Teori HAM Helmy Boemiya.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PANCASILA 9 NILAI-NILAI PANCASILA & HAK DAN KEWAJIBAN ASASI MANUSIA
Advertisements

WARGA NEGARA DAN PARTISIPASI POLITIK
Bagi Sarjana yang menganggap negara sebagai organisasi Kekuasaan Undang-Undang Dasar adalah:  Kumpulan asas yang menetapkan pembagian kekuasaan;  Menentukan.
Teori Labeling Para penganut Teori Labeling memandang para kriminal bukan sebagai orang yang bersifat jahat yang terlibat dalam perbuatan-perbuatan yang.
By : Eko Wahyudi. Cikal bakal pemikiran HAM di Indonesia : 1.Surat-surat Kartini dalam karya : Habis Gelap Terbitlah Terang 2.Tulisan-tulisan politik.
DADANG SUNDAWA JL. GEGERASIH
POLITIK HUKUM PENGERTIAN :
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi
HUKUM HAK ASASI MANUSIA (SEBUAH PENGANTAR)
Pendidikan Kewarganegaraan
Universal Declaration of Human Rights; Convenant on Civil and Political Rights; Convenant on Economic,Social and Cultural Rights Andrie Irawan, SH., MH.
Persoalan Hak Asasi Manusia
Instrumen Hukum HAM International dan Peradilannya
TEORI ANTROPOLOGI POSITIVISTIK
Konsep, Sejarah, Landasan, & Instrumen HAM
KONSTITUSI.
WAWASAN NUSANTARA Oleh : Aditya Hendra Moh. Khoirul Anwar
PENDIDIKAN PANCASILA PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT Kelompok 3 :
LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
ETIKA & ETIKET.
Etika Bisnis Internasional
PEMAHAMAN WARGA NEGARA TENTANG KONSTITUSI DAN HAK ASASI WARGA NEGARA
NEGARA HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN
LANDASAN KURIKULUM DEDE ROSYADA.
BAB VII HAM (HAK ASASI MANUSIA)
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
HAK ASASI MANUSIA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS NAROTAMA 2012
PERTEMUAN KE-6 PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS
Oleh: Dr. Triyanto, SH. MHum.
Dr. Utary Maharany B, SH.,M.Hum
Asas nasional aktif Asas ini sering disebut asas personal.
KOMPETENSI V PERTEMUAN MINGGU VI
Pancasila Sebagai Ideologi nasional (2)
Pancasila Sebagai Ideologi nasional (2)
KOMPETENSI !V V PERTEMUAN MINGGU VI
Budaya Politik.
HUKUM, HAK DAN KEWAJIBAN
Triyanto Univ. Sebelas Maret – Surakarta
HAK ASASI MANUSIA (HAM)
HAK ASASI MANUSIA (HUMAN RIGHTS)
Heru Susetyo, SH. LL,M. M.Si. Ph.D.
PANCASILA IDEOLOGI TERBUKA
HUKUM HAK ASASI MANUSIA (SEBUAH PENGANTAR)
MENGENAL KONSEP DASAR DAN SEJARAH HAM
Hak Asasi Manusia adalah…
H A M NEGARA HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA
HAK ASASI MANUSIA (HUMAN RIGHTS)
Hak Asasi Manusia.
HAK ASASI MANUSIA! RATRI ISTANIA SEMESTER GENAP 2011 STIA LAN JAKARTA.
TEORI HAM.
NEGARA HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
Pancasila adalah ideologi Bangsa Indonesia.
TEORI ANTROPOLOGI POSITIVISTIK
TEORI dan PRINSIP HAM.
IDENTITAS NASIONAL MASYARAKAT MADANI
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
INSTRUMEN HAM INDONESIA
Bab 1 Hak Asasi Manusia.
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
Pemahaman Dasar Tentang HAM
Istilah Ham Istilah lain dari Hak Asasi Manusia (HAM) diantaranya sebagai berikut : Human rights Fundamental rights Basic rights.
KEADILAN DALAM BISNIS Berbagai paham dan teori mengenai keadilan :
BAB 2 WN dan KEWARGANEGARAAN
HAK ASASI MANUSIA (2).
HAK ASASI MANUSIA SL. Harjanta, S.IP. M.SI.
B Y C HANDRA S ETIAWAN. Pendapat para ahli Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Budaya politik adalah pola sikap, keyakinan dan perasaan tertentu yang.
KELOMPOK 2 Pendidikan Kewarganegaraan AISYAH MAHARANI S AYU NUR PAJRIN BAGJA RUDI PERMANA DIYAH SASI KIRANA S DONNY SHIDDIQ P LENA SUKMAWATI.
HARMONI HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA DISKUSI KELAS PKN.
Transcript presentasi:

