ANALISA DAN PERANCANGAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Dasar-dasar Web Design
Advertisements

Aplikasi Kuliah Online dengan Penerapan Live Video Conferencing dan Streaming Berbasis Komponen dengan Visual Basic 6.0 Rinanda Rianti
Bab 7 sequence diagram Catur Iswahyudi.
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
RUMAH BELAJAR Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Prinsip Perancangan Multimedia
SIMULASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN FISIKA
Unified Modelling Language (UML)
SKRIPSI.
Interaction Diagram.
ANAK KELAS 6 SD DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3
Architecture dan design
Protyping IMK-M5.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Sequence diagram.
ACTIVITY DIAGRAM Materi Pertemuan 19
Oleh Nama : Rindriana Martasari Putri NIM :
SEQUENCE DIAGRAM.
PEMBUATAN Agung Wicaksono
UML (Unified Modelling Language)
Story Board.
E-Learning Universitas IslamNegeri Raden Fatah
ANIMASI 3D PADA ARCHICAD
Cara Memasang Iklan Rumah Dijual Gratis
Citra N., S.Si, MT Program Studi Sistem Informasi - UNIKOM
LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 3 PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN RAMBU RAMBU LALU for further detail, please visit
MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN for further detail, please visit
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
Basis Data Bab III Aplikasi Basis Data Presented by Team Basis Data
ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
Sequence Diagram.
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Sequence Diagram Level Design
Perangkat Lunak Pembuat Presentasi
Disajikan untuk Lingkungan FIT Dosen : Ferra Arik Tridalestari., M.T.
Pengenalan Analisa Desain
Microsoft Power Point.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
Activity Diagram.
Pengenalan UML.
GAME PEMBUATAN for further detail, please visit
Website Panduan Dan Latihan English Grammar Septian Budi Praditya
Paper perancangan dengan UML
APLIKASI PENGENALAN BUAH DAN SAYURAN UNTUK ANAK BALITA Nona Putri Delviana for further detail, please visit
MODUL N. Bericho S for further detail, please visit
Unified Modelling Languange (UML)
DIAGRAM AKTIVITAS ACTIVITY DIAGRAM.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
Pembangunan Media Pembelajaran Untuk Konsep Struktur Kontrol Pada Algoritma Berbasis Multimedia ALFIN AKBAR
APLIKASI TENSES BAHASA INGGRIS BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID
PERANGKAT LUNAK SIMULASI ALGORITMA BANKER
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA DISTRO DETROIT DI BANDUNG
11/9/2018.
Aplikasi Pemetaan Fasilitas Umum kota Cimahi Berbasis Android
Studi Kasus Penjualan Online
Aplikasi Informasi Perjalanan Kereta Api Daop 2 Bandung
Story Board.
Perancangan Berorientasi Objek (UML lanjutan)
Apa itu safana? Safana di gunakan untuk mempermudah mahasiswa/ dosen/ karyawan dalam mengakses aplikasi yang ada di lingkungan fasilkom unsri.
Object-Oriented Analysis (OOA)
Sequence Diagram & Collaboration Diagram
Perancangan Berorientasi Objek (UML lanjutan)
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI IV DUREN KARAWANG) Disusun oleh : Melfin Richard Sakul.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SMAN 9 BANDUNG BERBASIS SMS GATEWAY Oleh : Rendra Indarmawan PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK.
Roy Andika Sinulingga for further detail, please visit
ANIMASI KATALOG MOTOR Tegar Eka Perwira,
Transcript presentasi:

