Dunia pun Belajar pada Innovasi & Kreatifitas IT Rakyat Indonesia

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Company LOGO Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi.
Advertisements

Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras & lunak informasi & komunikasi Oleh : Joko Supriyanto, SST.
Perkembangan Teknologi Informasi dan Industri Telematika Budi Rahardjo UNPAR, Bandung, 30 November 2007.
Lebih Untung Lagi Dengan IT Onno W. Purbo
IT  Agribisnis Onno W. Purbo
IT & Demokrasi Onno W. Purbo User Internet Biasa.. Bekas PNS Bekas Dosen ITB.
Masyarakat Under Ground di Internet Onno W. Purbo
VoIP, Telephony-oIP vs. Internet Telephony Onno W. Purbo
Masa Depan Warnet Michael S. Sunggiardi
Computer Network Research Group ITB Internet Untuk Pendidikan Onno W. Purbo.
Computer Network Research Group ITB Business Practices and Opportunities in Internet Onno W. Purbo Computer Network Research Group Institute of Technology.
Filosofy Naif Sebuah Kurikulum Onno W. Purbo
Telkom Rakyat Pengalaman Rakyat Indonesia Onno W. Purbo
WEB Pengembangan Evangs Mailoa Prinsip Dasar Internet, Web,
INTERNET, TEKNOLOGI DAN PENGARUHNYA
VoIP yang Legal & Tanpa Ijin
Membuat Jaringan TeTelkomAn
Mengapa Indonesia Perlu Unlicensed Band? Onno W. Purbo
BELAJAR KOMPUTER LEWAT KOMPUTER
Kesempatan Usaha Informatika Onno W. Purbo Pensiunan PNS.
Internet Untuk Pendidikan
Computer Network Research Group ITB Business Practices and Opportunities in Internet Onno W. Purbo Computer Network Research Group Institute of Technology.
Usulan Strategi Menjadi Produsen Pengetahuan Onno W. Purbo User Internet Biasa Bekas PNS Bekas Dosen ITB.
Computer Network Research Group ITB Internet untuk Pembangunan Onno W. Purbo Institut Teknologi Bandung.
Onno W. Purbo Telp: Bekas PNS Bekas DOSEN ITB Penulis Teknologi Informasi Fungsi Sebagai Guru Memberikan Ilmu DPA.
Peta Kesempatan e-Commerce Onno W. Purbo
Logika Pendidikan Jarak Jauh Onno W. Purbo
RT-RW-Net untuk Indonesia
Perpustakaan Di Era Globalisasi?
(Free Download Manager) FDM. Apa yang Anda ketahui tentang FDM ??????
V O I P (Voice Over Internet Protocol)
Computer Network Research Group ITB Future of Internet for Secretary Onno W. Purbo FAX /
Tantangan Perpustakaan Onno W. Purbo
Partner UKM via Internet Onno W. Purbo
Bisnis Model WiFi & WiMAX
BLOG.
Aplikasi Pembelajaran Berbasis Open Source Software
Onno W. Purbo Catatan JARDIKNAS Onno W. Purbo
OpenBTS Dari Rakyat, Untuk Rakyat oleh Rakyat
Onno W. Purbo Rakyat Indonesia Biasa
MASYARAKAT UNDER GROUND DI INTERNET
Jaringan internet / Web Server Jaringan Bank
Teknologi VoIP yang Legal
Restrukturisasi & Privatisasi Industri Telekomunikasi
VoIP, Telephony-oIP vs. Internet Telephony
Usulan Strategi Menjadi Produsen Pengetahuan
Teknologi VoIP yang Legal
Free and Open Source Software
Teknologi Warung Internet
Restrukturisasi & Privatisasi Industri Telekomunikasi
Jaringan Komputer 1 – Pertemuan 1
Onno W. Purbo AI3/ITB Teknologi WARNET Onno W. Purbo AI3/ITB
MEMBUAT BLOG DENGAN WORDPRESS
PEMANFAATAN TIK MAHASISWA KKN DESA BANJARSARI
Prinsip Dasar Internet, Web dan Pemrograman Web
Kiat Survive Cybercity
Strategi Naif Usaha di Internet
SOAL ULANGAN HARIAN KE-2
Participatory Journalism
Prinsip Dasar Internet, Web dan Pemrograman Web
Telkom Rakyat Pengalaman Rakyat Indonesia
Voice Of Internet Protocol
Onno W. Purbo VoIP overview Onno W. Purbo
Onno W. Purbo Kebebasan Pendidikan Onno W. Purbo
PENGETAHUAN DASAR INTERNET Information and Communication Technology
Apa Itu Internet ? Internet sendiri berasal dari kata International Networking, yang maksudnya adalah dua komputer atau lebih yang saling berhubungan kemudian.
DARI WARNET KE PUSAT PELAYANAN INFORMASI TERPADU
Jaringan Informasi Masjid.
Internet Bagi Perguruan Tinggi
Struktrur Industri  Kebijakan
Transcript presentasi:

Dunia pun Belajar pada Innovasi & Kreatifitas IT Rakyat Indonesia Onno W. Purbo onno@indo.net.id Penulis IT Independen

Gambaran Umum Filosofi Dunia Nyata vs Dunia Maya Keinginan Rakyat Indonesia di Dunia Maya Cuplikan Perjuangan & Perjalanan Sejarah Kunci Strategis Langkah Taktis Referensi Sejarah Internet Indonesia http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/

Dunia Nyata vs. Dunia Maya Standarisasi Copy Right “Microsoft” Sertifikasi / Akreditasi Hukum Tertulis Ruang & Waktu Konsumen Kreatif Copy Left / Wrong Open Source Pengakuan Masy. Konsensus / Etika Bebas Ruang Waktu Produsen

Contoh Karakter Dunia Maya Hacker Menurut Eric Raymond di definisikan sebagai programmer yang pandai. Seorang Hacker membuat “seni & keindahan” di komputer. Di atas segalanya, Hacker hormati pengetahuan & kebebasan informasi. Hacker tidak pernah percaya pada otoritas, penguasa - percaya pada desentralisasi.

