BAB 3 MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)
Kelompok : 5 Anggota : Winda Lestari ( 0211 10 014 ) Nunik Priastuti ( 0211 10 035 ) Siti Suryani ( 0211 10 036 )
Tujuan Belajar : Memahami bagaimana perdagangan elektronik saat menyatu dengan proses bisnis sehari-hari. Memahami perbedaan antara perdagangan antara perdagangan elektronik bisnis-ke-bisnis (business-to-business) dan perdagangan elektronik bisnis-ke-konsumen (business-to-consumer). Mengenal contoh-contoh perdagangan elektronik bisnis-ke-bisnis dan perdagangan elektronik bisnis-ke-konsumen yang baik. Mengetahui peranan yang dimainkan oleh sistem interorganisasional, internet, dan world wide web dalam perdagangan elektronik. Mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi penerapan sistem interorganisasional. Mengetahui adanya perpindahan dari pertukaran data elektronik (electronic data interchange) ke berbagai praktik pertukaran data standar web. Mengerti mengapa banyak perusahaan memilih untuk memiliki toko maya (virtual) maupun toko fisik. Mengetahui arti penting dan keuntungan dari perdagangan elektronik.
Pendahuluan Perdagangan elektronik yang disebut juga e-commerce adalah penggunaaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis. Pandangan populer dari e-commerce adalah penggunaan internet dan komputer dengan browser web untuk membeli dan menjual produk. Sebagian besar e-commerce terjadi antarbisnis dan bukan antara bisnis dengan konsumen. E-commerce bisnis ke-bisnis-konsumen (business-to-consumerz) adalah perkembangan yang terakhir dan tampaknya semua orang kini berselancar di internet untuk membeli buku-buku dan musik. Penjualan bisnis-ke-konsumen sangat kecil jumlahnya jika dibandingkan dengan penjualan bisnis-ke-bisnis, namun hal itu masih mencerminkan satu peluang bagi pertumbuhan dan laba yang besar. Perusahaan harus memahami peranan yang dimainkan oleh Internet dan World Wide Web dalam memberikan infrastruktur yang dibutuhkan bagi keberadaan e-commerce.
Perdagangan Elektronik Beberapa orang mengidentifikasikan perdagangan elektronik (yang disebut juga e-commerce) dengan sangat sempit. Definisi sempit yang mereka berikan hanya meliputi transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, yang menghubungkan komputer mereka masing-masing melalui Internet. Definisi yang sempit seperti ini mengartikan bahwa hanya transaksi-transaksi yang melintas batas perusahaan saja yang dapat diklasifikasikan sebagai e-commerce. Jika suatu transaksi berada di dalam batas perusahaan, orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis elektronik. Kita akan melihat pandangan luas e-commerce yaitu bahwa e- commerce dapat memfasilitasi operasio internal maupun eksternal perusahaan. Dengan pandangan ini, istilah bisnis elektronik dan perdagangan elektronik akan sama. Banyak operasi perusahaan adalah internal-dilakukan di dalam batas perusahaan oleh bidang bisnis keuangan, sumber daya manusia, layanan informasi, produksi, pemasaran dan lain-lain.
E-commerce di Luar Batas perusahaan Akan bermanfaat jika kita membedakan dua jenis e-commerce yang terjadi dengan entitas di luar batas perusahaan. E-commerce bisnis-ke-bisnis konsumen (business-to-consumer-B2C) mengacu pada transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk. E-commerce bisnis-ke-bisnis (business-to-business-B2B) mengacu pada transaksi antar bisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir. Situs-situs seperti WWW.1800FLOWERS.COM, WWW.HOMEDEPTO.COM, WWW.USPS.GOV (jasa pos AS) telah dikenal oleh banyak peninjau situs web sebagai situs yang dirancang dengan cukup baik untuk transaksi B2C. Pemerintah juga meninkatkan partisipasinya dalam pemerintahan elektronik (yang disebut e-gor). Masyarakat dapat terhubung dengan situs click@DMV yang terdapat pada halaman Web Departemen Kendaraan Bermotor (WWW.DMV.DOT.STATE.NC.US) untuk memperpanjang nomor polisi kendaraan mereka.