ANALISA DAN PERANCANGAN BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN 3.1 Analisa Sistem Dalam membangun Aplikasi Simulasi pembelajaran pengaturan kemacetan jaringan dengan mekanisme FIFO, penulis akan menganalisa kebutuhan dasar sistem yang dibutuhkan. Analisa dilakukan terhadap data-data yang mempresentasikan masalah, sehingga dapat diketahui spesifikasi kebutuhan sistem yang akan dibangun nanti. Pada tugas akhir ini akan dibangun aplikasi simulasi pembelajaran pengaturan kemacetan jaringan dengan mekanisme FIFO berbasis multimedia. Aplikasi ini berisi materi-materi yang diperoleh dari banyak sumber dan latihan untuk menguji mahasiswa dalam pemahaman materi ini. Aplikasi ini disertai pula dengan suara sehingga memberikan kemudahan kepada pengguna dalam menggunakan aplikasi ini dan dapat dengan mudah mempelajari materi. Program ini memiliki kegunaan untuk mempermudah pembelajaran mahasiswa khususnya materi pengaturan kemacetan jaringan dengan mekanisme FIFO. Pada program ini mahasiswa dapat mengulang sendiri materi yang belum dikuasai dan mahasiswa dapat memahami materi lebih dalam yang telah disampaikan. Program ini menyediakan fitur-fitur yang menarik karena ditunjang oleh gambar dan suara, sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi mahasiswa yang dapat memicu semangat belajar mahasiswa untuk meningkatkan hasil belajar serta mahasiswa mudah memahami dan tidak merasa jenuh 29 http://www.mercubuana.ac.id

Daftar jenis materi FIFO yang telah disediakan. 30 Dari keseluruhan komponen sistem yang dibangun tersebut, maka didapatkan sekumpulan masukan dan keluaran, sebagai berikut : Masukkan : 1. Data Materi pengaturan kemacetan jaringan dengan mekanisme FIFO : penjelasan Materi pengaturan kemacetan jaringan dengan mekanisme FIFO Keluaran : Daftar jenis materi FIFO yang telah disediakan. Daftar latihan pilihan ganda tentang materi ini. Aplikasi pembelajaran pengaturan kemacetan jaringan dengan mekanisme FIFO ini memiliki beberapa menu, yaitu : Menu profile Pada menu profile ini terdapat biodata dari penulis secara lengkap dengan maksud agar pengguna aplikasi ini dapat mengetahui dengan jelas siapa penulis atau pembuat dari aplikasi ini. Di dalam menu profile terdapat foto dari penulis, nama, tanggal lahir, alamat dan email dari penulis. Menu Materi Pada menu materi ini terdapat jenis-jenis materi yang akan dibahas oleh penulis. Setelah kita klik materi akan terdapat jenis-jenis materi, tombol home, tombol lanjut atau next, tombol on dan off untuk sound dan tumpukan pensil. Jenis-jenis materi yang ditampilkan oleh penulis yaitu : http://www.mercubuana.ac.id

http://www.mercubuana.ac.id 3 1 QOS (Quality of Service) Pada materi QOS ini penulis membahas dari QOS itu sendiri lebih mendalam. Di mulai dari definisi QOS, parameter QOS secara detail dan mendalam dengan simulasi beserta animasinya. Memori buffer Dalam menu FIFO buffer ini penulis membahas dari fifo buffer dalam FIFO. Di mulai dari definisi FIFO buffer, simulasi FIFO buffer dan macam – macam gambar FIFO buffer. FIFO (first in first out). Pada materi FIFO ini penulis membahas mendalam dari FIFO. Dimulai dari definisi FIFO, simulasi FIFO beserta animasinya, simulasi FIFO jika traffic rendah beserta animasinya, , simulasi FIFO jika traffic sedang beserta animasinya, simulasi FIFO jika traffic padat beserta animasinya. Simulasi Dalam menu simulasi ini penulis mensimulasikan cara kerja pengiriman data dengan mekanis me fifo darri traffic sepi sampai traffic padat. Menu Soal Dalam menu latihan ini, terdapat beberapa tombol yaitu tombol keluar untuk kembali ke halaman utama dan tombol mulai untuk memulai latihan. Jika kita klik tombol mulai berarti kita akan memulai soal. Menu Keluar Dalam menu keluar ini, terdapat tombol keluar jika kita ingin keluar dan sudah selesai mempelajari aplikasi ini kita tinggal mengklik tombol keluar. http://www.mercubuana.ac.id

