Pertemuan Ketiga Manusia

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
2. FAKTOR MANUSIA Sistem komputer terdiri atas tiga aspek yaitu :
Advertisements

DISPLAY.
K3.
Pertemuan ke 4 1 erna kumalasari nurnawati.  komputer dimodelkan secara konvensional sebagai suatu kombinasi pemroses sentral dan hubungannya dengan.
Interaksi Manusia dan Komputer Kuliah ke 3 : Profil pemakai
Interaksi Manusia dan Komputer - part 2 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng.
PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN MANUSIA
Faktor yang mempengaruhi persepsi
MEMORI, SENSASI & PERSEPSI
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER “Faktor Manusia”
Oleh : VISKA ARMALINA, ST., M.Eng
MEMORI PROSES MEMORI.
FAKTOR MANUSIA.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer (Manusia)
MANUSIA.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Oleh : Valentin Quanti s
Interaksi Manusia dan Komputer
Pengolahan Citra Diah Octivita ( ) Hadi Ismanto ( ) Jan Peter ( ) Yenni Rahmawati ( )
PERSEPSI SENSASI ATENSI
Sensasi dan Persepsi Akademi Perawat Panti Waluya.
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
FAKTOR MANUSIA DALAM INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER.
Chalifa Chazar edu.script.id
MANUSIA.
BAB III FUNGSI-FUNGSI UTAMA MENTAL/PSYCHE
SI122 – Interaksi Manusia dan Komputer
Information Processing Theory
Teori Pemprosesan Informasi
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
Interaksi Manusia Dan Komputer
Psikologi Faal Unita Werdi Rahajeng -
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
ORGANON AUDITUS P E N D G A R.
MANUSIA.
Interaksi Manusia & Komputer Faktor Manusia
MEMORI MANUSIA.
Sistem Indera Fungsi Indera : menanggapi rangsang dari luar tubuh (cahaya, suhu, tekanan, suara, sentuhan)
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Oleh : IMAM BUKHARI, S.KOM., MM
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Anna Dara Andriana S.Kom.,M.Kom
Information Processing Theory
SELAMAT BERJUMPA DALAM TUTORIAL
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
FAKTOR MANUSIA (2) (LANJUTAN) DOSEN. UTAMI DEWI WIDIANTI.
Sistem Komunikasi Intrapersonal
PERSEPSI PERTEMUAN 9.
KELOMPOK 5 Lena Morita ( ) Gita Ayu D. ( )
Faktor Manusia dalam IMK
Interaksi Manusia dan Komputer
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Faktor Manusia.
Interaksi Manusia Dan Komputer (Manusia)
SENSASI DAN PERSEPSI.
FAKTOR MANUSIA SESI II.
Faktor Manusia.
FAKTOR MANUSIA.
Faktor Manusia.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
1 Visi Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul di bidang Teknologi Telematika dan membentuk insan yang berkarakter di Indonesia Misi 1. Menyelenggarakan.
Jaringan Syaraf Tiruan
Interaksi Manusia dan Komputer
Transcript presentasi:

Pertemuan Ketiga Manusia Jaringan Internet

Pendahuluan Manusia dapat dipandang sebagai sistem pemroses informasi Sebuah model sederhana: Informasi diterima dan ditanggapi melalui saluran input-output Informasi disimpan dalam ingatan (memory) Informasi diproses dan diaplikasikan dalam pelbagai cara Kemampuan dari manusia dalam area ini amat penting dalam mendesain, dan ini berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Jaringan Internet

Saluran Input-Output Pandangan (Vision) Alat fisik: mata Jaringan Internet

Penerimaan fisik dari suatu stimulus Pandangan (Vision) Dua tahap dalam vision Penerimaan fisik dari suatu stimulus Pengolahan dan interpretasi dari stimulus Jaringan Internet

Alat fisik: mata Mekanisme untuk menerima cahaya dan mentransformasikannya ke dalam energi elektrik Cahaya memantul dari objek-objek; citra dari mereka difokuskan terbalik pada retina Retina mengandung rods (organ berbentuk batang) untuk pandangan cahaya lemah dan cones (organ berbentuk kerucut) untuk pandangan berwarna Sel ganglion (simpul/pusat syaraf) mendeteksi pola dan pergerakan Jaringan Internet

Interpretasi Sinyal Ukuran dan kedalaman Kecemerlangan cahaya (brightness) Warna Sistem visual mengkompensasikan diri untuk pergerakan dan perubahan dalam kejelasan pandangan (luminance) Konteks akan digunakan untuk menangani kerancuan yang terjadi Jaringan Internet

Pola visual terpersepsikan Membaca Beberapa langkah: Pola visual terpersepsikan Di-decode (pecahkan sandinya) menggunakan representasi internal bahasa Diinterpretasikan menggunakan pengetahuan dari sintaks, semantik dan pragmatik Jaringan Internet

memandang terus/terpaku pada suatu hal pada suatu saat) Membaca melibatkan saccades (mata yang berkedip-kedip) dan fixations (mata yang memandang terus/terpaku pada suatu hal pada suatu saat) Persepsi terjadi setelahnya Bentuk huruf adalah sesuatu yang penting untuk proses pengenalan Kontras negatif memperbaiki proses membaca dari layar komputer Jaringan Internet

