PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sistem Pendidikan Islam di Indonesia dan Pembaharuannya
Advertisements

1 HASTARI MAYRITA, S.PD., M.PD.  UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1  Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana.
Disadur dari berbagai sumber
Konsep Dasar Pendidikan
& Batas-batas Pendidikan
HARAPAN MAHASISWA TERHADAP LAPANGAN PEKERJAAN PANJI BAHARI NOOR ROMADHON.
• Aktivitas apa saja yg bisa disebut sebagai aktivitas pendidikan?
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KAITAN ANTARA KEBUDAYAAN DAN PENDIDIKAN
LIMA PILAR BELAJAR GUNA MEWUJUDKAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL
HAKIKAT PENDIDIKAN Andi Muhammad Ajiegoena Pengantar Pendidikan
PENDIDIKAN NON FORMAL DAN PENDIDIKAN INFORMAL.
PENDIDIKAN KARAKTER Universitas Negeri Yogyakarta Oleh:
LANDASAN SOSIOLOGIS PENDIDIKAN
pengantar ilmu pendidikan
PANCASILA SEBAGAI SISTEM NILAI
LANDASAN YURIDIS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI INDONESIA
Donald Samuel Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.
Mewujudkan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan Modern: Sebuah Tantangan*
& Batas-batas Pendidikan
PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN PERTEMUAN I
Pengertian pendidikan
Ilmu Sosial Dasar.
LANDASAN ILMU PENDIDIKAN
PENGERTIAN PENDIDIKAN
PSIKOLOGI PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENDAHULUAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
PENDAHULUAN PANCASILA & KEWARGANEGARAAN (LECTURE I)
Pada Mata Kuliah PENGEMBANGAN KURIKULUM
PERENCANAAN DAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI
ALIRAN-ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN
VISI,MISI,DAN TUJUAN SEKOLAH/MADRASAH
PENGERTIAN PARADIGMA Definisi paradigma
PENDIDIKAN PANCASILA.
KONSEP DAN HAKIKAT PEMBELAJARAN IPS
PENDEKATAN, MODEL, STRATEGI & METODE PEMBELAJARAN
HAKIKAT PENDIDIKAN A. Pengertian Pendidikan
APA YG DIMAKSUD DENGAN DASAR PELAKSANAAN PENDIDIKAN?
HANDOUT 1 BELAJAR PEMBELAJARAN
Assalamu’alaikum.
BAB II SIKAP PROFESIONAL KEGURUAN
FILSAFAT PENDIDIKAN MK 115
STANDAR PENILAIAN KURIKULUM 2013
PENDAHULUAN PANCASILA & KEWARGANEGARAAN (LECTURE I)
KURIKULUM Pengertian Kurikulum 1. Kurikulum sebagai rencana belajar.
ETIKA BERBANGSA Menjelaskan Pemahaman landasan pendidikan Pancasila, demokrasi, hak Asasi manusia, geopolitik dan geostrategi, wawasan nusantara, ketahanan.
PERAN ILMU PENDIDIKAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Perkembangan Kurikulum di Indonesia
PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT PENDIDIKAN NASIONAL
HAKIKAT PENDIDIKAN DAN MENDIDIK
PERBEDAAN FILSAFAT dan ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN & MASYARAKAT MADANI
Om Swastiastu.
SIATEM PENDIDIKAN NASIONAL
PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT PENDIDIKAN NASIONAL
DASAR HUKUM PENDIDIKAN PANCASILA
SEMANGAT KERJA GURU SMP TAMAN SISWA TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG
D N J / Dasar-dasar Pendidikan
Analisis Kurikulum Penjasorkes dan Bahan Ajar
• Aktivitas apa saja yg bisa disebut sebagai aktivitas pendidikan?
Teori Pendidikan Dasar MATA KULIAH : TEORI PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Dosen : Wahyu A.Rini, MA, M.Pd.
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA
ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN
Arti Pendidikan George F Kneller, dalam bukunya: Foundations of Education Arti luas: suatu tindakan atau pengalaman yang mempunyai pengaruh yang berhubungan.
CIVIC EDUCATION Rabiatul Adawiyah, M.Pd. Pendidikan Kewiraan UU N0.2 Tahun 1989 Alasan tidak relevan: a.Pola dan praktek pembelajaran yang indoktrinatif.
PKn yang berhasil menumbuhkan sikap mental : bersifat cerdas,
UNGGUL DALAM PRESTASI AKADEMIK UNGGUL DALAM PRESTASI NON AKADEMIK UNGGUL DALAM PENCAPAIAN HASIL NILAI UJIAN NASIONAL UNGGUL DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME.
PENDEKATAN, MODEL, STRATEGI & METODE PEMBELAJARAN.
KEWARGANEGARAAN Ary Handayani 1. KONTRAK BELAJAR Perkuliahan / Kehadiran : 30% Tugas / Quiz : 35% UTS : 15% UAS : 20% 2.
Transcript presentasi:

PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN DRS.H. MAT NUR, MM.,M.Si

PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM Makna Pengembangan Pendidikan Islam Pengembangan dapat memiliki makna ganda, yaitu : makna kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif bagaimana menjadikan pendidikan Islam leih besar, merata, da meluas pengaruhnya dalam konteks pendidikan pada umumnya. Kualitatif : bagaimana menjadkan pendidikan Islam lebih baik, bermutu, dan lebih maju sejalan dengan de-ide dasar atau nilai-nilai Islam. Juga dapat berkonstriusi terhadap pembangunan Nasional dan Internasional.

B. Landasan Pengembangan Pendidikan Islam a. Filosofis : Filsafat perenial-esensialis salafi, menjadikan nilai-nilai Islam pada masa salaf sebagai acuan segala nilai kebenaran Filsafat perenial-esensialis mazhabi, menjadikan nilai-nilai Islam pada masa klasik atau pertengahan sebagai acuan segala nilaikebenaran. Filsafat modernis, pengembanga secara optimal subjek didik untuk beradaptasi dengan masa kini dan pemecahan masalah kontemporer.

Lanjutan … Filsafat perenial-eselsialis kontekstual falsifikatif, pelestarian nilai-nilai Ilahiyah dan insaniyah, sekaligus pengembangan IPTEK Filsafat rekonstruksi sosial, pengembagan manusia sebagai pemeran aktif dalam menciptakan peruabahan ke arah yang lebih baik Filsafat eksistensialis, pengembangan potensi diri seseorang (searching for self)

Lanjutan … b. Religius : mis. Q.S. 66 : 6 “Hai orang-orang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka”. c. Yuridis, antara lain UU. No.20 th. 2003 tentang Sisdiknas, Pasal 1 ayat 1 pendidikan adalah “usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasaa pelajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengemangkan potensi dirinya untukmemilikikekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,masyarakat, bangsa, dan negara”.

Lanjutan … d. Landasan Ilmiah pendidikan Islam, bersumer dari disiplin ilmu tertentu yang menjadi titik tolak dalam pendidikan Islam, seperti psikologi, sosiologi, antropologi, sejarah dan lain sebagainya. Landasan filosofis, religius, dan yuridis adalah sebagai landasan preskriptif, landasan ideal yang dicita-citakan (das sollen). Sedangkan landasan ilmiah, sebagai landasan deskriptif, yaitu kehidupan manusia sebagai apa adanya (das Sein) yang dijadikan titik tolak pendidikan Islam.

C. Paradigma Pengembangan Pendidikan Islam Paradigma ortodoksi, yang memandang ajaran dan nilai-nilai Islam produk pemikiran ulama terdahulu sebagai kriteri utama dalam pembangunan sistem pendidikan Islam serta melihat pemikiran dan pengalaman generasi terdahulu sebagai taken for granted, sehingga cenderung mewarisi dan melestarikannya tanpa sikap kritis. Paradigma Islamisasi, yang memandang pemikira ilmuan Barat di bidang pendidikan sebagai ancaman, kemudian sibuk mencari corak yang lebih “khas Islam”.

Lanjutan … 3. Paradigma modernisasi Islam, yang berangkat dari kepedulian akan keterbelkangan umat Islam di dunia sekarang disebabkan oleh kepicikan berpikir, dan ketertutupan dalam memahami ajaran Islam, sehngga sistem pendidikan Islam tertinggal dari dunia Barat dan dunia luar. Dari ketiga paradigma tersebut perlu dipertingbangkan paradigma modernisasi.

PUSTAKA Muhaimin (2011), Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam, Jakarta : Rajawali Pers. Umiarso dan Imam Gojali (2010), Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan, IRCiSoD.

SEKIAN