Manfaat- manfaat yang diharapkan dari E-Commerce Perusahaan melaksanakan e-commerce untuk dapat mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan-perbaikan ini diharapkan merupakan hasil dari tiga manfaat utama : Perbaikan layanan pelanggan sebelum, selama, dan setelah penjualan. Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan. Peningkatan imbal hasil ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik.
Kendala-kendala E-Commerce Biaya yang tinggi. Kekhawatiran akan masalah keamanan. Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia. Masing-masing kendala di atas akan semakin tertantang seiring dengan semakin populernya teknologi dan sistem informasi. Biaya sumber daya komputasi pada akhirnya akan menurun. Seperti yang telah diuraika di bab 1, Hukum Moore meramalkan penggadaan kekuatan setiap 18 bulan. Dengan berlipatnya kekuatan setiap 18 bulan, biaya e-commerce juga akan turun. Keamanan adalah salah satu masalah bagi transaksi B2B dan B2C. Perusahaan pada umumnya jaringan telekomunikasi yang aman yang dimonitor terus menerus untukv akses yang tidak terotorisasi. Jaringan-jaringan ini telah terbukti sangat aman bagi perusahaan-perusahaan seperti VeriSign (WWW.VERISIGN.COM) telah menambahkan langkah-langkah keamanan yang membawa tingkat kepercayaan yang lebih tinggi bagi transaksi-transaksi Internet.
Ruang Lingkup E-commerce Ketika anda membaca bagian ini, pahamilah bahwa e- commerce bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapa bulan. Anda hendaknya mengunjungi WWW.CENSUS.GOV dan hubungkan ke halaman Web E- Stats untuk mengetahui angka-angka e-commerce yang terakhir. E-commerce menyumbang hampir $1,7 triliun untuk aktivitas perekonomian di Amerika Serikat selama tahun 2003. E-commerce telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan lebuh dari 15 persen setiap tahunnya selama lima tahun terakhir. E-commerce memiliki arti penting khususnya bagi beberapa segmen tertentu perekonomian AS karena memang menyumbangkan persentase dolar penjualan dalam jumlah besar dalam segmen-segmen tersebut.
% E-COMMERCE DARI TOTAL PENJUALAN Tabel 3.1 Persentase Penjualan E-commerce Versus Total Penjualan di Beberapa Segmen Industri Tertentu % E-COMMERCE DARI TOTAL PENJUALAN SEGMEN INDUSTRI 2000 2003 Produks Pakaian 20% 24% Produksi peralatan transportasi 46% 50% Distribustor kendaraan bermotor 25% Distributor obat-obatan 40% 49% Ritel penjualan dan reservasi
Jalan menuju E-commerce Ketika sebuah perusahaan merasa bahwa manfaat yang diharapkan lebih besar daripada biaya dan memutuskan untuk mengimplementasikan e-commerce, perusahaan tersebut menyadari bahwa implementasi yang akan dilakukan bisa jadi merupakan suatu pekerjaan yang besar. Rencana bisnis strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerc e guna meraih keunggulan kompetatif. Perusahaan pertama-tama harus memperoleh kecerdasan bisnis (business intelligence) sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami peranan potensial yang akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.
INTELEGENSI BISNIS (BUSINESS INTELEGENCE) Melaksanakan e-commerce bukanlah suatu keputus pihak-pan yang diambil tanpa pertama- tama meraih pengetahuan terlebih dahulu tentang perusahaan dan hubungannya dengan para pelanggan, pesaing, pemasok, dan pihak-pihak eksternal lainnya. Inteligensi bisnis (business intelligence-BI) adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
Mesin Pencari Suatu mesin pencari (search engine) adalah suatu program komputer khusus yang menanyakan satu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari. Yahoo! (WWW.YAHOO.COM), Excite (WWW.EXCITE.COM), AltaVista (WWW.ALTAVISTA.COM), MSN (WWW.MSN.COM), Google (WWW.GOOGLE.COM), dan AskJeeves (WWW.ASKJEEVES.com) adalah sebagian kecil situs-situs mesin pencari dan portal populer yang tersedia bagi pengguna untuk mencari informasi yang diakses melalui web.
