PEMROGRAMAN MUTLIMEDIA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Memahami etimologi multimedia
Advertisements

Bab 6 Multimedia.
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
Wirecast SHELTI TERESA .ES.
TEKNIK MULTIMEDIA.
PalComTech. WORLD WIDE WEB (WWW), Adalah sarana internet yang menampilkan tampilan berupa gabungan teks, grafis, suara bahkan video yang bersifat interaktif.
Teknik Mendownload File T e k n i k M e n d o w n l o a d F i l e Presentasi Materi Ajar SMK & MA 2011.
ETIKA PEMASARAN DAN PRODUKSI
Konsep Pemrograman Internet
MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA
Teknologi WEB.
Pemrograman multimedia
Pertemuan 1 Pengenalan Multimedia
Yan Felix Monangin ( ).  JPEG adalah sebuah format gambar, sangat berguna untuk membuat gambar jenis fotografi berkualitas tinggi dalam ukuran.
“ MEMBUAT APLIKASI MOBILE MEDIA PLAYER MENGGUNAKAN Aristo Oktobrian,
PI. Manajemen Informatika, Direktorat Program Diploma Tiga Manajemen Cara belajar Modifikasi Motor Matic Lowrider for further detail, please visit
PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.
Mengenal Lingkungan Processing
Struktur Project Android
Interaksi Client - Server
Mobile Programming Intro Android.
Produksi Konten Multimedia
ARSITEKTUR APLIKASI WEB
Fakultas Teknologi Industri JurusanTeknik Informatika
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
Multimedia Authoring For Health Information
Perancangan Multimedia Bertalya
PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK UKM BERBASIS MULTIMEDIA
Content Provider pada Android
Pengenalan multimedia
Website Panduan Dan Latihan English Grammar Septian Budi Praditya
Mobile Media API (MMAPI)
APLIKASI PEMBELAJARAN BAGI ANAK – ANAK MENGGUNAKAN Firdhaus Shaputra
APLIKASI POWER POINT ONLINE
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
desain multimedia dasar
Content Provider pada Android
Welcome! © Copyright Showeet.com – Free PowerPoint Templates.
Android multimedia Anggota : Ragil Setiawan ( )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Android Multimedia Pertemuan 7.
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
Pemrograman Mobile Android Multimedia.
Android Multimedia Vidio, Musik dan Gambar
ANDROID MULTIMEDIA.
Android Multimedia Nur Dwi Ramadani
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
Android Multimedia PENGOLAHAN GAMBAR DAN VIDEO.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 7.
Sumber daya komputasi dan komunikasi Disusun oleh
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANDROID MULTIMEDIA Nama anggota :
Android database mysql dan webservice
Android database mysql dan webservice
ETIKA PEMASARAN DAN PRODUKSI
Pengantar Multimedia Tujuan Khusus Pelatihan :
This presentation uses a free template provided by FPPT.com ETIMOLOGI MULTIMEDIA Oleh : Putrie Fortuna RGP.
11/9/2018.
Memahami etimologi multimedia
Aplikasi Komputer Pertemuan 5 Mengenal Aplikasi Power Point
Pemrograman Mobile Location Based Service
Penggunaan Kartu SD PEMROGRAMAN MOBILE 2.
Animasi Flash.
E L E M E N MULTIMEDIA Toto Haryadi MULTIMEDIA
for further detail, please visit
JAVA 2 STANDART EDITION MEDIA PLAYER YANG DISERTAI ANIMASI DENGAN MENGGUNAKAN for further detail, please visit
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Pemahaman XML Parsing.
Pertemuan ke 3 : Pengenalan XML Parsing
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Transcript presentasi:

PEMROGRAMAN MUTLIMEDIA Pertemuan 8

Definisi Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning. Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.

