Perkembangan Perangkat Komputasi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pelatihan TI FH UNUD Mei Web Browser  Adalah suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatu komputer.
Advertisements

Bab 6 Multimedia.
KU1071 Pengenalan Teknologi Informasi - A
INTRODUCTION OF INFORMATION TECHNOLOGY
PalComTech. WORLD WIDE WEB (WWW), Adalah sarana internet yang menampilkan tampilan berupa gabungan teks, grafis, suara bahkan video yang bersifat interaktif.
OLEH : Gst. Ayu Oka Wulandari ( ) Desak Made Susi Legawantari ( ) Ni Made Itariani ( ) Ni Putu Ayu Wiadnyani ( )
Komputer dan masyarakat
KOMPUTASI BISNIS DAN DUNIA USAHA
Pelatihan Komputer dan Internet Materi: Pengenalan Komputer
ADMINISTRASI PUSKESMAS DAN RUMAH SAKIT
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI.
MATA KULIAH PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
Akbid Medika Wiyata 1 Pengantar Teknologi Informasi 1. Gambaran Umum.
BWD Bina Nusantara University 1 Individual Assignment, submit on FINAL EXAMINATION PLEASE NOTE: NO PLAGIARISM and NO ONE CAN SUBMIT THE SAME WORK. PENALTI.
Pengertian Teknologi Informasi Komponen Teknologi Informasi
MATA KULIAH kEWIRAUSAHAAN
MATA KULIAH EKOLOGI/PENGETAHUAN LINGKUNGAN
Perkembangan Komputer
MATA KULIAH ilmu kealaman dasar
Tugas komunikasi massa S1
Google, Apple, dan Microsoft
MATA KULIAH teknik penulisan & Presentasi
Pedoman Penyusunan Presentasi dan Makalah
MATA KULIAH: PENGANTAR ILMU KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
PENGELOLAAN KUALITAS LINGKUNGAN
Perangkat Keras dan Perangkat Lunak kOMPUTER
KONSEP DASAR KOMPUTER Dedeng Hirawan, M.Kom.
MATA KULIAH FISIKA LINGKUNGAN
Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah
KOMPUTER DAN APLIKASI Dedeng Hirawan, M.Kom..
KONTRAK PERKULIAHAN Kehadiran / Presensi : 10%
SISTEM BASIS DATA H. Batkunde, S.Si, M.Si.
BIOLOGI & MIKROBIOLOGI LINGKUNGAN
Bentuk-bentuk Media Massa
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Bentuk-bentuk Media Massa
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Internet Impact on Education
TUGAS TIK 1.
Manajemen Sistem Informasi
Disiplin Tertib dan Koomparatif
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
KOMPUTASI BISNIS DAN DUNIA USAHA
Pengenalan Hardware Andri Pranolo.
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
TUGAS PRESENTASI JAMAN MEIJI.
SMPK STELLA MARIS SURABAYA
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
TUGAS INDIVIDU KOMPUTER & MASYARAKAT
Pengantar Aplikasi Komputer
Tugas Mandiri Presentasi Tentang Berita Teknologi
KOMUNIKASI DATA By: Arisandi. RPS/SAP 1. Pendahuluan, Transmisi Data I, Transmisi Data II 2. Pengkodean Data 3. Teknik Komunikasi Data Digital, UTS 4.
DASAR KOMPUTER DAN PEMPROGRAMAN
Cloud Computing Roza Anugrah Anizar Muhammad Ridwan khoirul Hakimin Suhardi.
SMPK STELLA MARIS SURABAYA
This presentation uses a free template provided by FPPT.com ETIMOLOGI MULTIMEDIA Oleh : Putrie Fortuna RGP.
TUGAS PRAKTIKUM SISTEM BASIS DATA
KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI
Berbagai Peralatan Tegnologi Informasi dan Komunikasi
Komputer dan Masyarakat
Konsep Sistem Komputer
KOMPUTASI BISNIS DAN DUNIA USAHA
Tugas Pengganti Praktikum Ekotoksikologi Perairan Tahun Ajaran
Komputer Masyarakat Pertemuan 1 – 1 februari 2018 Safitri jaya
Pertemuan ke – 2 Pengantar Organisasi Komputer
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI TIM DOSEN PEMATERI MATRIKULASI
 Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan.
Transcript presentasi:

Perkembangan Perangkat Komputasi Gambar: http://en.wikipedia.org/wiki/Unix#mediaviewer/File:Ken_Thompson_%28sitting%29_and_Dennis_Ritchie_at_PDP-11_%282876612463%29.jpg Komputer dan Masyarakat Suhendro

kom·pu·ter (n) alat elektronik otomatis yg dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yg diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan; Sumber: Kamus Besar Bahasa Indonesia (http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/index.php)

