KELOMPOK 6 Modeling Adnin Devit C F 091511035 Amalia Nuryamin 091511037 Handal Abdillah 091511050 Ihsan Helmi F 091511051 Rekhas Fahrizi 091511061
Prinsip Pemodelan Terdapat dua jenis pekerjaan pemodelan, yaitu: Pemodelan Analisis , merepresentasikan kebutuhan konsumen : information domain functional domain behaviour domain Pemodelan Desain , merepresentasikan karakteristik perangkat lunak : arsitektur user interface component-level detail
Translation Model Interface Design Architectural Design Data Design Component-Level Design Interface Design Architectural Design Data Design Entity- Relationship Diagram Data Object Description Process Specification (PSPEC) Data Dictionary Data Flow Diagram State-Transition Diagram Control Specification (CSPEC) TCS2411 Software Engineering
Prinsip Pemodelan Analisis (1) Prinsip #1. Domain informasi dari sebuah problem harus dapat direpresentasikan dan dipahami. Prinsip #2. Fungsi yang software tampilkan harus didefinisikan.
Prinsip Pemodelan Analisis (2) Prinsip #3. Perilaku dari software (sebagai akibat dari kejadian-kejadian eksternal) harus dapat direpresentasikan. Prinsip #4. Model-model yang menggambarkan informasi, fungsi, dan perilaku harus dibagi ke sebuah cara yang membuka detail kedalam mode lapisan( atau hirarki). Prinsip #5. Tugas analisis seharusnya bergerak dari informasi penting menuju implementasi detail
Prinsip Pemodelan Design (1) Prinsip #1. Desain harus dapat ditelusuri kedalam model analisis. Prinsip #2. Selalu pertimbangkan arsitektur dari sistem yang akan dibangun. Prinsip #3. Desain dari data sama pentingnya dengan desain dari proses fungsi.
Prinsip Pemodelan Design (2) Prinsip #4. Interface (Internal dan Eksternal) harus didesain dengan hati- hati. Prinsip #5. Desain User Interface harus disesuaikan dengan kebutuhan end-user. Prinsip #6. Desain Component-level seharusnya bebas secara fungsional.
Prinsip Pemodelan Design (3) Prinsip #7. Komponen harus bisa digabungkan secara bebas satu sama lain dengan bagian eksternal. Prinsip #8. Representasi desain (model) harus mudah dimengerti. Prinsip #9. Desain harus dikembangkan berulangkali. Dengan tiap perulangan, perancang harus berusaha menjadikannya jauh lebih sederhana.