Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Advertisements

Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Teknologi Informasi & Komunikasi
Dibawah ini adalah Toolbox pada CorelDRAW X6 (apabila sampeyan adalah pengguna CorelDRAW versi dibawahnya mungkin ada Tool yang belum ada)
Pertemuan 4 Pengolahan teks.
Oleh : Deri Suyatma. Arahkan mouse pada menu View kemudian beri tanda ceklis pada Snap to Grid 7 Snap to Objects.
TUTORIAL MEMBUAT LOGO “K4KIK UNITED“
Tutorial Logo Carrefour
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Mengenal Microsoft Word 2007
PROGRAM APLIKASI DESAIN GRAFIS BERBASIS VEKTOR & BITMAP (CORELDRAW)
Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)
Menggambar dengan Macromedia Flash
MEMBUAT DESAIN STEMPEL DENGAN CORELDRAW 12
MICROSOFT WORD 2007 Oleh EDI PURWANTO.
Penuntun Kelas VIII Semester 2
PRESENTASI HASIL DISKUSI KELOMPOK 3
Pengenalan Program Macromedia Flash
Aplikasi PHOTOSHOP CS series pemula dasar
Oleh : Tim Mata Kuliah Aplikasi
MENGENAL DAN BEKERJA DENGAN PROGRAM PENGOLAH ANGKA (MS. EXCEL)
MEMBUAT DESAIN STEMPEL DENGAN CORELDRAW 12 MATERI SISWA KELAS XII
Desain grafis DESAIN GRAFIS BERBASIS VEKTOR.
TEXT Part 1 & TRANSFORMATION SMA KD.
Membuat Asesori Web. Tujuan Instruksional Khusus  Mampu membuat obyek dan teks dengan berbagai variasinya.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
Dasar Pembuatan Movie Flash R0312 – Grafik Komputer.
WordArt & Drawing.
Langkah membuat gerak planet
TUGAS GAMBAR RASTER AREA KERJA PHOTOSHOP
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
Digitasi Data Spasial Pertemuan 5.
BAB 3 Melengkapi Dokumen
X. PEMBUATAN PRESENTASI DENGAN STAR IMPRESS
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
MENGAPLIKASIKAN MENU DAN IKON PADA PROGRAM PHOTOSHOP
PEMBUATAN TABEL DENGAN STAROFFICE DISUSUN OLEH : M.S. HERAWATI, Skom
MEMULAI MS WORD Klik START > Program > Micorosoft Office >Microsoft Office Word 2007.
PENGENALAN PEMROGRAMAN APLIKASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Pertemuan 1 D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo.
Bab 11- Manipulasi Gambar Dengan Photoshop
Area Kerja Macromedia Flash 8
EDITING TEKS PERTEMUAN 2.
ANIMASI MOTION SHAPE PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA
Materi kelas XII semester 1
Membuat Asesori Web.
Animasi Banner dengan Flash
MENGOLAH SEL, KOLOM DAN BARIS
Animasi Banner dengan Flash
Nisn.data.kemdiknas.go.id 25/10/2017.
Menggunakan Menu dan Ikon untuk Membuat Desain Sederhana.
MEMBUAT POSTER DENGAN COREL DRAW
APLIKOM II PERTEMUAN KE IV.
Materi: Microsoft Word 2007
Toolbox Pada CorelDRAW Part 1
Mengubah dan Memperbaiki Tampilan Form
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Teknik Bayangan Memanipulasi efek untuk membuat efek bayangan dari sebuah objek sehingga seperti mempunyai bayangan di air.
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
Kelas XII / 1 Menu dan icon Desain Grafis 25 February 2012.
Manipulasi Gambar Dengan Photoshop
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Mengolah Gambar Menggunakan Corel Draw
Dasar dasar Komputer dan Internet Materi: Microsoft Word
Animasi Tweening.
4. Kegiatan Belajar 4: Teknik Animasi Motion Guide
Animasi Banner dengan Flash
TRANSFORMASI OBYEK Menggunakan Program Corel Draw 11 9/17/2018.
Mengolah Gambar Menggunakan Corel Draw
Program CorelDraw merupakan salah satu program aplikasi komputer yang banyak digunakan sebagai program pengolahan desain grafis. Misalnya untuk pembuatan.
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
Transcript presentasi:

Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo Madura

Pengertian Objek Objek pada Flash adalah semua item yg berada pada stage. Pengolahan Objek dpt dilakukan dlm beberapa langkah : - Memodifikasi bentuk objek - Mengelompokkan objek - Menduplikat dan mengubah ukuran objek - Mengimpor gambar bitmap - Mengubah gambar bitmap menjadi vektor - Mengambil sampel warna - Transformasi Objek - Mengatur posisi dan susunan objek

Memilih Objek Tanda terpilih yg berbeda pada objek Oval/lingkaran

Memilih Objek dgn selection Tool Memilih Stroke, fill, suatu group maupun teks : aktifkan Selection Tool lalu klik objeknya Memilih fill dan stroke outline-nya : aktifkan Selection tool lalu klik ganda pada fillnya

Bagaimana membuat objek seperti gambar di bawah ini ?