Tabel 3.1 Deskripsi konsep aplikasi Judul 32 3.2 Konsep Aplikasi Simulasi Pembelajaran Pengaturan Kemacetan Jaringan Dengan Mekanisme FIFO ini merupakan aplikasi yang dibuat untuk mahasiswa-mahasiswi jurusan ilmu komputer. Aplikasi ini menggunakan pengembangan multimedia, yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Tabel 3.1 Deskripsi konsep aplikasi Judul Aplikasi Simulasi Pembelajaran Pengaturan Kemacetan Jaringan Dengan Mekanisme FIFO Pengguna Mahasiswa-Mahasiswi Ilmu Komputer Bentuk Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Gambar Menggunakan file berformat JPG, PNG dan EPS Suara Menggunakan file berformat MP3 Animasi Animasi pada teks, tombol dan gambar dibuat sendiri Interaktif Menggunakan link atau action script berupa tombol untuk pengguna menuju ke halaman yang diinginkan. 3.3 Perancangan Pada perancangan ini akan menerangkan dengan jelas dan secara rinci perancangan Aplikasi Simulasi Pembelajaran Pengaturan Kemacetan Jaringan Dengan Mekanisme FIFO ini meliputi pemodelan use case diagram, sequence diagram dan activity diagram. 3.3.1 Perancangan Use Case Diagram Pada aplikasi Simulasi Pembelajaran Pengaturan Kemacetan Jaringan Dengan Mekanisme FIFO berbasis multimedia ini, mengidentifikasi yang menjadi aktor utamanya adalah mahasiswa. Dari identifikasi aktor tersebut maka akan peroleh suatu diagram use case dan skenario yang memperlihatkan interaksi antara use case dengan http://www.mercubuana.ac.id

jaringan Dengan Mekanisme FIFO pada gambar 3.1. 33 aktor. Use case diagram Aplikasi Simulasi Pembelajaran pengaturan kemacetan Profile Materi Ltihan Keluar jaringan Dengan Mekanisme FIFO pada gambar 3.1. Gambar 3.1 Use case diagram Berikut ini merupakan deskripsi Use case diagram diatas : Tabel 3.2 Use Case Profile Nama Profile. Aktor Mahasiswa. Deskripsi Mahasiswa dapat melihat profile penulis. Skenario Mahasiswa memilih menu profile Sistem menampilkan halaman profile. Mahasiswa dapat melihat profile dari penulis dan mahasiswa memilih biodata diri. Sistem menampilkan halaman bidata diri. Kondisi awal Mahasiswa menerima halaman profile. Kondisi Akhir Mahasiswa dapat melihat profile penulis dan biodata penulis. http://www.mercubuana.ac.id

Mahasiswa dapat memilih materi yang ada. 34 Tabel 3.3 Use Case Materi Nama Materi Aktor Mahasiswa. Deskripsi Mahasiswa dapat memilih materi yang ada. Skenario Mahasiswa memilih menu materi. Sistem menampilkan halaman materi. Mahasiswa memilih materi-materi yang ada. Kondisi Awal Mahasiswa menerima halaman materi yang terdapat beberapa Materi yaitu : QOS, Memori buffer, FIFO, Simulasi Kondisi Akhir Mahasiswa dapat melihat materi Tabel 3.4 Use Case Soal Nama Latihan. Aktor Mahasiswa. Deskripsi Mahasiswa dapat mengerjakan latihan soal yang ada pada halaman latihan. Skenario Mahasiswa memilih menu latihan. Sistem menampilkan halaman latihan dan memilih menu mulai. Mahasiswa dapat mengerjakan latihan soal. Pada setiap soal akan menampilkan point. Kondisi awal Mahasiswa menerima halaman latihan yang terdapat dalam soal. Kondisi akhir Mahasiswa telah mengerjakan latihan soal. http://www.mercubuana.ac.id