Contoh Karakter Dunia Maya Blogger Penulis blog / Weblog / Catatan Web. Menjadi salah satu akar utama citizen journalism / participatory journalism, menurut Shayne Bowman and Chris Willis "The intent of this participation is to provide independent, reliable, accurate, wide- ranging and relevant information that a democracy requires." Dasar perubahan Demokrasi masa datang.

Cuplikan Kekuatan “Hacker” & semi-”Hacker” Indonesia Jasakom-perjuangan@yahoogroups.com 17.257 orang Newbie_hacker@yahoogroups.com 11.670 orang Majalahneotek@yahoogroups.com 5807 orang indowli@yahoogroups.com 7718 orang dll.

Cuplikan “Kekuatan” Blogger Indonesia http://nita.goblogmedia.com/HTML/risetblog.html

Kepepetisme Kita harus bersyukur, Internet & komputer di Indonesia merupakan barang mahal. Itu menyebabkan rakyat Indonesia kreatif mencari akal mengatasi kelangkaan Internet & komputer. Solusi rakyat Indonesia untuk Internet & komputer murah menjadi contoh Dunia. Dunia pun belajar pada bangsa Indonesia.

Keinginan Rakyat Indonsia “Fun” Internet Gratis / Murah Telepon Gratis Keinginan ini bukan monopoli rakyat Indonesia. Seluruh Bangsa di Dunia juga menginginkan hal yang sama. Mereka yang berhasil memperoleh solusi akan menjadi contoh rakyat indonesia & DUNIA. Dunia akan belajar kepada Kita.

“Fun” di Handphone Ring Tone SMS AFI / Reality Show Ramalan Bintang Berita Penghasilan Ring Tone, SMS Melebihi pulsa percakapan. Orde Trilyun-an, Modal Puluhan Juta.

“Fun” di Internet Friendster http://www.friendster.com/ Youtube http://www.youtube.com/ Chatting Game Network Ragnarok, Counter Strike Penghasilan game network orde Milyard. Beberapa perguruan tinggi membuka jurusan programmer game.

InterNet Murah WARNET – Rp. 3000/jam RT/RW-net – Rp. 50- 150.000/bulan Wajanbolic e-goen – Rp. 350.000 Internet Sekolah – Rp. 1000-5000 /bulan/siswa Struktur Industri yang di bangun tidak ada dalam UU / PP / KEPMEN. Tidak ada istilah WARNET / RT/RW-net di UU / PP / KEPMEN.

Telepon Gratis VoIP Rakyat http://www.voiprakyat.or.id Sentral Telepon NGN & 4G Indonesia Berada di Internet Di buat oleh Anton Raharja (rakyat biasa) Handphone Tanpa SIMCARD Bukan sulap, bukan sihir, anda dapat membuat telkom sendiri & dapat menelepon tanpa SIMCARD & pulsa.

Trafik Internet di Speedy 30% Telepon (VoIP) 30% Peer-to-peer download file & game. 5% Free Open Source Software (FOSS) Sisanya trafik web, e-mail, chatting.

Cuplikan Gambar Pengalaman Lapangan & Perjuangan Rakyat Indonesia di bidang IT

Kunci Strategis Langkah Taktis Sekolah & Pendidikan Free Open Source Software (FOSS).

Kekuatan Dunia Pendidikan 2005 Sekolah 215,219 Siswa 46,590,034 Guru 2,673,320 Jumlah siswa Indonesia equivalen dengan jumlah penduduk Malaysia & Australia. Bayangkan jika semua sekolah melek IT & tersambung ke Internet. Dengan biaya Rp. 1000- 5000 / bulan/siswa swadaya masyarakat!

Sekolah & Pendidikan s/d 2009 Pengguna Internet Baru / Tahun 2.6 juta / tahun Sekolah Tersambung 46.000 sekolah Siswa Melek Internet 17.5 juta siswa Guru Melek IT / Internet 2.6 juta Massa Internet 15juta+17.5 juta+2.6 juta/th Belanja Bandwidth Rp. 500 Milyard/bln Belanja Bandwidth ~22Gbps Output Manufaktur ~ Rp. 6 Milyard /bln Ref:http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Sejarah _Internet_Indonesia:analisa_strategi_IT_Indonesia

Free Open Source Software (FOSS) Kabarnya, Indonesia bayar Microsoft US$30 juta!! FOSS Developer & Hacker Indonesia berjumlah ratusan ribu orang. Programmer handal Java & FOSS Indonesia penghasilan Rp. 6-8 juta/bl (pengalaman 1 th) Sebagian Besar Autodidak. Banyak yang bekerja dari rumah (teleworking). Traffic opensource ~5% traffic Telkom Speedy.

“Dunia-pun belajar pada kita, Bangsa Indonesia”