ISLAM, IDEOLOGI DAN PRAKTEK KENEGARAAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BAB VI ASAS-ASAS HUKUM TATA NEGARA PADA UUD 1945
Advertisements

UNIVERSITAS PASUNDAN Universitas Pasundan (Unpas) berdiri sejak tanggal 14 November 1960, didirikan oleh Paguyuban Pasundan(1913). Pada usianya menjelang.
PANCASILA SEBAGAI DASAR CIVIL RELIGION
PANCASILA 4 HAKIKAT PANCASILA
ISLAM, WAWASAN KEBANGSAAN DAN NASIONALISME
NILAI NASIONALISME DAN WAWASAN KEBANGSAAN DALAM KEHIDUPAN SOSIAL
BAB II IDENTITAS NASIONAL.
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
WAWASAN NUSANTARA.
Abdu Rohman (At-Taufiq Madinah Institute)
Liberalisme Demokrasi Sosialisme Pan Islamisme
bagi suatu bangsa dan negara
Identitas Nasional.
PANDANGAN ISLAM TENTANG MAKNA KEHIDUPAN dan HAM
Pan Islamisme Hanif Rendy.
BERLAKUNYA HUKUM ISLAM DI INDONESIA
Pertemuan ke-5.  Budaya adalah ciptaan manusia, tapi budaya menguasai kehidupan manusia, karena itu kebudayaan disebut superorganik  Contoh: manusia.
PARTAI POLITIK Ahmad Nasher.
120 menit Sejarah / program: IPA 1.
Konsep dasar Politik dan pemerintahan
OLEH: ULYA FUHAIDAH, S.HUM, MSI
Oleh : Achmad Farisi Aziz, M.Pd.I
PETA PEMIKIRAN ISLAM.
SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA
AGAMA DAN AGAMA ISLAM NANING PUTRI UTAMI
SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA
Studi Islam II Kelompok 11 Agung Nugraha ( )
3. Kebijakan Pemerintah dalam bidang keagamaan
BIODATA NAMA : SUPRIYADI,SPd.I TTL : PURWOREJO,14 SEP 1976 ALAMAT : PERUM SALSABILA 2 JATISARI, JATI ASIH, BEKASI TELP/HP :
SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA
AZAS HUKUM ISLAM.
Agama? Apakah agama itu?.
SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA
Kontribusi Agama dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Riset
ALIRAN QADARIAH DAN JABARIAH
Kelompok 1 Anggota: Abdul Rozak Al Amin Imam G Aris Ariyanto Yonder Alchaira Herna Agustina Yunita Evi Negara yang d pilih “INDIA”
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Islam Dan Kerangka Dasarnya
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELOMPOK 4 Anggi fitriyani annisa syahnun maria serevina nidia christine stelia mardiana simanjuntak XII MIPA 6.
KONTRIBUSI HUKUM ISLAM DI INDONESIA
LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Oleh DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
Partai Politik di Indonesia
Presented By: Lailatul Hikmah
ISLAM dan PERKEMBANGAN ISLAM
BERLAKUNYA HUKUM ISLAM DI INDONESIA
PETA PEMIKIRAN ISLAM INDONESIA
KONSEP DASAR AJARAN ISLAM
SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA
Studi Islam II Islam dan Organisasi Sosial Keagamaan
HUKUM ISLAM DALAM TATA HUKUM INDONESIA
Sejarah Peradaban Islam pada Masa Pra dan Pasca Kemerdekaan di Indonesia Kelompok 12 : Ulfa Muwahidah Vony Juliantika.
WAWASAN NUSANTARA Muhammad Afifudin Aziz Fakultas Hukum
LEGITIMASI AGAMA TERHADAP KEKUASAAN NEGARA
MAYA INDAH .S IKHWANUL MUSLIMIN.
Asal mula agama? Ketika manusia menemukan tiga hal: kebenaran, kebaikan dan keindahan , gabungan ketiganya dinamakan suci, manusia ingin mengetahui siapa.
3 INDENTITAS NASIONAL Pendidikan kewarganegaraan
PANCASILA Sebagai PANDANGAN HIDUP BANGSA
SEJARAH PERJUANGAN BANGSA
PANCASILA DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
ISLAM, NEGARA, DAN KEMAJEMUKAN UMAT
BAB 4 : IDEOLOGI DAN ALIRAN PEMIKIRAN SEMASA
WAWASAN NUSANTARA.
BAB 1 : UMAT ISLAM DAN DUNIA ISLAM
TUJUAN PEMBELAJARAN :  DAPAT MENYEBUTKAN AGAMA-AGAMA YANG ADA DI INDONESIA.  DAPAT MENYEBUTKAN NAMA TEMPAT IBADAH MASING-MASING AGAMA TERSEBUT.  DAPAT.
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Oleh DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
PENGERTIAN Sistem berarti suatu keseluruhan yang terdiri atas beberapa bagian yang mempunyai hubungan fungsional. Pemerintahan dalam arti luas adalah.
بسم الله الرحمن الرحيم. Agama Islam Kelompok 3 : Athifah Midra Nanda Delina Fara Dinda Ayu Rahma.
PENGERTIAN FAKTOR PENENTU: Bumi (geografi) Manusia (penduduk) Lingkungan Dengan memperhatikan 3 faktor tsb maka suatu bangsa penting untuk memiliki WAWASAN.
Transcript presentasi:

