ALGORITMA & DASAR PEMROGRAMAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TUGAS Buatlah program menghitung luas persegi panjang!
Advertisements

CONDITION I (Tunggal – Ganda) IF - Then
Dasar Pemrograman Komputer
PEMROGRAMAN PASCAL STATEMEN KENDALI.
Pengambilan Keputusan
II Kendali percabangan (branching)
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
PENYELEKSIAN KONDISI (PEMILIHAN)
Struktur Kendali Proses (Seleksi)
Kontrol Program Armadyah Amborowati.
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 DPK Issa Arwani, S.kom, M.sc.
III. STRUKTUR KONTROL.
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
SELECTION (STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN)
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 DPK UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG.
Struktur Kendali dan Repetisi
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 REVIEW Issa Arwani, S.kom, M.sc.
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 DPK Pertemuan -- Issa Arwani, S.kom, M.sc. PROGRAM STUDI.
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
Pemrograman C++ Darpi Supriyanto, S.Si., M.Kom HP :
Struktur Kontrol Keputusan
Chapter 3 PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Algoritme dan Pemrograman
Percabangan Dosen Pengampu: M. Zidny Naf’an, M.Kom.
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
PERCABANGAN (DECISION)
Transfer of control (pemindahan langkah)
Pertemuan Operasi Seleksi
S1 FLOW CHART Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
Pertemuan 4 PROGRAMMING LANGUAGE.
Ekspresi Kondisi dan Pernyataan Berkondisi
Pemograman Terstruktur
PERCABANGAN.
SELEKSI KONDISI Oleh : Sri Supatmi.
Pencabangan Bersyarat
Percabangan C++ Norma Amalia, ST., M.Eng.
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Penyeleksian
DPK Percabangan bersyarat
Aliran Kendali (Flow Control)
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Penyeleksian Kondisi.
Algoritma dan Pemrograman 1A Sindy Nova
BAB V Teknik Percabangan.
Pemrograman Terstruktur
PERCABANGAN (DECISION)
Pengantar Pemrograman
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Pengontrolan Program – Penyeleksian Dosen: Abdillah, S.Si, MIT Website:
Seleksi Kondisi/Pencabangan
PERCABANGAN.
SELEKSI ALGORITMA & STRUKTUR DATA I PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
PERCABANGAN BY HARIFUDDIN.
Castaka Agus Sugianto, M.Kom., M.CS
Bab 2 Struktur Dasar.
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
Akademi Komunitas Negeri Lamongan
Pertemuan 7 Percabangan dalam bahasa C .:: Erna Sri Hartatik ::.
KONDISI PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR S1 PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA
Penggunaan Decission (keputusan ) pada C
Pengambilan Keputusan
ALGORITMA & DASAR PEMROGRAMAN
ALGORITMA & DASAR PEMROGRAMAN
DECITION/KEPUTUSAN KEPUTUSAN pada C: - Pernyataan If
S1 FLOW CHART Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro
STRUKTUR perulangan (1)
Dasar Pemrograman Pertemuan 7 Percabangan dalam bahasa C
PERCABANGAN.
CONDITION I (Tunggal – Ganda) IF - Then. Seleksi kondisi adalah proses penentuan langkah berikutnya berdasarkan proses yang terjadi sebelumnya. Bila kondisi.
Transcript presentasi:

ALGORITMA & DASAR PEMROGRAMAN STRUKTUR KEPUTUSAN (DECISION)

Tujuan Instruksional Umum (TIU) : Mahasiswa dapat membuat algortima yang baik dan benar dan dapat mengimplementasikannya ke dalam bahasa pemrograman C++ Kriteria Unjuk Kerja (Tujuan Instruksional Khusus) : Dapat menjelaskan dan menggunakan konsep dasar penggunaan struktur keputusan untuk pembuatan program menggunakan bahasa C++

STRUKTUR KEPUTUSAN Struktur keputusan (decision) adalah struktur program yang melakukan proses pengujian untuk mengambil suatu keputusan apakah suatu baris atau blok instruksi akan diproses atau tidak. Pengujian kondisi ini dilakukan untuk memilih salah satu dari beberapa alternatif yang tersedia. C++ menyediakan dua perintah pengambilan keputusan yaitu perintah IF dan perintah SWITCH yang disertai dengan CASE

SYARAT DALAM STRUKTUR KEPUTUSAN Syarat dalam dunia pemrograman adalah sebuah pernyataan Boolean, yang dapat bernilai benar (true) atau salah (false). Biasanya sebuah syarat terdiri dari operand-operand yang dihubungkan dengan operator hubungan dan logika. Yaitu: =, >, <, >=, <=, and dan or.