Mesin pencari (mencari hotel Figur 3.1 Masin pencari Menjelajahi internet untuk menemukan Situs-situs yang memuat informasi yang anda cari Holiday Inn World Wide Web Hyatt Mesin pencari (mencari hotel Best Western Situs-situs lain
Strategi Interorganisasional Sistem interorganisasional (interorganizational system-IOS) semua perusahaan bekerja sama sebagai suatu unit yang terkoordinasi, meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri oleh setiap perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi disebut sekutu dagang, sekutu bisnis, atau aliansi bisnis. E-commerce dan EDI adalah jalan bebas hambatan bagi sistem interorganisasional.
Manfaat IOS Efesiensi Komparatif Efensiensi internal perbaikan dalam operasi- operasi perusahan itu sendiri, sehingga memungkinkan perusahaan mengumpulkan dan menganalisis data dengan cepat dan mengambil keputusan dengan cara yang lebih cepat lagi. Efesiensi interorganisasional meliputi perbaikan yang di peroleh melalui kerja sama dengan perusahaan – perusahaan lain. Kekuatan Penawaran : Kemampuan sebuah perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya demi keuntungan perusahaan itu sendiri. Kekuatan ini diambil dari tiga area dasar : Fitur –fitur produk yang unik . Menurunkan biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian. Meningkatkan biaya perpindahan.
Penambahan persediaan oleh vendor adalah satu jenis IOS khusus dimana pelanggan memberikan cukup kepercayaan bagi pemasok untuk mengizinkannya mengakses sistem persediaan berbasis komputer yang dimilikinya. Pemasok dapat memulai proses penambahan dengan secara elektronik memonitor tingkat persediaan perusahaan. Hal ini mengharuskan perusahaan memberikan akses basis data kepada pemasok. Sebagai perlindungan, perusahaan dapat membuat salinan dari bagian-bagian basis data yang tidak begitu sensitif dan memberikan pemasok akses hanya untuk selinan tersebut saja, bukannya keseluruhan sistem basis data perusahaan.
EDI EDI terdiri atas transmisi data langsung komputer-ke-komputer dalam suatu format struktur yang dapat dibaca oleh mesin. Meskipun EDI merupakan teknologi yang lebih lama, ia tetap penting karena memfasilitasi sebagian besar mayoritas perdagangan B2B. Transmisi memungkinkan data dipindahkan atau diterima tanpa harus mengetik ulang. Jalur komunikasi, peranti keras komunikasi, dan jasa-jasa pendukung untuk EDI pada umumnya diberikan oleh perusahaan telepon (AT&T, MCI, dan lain-lain. Ketika jasa yang menjalankan dan mengelola jalur komunikasi (yang kadang disebut sirkuit) diberikan selain jalur itu sendiri, disebut juga jaringan bernilai tambah (value added network-VAN). EDI adalah implementasi dominan dari suatu IOS lebih dari dua per tiga e-commerce dilaksanakan dengan menggunakan EDI, dibandingkan dengan alternatif-alternatif IOS lainnya.
Ektranet Ekstranet (extranets) adalah cara lain dari membuat suayu IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis komputer yang sensitif dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya dihubungkan dengan internet. Perusahaan menggunakan ekstranet melalui kolaborasi dengan pemasok-pemasok dan pelanggan-pelanggan besar yang telah dipercaya. Keamanan dan privasi mendapat perhatian yang serius, sehingga ekstranet biasanya diamankan dibalik suatu firewall. Firewall hanya mengizinkan pengguna yang terotorisasi saja yang dapat mengakses informasi perusahaan.
Sekutu-sekutu Bisnis Proaktif dan Rekreatif Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat melakukan dalam cara proaktif dan rekreatif. Sponsor IOS pada umumnya mengambil pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi di dalam jaringan. Para partisipan pada umumnya merespons dengan cara yang rekreatif, menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.
Pengaruh Penerapan Pada satu artikel Decision Sciences tahun 1995, dua profesor SIM G. Premkumar dan K. Ramamurthy mempelajari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan untuk menerapkan suatu IOS. Mereka mengidentifikasikan empat faktor yang menentukan apakah perusahaan akan mengambil langkah proaktif atau reaktif. Tekanan kompetitif. Ketika perusahaan berada dalam suatu posisi yang buruk terhadap para pesaingnya atau ketika asosiasi industri atau perdagangan memberikan tekanan yang kuat, perusahaan akan menerapkan IOS, seperti EDI dengan cara yang reaktif. Penggunaan kekuasaan. Ketika sebuah perusahaan dapat memaksakan kekuasaannya atas anggota lain. Kebutuhan internal. Ketika perusahaan sadar bahwa partisipasi dalam IOS merupakan salah satu cara untuk meningkatkan operasinya, perusahaan tersebut akan melaksanakan pendekatan dengan IOS dengan cara yang proaktif. Dukungan manajemen puncak. Tanpa melihat apakah perusahaan tersebut bertindak dengan cara yang proaktif ataupun reaktif, dukungan manajemen puncak selalu akan mempengaruhi keputusan.