Memodifikasi Bentuk Objek Utk membuat garis lengkung dan mengontrol node dpt menggunakan selection tool dan subselection tool. Contoh: Kita akan memodofikasi objek kotak, langkah-langkah: Siapkan dokumen flash dgn grid 20 x 20 px Buat objek persegi panjang ukuran1 120 x 180 px dan ukuran 2 80 x 160 px seperti gambar di samping Ukuran1 Ukuran2

Memodifikasi (cont…) 3. Klik subselection tool lalu pilih objek persegi panjang ukuran1 4. Pilih node 1 lalu drag ke kiri satu kotak grid setelah itu pilih node 2 lalu drag ke kanan satu kotak grid juga, shg menghasilkan gambar spt di bawah ini :

Memodifikasi (cont…) 5. Klik selection tool, pada objek ukuran1 klik garis horisontal tepatnya bagian tengah lalu drag satu kotak grid ke atas. 6. Pada objek ukuran2, klik garis horisontal tepatnya bagian tengah lalu drag satu kotak grid ke atas. 7. Pada objek ukuran1, tarik garis vertikal kiri ke arah kiri dan garis vertikal kanan ke arah kanan. shg.. menghasilkan gambar seperti di samping.

Memodifikasi (cont…) 8. Klik subselection tool lalu klik pada objek 9. Klik pada node 3 dan node 4 lalu drag control point utk mengatur lengkungan garis. node 3 node 4

Mengelompokkan Objek Objek agar lebih aman dan terhindar dari kesalahan edit seperti terhapus atau berpindah posisi maka perlu dikelompokkan. Caranya : Klik selection tool atau subselection tool Klik dan drag utk membuat kotak seleksi di sekeliling objek yg akan dipilih. Klik Modify > Group (Ctrl + G). Sedangkan utk memisahkan kelompok klik Modify > Ungroup (Ctrl+Shift+G)

Menduplikat & Mengubah Ukuran Objek Siapkan dokumen Flash dgn grid 20 x 20 px Buat objek segi empat ukuran 160 x 160 px Gunakan selection tool utk memilih seluruh komponen objek. Klik menu edit > copy Klik menu edit > paste in place utk meletakkan objek duplikat tepat berada di atas objek pertama. Pastikan objek dlm keadaan terpilih lalu pada property inspector ubah nilai width of instance dan Height of instance menjadi 80 px

Menduplikat (cont…) 7. Klik di bagian sudut objek duplikat lalu drag dan geser posisi objek hingga tepat bagian tengah. 8. Pilih fill objek duplikat lalu hapus. 9. Pilih semua komponen objek kemudian klik menu Edit > Duplikat 10.Klik di bagian sudut duplikat lalu pindahkan ke sebelah kanan

Menduplikat (cont..) 11. Pilih kedua objek segi empat tsb lalu tekan ctrl+G utk dikelompokkan menjadi satu. Sehingga menghasilkan gambar seperti di bawah ini :

Mengimport Gambar Bitmap Buka dokumen baru di Flash atau klik menu Insert > Scene utk menambah scene baru Klik menu File > Import > Import to Stage. Pilih gambar bitmap yg akan diimport.

Mengubah Gambar Bitmap menjadi Vektor Pilih gambar yg telah diimport Klik Modify > Bitmap > Trace Bitmap. Atur nilai Color Threshold : 50, Minimum Area : 2 Pixels, Curve Fit dan Corner Threshold pilih Normal.

Mengubah (Cont..) Sehingga menghasilkan gambar vektor seperti di bawah ini : Gambar Bitmap Gambar Vektor

Mengambil Sampel Warna Siapkan dokumen flash lalu import objek, misalnya : gambar kamar.wmf dan pantai.wmf.Pastikan kedua objek tsb telah di – Ungroup. Klik Eyedropper Tool, arahkan pointer eyedropper pada latar objek pantai utk mengambil sampel warna biru. Kamar.wmf Pantai.wmf

Mengambil (Cont..) Pointer eyedropper secara otomatis berubah menjadi paint bucket Klik atau tuangkan warna biru pada bagian latar objek kamar. Sehingga menghasilkan gambar seperti di bawah ini :

Transformasi Objek Transformasi objek terdiri dari : Merotasi Memiringkan Menskalakan Memutar Balik

Transformasi (cont…) Siapkan dokumen Flash baru. Import gambar objek, misal : kudalaut.wmf Klik Transform Tool pada toolbox Pilih objek kuda laut pada area stage.

Transformasi (cont…) Klik menu Window > Design Panels > Transform. Utk merotasi objek pilih Rotate lalu atur nilai Rotation : 15o , lalu tekan Enter . Hasilnya seperti gambar di bawah ini:

Transformasi (cont…) Pilih Skew utk memiringkan objek. Atur nilai Skew Horizontal :25o , Skew Vertical : 15 o lalu tekan Enter. Hasilnya seperti gambar di bawah ini :

Transformasi (cont…) Utk menskalakan objek pilih Constrain lalu atur Width : 70% kemudian tekan Enter Utk memutar balik objek secara horisontal, klik menu Modify > Transform > Flip Horizontal. Hasilnya seperti gambar di bawah ini :

Mengatur Posisi Objek Siapkan dokumen Flash baru, lalu buat tiga objek lingkaran. Hasilnya seperti gambar berikut : Pilih ketiga objek lingkaran pada area stage dgn Selection Tool. Klik menu Modify > Align > Left.

Mengatur posisi (cont..) Align Left Align Right Align Horizontal Center Align Top

Mengatur Susunan Objek Siapkan dokumen Flash baru, lalu buat segi empat dan persegi panjang dgn fill sembarang seperti gambar di bawah ini :

Mengatur Susunan (cont..) Klik Selection Tool lalu pilih objek warna kuning yg ada di bagian paling atas. Kemudian klik menu Modify > Arrange > Send to Back, maka akan menghasilkan gambar seperti di bawah ini :

Tugas Buat Gambar seperti di bawah ini :