Mahasiswa dapat keluar dari aplikasi. 35 Tabel 3.5 Use Case Keluar Nama Keluar. Aktor Mahasiswa. Deskripsi Mahasiswa dapat keluar dari aplikasi. Skenario 1.Mahasiswa memilih menu keluar. 2.Mahasiswa memilih ya atau tidak 3.Sistem mengeluarkan aplikasi. Kondisi Awal Mahasiswa menerima halaman keluar dan memilih keluar ya atau tidak. Kondisi Akhir Aplikasi keluar. 3.3.2 Perancangan Activity Diagram Activity diagram menggambarkan alur aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alur berawal. Decision yang mungkin terjadi dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga menggambarkan proses pararel yang mungkin terjadi pada bebarap eksekusi. 1. Activity diagram menu profile Pada gambar 3.2 aktifitas dimulai pada saaat mahasiswa memilih menu profile maka sistem akan menampilkan halaman profile, setelah itu mahasiswa memilih biodata diri maka sistem akan menampilkan halaman bidata diri. http://www.mercubuana.ac.id

Gambar 3.2 Activity diagram menu profile 36 Memilih menu Menampilkan Memilih Biodata Menampilkan halaman P e n n a Sistem oferiphlman rodtaib Gambar 3.2 Activity diagram menu profile profile diri terisistemdipilih.mahasiswaPadaakanyang m 2. Activity g Pengguna Menampilkan Menampilkan materi Memilih menu materi Memilih materi 1 sampai materi 4 dipilih terihlman http://www.mercubuana.ac.id

Gambar 3.3 Activity diagram menu materi sudhyang Gambar 3.3 Activity diagram menu materi 37 3. Activity diagram menu latihan Pada gambar 3.4 aktivity diagram aktifitas akan dimulai saat mahasiswa sudah masuk kedalam menu utama, selanjutnya aktifitas mahasiswa memilih menu latihan, didalam menu latihan aktifitas selanjutnya mahasiswa mulai latihan, sistem akan menampilkan halaman latihan dan mahasiswa akan mengerjakan latihan dan menjawabnya , setelah itu sistem akan memeriksa jawaban dan sistem akan menampilkan nilai. Pengguna Memilih menu latihan Menampilkan halaman Memilih menu mulai Mengerjakan soal http://www.mercubuana.ac.id

Gambar 3.4 activity diagram menu latihan thempilkanM Sistem soal jwbnmeriksaM J a w a b a n benar lai+1N lai0N+ empilkanM Gambar 3.4 activity diagram menu latihan 4. Activity diagram menu keluar Pada gambar 3.5 aktivity diagram menu keluar aktifitas akan dimulai pada menu utama, selanjutnya mahasiswa memilih menu keluar dan aplikasi pun akan keluar. http://www.mercubuana.ac.id

38 http://www.mercubuana.ac.id Pengguna Sistem keluar Memilih menu Menampilkan Menu Pengguna Sistem keluar http://www.mercubuana.ac.id

keurhlman Tidak http://www.mercubuana.ac.id Ya

Gambar 3.5 activity diagram menu keluar 3.3.3 Perancangan Sequence Diagram Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait). Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. 1. Sequence diagram menu profile Pada sequence diagram menu profile mahasiswa atau pengguna akan mengakses melalui menu utama, pada menu utama pengguna akan memilih menu profile. Setelah itu akan terdapat tampilan profile penulis. http://www.mercubuana.ac.id

Gambar 3.6 sequence diagram menu profile 39 oferiphlman renuop Gambar 3.6 sequence diagram menu profile T a m p il a n 2. Sequence diasimenu materi 8410 a materi. sublmanH materi p Gambar 3.7 Sequence diagram menu materi http://www.mercubuana.ac.id

