IMPLEMENTASI PENGAWASAN PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH DENGAN METODA GAMIFIKASI UNTUK MEMINIMALISIR MANIPULASI DATA Nabila Ariani.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MOTIVASI WIRAUSAHA Motivasi merupakan dorongan atau stimulus yang ada pada individu untuk melakukan kegiatan tertentu Motivasi merupakan salah satu pendorong.
Advertisements

TITIK PUSAT PEKERJAAN & MOTIVASI. Pegawai tua perlu dimotivasi Kecenderungan pegawai yang menua telah diketahui, tetapi implikasi spesifik di tempat kerja.
StoryBoard.
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
PROSEDUR PELAKSANAAN LESSON STUDY. Lesson Study Lesson Study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif.
BASIC 6.0. APLIKASI GAMES TEBAK ANGKA DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL
Konsep & Prinsip Analisis
UPACARA PENGANTIN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR OLEH `
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA
MOTIVASI DAN KEBUTUHAN Febriantina Dewi
Materi 11 Teori Penggerakkan.
PENGERTIAN MANAJEMEN.
XI . PEMBAHASAN MJN KOMPENSASI
Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi.
TITLE.
Materi Motivasi.
Mengevaluasi Efektivitas Iklan
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Intervensi Organisasi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pengambilan Keputusan Konsumen
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
KEWIRAUSAHAAN Pertemuan III Materi : Motivasi dalam Kewirausahaan.
INSTRUMENT/KUISIONER,
PRAKTEK MENGAJAR IPS SD FKIP UNIVERSITAS ESA UNGGUL
Perilaku konsumen Proses keputusan konsumen: proses pasca pembelian, kepuasan konsumen, dan komitmen. Hadi Permana Aldi Indra Gunawan
Pengelolaan SDM di Perusahaan
Sepatu Ardiles, Bonus Game Berhadiah
MOTIVASI (PROSES) KELOMPOK 5 : ACINTA BUNGA PUTRI
METODE PEMBELAJARAN DEBATH.
(GROUP INVESTIGATION)
JABATAN PROFESIONAL DAN TANTANGAN GURU DALAM PEMBELAJARAN
StoryBoard
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
PRAKTEK MENGAJAR IPS SD (3) FKIP UNIVERSITAS ESA UNGGUL
Materi : MOTIVASI DAN KOMUNIKASI.
MEMPENGARUHI KARYAWAN DENGAN UPAH DAN PENILAIAN PRESTASI KERJA
Part 7 Kepemimpinan.
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
5 Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Mengerjakan PR
PERANCANGAN INTERFACE DAN SKENARIO GAMIFIKASI PADA APLIKASI GO-VOTE
PROSES PEMBELAJARAN Implementasi Kurikulum
Pengembangan RPP.
Konsep Dasar Teori Belajar dan Pembelajaran
PENETAPAN TUJUAN ORGANISASI
Progress minggu ke 3 “Development of Smart Games as a Self- Rehabilitation Support Facilities for Pre-Elementary Student with Cerebral Palsy based on.
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
PROSEDUR PELAKSANAAN LESSON STUDY
PETUNJUK TEKNIS PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
PROSEDUR PELAKSANAAN LESSON STUDY
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS VII.3 SMPN 30 PADANG.
TITLE.
Title.
APLIKASI GAME RAPIC DENGAN MENGGUNAKAN J2ME Arlinah,
Title.
ALGORITMA PEMROGRAMAN DOSEN : KARTIKA DWI PUTRI, S.KOM.
Transcript presentasi:

IMPLEMENTASI PENGAWASAN PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH DENGAN METODA GAMIFIKASI UNTUK MEMINIMALISIR MANIPULASI DATA Nabila Ariani

Kenapa menambahkan gamifikasi? Partisipasi masyarakat selama ini kurang Seseorang akan lebih tertarik menggunakan aplikasi apabila ada sesuatu yang menantang dan menyenangkan Semakin banyak orang berpartisipasi, maka data yang didapat juga lebih valid

Metode Gamifikasi Gamifikasi adalah sebuah konsep yang mengadopsi elemen-elemen dalam games kedalam sebuah kegiatan atau proses yang bukan game, pada prinsipnya gamifikasi mempunyai tujuan untuk meningkatkan retensi, atensi serta interaksi antara pengguna dengan sistem. Metode ini bekerja dengan cara membuat materi atau teknologi menjadi lebih menarik, memotivasi dan menghibur dengan mendorong pengguna untuk ikut terlibat dalam perilaku yang diinginkan. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan partisipasi, motivasi, dan prestasi audiens.

Gamifikasi Beberapa fitur atau teknik antara lain: Fitur “Badges“ Contohnya seperti pada aplikasi Foursquare, “badges” atau “title” akan diperoleh setelah melakukan beberapa misi tertentu seperti “check-in” di tempat A sebanyak 3 kali. Fitur Level Pengguna akan lebih tertantang bila dapat menyelesaikan misi dengan tingkatan level yang berbeda (makin lama makin sulit). Progress bar Biasanya menunjukkan posisi pengguna, sudah seberapa dekat mereka dengan “achievement” (penghargaan), level selanjutnya, atau hadiah yang akan diperoleh. Leaderboards Diciptakan bagi orang-orang yang cenderung ingin memamerkan dan membanggakan diri, menunjukkan bahwa merekalah yang paling hebat (dengan menunjukkan perolehan “title” atau poin yang paling banyak). Virtual Currency Virtual Currency atau uang virtual digunakan untuk membeli fitur-fitur tambahan yang ada pada aplikasi atau produk, atau hanya sebagai “alat pamer” kepada pengguna lainnya. Gifting, awarding, redeeming, trading Pengembang aplikasi atau produk tidak perlu memberikan hadiah berupa material, tapi cukup memberikan hadiah dalam bentuk virtual. Pengguna bisa juga menukarkan hadiah virtual dengan material nyata dengan beberapa ketentuan, misal mengumpulkan 10 hadiah virtual yang kemudian dapat ditukarkan 1 hadiah yang telah ditentukan oleh pihak pengembang.

Terima Kasih