STRUKTUR KEPUTUSAN DENGAN PERINTAH IF Berguna untuk memilih satu dari dua atau lebih alternatif jawaban yang tersedia. Jika perintah IF tersebut terdiri dari 2 atau lebih pernyataan, maka pernyataan tersebut harus berada di antara begin dan end.

BENTUK UMUM STRUKTUR KEPUTUSAN DENGAN PERINTAH IF Bentuk umum perintah if (tunggal sederhana) if (kondisi) pernyataan Bentuk di atas mempunyai arti jika kondisi bernilai benar maka pernyataan di bawahnya akan dikerjakan. Bentuk perintah if tunggal blok statemen (majemuk). { pernyataan1 pernyataan2 dst }

FLOWCHART STRUKTUR KEPUTUSAN DENGAN IF TUNGGAL SEDERHANA

FLOWCHART STRUKTUR KEPUTUSAN DENGAN IF MAJEMUK

/* ---------------------------------------------------------------------- Nama Program: ADP_19 Struktur Keputusan dengan Statemen if Tunggal Sederhana ----------------------------------------------------------------------- */ #include <stdio.h> #include <stdlib.h> main() { int beli, diskon, total; printf("Contoh Struktur Keputusan\n"); printf("dengan Statemen if Tunggal Sederhana\n"); printf("____________________________________\n"); printf("\n"); printf("Masukkan nilai pembelian: "); scanf("%d",&beli); if (beli>100000) diskon=10*beli/100; total=beli-diskon; printf("Jadi pembelian adalah: %d\n",beli); printf("dengan discount: %d\n",diskon); printf("dan total pembayaran sebesar Rp. %d\n",total); system("pause"); }

/* ----------------------------- Nama Program: ADP_Soal15b.cpp Statemen if Tunggal Majemuk ----------------------------- */ #include <stdio.h> #include <stdlib.h> main() { int jumlah_anak; float gaji_kotor, gaji_bersih, tunjangan, potongan, persen_tunjangan=0.2, persen_potongan=0.05; printf("Contoh Program Penggunaan Statemen if Tunggal Majemuk\n"); printf("_______________________________________________________\n"); printf("\n"); printf("Gaji kotor yang diperoleh = Rp. ");scanf("%f",&gaji_kotor); printf("Jumlah anak = ");scanf("%d",&jumlah_anak); if(jumlah_anak>2) persen_tunjangan = 0.3; persen_potongan = 0.07; } tunjangan = persen_tunjangan * gaji_kotor; potongan = persen_potongan * gaji_kotor; gaji_bersih = gaji_kotor + tunjangan - potongan; printf("Besarnya Tunjangan = Rp. %.2f\n",tunjangan); printf("Besarnya Potongan = Rp. %.2f\n",potongan); printf("Jadi, Gaji Bersihnya = Rp. %.2f\n",gaji_bersih); system("pause");

/* -------------------------------------------------------------------- Nama Program: ADP_20 Contoh Struktur Keputusan dengan Statemen if Majemuk --------------------------------------------------------------------- */ #include <stdio.h> #include <stdlib.h> main() { int beli, diskon, pajak, total_harga; printf("Contoh Struktur Keputusan\n"); printf("dengan Statemen if Majemuk\n”); printf("__________________________\n"); printf("\n"); printf("Masukkan nilai pembelian: "); scanf("%d",&beli); if (beli>100000) diskon=10*beli/100; pajak=0.01*beli; } total_harga=beli-diskon; printf("Jadi pembelian adalah: %d\n",beli); printf("dengan discount: %d\n",diskon); printf("dikenakan pajak: %d\n",pajak); printf("dan total pembayaran dengan diskon Rp. %d\n",total_harga); printf("dan total pembayaran dikenakan pajak sebesar Rp. %d\n",total_harga+pajak); system("pause");

STRUKTUR KEPUTUSAN DENGAN PERINTAH if .. else Bentuk umum dari if .. else if (kondisi) pernyataan1 else pernyataan2 Bentuk umum ini berarti jika kondisi benar maka pernyataan1 akan dikerjakan dan jika kondisi salah maka pernyataan2 yang akan dikerjakan

