Pro Model Promodel
Definisi Pro model merupakan sebuah alat simulasi berbasis windows yang digunakan untuk mensimulasikan dan menganalisis sistem. Pro model merupakan kombinasi yang sempurna antara kemudahan pemakaian, kecangihan serta kesfleksibilitasan yang lengkap untuk pembuatan model yang menggambarkan beberapa situasi dan merealisasikan animasi membuat simulasi menjadi hidup. Promodel
Menu Utama Pro Model (1) File Menu file memungkinkan kita untuk membuka model baru, menyimpan model, menggabungkan dua atau lebih model menjadi satu, dan import model. Selain itu juga dari menu file ini dapat menampilkan teks dari model yang kita buat, dan juga teks tersebut dapat di print. Edit Menu Edit digunakan untuk mengedit isi dari edit table dan logic windows yang sedang dibuka. Promodel
Menu Utama Pro Model (2) Build Menu Build ini merupakan menu untuk membuat dan mengedit model. Simulation Menu simulation merupakan pengontrol jalannya model, yang ada di dalam menu Simulation ini terdiri dari Running Model,Defining model parameters, and defining scenarios, option, pros scheduler dan sim runner Output Menu Output ini adalah untuk menampilkan output dari model yang telah dijalankan, juga dapat menampilkan Trace dari model. Promodel
Menu Utama Pro Model (3) Tools Menu Tools ini berisikan bermacam-macam utilities, termasuk graphic editor untuk membuat dan memodifikasi graphic dan juga untuk mencari dan menggantikan expression (e.q mencari kata ‘wait’ yang ada di dalam model) yang terdapat dalam model. Windows Menu Windows memungkinkan kita untuk menyusun windows (atau icon windows) yang sedang ditampilkan di layar. Help Menu Help ini dapat mengakses sistem help secara on-line dan juga dapat memberikan akses ke tutorial promodel Promodel
Elemen Dasar Pemodelan (1) Location Dalam promodel, location diartikan suatu tempat dalam sistem yang tidak bergerak dimana entity akan menjalani proses, sebagai tempat penyimpanan atau tempat untuk aktivitas-aktivitas. Dalam model yang dibuat, location bisa mesin-mesin atau stasiun kerja. Pertama kali yang harus dilakukan adalah memilih icon untuk melambangkan location. Begitu icon dipilih dan ditempatkan dalam window layout, maka promodel secara otomatis akan membuat record untuk lokasi yang bersangkutan. Data-data yang diperlukan dalam mendefinisikan location adalah : - Name, yaitu nama masing-masing location. - Capacity, merupakan kapasitas location dalam memproses entity - Unit, adalah jumlah location yang dimaksud - Downtimes (DTs), menyatakan saat-saat location tidak befungsi, misal karena kerusakan, waktu set-up, dan lain-lain. - Rules, digunakan untuk merumuskan bagaimana aturan pemrosesan bagi entity yang memasuki location, bagaimana entity yang selesai diproses mengantri, dan bagaimana location yang lebih dari satu unit untuk memproses entity yang akan datang. - Notes, digunakan untuk memasukan catatan atau program-program lain. Promodel
Elemen Dasar Pemodelan (2) Entity Entity adalah sesuatu yang menjadi objek dari suatu proses.Entity dapat berupa part , produk, manusia atau lembar kerja. Yang harus dilakukan pertama kali adalah memilih icon untuk mewakili masing-masing entity. Begitu icon dipilih, Promodel akan membuat record untuk entity yang bersangkutan. Data-data yang diperlukan untuk mendefinisikan entity adalah : - Name, yaitu nama dari entity - Speed, adalah kecepatan entity bergerak atau berpindah dari satu lokasi ke lokasi berikutnya. - Stats, menyatakan level statistik dalam mengumpulkan hasil masing-masing tipe entity. Terdapat tiga pilihan yaitu None, Basic, dan Time Series. Promodel