Gambar 3.9 Sequence diagram menu keluar 40 Sequence diagram menu latihan Pada sequence diagram menu latihan atau pengguna akan mengakses melalui menu utama, pada menu utama mahasiswa akan memilih menu latihan dan sistem Tptihlman p jg akan menampilkan halaman latihan dan mahasiswa akan mengerjakan latihan. Gambar 3.8 sequence diagram menu latihan 4. Sequence diagram menu keluar Pada sequence diagram menu keluar mahasiswa atau pengguna akan memilih menu keluar. Pada saat memilih menu keluar terdapat option mahasiswa akan keluar atau tidak. karPlihmenu pksdiKeluar Gambar 3.9 Sequence diagram menu keluar http://www.mercubuana.ac.id

swaMhi klarMenu http://www.mercubuana.ac.id

3.3.4 Perancangan Storyboard 41 3.3.4 Perancangan Storyboard Pada bagian perancangan storyboard ini akan digambarkan mengenai bagian – bagian yang akan ditampilkan pada Aplikasi Simulasi Pembelajaran Pengaturan Kemacetan Jaringan Dengan Mekanisme FIFO. 1. Storyboard Halaman Depan SIMULASI PEMBELAJARAN PENGATUTAN KEMACETAN JARINGAN DENGAN MEKANISME FIFO Home Nama scane : Intro Link : Home : menuju ke halaman menu Keterangan : Halaman depan Gambar 3.10 storyboard halaman depan 2. Storyboard Menu Utama Background Profil Mater i Soal Keluar Nama scane : Menu Link : Profil : Menuju ke halaman profile Materi : Menuju ke halaman materi Soal : Menuju ke halaman soal Keluar : Menuju halaman keluar Keterangan : Halaman menu utama Gambar 3.11 storyboard halaman Menu Utama http://www.mercubuana.ac.id

3. Storyboard Halaman Profile 42 3. Storyboard Halaman Profile Text Biodata Nama scane : Profile http://www.mercubuana.ac.id

Gambar 3.12 storyboard halaman profile Link : Biodata : Menuju halaman biodata diri Keterangan : Halaman menu profile Gambar 3.12 storyboard halaman profile http://www.mercubuana.ac.id

Gambar 3.13 storyboard Halaman Materi 43 4. Storyboard Halaman Materi Materi Text Materi 1 Materi 2 Materi 3 Simulasi Next Back Home Nama scane : Materi 1 Link : Materi 1 : Menuju halaman materi 1 : Materi 2 : Menuju halaman materi 2 : Materi 3 : Menuju halaman materi 3 : Simulasi : Menuju halaman simulasi : Next : Menuju ke halaman berikutnya : Back : Menuju ke halaman sebelumnya : Home : Menuju ke halaman menu Text : Papan isi materi Keterangan : Halaman menu materi Gambar 3.13 storyboard Halaman Materi http://www.mercubuana.ac.id

Gambar 3.14 storyboard halaman soal 44 Soal Next Storyboard Halaman Soal Nama scane : Soal Soal : Papan soal Link : Next : Menuju halaman selanjutnya Keterangan : Halaman menu soal Reset Pesiksa Benar Salah Score Keluar Gambar 3.14 storyboard halaman soal Storyboard Halaman Score Nama scane : Soal Reset : Untuk mereset score Periksa : Untuk periksa jumlah betul dan salah http://www.mercubuana.ac.id

Gambar 3.15 storyboard halaman scor Keluar : Menuju halaman keluar Keterangan : Halaman menu score Gambar 3.15 storyboard halaman scor http://www.mercubuana.ac.id

7. Storyboard Halaman Keluar 45 7. Storyboard Halaman Keluar Apakah anda ingin keluar?? VA Tidak Nama scane : Keluar Link : Ya : Keluar dari aplikasi : Tidak : Kembali ke halaman menu utama Keterangan : Halaman Keluar Gambar 3.16 storyboard halaman keluar http://www.mercubuana.ac.id