Scrum Edison marpaung Hadi permana Feni fauziah Ferdian prawira

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Workshop Project Management & Issue Tracking Menggunakan Redmine
Advertisements

Applied Information System Project Management
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
Rekayasa Perangkat Lunak
SCRUM Nama Anggota Kelompok : Muhammad Islamsyah
Managing Software Requirements (manajemen kebutuhan perangkat lunak)
Manajemen Risiko Strategi Risiko Reaktif & Proaktif
Agile Software Development
RENCANA PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK (RPPL)
Proyek Pengembangan Sistem Informasi
METODOLOGI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM
GRUP PROSES MANAJEMEN PROYEK
Manajemen Proyek: Overview
Chapter 5: Manajemen Scope Proyek
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 Review Software Engineering.
Nama : Shadrach Jabonir / Matthew Marcelinus / Leonardus Handoko / Hendry Sunardi / Carles/ OVERVIEW OF SOFTWARE PROCESS MODEL.
PROJECT FRAMEWORK Pertemuan-14 Mata Kuliah: CSM-211, Management Support System Tahun Akademik : 2012 / 2013 Sasaran Pembelajaran The student can make design.
Testing Levels. Activities of Test Engineer Test engineer is an information technology professional who is in charge of ane or more technical test activities,
WaterfallPrototyping RAD Incremental Prototyping Pendekatan SDLC.
Manajemen Proyek Perangkat Lunak (MPPL)
CHOIRU ZAÍN Manajemen Proyek Perangkat Lunak – Perencanaan Proyek.
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
1 Pertemuan 12 Pengkodean & Implementasi Matakuliah: T0234 / Sistem Informasi Geografis Tahun: 2005 Versi: 01/revisi 1.
Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)
SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI Addr : : Contact No :
The Bug Tracking Database (1) Pertemuan 6
Metode rpl BY: Y. PALOPAK S.Si., MT..
INDONESIA INFRASTRUCTURE INITIATIVE IURSP – Monitoring dan Evaluasi IURSP – Monitoring and Evaluation Workshop 3 Steve Brown VicRoads International Projects.
Manajemen Proyek Sistem Informasi
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
FASE PERENCANAAN MPSI – sesi 4.
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
System Development Life Cycle (SDLC)
FASE PERENCANAAN MPSI – sesi 4.
Agile Development.
Project Scope Management
Anna dara andriana., M.kom
4 Managing Software Requirement Analisis Kebutuhan
5 change.
SYSTEMS PLANNING & ANALYSIS
MANPRO-M13: MUTU PROYEK SISTEM
Testing dan Implementasi
SDLC (SystemDevelopment Life Cycle)
Perancangan Basis Data
Software Engineering Rekayasa Perangkat Lunak
Bug Tracking Database (2) Pertemuan 7
Software Development Life Cycle (SDLC) Concept
SIM LOGISTIK PERTEMUAN 3.
SCRUM.
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Testing dan Implementasi SI220A
“Strategi Pengembangan Manajemen Sistem Informasi Publik”
SQA Team.
KONSEP MANAJEMEN PROYEK
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
Rekayasa Perangkat Lunak Part-5
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
PROJECT FRAMEWORK Pertemuan-13
Analisis Implementasi Metode Scrum Dalam Pengembangan Website (Study Kasus Di Onebit Digital Agency Yogyakarta) Al Aziz Idham Kholiq / J2F
4 plan.
How Can I Be A Driver of The Month as I Am Working for Uber?
Don’t Forget to Avail the Timely Offers with Uber
Business Modeling By: U. Abd. Rohim, MT
Analisis Perencangan Sistem Informasi
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Proyek Pengembangan Sistem Informasi
Transisi Layanan Teknologi Informasi
Manajemen Proyek
Irma Prilisiana Viola Calista Ahmad R
Transcript presentasi:

Scrum Edison marpaung Hadi permana Feni fauziah Ferdian prawira Nurul fahmi Sevtiandy MUHAMMAD APrizal NUARI PUTRA

Latar belakang Agar dapat mengawasi progress pekerjaan baik secara aplikasi, tim, maupun individu Agar dapat mengetahui permasalahan atau kesulitan yang mungkin timbul dalam masa pengerjaan suatu aplikasi Agar seluruh tim dapat memahami proses dan alur pembangunan software sehingga tidak ada ketergantungan pada individu tertentu

Scrum Scrum adalah sebuah kerangka kerja untuk menyelesaikan permasalahan kompleks yang senantiasa berubah, di saat yang bersamaan, menghasilkan produk bernilai tinggi dengan kreatif & produktif. ~ Scrum Guide (Juli 2013), Ken & Jeff.