Elemen Dasar Pemodelan (3) Path Networks Path Networks ini terdiri dari node-node dan lintasan yang menghubungkan antara node yang satu dengan node yang lainnya. Untuk menentukan path networks, dari menu Build pilih Path Networks. Data yang diperlukan adalah : - Name, yaitu nama lintasan bersangkutan. - Type, terdiri dari pilihan non passing artinya pergerakkan hanya berlaku untuk satu arah, passing yang berarti pergerakan berlaku untuk dua arah, dan pergerakkan dengan bantuan Crane. - T/S , menunjukan pilihan berdasarkan satuan waktu (Time) atau kecepatan dan jarak (Speed and distance) - Path, menunjukan jumlah dari lintasan dalam suatu jaringan. - Interfaces, menunjukan jumlah lokasi yang menghubungkan node dalam path network. Promodel
Elemen Dasar Pemodelan (4) Resources Resources adalah manusia, sebuah peralatan atau perlengkapan lainnya yang digunakan / bertugas untuk mengantar sebuah entity. Untuk menentukan resources ini, dari menu Build pilih Resources. Data-data yang diperlukan adalah : - Name, menunjukan nama dari resources tersebut. - Units, menunjukan jumlah resource - Downtimes (DTs), adalah saat-saat location tidak berfungsi, misalnya karena kerusakan, waktu set-up , dan lain-lain. - Specs, menunjukan jaringan yang dilintasi dan lokasi yang pertamakali dikunjungi. Promodel
Elemen Dasar Pemodelan (5) Processing Processing merupakan operasi yang terjadi di dalam sistem dan dilakukan pada lokasi dan antar lokasi. Proses merupakan kegiatan pengolahan input yang dilakukan oleh setiap mesin (lokasi) sehingga akan menghasilkan output tertentu. Dikatakan pada lokasi karena disini harus diidentifikasikan proses yang terjadi pada lokasi yang bersangkutan, misalnya lamanya waktu proses, nama material handling yang membawa dan lamanya waktu perpindahan. Untuk menentukan processing ini, dari menu Build pilih Processing. Data-data yang diperlukan untuk mendefinsikan processing adalah : - Entity, menyatakan entity sebagai input yang akan diproses - Location, adalah operasi yang dilakukan pada entity (input) termasuk waktu operasinya. - Block, maksudnya adalah jalur yang ditempuh entity. Yang diisikan dalam block adalah nomor. Jika nomor blocknya sama maka asal jalurnya sama. - Output, menunjukkan entity sebagai output yang keluar dari proses. - Destination, menyatakan lokasi yang menjadi tujuan entity selanjutnya. - Rule, menyatakan aturan-aturan yang digunakan dalam processing, misalnya proses perakitan (join), probabilitas, dan lain-lain - Move Logic, digunakan untuk mendefinisikan metode pergerakan entity, yaitu dengan menetapkan waktu pergerakan atau dengan apa entity dipindahkan. Promodel
Elemen Dasar Pemodelan (6) Arrivals Arrivals menyatakan kedatangan entity dari luar ke dalam sistem. Untuk menentukan arrivals ini, dari menu Build pilih arrivals. Data-data yang diperlukan dalam mendefinisikan arrivals adalah : - Entity, menunjukan entity apa yang masuk kedalam sistem. - Location, menunjukaan lokasi pertama kali entity memasuki sistem. - Quantity Each (Qty Each), menyatakan jumlah entity yang datang setiap satu kali kedatangan. - First Time, menunjukkan waktu pertama kali entity masuk kedalam sistem. - Occurences, menyatakan banyaknya entity setiap satu kali kedatangan. - Frequency, menyatakan selang waktu antar dua kedatangan yang berurutan. - Logic, digunakan untuk menyatakan logika-logika lain untuk menyatakan arrival. - Disable, menyatakan apakah kedatangan entity yang bersangkutan ada atau tidak. Default dalam Promodel adalah No, artinya ada kedatangan entity yang bersangkutan. Promodel