TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DI SUSUN OLEH KELOMPOK 1.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Advertisements

INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
KOMPUTER HARDWARE.
Pertemuan ke 3 Oleh : Muh. Ary Azali. Peralatan Input (Input Device) Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori.
LOGO “ Add your company slogan ” Siswo Wardoyo, S.T., M.Eng. Siswo WardoyoJurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNTIRTA2011/2012- Genap
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PMK (Piranti Masukan dan Keluaran) Bobot 3 SKS
PENGENALAN KOMPUTER Oleh: Amir Ar Razzaaq.
Merawat peralatan multimedia
I N T E R A K S Pengoperasian Mouse.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
ALAT-ALAT INPUT.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Peripheral PC dan Setting Peripheral
BAB IV PERANGKAT KOMPUTER
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
PERANGKAT KERAS MASUKAN
Peripheral Multimedia
PERALATAN INPUT KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Dasar Komputer dan Internet
PERKEMBANGAN HARDWARE
PENGANTAR SISTEM INFORMASI
Mouse optis Kelompok XXIV.
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
 1. RAHMAT IPANDI MUHAMMAD ARLI NURDIN SAPTO ARIYANTO BAGUS NOOR FAUZAN ERIE FAUZIANNOOR
Fungsi, Proses Kerja Komputer, dan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Standar Kompetensi : Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan.
H A R D W A R E K O M P U T E R.
KELOMPOK 1. ANGGOTA KELOMPOK 1. Bambang Oktara Engla Ikhsandro Herizal Jordian Naro Pratama Radius.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
MENERAPKAN FUNGSI PERIPHERAL DAN INSTALASI PC
Memilih Perangkat Interaksi Yang Tepat Next About Us
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
PIRANTI INTERAKSI.
TEKNIK ANTARMUKA.
PERANGKAT INPUT TONY ROHMAN.
MENERAPKAN FUNGSI PERIPHERAL DAN INSTALASI PC
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
OM SWASTYASTU PIRANTI MASUKAN DAN KELUARAN D3 MANAJEMEN INFORMATIKA.
INPUT dan OUTPUT INPUT(Masukan)
Kelompok 6 SI-11 Fajar Rahmat Mustari Puji Nurahman Fitri
BAB 3 PERANTI MASUKKAN.
PERALATAN INPUT (Input Device)
Komponen Sistem Komputer: Input Output Device
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Komponen perangkat input
Definisi hardware input
OCTAVIANI ROCHIADITYA P ( ) PRADANA HERDIN S ( )
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
Peralatan Input (Input Device)
Input & Output Devices Bab V.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INPUT dan OUTPUT INPUT(Masukan)
Nama : Iwan Mahendro, S. Kom NIM : Prodi : S2 KTP
PERIPHERALS By : Nima Lestari
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
Teknologi perangkat keras
TEKNOLOGI INFORMATIKA
INPUT DEVICE.
Perangkat Input Dan Output Beserta Fungsinya
Pengertian Komputer, Sejarah Komputer & Alat Input 3.2 Menerapkan perakitan komputer 4.2 Merakit Komputer.
CARA KERJA KOMPUTER Tujuan : -Mahasiswa mampu menjelaskan proses suatu data diolah pada komputer -Mahasiswa mampu menyebutkan dan mengetahui fungsi dari.
PERANGKAT INPUT.  Perangkat yang dipergunakan untuk memberikan perintah atau data tertentu ke dalam sistem komputer agar dapat bekerja sesuai keinginan.
Transcript presentasi:

TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DI SUSUN OLEH KELOMPOK 1 NAMA: ADI KUSBOYO SULTON AGUNG ISRODIMAN SAPUTRA RIFKI

Pengertian Input Device (Unit Masukan) Komputer dan Macam-macamnya Input device adalah unit yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah Keyboard, mouse, joystick, touch pad, dan lain-lain

Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenace input.

1. Keyboard Komputer Keyboard Komputer adalah sebuah papan yang terdiri dari tombol huruf, angka dan simbol. Dalam Bahasa Indonesia, keyboard disebut juga papan tombol jari atau papan tuts. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file, membuka file, dan perintah lainnya.

2. Mouse Komputer Mungkin Anda sudah tidak asing dengan benda yang satu ini. Mungkin pula tanpa alat ini, pekerjaan anda tidak akan berjalan dengan cepat. Namun apakah anda sudah mengenal dengan detail tentang alat yang satu ini? Mari kita bahas bersama. : Mouse Komputer yang mempunyai istilah Indonesianya tetikus ini adalah sebuah alat input (masukan) komputer yang digerakkan oleh tangan, dan berfungsi mengubah gerakan menjadi instruksi/perintah. Dengan kata lain, Mouse ini berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat. Mouse pada umumnya memiliki tiga tombol, dimana 2 tombolnya disebut sebagai tombol utama (2 main buttons) yaitu tombol kanan dan kiri. Sedangkan 1 tombol lagi yang disebut sebagai scroll button (tombol roda/whell button) ini yang berfungsi untuk menggulung atau memindahkan tampilan dari atas kebawah, dari bawah ke atas dengan cepat.

