object files Think Edit Load Execute Source Program
Lingkungan2 Pengembangan Terintegrasi Mengkombinasi semua kemampuan seorang programer sedang/akan mengembangkan peranti lunak (VC++) Editor (Pengedit) Compiler (Kompiler) Linker (Pengkait) Loader (Pengumpan) Debugger (Pengurai) Viewer (Penayang)
Program Pertama Kita // a simple program #include <iostream> using namespace std; int main() { cout << "Hello world!" << endl; return 0; } Comments Fungsi nama utama() menandai start program Pernyataan Print Eksekusi End dari utama () yg mengkhiri program TG 1
Ringkasan TG 1