REKAYASA PERANGKAT LUNAK PERANCANGAN ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK Anggun Nanda Mulyani (06)
ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK (1) An abstract system specification Consisting primarily of funcitional components described in terms of their behaviors and interfaces and component- component interconnection. The interconnections define provide by which components interact. How the syestem is decomposed and organized into components and must describe the interfaces between these components.
ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK (2) Gambaran bagaimana elemen/komponen fungsional perangkat lunak disusun, diorganisasi dan distrukturkan sehingga: Hubungan antar elemem/komponen dapat dijelaskan. Interface yang menghubungkan elemen/komponen dapat didefinisikan. Wujud dan penempatan elemen/komponen dalam tempat penyimpanan sekunder secara fisik dapat ditetapkan.
CONTOH ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK (3)
CONTOH ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK (2)
STRUCTURE CHART Diagram untuk menggambarkan arsitektur perangkat lunak secara keseluruhan tanpa memperlihatkan proses pemilihan dan pengulangannya secara rinci. Menggambarkan arsitektur perangkat lunak seperti diagram organisasi sebuah perusahaan.
SIMBOL STRUCTURE CHART
CONTOH STRUCTURE CHART : PASCAL (1)
CONTOH STRUCTURE CHART : PASCAL (2)
CONTOH STRUCTURE CHART : PHP
CONTOH STUCTURE CHART : DELPHI
TRANSFORMASI DFD – STRUCTURE CHART (1) Ubah diagram konteks menjadi modul utama (top module atau executive module) dari structure chart. Ubah DFD level- 1 menjadi modul-modul yang yang dipanggil oleh modul utama. Jika pemanggilan modul untuk proses-proses pada DVD level-1 membutuhkan data atau event tertentu,tambahkan sebuah modul untuk membaca data atau event tersebut. Ubah DFD level-2, 3, 4, dst. Menjadi modul-modul lainnya sesuai dengan fungsinya dengan pendekatan Transform Analysis dan atau Transaction Analysis.