Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Silabus Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
Tujuan Perkuliahan Setelah mahasiswa mengikuti perkuliahan ini selama 1 semester, maka diharapkan mahasiswa dapat memahami dan mengimplementasikan teori ini dalam setiap pembuatan tampilan, dan menganalisis setiap tampilan program sehingga users dapat menggunakan tampilan tersebut dengan waktu yang lebih lama dan puas
Materi Perkuliahan Pendahuluan Faktor manusia Ragam dialog Perancangan tampilan Piranti interaktif Aspek ergonomic Teknik-teknik evaluasi Tingkat kedewasaan HCI (Human-Computer Interaction) Past, present, and future of user interface software tools Creating creativity: user interfaces for supporting innovation Technologies of information: HCI and the digital library
Buku Acuan Perkuliahan Preece, J., Rogers, Y., & Sharp H., 2002, Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction, John Wiley & Sons, Inc., USA Carroll, J.M., 2002, Human-Computer Interaction in the New Millennium, the Association for Computing Machinery, Inc., New York, USA Insap Santosa, 1997, Interaksi Manusia dan Komputer, Andi Offset, Yogyakarta Booth, P., 1995, An Introduction to Human-Computer Interaction, Lawrence Erlbaum Associates, Publishers, UK Baecker, R.M., & Buxton, W.A.S., 1987, Reading in Human-Computer Interaction, A Multidisciplinary Approach, Morgan Kaufmann Publishers, Inc., California, USA
Strategi Perkuliahan: Teaching Diskusi kelompok Tugas kelompok Tugas individu Ujian Mid dan Akhir Semester Komponen Penilaian Kriteria Penilaian Tugas kelompok: 20% A: 85 keatas Tugas individu 1: 15% B: 70 – 84.99 Tugas individu 2: 35% C: 50 – 69.99 Ujian mid semester: 15% D: 30 – 49.99 Ujian akhir semester: 15% E: 0 – 29.99 TOTAL: 100%