ISLAM, IDEOLOGI DAN PRAKTEK KENEGARAAN Kelompok : 9 Ali Budi Widodo Maya Yunita Zuminati Rahayu

ISLAM Islam Islam -> bahasa Arab, terambil dari kata Salima (selamat sentosa). Dari asal kata tersebut dibentuk kata Aslama yang artinya memelihara dalam keadaan selamat sentosa dan berarti pula menyerahkan diri, tunduk, patuh, dan taat.

Islam mengandung 3 dimensi ajaran 1. Aturan tentang Manusia dengan Allah SWT. ( Aqidah dan Ibadah) 2. Aturan manusia dengan dirinya sendiri. ( Akhlak, math’umat : makan dan minum), dan pakaian) 3. hubungan manusia dengan manusia yang lain. (ekonomi, politik, pendidikan, pemerintahan, budaya dan lain sebagainya). Al-Qur’an dan Hadish

Menurut Seyyed Hosein Nasr, dalam teorinya mengenai pergerakan dunia Islam, Ia membagi empat kelompok pergerakan dalam dunia Islam, yaitu: 1. Fundamentalis 2. modernis 3. tradisionalis 4. mahdiis. Menurutnya kelompok-kelompok ini ini muncul sebagai reaksi terhadap kekuatan-kekuatan yang ada dalam Islam. Sumber: Harry J. Benda. “Komunistas dan Perubahan dalam Islam di Indonesia”, Sejarah dan Masyarakat: Lintasan Historis Islam di Indonesia, (Jakarta: Yayasan Obor, 1987), hlm.33.

Penerapan Islam di Iran Iran merupakan negara yang menganut sistem Teokrasi (Teologi dan Demokrasi). konsepsi politik Islam yang khas yang disebutnya dengan wilayah al-faqih. Melalui konsepsi inilah, Imam Khumaini berhasil mengintegrasikan secara utuh teologi dan politik. Sistem pemerintahannya menghadirkan satu pemimpin di atas badan eksekutif, legislatif dan yudikatif. Prmimpin tertinggi Iran sekarang adalah Ali Khameini

Islam pada mAsa Menjelang Kemerdekaan Islam di Indonesia Islam Masa Kasultanan Islam Masa Penjajahan Islam pada mAsa Menjelang Kemerdekaan Islam di Awal Kemerdekaan Islam pada Masa Orde Baru

Perkembangan Islam di Indonesia Agama Islam secara mendalam mempengaruhi kehidupan beragama, sosial dan politik penganut-pengnutnya di daerah-daerah yang belum tersentuh Hindu-Budha seperti Aceh dan Minangkabau. Sehingga Islam yang tumbuh didaerah tsb lebih bersifat murni. Masa Kesultanan Berkembangnya Pan-Islamisme. Mulai berdirinya organisasi Islam, serperti Sarekat Islam yang kemudian berubah menjadi partai politik Pada masa itu kolonial melakukan usaha untuk mengikis pengaruh Islam di Indonesia melalui Kristenisasi. Masa Penjajahan

Jepang melakukan pendekatan kepada golongan Islam Penentuan Ideologi negara Terbentuknya Masyumi sebagai Partai Politik Islam yang tunggal (November 1945) Masa awal Kemerdekaan TAP MPRS No. XXII 1966 (diperlukan adanya pembeharuan politik dengan penyederhanaan partai) Dibentuknya PARMUSI (Partai Muslimin Indonesia) Masa Orde Baru

Mengapa Islam tidak diterapkan di Indonesia? Islam dan Pancasila bukanlah dua ideologi yang saling berbenturan. Islam adalah sebuah ajaran yang utuh, yang mengedepankan nilai-nilai Ketuha-nan sekaligus kemanusiaan dan kemasyarakatan. Khazanah Islam telah diletakkan sebagai fondasi dalam ideologi Pancasila. Islam bukanlah Pancasila, akan tetapi nilai-nilai Islam telah masuk ke dalam Pancasila yang hingga kini digunakan sebagai ideologi bangsa Indonesia.

Sekian dan Terimakasih