Bermain dan Permainan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TEORI-TEORI BERMAIN & PERKEMBANGAN BERMAIN
Advertisements

PEMBELAJARAN BERMAIN Fathan Nurcahyo, M. Or.
ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
ARTI PENTING SOCIAL LIFE SKILL DITANAMKAN SEJA K USIA DINI
Proses Belajar dalam pendidikan kesehatan
TUGAS KELOMPOK 4 Tumbuh kembang anak usia pra sekolah
AKTIVITAS BERMAIN DALAM PENJAS
Oleh: KUNTJOJO D3 Kebidanan Kediri, Poltekes Malang /18/2014Designed by Kuntjojo, UNP Kediri1.
BERMAIN Ns. Nurma Afiani, S.Kep.
TEORI MEDAN Kurt Lewin.
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Sekolah yang menyenangkan Perkembangan otak terjadi pada rentang usia 0-8 tahun, baik secara fisik maupun intelektual. Perkembangan otak terjadi pada rentang.
Alat Permainan Anak Usia Dini
Hakekat Cerita Anak Cerita anak adalah cerita tentang kehidupan anak baik suka dukanya dalam keluarga dan masyarakat, sedangkan cerita untuk anak adalah.
Bermain dan Permainan.
MAHASISWA PGSD SEMESTER 1 FIK UNY
Prinsip- Prinsip Belajar
Nama:Ida Kurniati NIM: Kunci ke Arah Perkembangan Kecerdasan, Pemahaman Diri dan Berbagai kapasitas Sosial.
Masa Kanak-Kanak Akhir/ Masa Sekolah
MINI GAME PILOT ASTRONOT MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 3 Bayu Putra Kurniawan for further detail, please visit
PERMAINAN MENYUSUN PUZZLE DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8
KAJIAN IPA SD 2 Rr. Eko Susetyarini. ATURAN PERKULIAHAN TIDAK BOLEH MEMAKAI KAOS OBLONG, TIDAK BOLEH MEMAKAI SANDAL, TIDAK BOLEH MAMAKAI PERHIASAN ATAU.
UJI DATA BERPASANGAN Data berpasangan adalah data yang memiliki dua perlakuan berbeda pada objek atau sampel yang sama Data berpasangan (n
Permainan dan Humor yang Merangsang Daya Kreatif Pertemuan 9 Matakuliah: L0122 / Kreativitas Tahun: 2009.
Budaya & Penciptaan Lingkungan Ramah Anak
LINGKUNGAN DAN ALAM SEKITAR SEBAGAI MEDIA
BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK
Periode Bayi (Infancy)
Pengantar psikologi bermain
USIA PRSEKOLAH 30 bulan – 6 tahun.
TEORI BELAJAR KOGNITIF
TEKNIK MEMBUAT PESERTA SELALU TERTARIK & TERLIBAT
TEORI MEDAN Kurt Lewin.
Permainan puzzle geometri
MOTIVASI, PRESTASI, DAN KEPUASAN
BERMAIN dan PERMAINAN PUPUNG PUSPA ARDINI.
Teori Empat P yang Melandasi Pengembangan Kreativitas Pertemuan 5
PENDIDIKAN OLAH RAGA Agus Sumitra Nunu Mahmud Firdaus Pertemuan 2.
Membangun Komunitas Belajar di Sekolah
PELAKU EKONOMI DALAM SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA
Keluarga dengan Anak yang Baru lahir dan Anak Usia 0-3 tahun
TUMBUHAN SEBAGAI MEDIA SEDERHANA
INSTRUKSI TES T.A.T.
ASSALAMUALAIKUM WR.WB.
Masyarakat & Budaya Populer
Metode Curah Pendapat(Brainstroming)
Bermain Bayi Usia 0-2 thn.
“Apa Motivasi Siswa Melanggar Peraturan”
MENULIS TEGAK BERSAMBUNG
Belajar Di Rumah Ala Home Schooling
AKSIOLOGI DALAM PAUD ALFIRA ISMA SANTI DINA KARTIKA PUTRI
Bermain dan perkembangannya
MOTIVASI USAHA Topik 2 : Konsep Motivasi.
HAKIKAT ILMU KEALAMAN DASAR
CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP
Teori Migrasi Todaro Migrasi berkembang krn perbedaan-perbedaan antara pendapatan yg diharapkan dan yg terjadi di pedesaan dan perkotaan Karakteristik.
Motivasi, Prestasi, dan Kepuasan
TUGAS KELOMPOK 4 Tumbuh kembang anak usia pra sekolah
MANFAAT DAN TUJUAN PERMAINAN EDUKATIF
Teori Stimulus - Respons atau Koneksionisme Thorndike
UNIT 6 TEORI PERKEMBANGAN AWAK KANAK-KANAK
11 P E R T E M U A N MOTIVASI, PRESTASI, DAN KEPUASAN Manajemen Umum
Dalam proses belajar, mengarahkan anak unutk mencapai target tertentu
ANAK SUSAH MAKAN DI USIA SEKOLAH
CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP
SMART PARENTING KKN Universitas Muhammadiyah Purwokerto 2016.
Start End. start End ULANGI MAIN LAGI?KELUAR.
PSIKOLOGI PENDIDIKAN KELOMPOK 5 Anggota :1.Roni Hermawan ( ) 2. Joko Sutrisno( ) 3. Ilvan Triyudha Pangestu( ) 4. Resti Nurmaya( )
Chintya Apriliani Siti Nur Arisah SIFAT DAN HAKIKAT JIWA MANUSIA hakikat manusia adalah rohani atau jiwa. Jasmani dan nafsu merupakan alat atau bagian.
KP.2. Potensi Peserta Didik Tujuan pembelajaran hakekatnya adalah membantu peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara optimal, oleh karena itu.
Transcript presentasi:

Bermain dan Permainan

Bermain merupakan kebutuhan anak yang harus dipenuhi. Permainan merupakan alat bantu bagi anak untuk Menyalurkan energinya, Memuaskan dorongan nafsu, Fantasi serta intelektualnya. Dengan demikian bermain merupakan suatu perilaku anak dengan menggunakan alat yang dapat menyalurkan energi, memuaskan nafsu, fantasi dan intelektualnya.

Teori-Teori Tentang Permainan Herbert Spencer mengatakan bahwa gerakan bermain berasal dari tangan yang berlebihan pada anak. Permainan merupakan penyaluran gerakan yang berlebihan itu. Maria Montessori; permainan adalah latihan persiapan untuk penghidupan di masa depan Stanley Hall; permainan adalah ulangan dari cara-cara dan taraf penghidupan manusia.

Jenis-Jenis Permainan Permainan Fungsi; suatu permainan yang berguna untuk melatih fungsi-fungsi organisme. Permainan Fiksi; yaitu permainan yang berguna untuk mengembangkan kemampuan daya bayang (imaginasi),

Permainan yang Baik Untuk Anak-Anak Terbuat dari bahan tidak berbahaya (lentur/lunak) Dapat dibongkar dan dipasang kembali Merangsang tumbuhnya kreativitas anak Merangsang gerakan motorik yang aktif