Android multimedia framework • Mendukung berbagai jenis media sehingga dapat mengintegrasikan audio, video dan gambar ke dalam aplikasi dengan mudah. • Media yang ditambahkan bisa berasal dari – application's resources (raw resources) – File di dalam Sistemfiles – Data streaming melalui koneksi internet • Semuanya menggunakan MediaPlayer APIs. Protokol jaringan yang mendukung pemutaran audio dan video

Class yang digunakan : Kelas-kelas berikut digunakan untuk memutar suara dan video dalam Framework Android: MediaPlayer Kelas ini adalah API utama untuk menggunakan suara dan video. AudioManager Kelas ini mengelola sumber audio dan output audio pada perangkat android.

Manifest Declarations Sebelum memulai pengembangan aplikasi MediaPlayer, Pastikan manifest sudah diatur agar dapat menggunakan fitur yang dibutuhkan : Internet Permission Jika Anda menggunakan MediaPlayer untuk melakukan streaming konten berbasis jaringan. <uses-permission android:name="android.permission.INTERNET" /> Wake Lock Permission Jika aplikasi Anda perlu menjaga agar layar tidak melakukan peredupan atau prosesor tidak sleep <uses-permission android:name="android.permission.WAKE_LOCK" />

Memainkan Audio dari LocalResource Buat Folder raw dibawah folder res. Masukan file audio yang akan dimainkan ke folder raw. Pastikan semua file audio anda ditulis dengan huruf kecil. Contoh program : MediaPlayer mediaPlayer = MediaPlayer.create(context, R.raw.sound_file_1); mediaPlayer.start(); Uri myUri = ....; // initialize Uri here MediaPlayer mediaPlayer = new MediaPlayer(); mediaPlayer.setAudioStreamType(AudioManager.STREAM_MUSIC); mediaPlayer.setDataSource(getApplicationContext(), myUri); mediaPlayer.prepare(); mediaPlayer.start(); Memainkan Audio dari URL Remote malalui HTTP streaming String url = "http://........"; // your URL here MediaPlayer mediaPlayer = new MediaPlayer(); mediaPlayer.setAudioStreamType(AudioManager.STREAM_MUSIC); mediaPlayer.setDataSource(url); mediaPlayer.prepare(); // might take long! (for buffering, etc) mediaPlayer.start();   Catatan : If you're passing a URL to stream an online media file, the file must be capable of progressive download. Perhatian : You must either catch or pass IllegalArgumentException and IOException when using setDataSource(), because the file you are referencing might not exist.

CONTOH PROGRAM ANDROID MULTIMEDIA

Isikan pada kode pada activity_main.xml seperti gambar :

Buatlah file xml yang bernama activity_audio Buatlah file xml yang bernama activity_audio.xml kemudian isikan kodenya:

Buatlah file xml yang bernama activity_video Buatlah file xml yang bernama activity_video.xml kemudian isikan kodenya: Buatlah file xml yang bernama activity_images.xml kemudian copy kan image ke drawable misalnya blackgoogle.png dan isikan kodenya:

Setelah selesai masuk ke MainActivity.java dan isikan kodenya : Buatlah class baru bernama VideoActivity.java setelah itu buat folder raw dengan klik resNew Android Resources Directory Pilih raw  Copy kan file video ke folder raw dan beri nama misalnya mv.mp4 kemudian isikan kode seperti dibawah :

Buatlah class baru bernama AudioActivity Buatlah class baru bernama AudioActivity.java pilih folder resraw  Copy kan file audio ke folder raw dan beri nama misalnya solong.mp3 kemudian isikan kode seperti dibawah :

Buat class baru benama ImagesActivity Buat class baru benama ImagesActivity.java dan isikan kode seperti dibawah :

Jangan lupa edit AndroidManifest Jangan lupa edit AndroidManifest.xml di folder Manifest seperti gambar dibawah agar menghindari force close saat aplikasi dijalankan: Jika sudah selesai hasilnya : Hasil dari menekan Button Video maka akan keluar seperti dibawah :

Hasil dari menekan Button Audio maka memutar file Audio dengan bisa pause dan stop lagu saat memutar lagu Hasil jika menekan button gambar dimana fungsinya untuk menampilkan gambar

SEKIAN DAN TERIMA KASIH