Jenis-jenis Mouse: 1. Mouse Mekanik (Mechanical Mouse) Mouse jenis ini sering juga disebut Mouseball (mouse bola): mouse yang pergerakannya menggunakan bola mouse. Mouse jenis ini banyak digunakan pada tahun 90-an. mungkin saat ini sudah jarang digunakan, akan tetapi mungkin masih ada yang menggunakannya. untuk menggunakan mouse ini, diperlukan alas yang disebut Mousepad.

2. Mouse Optik (Optical Mouse) Mouse ini merupakan pengembangan dari mouse mekanik. Mouse ini menggunakan deteksi sinar LED (Light-Emitting-Diode) dan photo diodes untuk menggerakkan pointernya. Mouse ini lebih akurat dan nyaris bebas perawatan dibandingkan mouse yang masih menggunakan bola. Dalam penggunaannya, mouse ini tidak menggunakan mousepad, yang penting permukaan landasan yang rata.

3. Mouse Gyroscopic Mouse ini memang berbeda dari mouse yang biasanya karena mouse ini pergerakannya diudara. dengan kata lain, mouse ini tidak harus atau tidak memerlukan landasan.

4. Mouse 3D (BATS) Mouse yang prinsip kerjanya menggunakan ultrasound.

Interface Mouse Berikut ini adalah macam-macam interface pada mouse: 1. Serial 2. PS/2 

3. USB (Universal Serial Bus)  4. Wireless

Istilah dan Cara Kerja Mouse: Pointer: sebuah anak panah yang terlihat di layar yang dapat bergerak bebas. Pointing: gerakan mouse untuk menggerakkkan pointer dari layar. Klik: Menekan tombol bagian kiri dari mouse 1 kali. Double klik: menekan tombol mouse bagian kiri dua kali secara cepat. Klik-kanan: menekan tombol bagian kanan dari mouse 1 kali. Drag (geser): menekan tombol kiri mouse dan ditahan sambil pointing (digeser) Select (pilih): meletakkan pointer pada 1 objek.

Pointing Device: 1. Track Ball : Seperti mouse standar yang dibalik, bolanya ada diatas. 2. Touchpad : berupa bantalan sensitif terhadap sentuhan, biasanya ada di LAPTOP

3. Graphic Tablet Or Digitizing Tablet : Berupa alat input yang bisa digunakan untuk menulis dengan tangan, seperti kita menulis di buku. 4. Touch Screen : sistem ini menerima input langsung dari layar dengan sentuhan jari tangan.

5. Pointing Stick : berupa joystick kecil yang terdapat pada sela-sela tombol keyboard.

3. Touch Pad Unit masukan ini biasanya dapat kita temui pada laptop atau notebook yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya Touch Pad ini digunakan sebagai pengganti mouse karena memang fungsinya sama dengan mouse, yaitu merubah gerakan menjadi perintah. Walaupun fungsinya sama dengan mouse, namun pemakaiannya harus ekstra apik. Kalau mouse komputer rusak, maka kita bisa segera ganti dengan yang lain.Akan tetapi, jika alat ini sampai rusak, maka anda tidak bisa semudah itu saja menggantinya dan tentunya ini akan menjadi masalah besar bagi anda.

4. LightPen Light Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).

5. Joystick dan Games Paddle Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

6. Scanner Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dengan demikian, fungsi scanner ini hampir sama dengan mesin fotokopi. Hasil mesin fotokopi dapat langsung kita lihat pada kertas, sedangkan hasil scanner ditampilkan pada layar komputer terlebih dahulu, kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus. Kemudian hasil dari scan-an dapat disimpan sebagai file teks, dokumen, maupun gambar. Scanner ini disebut juga alat pindai atau pemindai.

Cara Kerja Scanner, ketika menekan perintah untuk memulai scan pada layar, yang akan terjadi adalah: Penekanan tombol mouse komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner.Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning. Kemudian, unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning. Nyala lampu yang terlihat pada scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan. setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat dilayar. Jika hasil atau tampilan teks/gambar ingin diubah, kita dapat mengubahnya dengan menggunakan software aplikasi yang ada, misalnya dengan adobe photoshop

7. Kamera Digital Kamera Digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa pada sensor CCD dan akhir-akhir ini pada sensor BSI-CMOS (Back Side Illuminated) sensor yang lebih irit daya untuk kamera yang lebih canggih yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital. Karena hasilnya disimpan secara digital maka hasil rekam gambar ini harus diolah menggunakan pengolah digital pula semacam komputer atau mesin cetak yang dapat membaca media simpan digital tersebut. Kemudahan dari kamera digital adalah hasil gambar yang dengan cepat diketahui hasilnya secara instan, kemudahan memindahkan hasil (transfer), dan penyuntingan warna, ketajaman, kecerahan dan ukuran yang dapat dilakukan dengan relatif lebih mudah daripada kamera manual.

8. Microphone dan Headphone Microphone dan Headphone adalah alat yang berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.

9. Barcode Reader Bar-code Reader adalah alat yang digunakan untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Alat ini biasanya bisa kita temui di kasir supermarket/mini market terdekat.

10. Graphics  Pads Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphic Pads. Graphic Pads ini merupakan input/masukkan untuk menggambar objek pada monitor.