Pengaruh Internal dan Lingkungan pada penerapan IOS Figur 3.2 Pengaruh Internal dan Lingkungan pada penerapan IOS Pengaruh Lingkungan Pengaruh Internal Kebutuhan Internal Tekanan Penggunaan kekuasaaan Pesaing Sekutu dagang Dukungan manajemen puncak IOS
Manfaat – manfaat tidak langsung IOS Mengurangi kesalahan. Menurunkan biaya. Meningkatkan efisiensi operasional. Meningkatkannya kemampuan untuk bersaing. Memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang. Memperbaiki layanan pelanggan.
Manfaat tidak langsung Figur 3.3 Manfaat-manfaat langsung dan tidak langsung IOS Manfaat tidak langsung Manfaat langsung Berkurangnya kesalahan Pesaing Turunnya biaya Sekutu dagang Meningkatnya kemampuan untuk bersaing Perbaikan hubungan Meningkatnya efisiensi operasional Perbaikan layanan Pelanggan
Strategi B2C untuk E-commerce Nilai uang e-commerce B2B membuat nilai uang e- commerce B2C terlihat begitu kecil. Hanya sekitar 6 persen dari nilai e-commerce dihasilkan oleh B2C. Jadi, mengapa memahami strategi bisnis untuk e-commerce untuk B2C menjadi begitu penting? Dua alasan adalah semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan web. Kecepatan komunikasi yNg lebih cepat bagi komputer-komputer rumahan juga telah membuat pengiriman produk-produk digital menjadi lebih prakktis. Kekhawatiran akan pencurian informasi, seperti informasi kartu kredit, telah digantikan dengan penerimaan.
Produk-produk digital Dunia hiburan telah menjadi salah satu produk awal yang mengambil mafaat dari internet. Lagu, album, film dan produk-produk serupa dapat dibeli dari situs-situs Web seperti (WWW.SONY.COM). Program-program komputer dan peningkatannya, seperti peranti lunak antivirus, seringkali dijual menggunakan Web sehingga pelanggan akan mendapatkan versi yang paling akhir. Jasa-jasa juga dapat dikirimkan melalui Internet, Lending Tree (WWW.LENDINGTREE.COM) memungkinkan para pengguna mendapatkan hipotek dan melakukan pendanaan kembali rumah mereka melalui internet. Satu perbedaan utama antara pembelian produk-produk digital dengan produk-produk fisik melalui Web adalah bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai di-download. Perbedaan lainnya adalah bahwa produk itu sendiri akan berpindah ke aset pembelinya.
Produk-produk Fisik Barang-barang fisik dapat dikonsusmi melalui web, sebagai gantinya harus dikirimkan kepada pelanggan. Perusahaan yang bergerak dalam e-commerce dapat tinggal menggunakan jasa perusahaan pengiriman surat atau barang swasta daripada memberikan jasa itu sendiri. Sebagian besar perusahaan jasa pengiriman populer menawarkan jasa yang melengkapi aktivitas B2C sebuah perusahaan. Pelanggan dapat menggunakan situs web pengirim untuk melacak status kemajuan paket dari perusahaan sampai pengirimnya hingga ke depan pintu depan rumah mereka. Dengan akses ke situs web pengirim, pelanggan akan dapat memiliki lebih banyak informasi dan kendali atas pengiriman pelacak secara online dapat membuat penjualan B2C lebih menarik.
Penjualan Maya Persus Campuran Penjualan maya (virtual sales) adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoperasikan tempat berjualan fisik. Dengan penjualan maya, tidak ada toko di mana pelanggan dapat masuk dan membeli produk. Penjualan campuran (hybrid sales) adalah terjadi ketika perusahaan memiliki tempat penjualan secara fisik dan situs web di mana pelanggan dapat membeli produk. Kedua strategi penjualan eceran ini perlu menginformasikan biaya dan fitur produk kepada pelanggan, mengatur pembayaran pelanggan, dan menghasilkan pengiriman produk.
