Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun : 2005 Versi : 5 Pertemuan 03 Classes
Memberikan definisi Object dan Class (C1) Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Memberikan definisi Object dan Class (C1) Menerangkan perbedaan class dengan object (C2)
Outline Materi Object Class
Analisis Problem Domain System Definition Behavior Classes Structure Model
Class of ?
Class of Humans
Class of Mammals
Class of Domestic Animals ?
Menentukan Class Principle: Klasifikasikan object didalam problem domain Object: suatu entitas yang mempunyai identitas, state dan behavior Harus bisa mengidentifikasi dan membatasi entity Independent. Class: adalah deskripsi dari kumpulan object yang mempunyai struktur, behavior pattern dan attribute yang sama Principle : Object diberi karakter sesuai dengan eventnya Event: Insident yang terjadi seketika yang melibatkan satu atau lebih object
Menentukan Class Classes Events Problem domain Agreement Customer Bank employee Contract description … Enter into contract Contract is terminated … Events Problem domain
Object Vs Class Object adalah suatu entitas yang memiliki identitas, state, dan behavior Class adalah kumpulan dari object yang mempunyai structure, behavioral pattern, dan attributes yang bersamaan
Menentukan Class dan Event Event table Cari candidate Untuk Class Cari candidate Untuk event Evaluasi dan pilih Secara sistematis
Class Cari Calon Jangan membuang terlalu cepat, lebih baik dievaluasi dengan teliti Model baru atau perbaiki situasi tidak hanya seperti apa adanya Bagaimana menemukan candidate untuk Class Kata benda didalam keterangan atau pembicaraan Daftar dari tipical object Cari persamaan dengan sistem komputer Literatur teknis didalam problem domain Beri nama Class secara hati hati Sederhana, mudah dibaca, tepat, tidak membingungkan, seperti yang digunakan di problem domain
Contoh Class Phenomena Thing People & Role Organizations Places Car, goods, packaging, materials People & Role Employee, parent, customer, member Organizations Company, Department, Group, Project Places Shelf, parking spot, construction site, City Concepts Square, currency, quality, parameters, fee Resources Money, time, energy, labor force, info Apparatuses Radar, sensor, valve, motor System Street register, cash register, alarm system
Kriteria Evaluasi untuk Class Dapatkah mengidentifikasikan object dari class Perlu dapat mengidentifikasikan object secara jelas Apakah class mempunyai informasi yang unik Dapatkah informasi diturunkan dari class lain Apakah class dapat menurunkan banyak object? Jika hanya satu instance, biasanya hampir tidak diperlukan Apakah class mempunyai jumlah event yang cocok dan dapat di manage ? Terlalu banyak event bisa menunjukkan butuh class lagi
To Be Continue