DATA ENTRY MUSDALIFAH DJ.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGENAL TAMPILAN MICROSOFT OFFICE WORD 2003.
Advertisements

Komponen Antarmuka Grafis
Image – Hyperlink – Form
PROGRAM APLIKASI BERBASIS DATA MICROSOFT ACCES
Pengoperasian Perangkat Lunak Pengolah Kata
Perangkat Lunak Pengolah Kata
Membuat Antar Muka Dengan Glade
Pemograman 1 Pertemuan 14.
Membuat Dan Menghapus Tabel, Konversi Teks Ke Tabel Dan Tabel Ke Teks
GUI Design Event-Driven Programming Basic Windows Controls
Mata Pelajaran TIK Kelas X Semester 2
Gambar 1.1 Mengenal Elemen Jendela Microsoft Word Setelah Word 2007 kita aktifkan, maka akan tampil layar kosong dengan nama Document 1,
Membuat Dan Mencetak Mail Merge
MAILMERGE. Tidak jarang sebuah surat yang isinya sama dikirim ke banyak orang, misalnya surat undangan, surat edaran, surat pemberitahuan, dan lain-lain.
PEMROGRAMAN BEORIENTASI OBJEK
1 MAILMERGE Winda Widya A Barka Satya. Apl Mnjmn Pkntran A M4 2 Tidak jarang sebuah surat yang isinya sama dikirim ke banyak orang, misalnya surat undangan,
Menu.
Pengoperasian Perangkat Lunak Pengolah Kata
MENANGANI aplikasi perangkat lunak
Table & Mail Merge Pertemuan 3.
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Konsep Teknologi Informasi A
MENGENAL MICROSOFT EXCEL
Pemrograman Visual VB.net 2008 dengan Database Microsoft Access 2010
REPORT Bentuk Laporan Untuk memahami cara membuat laporan (report) di Visual Foxpro, kita harus memahami bentuk laporan (layout), yaitu sebagi berikut.
Presented by : Herianto
1. Elemen pada Microsoft Excel
Pendahuluan Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan.
Pengenalan Visual Studio 2008
FORM.
TAMPILAN MICROSOFT WORD MENJADI LEBIH MENARIK
1 Pencetakan Gambar Pertemuan 25 Matakuliah: R0364/Komputasi Desain Arsitektur I Tahun: 2006.
Pengenalan Visual Basic
Membuat File Database & Tabel
LANGKAH – LANGKAH PENGERJAAN TAMPILAN MICROSOFT WORD MENJADI LEBIH MENARIK NEXT.
MAILMERGE PENDAHULUAN
> Tab Gridlines ,digunakan untuk mengatur tampilan garis skala pembantu (grid). Kemudian dapat mengatur tampilan garis skala pembantu (grid) pada.
Microsoft Excel By : D e w i.
MENGENAL VISUAL BASIC 6.0 Pertemuan 3
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
Pengoperasian Perangkat Lunak Pengolah Kata
Pengoperasian Perangkat Lunak Pengolah Kata
Menu utama kompetensi materi latihan referensi tik.
P e r t e m u a n 1 Membuat Workbook dengan Macro
Membuat File Database & Tabel
APLIKASI KOMPUTER Microsoft Word 2007 II.
Bahasa Pemrograman 1 ACTIVE X DAN MDI Chapter 05 bimocahyo bimocahyo.
MAILMERGE Winda Widya A Apl Mnjmn Pkntran A M4.
Membuat File Database & Tabel
Tutorial Adobe Premiere Pro.
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
Mengenal Fungsi Lingkungan Kerja Glade
Menu.
Sistem Peripheral pada Sistem Operasi Windows
Menggunakan parameter pada ireport
Mengenal glade MUSDALIFAHDJ.
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
BAB 5 BEKERJA DENGAN GRAFIS
SISTIM OPERASI WINDOWS
Mencetak Dokumen Buka Menu File
Gtk dengan glade MUSDALIFAH DJ.
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
Membuat Tabel di Microsoft Word
9/19/2018.
MAILMERGE Winda Widya A Apl Mnjmn Pkntran A M4.
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
11/30/2018.
MATERI MATAKULIAH PAKET PROGRAM NIAGA (PPN) Oleh : Buyung Solihin Hasugian, S.Kom, M.Kom.
KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI A
Transcript presentasi:

DATA ENTRY MUSDALIFAH DJ

Setelah menegenal sekilas tentng Glade, kini kita akan bersama-sama mengenal widget yang digunakan untuk memasukkan input berupa numerik atau data lain. Gtk Entry merupakan Widget yang digunakan untuk memasukkan input berupa baris tunggal