Kesulitan yang dihadapi Oleh Penjualan Maya Satu kesulitan yang dihadapi oleh perusahaan yang menawarkan penjualan maya adalah memberikan informasi produk yang dibutuhkan tanpa membingungkan pelanggan. Penjualan maya paling sering dipergunakan ketika perusahaan tidak dapat membangun sebuah tempat perjualan fisik atau menemukan tempat berjualan fisik yang layak secara ekonomis. Penjualan campuran terkadang disebut sebagai operasi brick and clik. Kebanyakan perusahaan memiliki tempat berjualan karena biasanya hal tersebut dibutuhkan untuk rencana bisnisnya. Office depot memiliki tempat berjualan sebelum penjualan
Pemerintahan Elektronik Pemerintahan juga dapat mengambil manfaat dari e-commerce, satu contoh adalah polk country di Florida. Kantor pajak polk country menggunakan layanan online untuk melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan pada tahun 2005. Sertifikat pajak adalah cara bagi pemerintah daerah untuk menagih pajak bumi dan bangunan yang belum dibayar. Pemerintah daerah akan menentukan kapan pembeli sertifikat dapat mengklain properti jika pajak yang tertunggak tidak pernah dibayarkan. Pada umumnya, hanya sedikit orang yang memahami sertifikat pajak, sehingga pelanggannya akan memberikan pendapatan yang sedikit bagi pemerintah daerah.
Langkah E-Commerce Perdagangan Bergerak Tantangan bagi e-commerce lebih dari sekedar jenis barang yang ditwarkan, ia adalah teknologi di balik perdagangan. Banyak pelanggan merasa lebih nyaman menggunakan telepon seluler daripada menggunakn keyboard komputer. Kalangan pebisnis selalu mencari koneksi nirkabel di manapun tersedia layanan telepon seluler. Perdagangan Bergerak Perdagangan bergerak (mobile commerce atau m- commerce) adalah penggunaan sistem seluler dan sistem digital pribadi untuk melakukan e-commerce nirkabel. Istilah telekomunikasi generasi ketiga thrid generation 3G). telah secara longgar dipergunakan untuk teknologi- teknologi nirkabel yang mampu memindahkan data.
Nirkabel Berkelas Bisnis di Semua Tempat Hot spot biasanya diciptakan dengan menggunakan suatu koneksi kabel (untuk kecepatan komunikasi yang tinggi) dan kemudian dipancarkan melalui sebuah poin akses nirkabel ke suatu wilayah yang kurang lebih berjarak 100 meter dari poin akses tersebut. Komunikasi nirkabel yang kecepatannya cukup memadai melalui penyedia jasa komunikasi yang sama dengan telpon seluler akan memungkinkan terciptanya komputasi nirkabel berkelas bisnis hampir di semua tempat. Biaya ekstra yang harus dikeluarkan bisa jadi lebih kecil jika dibandingkan dengan tidak membutuhkan modem kabel dan mampu mengakses internet dari semua lokasi di kota anda.
Menggunakan Internet Awal mula internet dapat ditarik balik hingga tahun 1969, ketika pemerintah AS membuat suatu jaringan yang disebut ARPANET. Usaha-usaha yang diawali di tahun 1989 mengarah pada apa yang kita kenal hari ini sebagai world wide web. APARNET menunjukan bahwa permintaan dan penerimaan data oleh seseorang melalui suatu jaringan yang kompleks yang melibatkan banyak komputer dan koneksi jaringan adalah suatu hal yang mungkin untuk dilakukan.
