PERIPHERALS By : Nima Lestari

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ALAT OUTPUT.
Advertisements

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
LOGO “ Add your company slogan ” Siswo Wardoyo, S.T., M.Eng. Siswo WardoyoJurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNTIRTA2011/2012- Genap
Merakit Personal Komputer (PC)
Perangkat Keras 1. Keyboard 2.Scanner 3.CPU 4. Monitor 5. Printer
MENGENAL PERSONAL COMPUTER (PC) & PERIPHERAL
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Merawat peralatan multimedia
ALAT-ALAT INPUT.
Hardware Komputer.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
BAB IV PERANGKAT KOMPUTER
ALAT INPUT PADA HARDWARE
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat Keras Multimedia
KKPI KETRAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI 5 MENIT
H A R D W A R E K O M P U T E R.
Perangkat Input Dan Output
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
H A R D W A R E K O M P U T E R.
KELOMPOK 1. ANGGOTA KELOMPOK 1. Bambang Oktara Engla Ikhsandro Herizal Jordian Naro Pratama Radius.
Nama Kelompok : Ahmad Rais NO BP :
Speaker merupakan mesin penterjemah akhir, kebalikan dari mikrofon. Speaker membawa sinyal elektrik dan mengubahnya kembali menjadi getaran untuk.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
Memilih Perangkat Interaksi Yang Tepat Next About Us
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Asep Rochman, S.Sos,S.Kom, M.Kom..
TEKNIK ANTARMUKA.
DASAR KOMPUTER & PEMROGRAMAN 1A
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
Materi Perkuliahan Pertemuan 1 : Pengenalan Komputer
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
Pengantar Teknologi Informasi
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Definisi hardware input
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
Pertemuan 7 Hardware.
Pengantar Teknologi Informasi
Hardware Komputer.
Piranti Keluaran (Output Device)
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
Teknologi perangkat keras
Pengantar teknologi informasi
PERANGKAT OUTPUT KOMPUTER KELOMPOK 1: MUSTIKA ( ) TAHRIM WARA WARIN ( MUH.IRSAN ( )
Perangkat Lunak Komputer Created by: Kusnul Kotimah.
TEKNOLOGI INFORMATIKA
INPUT DEVICE.
TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DI SUSUN OLEH KELOMPOK 1.
Perangkat Input Dan Output Beserta Fungsinya
CARA KERJA KOMPUTER Tujuan : -Mahasiswa mampu menjelaskan proses suatu data diolah pada komputer -Mahasiswa mampu menyebutkan dan mengetahui fungsi dari.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Komponen Komputer HARDWARE Perangkat Keras SOFTWARE Perangkat Lunak BRAINWARE User/Administrator Komputer bekerja secara sistematis dan terstruktur.
MATERI PERANGKAT KOMPUTER HARDWARE DAN SOFTWARE Kompetensi Dasar : 3.1. Memahami Interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna Indikator.
PERANGKAT INPUT.  Perangkat yang dipergunakan untuk memberikan perintah atau data tertentu ke dalam sistem komputer agar dapat bekerja sesuai keinginan.
Transcript presentasi:

PERIPHERALS By : Nima Lestari

Perangkat

Pengertian Peripherals Hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.

Jenis Peripheral 1. KEYBOARD Berbentuk mirip mesin ketik yang berisi huruf, angka, simbol-simbol khusus serta tombol-tombol fungsi. Gunanya untuk memberi perintah kepada komputer dengan cara menuliskannya atau menekan kombinasi beberapa tombol. Saat ini sejumlah perusahaan seperti Microsoft dan Logitech sudah membuat keyboard tanpa kabel (wireless) yang menggunakan pancaran infrared.

Lanjutan... 2. MOUSE Alat yang mirip tikus dan terdiri dari dua atau tiga tombol, berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping. Didalamnya terdapat bola karet yang akan menggerakkan roda-roda kecil, yang akan mengatur gerakan kursor/pointer. Mouse generasi terbaru biasanya dilengkapi scrolling button untuk memudahkan bergerak turun/naik dilayar monitor. Mouse juga bisa digunakan untuk memainkan game. Kini mouse wireless juga telah diproduksi.

Lanjutan... 3. LIGHTPEN Mirip bolpoin biasa, hanya ujungnya memiliki sensor elektromagnetik. Bisa digunakan untuk menulis, tetapi juga mampu membaca kode-kode khusus yang kemudian diterjemahkan oleh komputer.

Lanjutan... 4. TRACKBALL Fungsinya sama persis dengan mouse, hanya tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang menggerakkan kursor/pointer berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita kearah yang kita inginkan. Jika badan mouse harus kita gerakkan seluruhnya diatas meja, badan trackball tetap diam ditempat. Seperti halnya keyboard dan mouse, trackball wireless juga telah ada di pasaran. Bermain game dengan trackball agak lebih sulit dibandingkan mouse.

Lanjutan... 5. MONITOR Bentuknya mirip televisi dan berfungsi menampilkan proses dan hasil pekerjaan komputer. Monitor komputer jaman dulu hanya hitam putih atau monochrome (terkadang dengan tulisan hijau atau orange dan latar belakang hitam). Sekarang monitor hampir semuanya berwarna dan beresolusi tinggi, sehingga kualitas gambar yang dihasilkannya juga jauh lebih bagus.

Lanjutan... 6. PRINTER Digunakan untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas sehingga bisa dibaca. Ada tiga jenis printer yang dikenal luas yaitu dot-matrix printer, inkjet printer, dan laser printer.

Lanjutan... 7. PLOTTER Sama fungsinya dengan printer tetapi khusus untuk mencetak gambar. Kertas yang dipergunakan juga lebih besar dari kertas biasa. Plotter generasi pertama harus dipasangi rapido (pena khusus untuk menggambar), namun sekarang plotter juga terdiri dari inkjet dan laser.

Lanjutan... 8. SCANNER Digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. Ada dua jenis scanner, handy scanner (dipegang dan digerakkan dengan tangan), dan flatbed scanner (serupa mesin fotokopi).

Lanjutan... 9. EXTERNAL ZIP DRIVE Fungsinya sama dengan disket, ukurannya juga sama 3,5 inci – hanya agak lebih tebal – namun kapasitasnya jauh lebih besar – 100MB yang kira-kira sama dengan 70 disket berkapasitas 1,44MB. Zip drive ini dibuat oleh perusahaan Iomega.

Lanjutan... 10. EXTERNAL FLOPPY DISK DRIVE Sama fungsinya dengan disk drive yang terpasang di casing, tetapi yang ini berada diluar dan dihubungkan dengan kabel. Umumnya digunakan untuk komputer laptop/notebook.

Lanjutan... 11. TAPE DRIVE Berfungsi untuk menjalankan tape dalam penyimpanan/pengambilan data.

Lanjutan... 12. MICROPHONE DAN SPEAKER Untuk memasukkan dan merekam suara serta mendengarkan hasil rekaman yang sudah disimpan didalam komputer, atau mendengarkan musik dan suara dari CD, MP3 atau game.

Lanjutan... 13. JOYSTICK Alat berbentuk tongkat kecil (biasanya dilengkapi beberapa tombol dengan fungsi yang bisa diatur) untuk memudahkan bermain game, misalnya mengendalikan pesawat atau mobil. Dapat juga berfungsi sebagai mouse.

Lanjutan 14. JOYPAD/GAMEPAD Fungsinya sama dengan joystick hanya bentuknya berbeda, mirip papan kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya banyak terdapat tombol-tombol. Juga bisa berfungsi sebagai mouse.