Mendengarkan Menyediakan informasi mengenai lingkungan: jarak, arah, objek, dan lain-lain. Alat fisik: Telinga bagian luar – melindungi telinga bagian dalam dan menguatkan suara Telinga bagian tengah – mentransmisikan gelombang suara dalam bentuk getaran ke telinga bagian dalam Telinga bagian dalam– pemancar (transmiter) kimiawi dilepaskan dan ini menimbulkan impuls dalam syaraf pendengaran Suara (sound) Pitch – frekuensi suara Loudness – amplitudo (lebar/kekuatan suara) Timbre – jenis atau kualitas suara Jaringan Internet

cont Manusia dapat mendengarkan frekuensi dari 20Hz sampai 15kHz – kurang akurat membedakan frekuensi tinggi dibandingkan dengan frekuensi rendah Pemfilteran suara pada sistem pendengaran– dapat mengenali suara pada suara latar yang menjadi/penuh dengan gangguan Jaringan Internet

Sentuhan Menyediakan umpanbalik penting mengenai lingkungan Mungkin merupakan indra kunci untuk orang yang memiliki kekurangan pada pandangannya Stimulus diterima melalui penerima (receptors) dalam kulit: Thermoreceptors – panas dan dingin Nociceptors – sakit Mechanoreceptors – tekanan (beberapa tekanan seketika/segera (instant), beberapa tekanan yang terus menerus (continuous)) Beberapa daerah/bagian tubuh lebih sensitif daripada yang lain, contoh: jari-jari. Kinethesis – kesadaran akan posisi tubuh dapat menjadikan nyaman dan berpengaruh baik pada kinerja Jaringan Internet

Gerakan Waktu yang diperlukan untuk menanggapi stimulus: waktu reaksi + waktu gerak Waktu gerak – tergantung pada usia, kebugaran, dan lain-lain. Waktu reaksi – tergantung pada jenis stimulus: Visual (pandangan) – 200ms Auditory (suara) – 150ms Pain (sakit) – 700ms Jaringan Internet

cont Bertambahnya waktu reaksi mengurangi akurasi pada operator yang tidak terampil tapi hal ini tak berpengaruh pada operator yang terampil Hukum Fitt (Fitt’s Law) merumuskan waktu yang dibutuhkan untuk menekan/menyentuh target di layar: Mt = a + b log2 (D /S + 1) Dimana a dan b secara empiris adalah konstanta yang telah ditentukan, Mt adalah waktu gerak, D adalah jarak dan S adalah ukuran. Target secara umum haruslah sebesar yang paling mungkin dan jarak adalah sekecil yang paling mungkin Jaringan Internet

Memory Terdapat 3 jenis fungsi memory, yang dapat digambarkan seperti pada gambar dibawah ini Jaringan Internet

cont Sensory memory (memory untuk merasakan) Buffers (penyangga) untuk stimuli (rangsangan) Iconic – visual stimuli (rangsangan visual) Echoic – aural stimuli (rangsangan suara) Haptic – touch stimuli (rangsangan sentuhan) Secara terus menerus akan terus diperbarui/ditumpuki Informasi berlalu/lewat dari alat sensor (sensory) ke memory jangka pendek dengan atensi/perhatian Pemilihan rangsangan diatur oleh selera/gairah Jaringan Internet

Memory Jangka Pendek Lapisan scratch (scratch-pad) untuk pengingatan kembali (recall) sementara Akses cepat – 70ms Penghilangan cepat (rapid decay) – 200ms Kapasitas terbatas – 7+/-2 digit atau kumpulan informasi Jaringan Internet

cont Efek kekinian (recency effect) – pengingatan kembali (recall) sesuatu yang terakhir dilihat lebih baik daripada pengingatan kembali (recall) item-item yang lebih dulu Beberapa bukti untuk pelbagai elemen dari memory jangka pendek saluran artikulasi/pengucapan, saluran visual, dan lain-lain – campur tangan pada saluran yang berbeda tak mengganggu pengingatan kembali (recall) Jaringan Internet

Memory Jangka Panjang Tempat penyimpanan (repository) untuk semua pengetahuan kita Akses pelan– 1/10 detik Decay (penghilangan) pelan, jika ada Kapasitas yang besar atau tidak terbatas Dua jenis Episodik – memory berurutan dari kejadian-kejadian Semantik – memory terstruktur dari fakta-fakta, konsep dan ketrampilan Jaringan Internet

cont Struktur memory semantik Menyediakan akses ke informasi Merepresentasikan hubungkan diantara bit-bit (bagian kecil) informasi Mendukung inferensia Model: semantic network (jaringan semantik) Inheritance – node-node anak dituruni properti (sifat dan kemampuan) dari node-node orang tuanya Hubungan diantara bit-bit informasi dilakukan secara eksplisit Mendukung inferensia melalui inheritance (penurunan sifat) Jaringan Internet

SEKIAN Jaringan Internet