Understanding Scrum

Scrum

Scrum Framework Roles Ceremonies Artifacts Product owner Scrum Master Team Roles Sprint planning Sprint review Sprint retrospective Daily scrum meeting Ceremonies Product backlog Sprint backlog Burndown charts Artifacts

Roles Product Owner Bertanggungjawab memaksimalkan nilai produk dan hasil kerja tim Paham apa yang harus dibagun dan urutan yang harus diselesaikan (set priority) Bertanggungjawab mengelola backlog agar transparan, jelas dan mudah dipahami

Roles Scrum Master Memastikan scrum telah dipahami dan dilaksanakan Memastikan anggota team mengikuti teori, praktik dan aturan main scrum Menfasilitasi acara-acara scrum

Roles The Development Team Cross-functional Analys Programmers, UI Designers, QA, etc. Self-organizing

Ceremony Sprint Planning Membuat sprint backlog dari item product backlog Membuat estimasi durasi pengerjaan sprint Sprint Review Pertemuan setelah sprint selesai, untuk melakukan demo pekerjaan yang telah selesai kemudian direview Sprint Retrospective Dijadwalkan oleh scrum master untuk mengevaluasi sprint yang sudah berjalan, apa saja yang sudah baik, yang perlu ditingkatkan dan yang perlu diimplementasikan pada srpint selanjutnya. Daily Scum Meeting Pertemuan setiap hari 10-15 menit untuk menyampaikan progress masing-masing member. Ceremony

1 2 3 Daily Scrum Meeting What did you do yesterday? Everyone answers 3 questions : What did you do yesterday? 1 What will you do today? 2 Is anything in your way? 3

Artifacts Product Backlog Daftar kebutuhan untuk sebuah system yang dibuat oleh product owner Sprint Backlog Subset dari product backlog item, yang detailkan menjadi task-task untuk sebuah sprint yang dibuat oleh team member. Setiap item punya status dan harus diupdate setiap hari (not started, in progress, done) Chart Burdown Represent “work done” 3 Types: Sprint Burn down Chart (progress of the Sprint) Release Burn down Chart (progress of release) Product Burn down chart (progress of the Product) Artifacts

Project --Development Process PRODUCT BACKLOG New Sprint Plan +Increment SPRINT PLANNING MEETING SPRINT 30 DAYS SPRINT 30 DAYS SPRINT 2 Daily Scrum Daily Work GOAL BACKLOG PRODUCT INCREMENT IMPEDIMENTS SPRINT REVIEW MEETING New Sprint Plan +Increment SPRINT GOAL BACKLOG PRODUCT INCREMENT IMPEDIMENTS Daily Scrum Daily Work SPRINT 30 DAYS SPRINT 3 Daily Scrum Daily Work GOAL BACKLOG PRODUCT INCREMENT IMPEDIMENTS SPRINT REVIEW MEETING Burndown Burndown Daily Run through out sprint`` SPRINT REVIEW MEETING Product backlog Time BurdDown Rate

Scrum In Practise Plan your roadmap Identifikasi goal yang akan dicapai Be clear Create internal expertise -> Scrum Masters Prepare your teams Pemahaman tentang scrum Memastikan kita memiliki team yang lengkap Buat team merasa nyaman

Scrum Benefits Team Team dapat fokus > One common goal Menciptakan self discipline, accountability & responsibility Faster, better communication, knowledge sharing antar developer Dokumentasi dan pengujian terus menerus dilakukan Team Work, Commitment and Time & Risk Management There Is No Individual Failure – The Team Fails! There is No Individual Success –Team Success ( No man of the match)! Stakehoders Dapat memantau pengembangan software yang sedang dibuat Perubahaan direspon dengan cepat Evaluasi, testing dan demonstrasi yang lebih baik

Software Scrumwise https://www.scrumwise.com Axosoft http://www.axosoft.com Icescrum : http://icescrum.org Dan lain lain

Axosoft License Free for 10 user $25 per user per month $250 per user

Feature

Scrumwise $9 per User per Month

IceScrum IceScrum Pro (2000€) IceScrum Cloud IceScrum Free 9,90 € - 1990,0 € per month

Feature

Waterfall Waterfall adalah suatu metodologi pengembangan perangkat lunak yang mengusulkan pendekatan kepada perangkat lunak sistematik dan sekuensial yang mulai pada tingkat kemajuan sistem pada seluruh analisis, design, kode, pengujian dan pemeliharaan.

Spiral Spiral model adalah salah satu bentuk evolusi yang menggunakan metode iterasi natural yang dimiliki oleh model prototyping dan digabungkan dengan aspek sistimatis yang dikembangkan dengan model waterfall

Waterfal vs Agile Scrum

Waterfall vs Agile Scrum Support long-term plans - Few delays for important features - Priorization of features - Tries to define overall project from the beginning - Might be headed toward wrong direction - Micro Planning - Avoids requirement cramming Communication between customers and team members not encourage - Good internal communication - Customer Involvement Migh not find bugs until much later phase - Continuous testing and review - Issues found more rapidly

Spiral vs Agile Scrum Spiral Agile Scrum Better risk management More risk of sustainability and maintenance. Large number of intermediate stages requires excessive documentation Minimum rules, documentation easily employed. Planning is required. Little or no planning required. Management is more complex Easy to manage.   End of project may not be known Early delivery of partial working solutions. Does not depend heavily on customer interaction Depends heavily on customer interaction Every iteration is not a separate model Every iteration is a separate model

Thank You 