02 |Introduction to OpenGL

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
Advertisements

02.1 Angel: Interactive Computer Graphics 4E © Addison-Wesley 2005 Models and Pipelines Architectures Komputer Grafik.
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Grafik 3D.
Pemrograman Generasi Ke 4
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
Manajemen Prinsip Dasar Input/Output
Pengenalan Software (perangkat lunak)
Pertemuan Keempatbelas Dukungan Implementasi
Praktikum Grafika Komputer
Grafika Komputer (TIZ10)
CORBA “Common Object Request Broker Architecture”
Yanuar Nurdiansyah, ST., M.Cs
FUNGSI DAN KOMPONEN SIG
OPERASI DASAR KOMPUTER dan PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 4 SKS
PROSES DESIGN SISTEM BASIS DATA
BGI (Borland Grafik Interface)
Eriq Muhammad Adams J | 03 |Primitives Eriq Muhammad Adams J |
Ida Bagus Surya Dharma,S.Kom
Perangkat Lunak Software. Perangkat Lunak merupakan sekumpulan aturan yang digunakan untuk menjalankan perangkat keras terdiri dari kumpulan istruksi.
Imam Cholissodin| 04 |Transformations Imam Cholissodin|
1 Pertemuan 1 Introduction Matakuliah: sistem Operasi Tahun: 2010.
Tutorial Matlab Ref : Analisa Numerik Tutorial Matlab Ref :
Eriq Muhammad Adams J | 04 |Transformation Eriq Muhammad Adams J |
PENGENALAN PEMROGRAMAN APLIKASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Pertemuan 1 D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo.
02 |Introduction to OpenGL
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
CMOS DAN BIOS.
Introduction to Java Programming Teguh Sutanto, M.Kom. Sistem Informasi STIKOM Surabaya 2012.
MANAJEMEN DEVICE.
Java GUI Container Pertemuan 2
Struktur Sistem Komputer
Pengenalan Game Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika
Imam Cholissodin| 07 | Texture Mapping Imam Cholissodin|
Arsitektur Sistem Operasi (Windows)
Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
ABAP.
COMPUTER GRAPHICS D10K-5C01 GK09: OpenGL Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS.
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
OPERASI DASAR KOMPUTER dan PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI
Design Basis Data Kelompok 9
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
7 DATABASE Client/Server Wiratmoko Y, ST C H A P T E R
PERANGKAT – PERANGKAT KOMPUTER
Materi 1. Konsep dasar, pembuatan dan aplikasi multimedia
DEFINISI DAN FUNGSI KARTU GRAFIS
PERANGKAT LUNAK SISTEM
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
Oleh : Rofifah Durrotul Hikmah
02 |Introduction to OpenGL
Pemrograman Generasi Ke 4
ASSEMBLER #1 MK. PEMROGRAMAN SISTEM
Perancangan Basis Data
SOFTWARE DAN BRAINWARE
OCTAVIANI ROCHIADITYA P ( ) PRADANA HERDIN S ( )
Pemrograman Generasi Ke 4
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Sistem Operasi. Pendahuluan Sistem Operasi Arsitektur Sistem Komputer Hardware Operating System (OS) Programming Language (e.g. PASCAL) Application Programs.
OpenGL (Open Graphics Library)
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1)
02 |Introduction to OpenGL
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
TUGAS REVIEW JURNAL GRAFIKA KOMPUTER
ANALISIS ALGORITMA DALAM PENERAPAN GAMBAR
PERANCANGAN BASIS DATA
02 |Introduction to OpenGL
Transcript presentasi:

02 |Introduction to OpenGL Eriq Muhammad Adams J | eriq.adams@ub.ac.id

What is OpenGL ? Low-level Graphics API (Application Programming Interface) / antarmuka perangkat lunak ke kartu grafis. Independen terhadap platform (hanya menyediakan fungsi grafis, tidak menyediakan fungsi yang dependen terhadap platform : input handling, windowing, dsb). Banyak digunakan di aplikasi grafis : CAD programs, games, data visualization, dsb.

OpenGL History Dikembangkan pertama kali oleh SGI (Silicon Graphics, Inc). 1992 diambil alih oleh OpenGL ARB (Architecture Review Board) : 3DLabs, ATI, Dell, Evans & Sutherland, Hewlett-Packard, IBM, Intel, Matrox, NVIDIA, SGI, Sun Microsystems sebagai pembuat dan pengelola spesifikasi OpenGL. 2006 dikontrol oleh The Khronos group.

OpenGL Architecture Sebuah state machine, contoh untuk menggambar objek dengan warna merah programmer harus merubah color state ke merah lalu menggambar objek tersebut. Tetapi sejak OpenGL 3.0 (programmable pipeline/shader based) menjadi less state- oriented API : state functions untuk color, normals, lighting deprecated (kadaluarsa).

Fixed-Function vs Programmability Fixed-function pipeline dirancang utk berjalan di CPU (single-path rendering). Programmable pipeline (shader based) dirancang utk berjalan di GPU sehingga lebih flexible dan mudah dikontrol oleh programmer. Ada 3 jenis shaders : Vertex shaders (memodifikasi vertex), Fragment shaders (memodifikasi pixel), Geometry shaders (menggenerate vertices, dan bukan fitur inti).

OpenGL Rendering Pipeline Vertex Operation : konversi vertices ke primitives dan operasi yang berhubungan dengan texturing, kalkulasi lighting, proyeksi dari spatial coordinates ke dalam koordinat layar. Pixel Operation : pengubahan pixel dalam berbagai format ke dalam beberapa komponen, lalu diproses oleh pixel map dan hasilnya diclamping (the process of limiting a position to an area) dan ditulis ke texture memory. Rasterization : konversi dari data geometri dan pixel ke fragments (setiap fragment mencerminkan sebuah pixel dalam framebuffer (buffer utk menampung data pixel)). Per-Fragment Operations : sebelum data pixel dan geometri disimpan dalam framebuffer akan dilakukan texturing -> pengkombinasian warna primer dan sekunder + perhitungan fog (final color dan depth generation) -> operasi blending (transparansi), dsb.

Related Libraries GLUT (OpenGL Utility Toolkit) menyediakan fungsi untuk windowing, menus, input-handling. SDL (Simple Direct Media Layer) : librari multimedia cross-platform . GLFW : windowing, creating an OpenGL context and managing input .

OpenGL Syntax Diawali dengan awalan gl : glVertex3f() Nomor menunjukkan jumlah parameter : glVertex3f(1.0f, 1.0f, 1.0f) punya 3 parameter Huruf setelah nomor menunjukkan tipe data parameter : glVertex3f() bertipe data float.

Simple CG Program Architecture Inisialisasi Berisi kode inisialisasi : penciptaan window, loading resource, dsb . berisi finite loop untuk update logika, dan rendering. Update logika Rendering Keluar ? De-Inisialisasi

Setup OpenGL (using GLFW) Silakan lihat petunjuk dan unduh contoh demo program di https://github.com/e4dams/grafika-komputer

Hello OpenGL ! https://github.com/e4dams/grafika-komputer/tree/master/your_projects/Pertemuan_02