MEMBUDAYAKAN SENI BUDAYA DAERAH BANJAR: SALAH SATUNYA MADIHIN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia
Advertisements

Assalamualaikum Wr.Wb. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم.
TEATER RAKYAT INDONESIA
Musik Nanggroe Aceh Darussalam
Musik Nusantara Daerah Nanggroe Aceh Darussalam
MUSIK TRADISIONAL BETAWI
Suku Asmat: Sosok Budaya Indonesia di Papua
TRADISI MASA PRA AKSARA MASYARAKAT INDONESIA
Kenian Tradisional Kalimantan Selatan By.SELDY INDRA PRATAMA.
MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA
MUSIK DAERAH SETEMPAT.
TARI PAYUNG TANAH MINANG.
SENI TARI SMA NEGERI 1 PURWOREJO Tahun ajaran 2013/2014.
Musik Nusantara DKI Jakarta.
MEMBUDAYAKAN KESENIAN DAERAH BANJAR
HIKAYAT.
By : Anggraeni Sari (8.3/04) Benedicta Alvina K (8.3/06)
Tugas seni musik daerah aceh
Upacara Bamandi-mandian Panganten
Membudayakan Seni Budaya Daerah Banjar
MEMBUDAYAKAN SENI BUDAYA DAERAH BANJAR
Sulawesi Ciri-ciri Provinsi.
Di Susun Oleh : Rita Widjajanti, S.Pd NIP
MEMBUDAYAKAN SENI BUDAYA DAERAH BANJAR
MEMBUDAYAKAN SENI BUDAYA DAERAH BANJAR
ASSALAMU’ALAIKUM WR……WB. Pendidikan agama islam OLEH : KELOMPOK: 4 (EMPAT) KELAS: 1 A NAMA: ALIP MARYONO DWI PAJAR B IRAWATI RISTIANINGSIH SATITI HANING.
Pendidikan Agama Islam
Musik Krumpyung Seperti sudah garis nasib, yang namanya seni musik tradisional cenderung makin menipis peminatnya. Musik krumpyung yang mengandalkan instrumen.
BAHASA INDONESIA Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas 4
Menjelaskan mengenai kesenian mamanda
Oleh : Shindy Nur Hafiz Fajri twitter pin : 7FC9923
BAGI GURU SEKOLAH DASAR
Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia
Angklung Adalah Warisan Dunia
Musik Dambus Khas Bangka
Tari Bagandut Raka Abyantara XI-IPA.
MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA REGINA PACIS SURAKARTA
TUGAS TEKKOM “SENI TARI SALAH SATU BAGIAN DARI KEBUDAYAAN INDONESIA”
MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS
KEBUDAYAAN KALIMANTAN SELATAN “TARI RADAP RAHAYU”
Membudayakan Seni Budaya Daerah Banjar
STRUKTUR DAN KAIDAH PANTUN
Pendidikan Sejarah Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Kelas XII Semester 1 Guru Mapel: Deni Widi Arianto, S.Pd
Keragaman Suku Bangsa di Indonesia
MENGGUNAKAN JOOMLA 1.5. WEBSITE PEMBUATAN RESEP MAKANAN MELAYU DENGAN
Nama: Megawati M. Putri Kelas: XI IPA
Membudayakan Seni Budaya Daerah Banjar1
MEMBUDAYAKAN SENI BUDAYA DAERAH BANJAR MUSIK PANTING….
PUISI LAMA.
NAMA KELOMPOK Izazul Lizar M. Arseli Epriga Jerry Dwi Irawan
KALIMANTAN BARAT. VISIT KALIMANTAN BARAT Ivan Yulio O( ) tugas aplikom Universitas Mercubuana Yogyakarta 2015.
ARDILAWATI Xi ips 2.
Nama Kelompok : - - Kelas : Mata Pelajaran :
Robiatul adawiyah XI IPS 2.
Aldo Wijaya Chinthya Gobinder Sing M. Wira Utama
Assalamu’alaikum wr.wb
KEBERAGAMAN BUDAYA NUSANTARA
BAHASA INDONESIA SYAIR DAN GURINDAM DISUSUN OLEH : ANGGI LESTARI
Tari Pendet.
Pengertian agama kata agama berasal dari bahasa sansekerta dari kata a berarti tidak dan gama berarti kacau. Kedua kata itu jika dihubungkan berarti sesuatu.
EED 3217 EKSPRESI KREATIVITI KANAK-KANAK
Sejarah tari sajojo Asal usul Tari Sajojo ini masih belum bisa diketahui secara pasti. Namun beberapa sumber banyak yang menyebutkan ba hwa tarian ini.
Patung dari Batu Giok Murnilah orang yang tidak mencari kekuasaan dan kekayaan. Lebih murni lagi orang yang punya kekuasaan dan kekayaan tetapi tidak korupsi.
Interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Budha
KONDISI KEPULAUAN INDONESIA. NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA Untuk mengetahui asal nenek moyang bangsa Indonesia, kita bisa menggunakan dua cara, yakni.
Puisi Lama.
SENI BUDAYA TARI DAYAK DISUSUN OLEH : ANGGI LESTARI
Bermain Musik Ansambel Campuran Seni Budaya Kelas VII.
TRADISI MAANTAR PATALIAN/JUJURAN PADA MASYARAKAT ADAT BANJAR OLEH: ARIE SULISTYOKO.
Transcript presentasi:

