(SOFTWARE ENGINEERING)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE ENGINEERING)
Advertisements

Perencanaan Perangkat Lunak
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Aturan dan Tanggung Jawab Tim Pilihan-pilihan berikut dapat diambil untuk menerapkan sumber daya manusia kepada sebuah proyek yang akan membutuhkan n manusia.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Rekayasa Perangkat Lunak 1
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Managing Software Requirements (manajemen kebutuhan perangkat lunak)
Analisis dan Perancangan Sistem
SE2423 REKAYASA PERANGKAT LUNAK
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 Review Software Engineering.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Managing Software Requirement 1
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Sistem Informasi Manufaktur
Pengantar Teknologi Sistem Informasi C
Rekayasa Perangkat Lunak 1
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Perangkat Lunak 1.
Model Proses Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
2 The Software Product.
Pendhahuluan Software engineering BY: Y. PALOPAK S.Si., MT.
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Enginer)
Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri--20 %
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak 1
Oleh : Dewi Sartika, M.Kom
INTRODUCTION TO OPERATING SYSTEM
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE ENGINEERING)
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : BERI PERIMA, S. Kom
Sistem Informasi Manufaktur
Rekayasa Perangkat Lunak
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Oleh : Rofifah Durrotul Hikmah
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)
Software Engineering ( Pressman )
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
2 The Software Product.
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE ENGINEERING)
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SOFTWARE ENGINEERING.
Manajemen Proyek Pengantar
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Membangun Sistem Informasi ERP
Software Engineering ( Pressman )
Information System Analysis and Design
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : Yudha Dwi Putra negara, S.Kom
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Pertemuan #1: Software & Software Engineering
Perencanaan Perangkat Lunak
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
ANALISA & PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Pengenalan Perangkat lunaK
Danang Wahyu Utomo PERANGKAT LUNAK Danang Wahyu Utomo
Pengenalan Perangkat lunaK
Defri Kurniawan PERANGKAT LUNAK Defri Kurniawan
2 The Software Product.
Pustaka Wajib Pressman, R. S., Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 8th Edition, McGraw-Hill, 2008 Sommerville, I., Software Engineering 8th.
Pengantar Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Tim Teaching Operation System Stikom Dinamika Bangsa Mata Kuliah Sistem Operasi Kode MK : KBTI
Transcript presentasi:

(SOFTWARE ENGINEERING) REKAYASA PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE ENGINEERING) Pertemuan 2 Pengantar Software Engineering Fachruddin, S.Pt, M.S.I Maria Rosario Boeroek, SE, M.S.I Marrylinteri Istoningtyas, ST, Mkom

Setelah selesai perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu : STIKOM Dinamika Bangsa Jambi KOMPETENSI Setelah selesai perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu : Menjelaskan definisi software Menjelaskan tipe-tipe Software Menjelaskan atribut dari software yang berkualitas

PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) STIKOM Dinamika Bangsa Jambi PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) Software is (1) Instructions (computer programs) that when executed provide desired features, function and performance, (2) Data structures that enable the programs to adequately manipulate information, and (3) descriptive information in both hard copy and virtual form that describe the operation and use of the programs. (Roger S. Pressman) Software is Computer programs and associated documentation such as requirements, design models and user manuals. (Ian Sommervile)

Trans.....PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) STIKOM Dinamika Bangsa Jambi Trans.....PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) Perangkat lunak adalah (1) Instruksi (program komputer) yang ketika dijalankan menyediakan fitur, fungsi dan kinerja yang diinginkan. (2) Struktur data yang memungkinkan program untuk memanipulasi informasi memadai, dan (3) Informasi deskriptif dalam bentuk hard copy dan bentuk virtual yang menggambarkan operasi dan penggunaan program. (Roger S. Pressman). Perangkat lunak adalah program Komputer dan dokumen terkait seperti persyaratan, model desain dan petunjuk untuk pengguna. (Ian Sommervile)

SIFAT DAN KARAKTERISTIK SOFTWARE STIKOM Dinamika Bangsa Jambi SIFAT DAN KARAKTERISTIK SOFTWARE Software merupakan elemen sistem logik dan bukan elemen sistem fisik seperti hardware Elemen itu tidak aus, tetapi bisa rusak. Elemen software itu direkayasa atau dikembangkan dan bukan dibuat di pabrik seperti hardware

Hardware Software HARDWARE VS SOFTWARE STIKOM Dinamika Bangsa Jambi Manufactured (Diproduksi) Wears out (habis dipakai) Built using components (dibangun menggunakan komponen) Relatively simple Developed/engineered (Dikembangkan/direkayasa) Deteriorates (Usang/tidak sesuai dengan kebutuhan) Custom built (dibangun sesuai permintaan) Complex

Engineering and scientific software Embedded software STIKOM Dinamika Bangsa Jambi TIPE – TIPE SOFTWARE System software Application software Engineering and scientific software Embedded software Product Line Software Web Application Artificial Intelligence software

TIPE – TIPE SOFTWARE (Cont....) STIKOM Dinamika Bangsa Jambi TIPE – TIPE SOFTWARE (Cont....) System software Sekumpulan program yang ditulis untuk melayani atau menunjang program lainnya. Seperti compiler, editor, utility, sistem operasi, driver dan prosesor telekomunikasi. Application software Program stand alone yang digunakan untuk menyelesaikan kebutuhan bisnis tertentu, seperti aplikasi untuk memfasilitasi kegiatan bisnis atau pembuatan keputusan teknik/ manajemen. Ex: Point of sale transaction processing, real time manufacturing process control.