Setiap tahun, kemampuan prosesor untuk melakukan komputasi akan meningkat dua kali lipat setiap tahunnya. Bandingkan kemampuan komputer jaman dulu dengan smarphone saat ini. An observation made by Intel co-founder Gordon Moore in 1965. He noticed that the number of transistors per square inch on integrated circuits had doubled every year since their invention. Moore's law predicts that this trend will continue into the foreseeable future (www.investopedia.com/terms/m/mooreslaw.asp) Gambar: http://tech-kid.com/history-of-computers-infographic.html

Kalkulator pertama yang dibuat oleh Charles Babbage Gambar Babbage Engine: http://www.computerhistory.org/babbage/

Gambar: First computer - http://upload. wikimedia

Komputer main frame yang digunakan di perusahaan dan pemerintah

Komputer generasi pertama Apple, masih ditujukan untuk kalangan hobi Gambar: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/a/a1/Apple_I_Computer.jpg

Desktop komputer saat ini sudah semakin canggih dengan bentuk yang semakin baik dan multifungsi Gambar: http://pixabay.com/get/80d3d3a7917adcaf0379/1422889276/imac-464737_1280.jpg?direct

Sekarang perangkat komputasi tidak hanya berbentuk komputer, tetapi berubah menjadi berbagai bentuk seperti: tablet, smartphone, dan wearable device. Semua jenis perangkat komputasi tersebut.... Akan mengarah pada konsep..... Gambar:http://pixabay.com/p-313002/?no_redirect

Menuju konsep ..... Ubiquitous Computing

Ubiquitous Computing merupakan suatu konsep, dalam rekayasa perangkat lunak dan ilmu komputer, untuk menampilkan hasil komputasi (computing) di mana- mana dan di mana saja. Berbeda dengan desktop computing, ubiquitous computing dapat terjadi dengan memanfaatkan perangkat apapun, di manapun, dan dengan format apapun. (note: terjemahan bebas) Sumber: en.wikipedia.org/wiki/Ubiquitous_computing

Gambar: http://www. wired Wearable device merupakan perangkat yang penggunaannya melekat pada tubuh sang pengguna. Perangkat ini merupakan perpaduan antara hardware dan software, masih memiliki potensi untuk dikembangkan. Perkembangan internet juga mendukung tumbuhnya pasar wearable device yang mana perangkat tersebut dapat langsung terkoneksi dengan internet.

How Google Glass works Sumber: Google Glass Youtube channel

Use case of Google Glass Sumber: Google Glass Youtube channel

Navdy sebagai salah satu produk untuk menunjang keamanan berkendara dengan memanfaatkan gesture dan voice command

Orang dapat berinteraksi dengan perangkat secara alami dengan memanfaatkan berbagai sensor. Sumber: snapback.io

Pemanfaatan wearable device dalam dunia fashion Sumber: cutecircuit.com

Sumber: http://www.microsoft.com/microsoft-hololens/en-us

Tugas Pilih satu dari dua tema pada slide-slide berikut. Spesifikasi penulisan: Tulisan minimal tiga halaman; tidak termasuk cover, referensi, gambar/graphic, dan tabel Tulis di kertas A4 dengan spasi 1.5 dan font times new roman dengan ukuran 12 point Wajib menggunakan referensi yang baik, seperti: journal, buku, koran, majalah, situs berita, dll Referensi dari Wikipedia saat ini masih diperbolehkan Referensi dari blog tidak diperbolehkan Buat ppt dari tulisan Anda tersebut untuk presentasi maks 10 menit.

Dampak komputer terhadap alam Desktop komputer, laptop, tablet, smartphone baik secara langsung tidak memiliki dampak yang buruk terhadap alam. Dimulai dari pembuatan perangkat tersebut, penggunaan perangkat oleh pengguna, dan ketika perangkat tersebut menjadi sampah Data center merupakan tempat menampung data dalam jumlah besar. Oleh karena itu, data center menggunakan daya yang sangat besar sehingga sangat rakus daya. Apa dampak data center terhadap alam dan upaya apa yang telah dilakukan untuk menekan dampak negatif tersebut.

Komputer serta gawai dan cedera / trauma pada manusia Pada masa ini, orang tidak akan lepas dari perangkat yang bernama komputer atau gawai. Cari minimal 5 jenis penyakit baik penyakit fisik atau psikologis yang disebabkan oleh penggunaan komputer atau gawai Jelaskan setiap jenis penyakit, ciri-ciri atau gejala yang timbul, contoh kasus yang telah terjadi, dan cara mengobati

Penilaian Tulisan (70%) Presentasi (30%) Kesesuaian dengan spesifikasi tugas Pemilihan referensi Penggunaan referensi pada tulisan Presentasi (30%) Isi presentasi ( 0 s/d 100 poin) Ringkas dan memanfaatkan berbagai media (100 poin) Copy paste dari tulisan (0 poin) Cara penyampaian materi (0 s/d 100 poin) Penyampaian secara baik tanpa menggunakan kertas contekan (100 poin) Menggunakan kertas contekan (30 poin) Tidak presentasi (0 poin)

Dateline 1 MINGGU