MEMBUDAYAKAN SENI BUDAYA DAERAH BANJAR: SALAH SATUNYA MADIHIN Di susun oleh: Litariabsella Harera Anggi Kelas: XI IPS 2

Penjelasan Seni tradisional Banjar adalah unsur kesenian yang menjadi bagian hidup masyarakat dalam suku Banjar. Tradisional adalah aksi dan tingkah laku yang keluar alamiah karena kebutuhan dari nenek moyang yang terdahulu. Tradisi adalah bagian dari tradisional namun bisa musnah karena ketidakmauan masyarakat untuk mengikuti tradisi tersebut. Madihin merupakan seni tradisional banjar yang berisi pantun-pantunan, dipertunjukan menggunakan alat musik rebana. Biasanya di lakukan sendiri atau dapat pula dilakukan oleh dua sampai tiga orang yang masing-masing memainkan alat musik rebana dan pantun tersebut biasanya saling bersaut-sautan.

Asalmula kesenian madihin: Asal mula timbulnya kesenian madihin sulit ditegaskan. Ada yang berpendapat dari kampung Tawia, Angkinang, Hulu Sungai Selatan. Dari Kampun Tawia inilah kemudian tersebar keseluruh Kalimantan Selatan bahkan Kalimantan Timur. Pemain madihin yang terkenal umumnya berasal dari kampung Tawia. Ada juga yang mengatakan kesenian ini berasal dari Malaka sebab madihin dipengaruhi oleh syair dan gendang tradisional dari tanah semenanjung Malaka yang sering dipakai dalam mengiringi irama tradisional Melayu asli. Cuma yang jelas madihin hanya mengenal bahasa Banjar dalam semua syairnya yang berarti orang yang memulainya adalah dari suku Banjar yang mendiami Kalimantan Selatan, sehingga bisa dilogikakan bahwa madihin berasal dari Kalimantan Selatan. Diperkirakan madihin telah ada semenjak Islam menyebar di Kerajaan Banjar lahirnya dipengaruhi kasidah.

Struktur atau susunan yang harus diperhatikan dalam membawakan kesenian madihin: Dalam pergelaran madihin ada sebuah struktur yang sudah baku, yaitu: Pembukaan, dengan melagukan sampiran sebuah pantun yang diawali pukulan tarbang disebut pukulan pembuka. Sampiran pantun ini biasanya memberikan informasi awal tentang tema madihin yang akan dibawakan nantinya. Memasang tabi, yakni membawakan syair atau pantun yang isinya menghormati penonton, memberikan pengantar, ucapan terima kasih dan memohon maaf apabila ada kekeliruan dalam pergelaran nantinya. Menyampaikan isi (manguran), menyampaikan syair-syair yang isinya selaras dengan tema pergelaran atau sesuai yang diminta tuan rumah, sebelumnya disampaikan dulu sampiran pembukaan syair (mamacah bunga). Penutup, menyimpulkan apa maksud syair sambil menghormati penonton memohon pamit ditutup dengan pantun penutup.

Pertinjukan kesenian madihin: Di Banjar, kesenian ini dibawakan di hadapan orang banyak. Bisa pada saat pesta pernikahan, orang yang hendak pergi haji, menjamu tamu istimewa. Atau, pada perayaan hari besar pun Madihin bisa ditampilkan. Tegasnya, pada kesempatan apa saja, madihin bias ditampilkan. Tergantung permintaan. Tak semua orang mampu membawakan kesenian Madihin, seni sastra daerah Banjar yang dibawakan secara bertutur dan sarat dengan petuah. Kesenian ini bisa ditampilkan oleh seorang diri dengan diiringi sebuah musik rebana. Bisa pula dua atau tiga orang di atas pentas sekaligus. Jika dibawakan dengan dua orang atau lebih, pantun yang disampaikan ke hadapan publik biasanya saling bersahut-sahutan. Jika disimak, merupakan satu untaian kata-kata tersusun apik menjadi rangkaian kalimat yang sarat dengan muatan nasihat.

Kesimpulan Kesimpulan dari penjelasan diatas, madihin merupakan seni tradisional khas Kalimantan selatan yang saat ini hampir punah hanya beberapa orang saja yang masih melestarikan kesenian ini, madihin merupakan kesenian yang didalamnya berisi pantun-pantunan seperti pantun nasihat, agama, dan jenaka yang diiringin dengan musik rebana, biasanya kesenian ini dilakukan oleh satu sampai tiga orang dengan masing-masing memainkan alat musik rebana, apabila lebih dari satu orang biasanya pantun-pantunannya saling bersaut-sautan.

TERIMAKASIH……………