Next... Antarmuka dapat dibuat dengan langkah-langkah sebagai berikut : Manjalankan Glade. Dari start menu, pilihlah Programming dan jalankan Glade Pada menu window Pilh New Pilih opsi New GTK+Project Pada jendela Pallete,klik window widget

Next... Pada jendela propertis : Pada menu Widgets Title diisi latihan 3 Default width diisi 152 Default Height diisi 96 Pada menu Signals Pilih Signal Delete Tekan OK Tekan Add

Next... Window latihan 4 dibagi 2 Pada jendela Pallete klik Vertikal Box Klik window latihan 4 muncul : number of rows : 2 Pada jendela Pallete, klik Text Entry. Letakkan pada Windows latihan 3 bagian atas

Next... Pada Pallete Window, klik horizontal Button Box Letakkan pada window latihan 3 bagian bawah. Muncul Number Of Columns : 2 Klik Button1 Pada propertis Windows Pada menu Widget Name button_ok, stock Button, tekan tanda panah ke bawah dan pilih OK Pada menu Signals, pilih clicked, tekan tombol OK kemudian Add

Klik Button2 Pada propertis Window : Pada menu Widget Name : button_quit, stock button tekan tanda panah ke bawahdan pilih QUIT Pada menu signals, pilih clicked dn tekan tombol OK kemudian Add

Next... Pada menu Window : Klik tombol Build Muncul project Option Klik Ok Buka terminal Keluar dari subdirectori Ketikkan ./autogen.sh Konfilasi project tersebut dengan perintah Make Masuk dari subdirectori src

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana memasukkan lebih dari satu Widget ke dalam container? Apakah bisa dilakukan dengan memanggil method “add()” beberapa kali? Menurut dokumentasi mengenai Container, ada dua jenis container, yaitu container yang hanya dapat menampung 1 buah Widget dan container yang dapat menampung lebih dari 1 Widget.

Jika melihat hirarki kelas, container yang diturunkan dari kelas “gtk Jika melihat hirarki kelas, container yang diturunkan dari kelas “gtk.Bin” hanya dapat menampung satu buah widget. Contoh container jenis ini adalah “gtk.Window” dan “gtk.Frame”. Container jenis lainnya adalah container yang dapat digunakan untuk menampung lebih dari satu widget yang biasa digunakan untuk mengatur susunan Widget. Contoh container jenis ini adalah “gtk.VBox”, “gtk.HBox”, dan “gtk.Table”

Daripada cuma ngeliatin tulisan abstrak, mari kita lihat kode berikut ini. Simpan juga dalam berkas dan beri nama (misalnya) 03b.py. import gtk def keluar(pemanggil): gtk.main_quit() def cetak(pemanggil): nama = teks.get_text() print "Nama: " + nama label = gtk.Label("Nama") teks = gtk.Entry() btn = gtk.Button("OK") btn.connect("clicked", cetak) box = gtk.HBox() box.pack_start(label, expand=False, padding=5) box.pack_start(teks) box.pack_start(btn, expand=False) win = gtk.Window() win.connect("destroy", keluar) win.add(box) win.show_all() gtk.main()

Dalam contoh di atas, kita membuat tiga buah widget yang masing-masing berasal dari kelas “gtk.Label”, “gtk.Entry”, dan “gtk.Button”. Selain itu kita membuat sebuah container dari kelas “gtk.HBox” yang digunakan untuk mengatur posisi Widget secara horizontal. Hasil eksekusi dapat dilihat pada gambar berikut.

Method “pack_start()” digunakan untuk memasukkan Widget ke dalam container. Ada dua parameter (dari tiga parameter) tambahan yang dimasukkan dalam contoh di atas, yaitu “expand” dan “padding”.

Parameter “expand” digunakan untuk mengatur apakah ukuran Widget akan ikut mengembang jika ukuran container diubah. Sedangkan parameter “padding” digunakan untuk mengatur jarak Widget dengan tepian kotak.

Method “pack_start()” digunakan untuk memasukkan Widget ke dalam container. Ada dua parameter (dari tiga parameter) tambahan yang dimasukkan dalam contoh di atas, yaitu “expand” dan “padding”.

Parameter “expand” digunakan untuk mengatur apakah ukuran Widget akan ikut mengembang jika ukuran container diubah. Sedangkan parameter “padding” digunakan untuk mengatur jarak Widget dengan tepian kotak.

Ada satu method baru yang diperlihatkan pada contoh kode di atas, yaitu “show_all()”. Method ini digunakan untuk memanggil method “show()” dari seluruh Widget yang berada di dalam sebuah

Widget yang berupa Container sehingga kita tidak perlu memanggil method “show()” satu-persatu untuk menampilkan Widget. Dalam contoh di atas, seluruh Widget yang berada di dalam window akan ditampilkan.

SEKIAN...