FLOWCHART STRUKTUR KEPUTUSAN DENGAN IF..ELSE

/* --------------------------------------------------- Nama Program: ADP_21 Contoh Struktur Keputusan dengan if..else ---------------------------------------------------- */ #include <stdio.h> #include <stdlib.h> main() { int nilai; printf("Contoh Struktur Keputusan Dengan if..else\n"); printf("_________________________________________\n"); printf("\n"); printf("Masukkan sebuah nilai: ");scanf("%d",&nilai); if (nilai>70) printf("Lulus\n"); else printf("Tidak Lulus\n"); system("pause"); }

STRUKTUR KEPUTUSAN DENGAN PERINTAH if .. else if...else Bentuk umum dari if .. else if (kondisi1) pernyataan1 else if (kondisi2) pernyataan2 Bentuk ini disebut if..else if tangga, karena mempunyai bentuk seperti sebuah tangga

FLOWCHART STRUKTUR KEPUTUSAN DENGAN if..else if..else

STRUKTUR KEPUTUSAN DENGAN PERINTAH if .. else if...else Contoh: Akar-akar dari suatu persamaan kuadrat aX2 + bX2 + c = 0 tergantung dari nilai determinannya. Nilai determinan (D) dapat dihitung dengan rumus: D = b2 – 4ac Jika D bernilai positif, maka akan mempunyai dua akar riel yang berbeda yaitu: X1 = dan X2 = Jika D bernilai 0, maka akan mempunyai dua buah akar riel kembar, yaitu X1 = X2 = jika D bernilai negatif, maka akan dihasilkan dua akar imajiner: X1 = X2 = , tanda i menunjukkan bahwa nilai tersebut adalah nilai imajiner.

/* ------------------------- Nama Program: ADP_21 Contoh Struktur Keputusan dengan if..else if..else ------------------------- */ #include <stdio.h> #include <math.h> #include <stdlib.h> main() { float A, B, C, D, X1, X2; printf("Contoh Struktur Keputusan\n"); printf("dengan Statemen if..else if..else\n"); printf("\n"); printf("Menghitung Akar-akar Persamaan Kuadrat"); printf("____________________________________\n"); /* Masukkan Data Koefisien Persamaan Kuadrat */ printf("Masukkan nilai a: ");scanf("%f",&A); printf("Masukkan nilai b: ");scanf(“%f",&B); printf("Masukkan nilai c: ");scanf("%f",&C); /* Menghitung Nilai Determinan */ D = B*B - 4*A*C; /* Menyeleksi Nilai Determinan */ if(D==0){ X1 = -B / (2*A); printf("Dua akar riel kembar: \n"); printf("X1 = X2 = %.2f\n",X1); } else if (D>0){ X1 = (-B + sqrt(D)) / (2*A); X2 = (-B - sqrt(D)) / (2*A); printf("Dua akar riel berlainan: \n"); printf("X1 = %.2f\n",X1); printf("X2 = %.2f\n",X2); else if (D<0){ X2 = sqrt(-D) / (2*A); printf("Dua akar imajiner berlainan: \n"); printf("X1 = %.2f + %.2f i\n",X1,X2); printf("X2 = %.2f - %.2f i\n",X1,X2); system("pause");

/* ------------------------------------- Nama Program: ADP_21 Contoh Struktur Keputusan dengan if..else if..else Alternatif -------------------------------------- */ #include <stdio.h> #include <math.h> #include <stdlib.h> main() { float A, B, C, D, X1, X2; printf("Contoh Struktur Keputusan\n"); printf("dengan Statemen if..else if..else Alternatif\n"); printf("\n"); printf("Menghitung Akar-akar Persamaan Kuadrat"); printf("____________________________________\n"); /* Masukkan Data Koefisien Persamaan Kuadrat */ printf("Masukkan nilai a: ");scanf("%f",&A); printf("Masukkan nilai b: ");scanf(“%f",&B); printf("Masukkan nilai c: ");scanf("%f",&C); /* Menghitung Nilai Determinan */ D = B*B - 4*A*C; /* Menyeleksi Nilai Determinan */ if(D==0){ X1 = -B / (2*A); printf("Dua akar riel kembar: \n"); printf("X1 = X2 = %.2f\n",X1); } if (D>0){ X1 = (-B + sqrt(D)) / (2*A); X2 = (-B - sqrt(D)) / (2*A); printf("Dua akar riel berlainan: \n"); printf("X1 = %.2f\n",X1); printf("X2 = %.2f\n",X2); if (D<0){ X2 = sqrt(-D) / (2*A); printf("Dua akar imajiner berlainan: \n"); printf("X1 = %.2f + %.2f i\n",X1,X2); printf("X2 = %.2f - %.2f i\n",X1,X2); system("pause");