World Wide Web Pada tahun 1989, tim Berners-lee, seorang ilmuan yang bekerja di CERN, laboratorium fisika partikel Eropa, menemukan cara yang lebih baik bagi para fisikawan untuk saling berkomunikasi, ide ini adalah dengan menggunakan hypertext dokumen elektronik yang saling terkait. Ide ini menjadi kenyataan pada pertengahan tahun 1992 dalam bentuk World Wide Web. Ia juga memungkinkan dikirimnya hypermedia yang terdiri atas teks, grafik, audio, dan video melalui World Wide Web. World Wide Web yang disebut juga dengan Web dan WWW, adalah informasi yang dapat diakses melalui internet di mana dokumen-dokumen hypermedia (file-file komputer) disimpan dan kemudian diambil dengan cara- cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
Istilah Umum dalam Word Wide Web Situs Web. Sekumpulan halaman web (biasanya terdapat pada satu komputer) yang terhubung dengan internet dan menyimpan file-file hypermedia yang dapat diakses dari komputer lain di dalam jaringan melalui link hypertext. Link Hypertxt. Suatu petunjuk yang terdiri atas teks atau grafiks yang digunakan untuk mengakses hypertext yang dismipan di semua alamat situs web. Halaman Web. Suatu file hypermedia yang tersimpan pada satu alamat situs web yang unik. Home Page. Halaman pertama suatu situs web, halaman-halaman situs lain yang dapat dijangkau dari home page. Browser. Peranti lunak yang dirancang untuk menemukan dan membaca file-file di internet yang ditulis dengan bahasa hyperteks. Universal Resource Locator (URL). Alamat untuk situs web. Protokol. Sekumpulan standar yang mengatur komunikasi data. Nama Domain. Alamat di situs web di mana sebuah halaman web disimpan. Path. Suatu direktori atau subdirektori dan file tertentu di situs web. Nestcape Navigator adalah browser awal yang digunakan untuk melihat kandungan web dan masih dipergunakan hingga saat ini. Browser internet yang paling populer adalah internet eksplorer dari microsoft.
CYBERSPACE DAN SUPERHIGHWAY INFORMASI Dua istilah yang juga dikaitkan dengan internet dan web cyberspace dan superhighway informasi, istilah cyberspace diperkenalkan pada tahun 1984, ketika penulis William Gibson menggunakan dalam hukumnya Neuromancer untuk menggambarkan suatu masyarakat yang telah menjadi budak teknologi. Kini, cyberspace berarti dunia internet dan World Wide Web. Istilah superhighway informasi dipergunakan dalam konteks yang sama, tetapi tidak ada suatu kesepakatan penuh mengenai dampak akhirnya pada masyarakat. Pengguna yang menggunakan superhighway informasi memerlukan sebuah komputer sama halnya seperti seorang pengguna jalan bebas hambatan yang membutuhkan sebuah kendaraan. Keduanya akan melibatkan biaya pelatihan dan menawarkan sejumlah keuntungan.
Standar Internet Salah satu alasan utama mengapa internet dan web telah diterima dengan tangan terbuka oleh para pengguna komputer di seluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama sebagai sutu sistem tunggal yang dapat dipergunakan dari platform komputer apapun. Seorang pengguna dengan PC Dell atau workstation sun dapat mengambil halaman web yang sama seperti seorang pengguna dengan powerbook apple. Dua organisasi telah mengambil peran kepemimpinan dalam menciptakan standar-standar internet dan web. Masyarakat internet di bentuk pada tahun 1992 untuk mempromosikan penggunaan internet secara komersial dan telah mendelegasikan tanggung jawab mengenai standar- standar internet kepada Internet Engineering Taks Force (IETF).
APLIKASI BISNIS INTERNET Internet dapat digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data, termasuk komunikasi di dalam perusahaan maupun dengan lingkungan. Berbeda dengan jaringan standar, internet dapat digunakan sebagai oleh semua jenis platform komputer tanpa harus melakukan pelayanan khusus. Semua area perusahaan dapat menggunakan internet, tetapi satu area yang penting adalah manajemen rantai pasokan. Khususnya manajemen rantai pasokan untuk penyedia layanan kesehatan mendapat perhatian khusus karena cepatnya kenaikan biaya untuk jasa-jasa medis. Aplikasi ritel juga penting dan menjadi satu tandingan yang baik.