Teori HAM Helmy Boemiya

TINJAUAN FILOSOFIS Hukum Alam : POSITIVISME : Rasio Manusia Keadilan dan Kebenaran Socio Legal Justice Standart Norma POSITIVISME : Ide dan standar norma tersebut akan efektif berlaku dalam masyarakat jika dituangkan dalam ketentuan hukum tertulis

Teori Pemikiran HAM TEORI HUKUM ALAM, ATAU HAK ALAMI (NATURAL RIGHTS) HAM adalah hak yang dimiliki oleh setiap manusia pada segala waktu dan tempat, berdasarkan takdirnya sebagai manusia.

DOKTRIN MARXIST Menolak teori hak-hak alami, karena nagara atau kolektivitas suatu masyarakat adalah sumber galian seluruh hak (repositiory of all rights). Tidak ada hak individual, yang ada hak legal yang diberikan oleh negara untuk menjamin eksistensi manusia sbg makhluk sosial

TEORI POSITIVIS : Karena hak baru dituangkan ke dalam hukum yang riil, maka dipandang sebagai hak melalui adanya jaminan konstitusi. TEORI RELATIVITAS KULTURAL : Menganggap hak itu bersifat universal adalah pelanggaran satu dimensi kultural terhadap dimensi kultural yang lain (imperialisme cultural) Manusia merupakan interaksi sosial dan kultural, yang memiliki perbedaan dalam tradisi, budaya dan peradaban dalam memandang soal “kemanusiaan”.

Pandangan HAM UNIVERSAL ABSOLUT UNIVERSAL RELATIF PARTIKULARISTIK ABSOLUT PARTIKULARISTIK RELATIF

PANDANGAN UNIVERSAL ABSOLUT Melihat HAM sebagai nilai-nilai universal Tidak menghargai sama sekali profil sosial budaya yang melekat pada masing-masing bangsa Penganutnya adalah negara maju,sedangkan bagi negara berkembang dianggap sebagai alat penekan atau unsur penilai (tool of judgement)

PANDANGAN UNIVERSAL RELATIF Menurut pandangan ini HAM selain sebagai masalah universal, namun perkecualian dan pembatasan yang berdasarkan asas-asas Hukum Internasional tetap diakui keberadaannya.

PANDANGAN PARTIKULARISTIS ABSOLUT Pandangan ini melihat HAM sebagai persoalan masing-masing bangsa, tanpa memberikan alasan yang kuat khususnya dalam melakukan penolakan terhadap berlakunya dokumen-dokumen Internasional. Sifatnya Egois, Defensif dan Pasif

PANDANGAN PARTIKULARISTIS RELATIF melihat HAM disamping sebagai masalah universal juga masalah nasional masing-masing negara. Berlakunya dokumen HAM harus diselaraskan,diserasikan, dan diseimbangkan serta memperoleh dukungan dan tertanam dalam budaya bangsa Sifatnya tidak sekedar defensi, tapi aktif juga mencari perumusan dan pembenaran tentang Karakteristik HAM

HAM HAK KEBENARAN KEWENANGAN ASASI HAL YANG AMAT MENDASAR TIDAK BOLEH TIDAK ADA MANUSIA MANUSIA YANG HIDUP SEJAK DALAM KANDUNGAN