GUI Stiki © 2014.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Dasar dasar GUI programming di Java
Advertisements

Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
Pemrograman Berorientasi Objek. Java, Apa itu?  Salah satu bahasa pemrograman yang unggul dibanding yang lain  Merupakan filter-filter dari bahasa pemrograman.
Modul 9: antarmuka grafis (GUI) dalam window
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
Mendapatkan Input dari Keyboard
Form dan Input HTML.
Pertemuan 7 : Perulangan for(….;….;…..)
Presented by : Ratri Enggar Pawening
Graphical User Interface (GUI)
GUI Event Handling.
Pemrograman Berorientasi Objek
Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur
Java GUI Container Pertemuan 2
Graphical User Interface
FORM.
Creating User Interfaces Pertemuan 6 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Penanganan Form Achmad Solichin Fakultas Teknologi Informasi
Bahasa Pemrograman Operasi File Oleh: Chaerul Anwar, MTI.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Bahasa Pemrograman Pertemuan 2-3
PERTEMUAN 5 TextField merupakan turunan Item yang bisa menampung teks dan mengedit teks tersebut. TextField mempunyai ukuran maksimum, label dan format.
Setelah mengklik CREATE, maka akan muncul tampilan tabel baru seperti gambar diatas.
STUDY CLUB “Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek”
Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek
Mengenal dan teknik pembuatan form
KONSEP SWING.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
MENGUASAI LAYOUT MANAGER
Graphical User Interface (GUI)
Pemrograman Visual I Outline: ARRAY Array multidimensi
PEMETAAN VORD KEDALAM CMMI UNTUK MENINGKATKAN ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK (STUDI KASUS : APLIKASI MEDIA MANAGEMENT DI PT.EBDESK INDONESIA) Mata.
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
KONSEP AWT.
PBOL Dewi Kusumaningsih
Pengorganisasian Class
Java User Interface (Swing)
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Pengorganisasian Class
Component and Layout Manager Pertemuan 3
Array.
GUI Pertemuan 10.
Achmad Solichin Fakultas Teknologi Informasi
JAVA FUNDAMENTAL (Object Oriented Programming)
PJ : Nuraini Purwandari
Pemrograman Berorientasi Objek
Array.
Pemrograman Visual Java
Pemrograman Web HTML (4) Table Form Andy Haryoko, ST
Object Oriented Programming
PEMROGRAMAN WEB DEWI SULISTIYARINI, S.KOM
Pemrograman Berorientasi Obyek
Netbeans GUI Builder Buat project baru dalam Netbeans Kategori project
KOMPUTER APLIKASI IT I FORM.
Array / Larik Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
Pemrograman Berorientasi Obyek
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Mendapatkan Input dari Keyboard
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
TIPE DATA, KONVERSI TIPE DATA JLABEL, JTEXTFIELD, JBUTTON, JOPTIONPANE
Bahasa Pemrograman Latihan Database.
Create Read Update Database
Visual Swing Java JTable
Bahasa Pemrograman Review - Latihan.
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

GUI Stiki © 2014

Today Goal Paham menggunakan komponen-komponen GUI Paham bagaimana mengambil nilai dari komponen GUI Paham bagaimana memberi nilai ke komponen GUI Memberikan action pada button

Mengambil Nilai Perlu diperhatikan: variable name & method mengambil nilai masing-masing komponen JTextField : getText() JRadioButton : isSelected() JList : getSelectedValue() JComboBox : getSelectedItem()

Memberikan Nilai JTextField : setText() JRadioButton : setSelected() JTextArea : setText() JTable  membuat objek table, menambah data ke table

Mengambil Nilai Pada textbox dan radio nama = text1.getText(); nim = text2.getText(); if (radio1.isSelected()) { hobi = "Makan"; } if (radio2.isSelected()) { hobi = "Tidur"; if (radio3.isSelected()) { hobi = "Jalan-jalan";

Mengambil Nilai pada List dan Combo jurusan = list1.getSelectedValue().toString(); semester = combo1.getSelectedItem().toString();

Memberi Nilai pada Textarea info = "Nama : " + nama + "\n"; info += "NIM : " + nim + "\n"; info += "Hobi : " + hobi + "\n"; info += "Jurusan : " + jurusan + "\n"; info += "Semester : " + semester + "\n"; textarea1.setText(info);

Konversi Data

Memberi Nilai pada Tabel Import Class DefaultTableModel import javax.swing.table.DefaultTableModel; Membuat Objek Tabel Beri counter awal untuk baris int baris = 0; Beri nilai untuk nama-nama kolom ketika dieksekusi static Object kolom[] = {"NIM", "Nama", "Jurusan", "Semester", "Hobby"}; Buat Objek table DefaultTableModel mdl = new DefaultTableModel(kolom, baris);

Menambahkan Data ke Tabel mdl.addRow(new Object[]{nim, nama, jurusan, semester, hobby}); jTable1.setModel(mdl);

Menghapus Data dari Tabel baris = jTable1.getSelectedRow(); mdl.removeRow(baris);

Login

Listing program