E-Commerce dan Rantai Pasokan Rumah Sakit Perawatan kesehatan terutama berhubungan dengan perbaikan kesehatan akhir pasien. Dan melayani kebutuhan pasien. Rumah sakit telah melakukan sebagian besar pembelian mereka secara online. Manfaat ekonomis dari pembelian online sebagai pengganti dari pembelian manual. Rumah sakit dapat menggunakan satu protokol standar seperti internet untuk menggunakn EDI, yang membutuhkan sambungan yang terpisah diantara setiap vendor dan rumah sakit. Kecepatan dan kemudahan sambungan ke vendor baru pada e-commerce adalah insentif yang kuat untuk perubahan. Pertama, dalam sistem sebelumnya pembeli cenderung membeli apapun yang diinginkan oleh dokter dan pegawai klinik lain, tanpa melihat harganya. Kedua, tingginya biaya untuk membuat EDI pada vendor-vendor rumah sakit.
Aplikasi Ritel Aplikasi bisnis web yang paling dikenal masyarakat umum adalah ritel. Sebagian besar rantai ritel telah hadir di web. Banyak peritel membuat home page mereka yang dapat secara langsung diakses melalui web. Beberapa lebih memilih untuk bergabung dengan toko-toko lain di suatu situs gabungan yang disebut mal maya (virtual mall) dengan harapan bahwa satu nama mal akan lebih mudah untuk dikenali dan ditemukan daripada nama toko mereka masing-masing. Satu mall maya dapat mengambil pemandangan mall tradisional (yaitu perkumpulan dari berbagai jenis toko), Cyber Town Mall (WWW.CYBERTOWN.COM.MALLDIR.HTML) dan 24 hour mall (WWW.24HOURMALL.COM) adalah dua kumpulan toko seperti itu.
SARAN-SARAN KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET Pastikan situs web Anda kuat. Ketika Anda memberikan komitmen pada suatu proyek web, bersiaplah untuk pergi ke luar halaman Web dan mengaitkan basis data Anda dengan Web melalui aplikasi-aplikasi Anda. Pastikan browser dan struktur basis data Anda fleksibel maupun intuitif. Hal ini akan memungkinkan Anda menangani perkembangan di masa mendatang dan memberikan akses cepat bagi para pengguna. Menekankan isi. Jangan terjebak pada gambar, audio, dan video sehingga Anda melupakan sasaran utama dalam menyediakan informasi. Sering diperbarui. Mengundang para sekutu bisnis dan pelanggan yang melihat-lihat untuk selalu datang kembali. Melihat di luar pelanggan. Gunakan internet untuk memperbaiki komunikasi dengan seluruh unsur lingkungan perusahaan kecuali pesaing tentunya.
Tujukan isi pada kebutuhan spesifik pengguna Tujukan isi pada kebutuhan spesifik pengguna. Mendorong pengunjung untuk mendaftar nama, alamat, dan minat mereka pada situs Anda. Menjadikan internet intuitif. Lakukan segala hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat situs Web Anda secepat dan seefisien mungkin. Berada di lokasi situs Web yang tepat. Jika situs Web Anda tidak menghsilkan lalu lintas sebanyak yang Anda harapkan, pertimbangkan untuk mengikatnya dengan situs-situs lain. Ciptakan rasa kebersamaan. Libatkan pengguna dalam situs Anda dengan memberikan kesempatan bagi mereka untuk memberikan saran, keluhan dan seterusnya. Carilah bantuan jika Anda membutuhkannya. Pekerjaan Web adalah pekerjaan yang sangat terspesialisasi. Daripada mengembangkan keahlian internal sendiri, mungkin lebih masuk akal jika mengontrakan perbuatan dan pemeliharaan situs Web Anda kepada para profesional. Saran-saran di atas sekaligus menunjukan cara memanfaatkan Web. Keberadaan Web yang baik membutuhkan lebih banyak usaha.
DAMPAK INTERNET PADA BISNIS DI MASA MENDATANG Para pengguna internet adalah satu kelompok yang beragam. Banyak masih berusia muda, namun yang berusia lebih tua (dengan lebih banyak penghasilan untuk dibelanjakan) memiliki dampak yang subtansial pada ramalan ekonomi e-commerce. Bahkan ketika uang tidak langsung dibelanjakan secara online, konsumen sering kali menggunakan Web untuk melakukan penelitian atas pembelian mereka sebelum pergi ke toko. E-commerce B2B nampaknya tidak berdampak pada pelanggan, tetapi harga yang lebih rendah dan layanan pelanggan yang lebih baik yang dimungkinkan oleh B2B adalah hal yang membuat bisnis kompetitif.
SELESAI TERIMA KASIH