TIPE – TIPE SOFTWARE (Cont....) STIKOM Dinamika Bangsa Jambi TIPE – TIPE SOFTWARE (Cont....) Engineering and scientific software Software yang dicirikan dengan algoritma numerik, aplikasinya berkisar dari astronomi sampai vulkanologi, analis otomotif sampai dinamika orbit ruang angkasa. Software ini banyak digunakan dalam bidang engineering dan science. Contoh CAD (Computer Aided Design), simulasi sistem.

TIPE – TIPE SOFTWARE (Cont....) STIKOM Dinamika Bangsa Jambi TIPE – TIPE SOFTWARE (Cont....) Embedded software (Perangkat Lunak Tertanam) Software yang disimpan dalam memori tetap/ ROM (Read Only Memory), digunakan untuk mengontrol fungsi sebuah product. Embedded software ini dijalankan dengan fungsi-fungsi terbatas. Seperti : fungsi digital untuk Automobil (kontrol bahan bakar, dash-board, sistem rem) Product Line software Software (diproduksi secara masal) yang dirancang untuk menyediakan kemampuan khusus yang dapat digunakan oleh banyak user yang berbeda. Ex: inventory control product, word processing, spreadsheet, multimedia, manajemen database, game, aplikasi keuangan, dll

TIPE – TIPE SOFTWARE (Cont....) STIKOM Dinamika Bangsa Jambi TIPE – TIPE SOFTWARE (Cont....) Web Application (WebApps) Software yang berpusat pada jaringan. Software ini menyajikan informasi berupa text atau grapik. WebApps tidak hanya menyediakan fitur-fitur stand alone, fungsi komputasi dan content kepada end user tetapi juga terintegrasi dengan database perusahaan dan aplikasi bisnis. Contohnya e-commerce, e-learning

TIPE – TIPE SOFTWARE (Cont....) STIKOM Dinamika Bangsa Jambi TIPE – TIPE SOFTWARE (Cont....) Artificial Intelligence Software Software yang banyak menggunakan algoritma non numerik dalam memecahkan masalah kompleks yang tidak dapat dianalisis dengan komputasi biasa. Saat ini bidang AI yang paling berkembang adalah expert system atau knowledge base system. Bidang aplikasi lain dari software AI adalah pengenalan citra dan suara (image and voice pattern recognition), pembuktian teorema neural network dan game

ESSENTIAL ATTRIBUTES OF GOOD SOFTWARE STIKOM Dinamika Bangsa Jambi ESSENTIAL ATTRIBUTES OF GOOD SOFTWARE The software should deliver the required functionality and performance to the user. Maintainability Software should be written in such a way so that it can evolve to meet the changing needs of customers. This is a critical attribute because software change is an inevitable requirement of a changing business environment; Dependability Software must be trustworthy; Software dependability includes a range of characteristics including reliability, security and safety. Efficiency Software should not make wasteful use of system resources such as memory and processor cycles. Efficiency therefore includes responsiveness, processing time, memory utilisation, etc Acceptability Software must accepted by the users for which it was designed. This means it must be understandable, usable and compatible with other systems.

Trans...Atribut Penting Pada PL Yang Baik/berkualitas STIKOM Dinamika Bangsa Jambi Trans...Atribut Penting Pada PL Yang Baik/berkualitas Perangkat lunak ini harus memberikan fungsionalitas yang diperlukan dan kinerja kepada pengguna. Maintainability / Perawatan Software harus ditulis sedemikian rupa sehingga dapat berkembang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berubah. Ini merupakan atribut yang penting karena perubahan perangkat lunak adalah kebutuhan yang tak terelakkan dari lingkungan bisnis yang berubah; Dependability / Kehandalan Software harus dapat dipercaya, dan dapat diandalkan yang mencakup berbagai karakteristik termasuk keandalan, keamanan dan keselamatan. Efficiency / Efisiensi Software dalam penggunaan sumber daya tidak boros, seperti memori dan siklus prosesor. Efisiensi yang termasuk di dalamnya respon, waktu pemrosesan, penggunaan memori, dll Dapat diterima Software yang dirancang itu harus diterima oleh pengguna. Ini berarti software harus dimengerti, digunakan dan kompatibel dengan sistem lain.