STRUKTUR KEPUTUSAN IF BERSARANG (nested if) Bentuk umum if (kondisi1) if (kondisi2) pernyataan1; else pernyataan2; pernyataan3; d

FLOWCHART STRUKTUR KEPUTUSAN BERSARANG

/* -------------------------------------- Nama Program: ADP_21 Contoh Struktur Keputusan if Bersarang -------------------------------------- */ #include <stdio.h> #include <math.h> #include <stdlib.h> main() { float A, B, C, D, X1, X2; printf("Contoh Struktur Keputusan\n"); printf("dengan Statemen if Bersarang\n"); printf("_________________________\n"); printf("\n"); printf("Menghitung Akar-akar PersamaanKuadrat\n"); /* Masukkan Data Koefisien Persamaan Kuadrat */ printf("Masukkan nilai a: ");scanf("%f",&A); printf("Masukkan nilai b: ");scanf("%f",&B); printf("Masukkan nilai c: ");scanf("%f",&C); /* Menghitung Nilai Determinan */ D = B*B - 4*A*C; /* Menyeleksi Nilai Determinan */ if(D>=0) if(D==0){ X1 = -B / (2*A); printf("Dua akar riel kembar: \n"); printf("X1 = X2 = %f\n",X1); } else{ X1 = (-B + sqrt(D)) / (2*A); X2 = (-B - sqrt(D)) / (2*A); printf("Dua akar riel berlainan: \n"); printf("X1 = %f\n",X1); printf("X2 = %f\n",X2); X2 = sqrt(-D) / (2*A); printf("Dua akar imajiner berlainan: \n"); printf("X1 = %f + %f i\n",X1,X2); printf("X2 = %f - %f i\n",X1,X2); system("pause");

STRUKTUR KEPUTUSAN BERSARANG /* ---------------------------- Nama Program: ADP_Soal21.cpp Contoh Struktur Keputusan dengan if..else majemuk ---------------------------- */ #include <stdio.h> #include <stdlib.h> main() { int nilai; char huruf; printf("Contoh Program Struktur Keputusan\n"); printf("dengan if..else majemuk\n"); printf("_________________________________\n"); Printf("Masukkan Nilai Akhir Mahasiswa: "); scanf("%d",&nilai); if (nilai>=81 && nilai <=100) huruf='A'; else if (nilai>=71 && nilai <81) huruf='B'; if (nilai>=61 && nilai <71) huruf='C'; if (nilai>=51 && nilai <61) huruf='D'; huruf='E'; printf("Jadi Nilai Akhir Mahasiswa: %d, dengan Huruf : %c",nilai, huruf); printf("\n"); system("Pause"); }

STRUKTUR KEPUTUSAN DENGAN SWITCH/CASE Perintah SWITCH merupakan pernyataan yang dirancang untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah pilihan alternatif yang diantaranya untuk menggantikan pernyataan IF bertingkat.

STRUKTUR KEPUTUSAN DENGAN SWITCH/CASE Bentuk umum switch (ekspresi) { case konstanta1; pernyataan1; break; case konstanta2; pernyataan2; default: pernyataanx; }

FLOWCHART STRUKTUR KEPUTUSAN SWITCH/CASE

main() { int kdhari; printf("Masukkan Kode Hari [1..7]: "); scanf("%d",&kdhari); switch (kdhari) case 1: printf("Senin"); break; case 2: printf("Selasa"); case 3: printf("Rabu"); case 4: printf("Kamis"); case 5: printf("Jum'at"); case 6: printf("Sabtu"); case 7: printf("Minggu"); default: printf("Kode tidak ada, hari tidak ditemukan\a"); } printf("\n"); system("pause");

Buatlah flowchart dan program untuk menghitung besarnya tunjangan yang akan diterima oleh seorang pegawai. Besar tunjangan tergantung dari jumlah anaknya. Jika pegawai tsb mempunyai anak kurang dari 3, maka tunjangannya adalah sebesar 20% dari gaji kotornya. Jika jumlahnya lebih besar atau sama dengan 3, maka tunjangannya adalah 30% dari gaji kotornya. Gaji juga akan dipotong untuk keperluan asuransi, 5% untuk yang mempunyai anak kurang dari 3 dan 7% untuk yang lebih besar atau sama dengan 3.

Buatlah flowchart dan program dalam bentuk menu, untuk menghitung: a. Volume dari tabung b. Luas dan keliling persegi panjang c. Luas dan keliling bujur sangkar Buatlah flowchart di sebuah kertas dan programnya dalam bentuk file