Pengembangan Sistem Kuliah : APSI Oleh : Iwan Abadi, Ir., M.M.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Advertisements

Bab 6 PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
Oleh : Maria Tantri Agus Setiawan Ahmad Budi S
Unified Modelling Language (UML)
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
BAB 4 ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
Analisis Model.
Perangkat Pemodelan Terstruktur
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
PROSES Perangkat Lunak
Managing Software Requirement 2
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 Review Software Engineering.
Keuntungan metodologi berorientasi objek.
Perancangan Berorientasi objek
Pengembangan Perangkat Lunak
Analisis Kebutuhan Software
Managing Software Requirement 3
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Analisis Model.
Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek (OOAD)
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
Analisis Sistem Istiqomah, S.Kom.
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
System Development Life Cycle (SDLC)
Business Use Case Diagram
Business Process Modeling
Object oriented analyst and design
Perancangan Sistem Informasi
Analisa dan Desain Berorientasi Obyek
Object-Oriented Analysis (OOA)
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
Pemodelan objek.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Object oriented analyst and design
Rekayasa Perangkat Lunak
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pendahuluan Analisis & Desain Berorientasi Obyek (ADBO)
PEMODELAN PROYEK (UML)
Pengembangan Sistem Pertemuan 3.
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Activity Diagram.
ADBO (Analisa Desain Berorientasi Obyek)
ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
SDLC (System Development Life Cycle)
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pemodelan Sistem Bisnis
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Analisis Model.
Unified Modeling Language (UML)
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
REKAYASA KEBUTUHAN PL.
Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML
PADA KOPRASI KARYAWAN BINA CIPTA
Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
Perancangan Sistem / ERP
Rekayasa Perangkat Lunak Bag-2
Object oriented analyst and design
Transcript presentasi:

Pengembangan Sistem Kuliah : APSI Oleh : Iwan Abadi, Ir., M.M. Jurusan Manajemen Informatika Universitas Komputer Indonesia

Layers Pengembangan Sistem Supporting process & Methods How-To’s for Building System Batu Landasan Dasar

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI(1) Proses dimana persoalan/kebutuhan pemakai diterjemahkan menjadi produk perangkat lunak melalui suatu rangkaian aktivitas tertentu sesuai model proses, metode, dan alat bantu yang digunakan. Mewakili persoalan yang akan dibantu komputer Produk yang dihasilkan sebagai solusi persoalan Proses yang dilaksanakan dengan urut-urutan aktivitas tertentu

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI (2) Elemen-elemen proses pengembangan:

MODEL PROSES PENGEMBANGAN Cara atau strategi bagaimana produk perangkat lunak dibuat sedemikian rupa sehingga produk sistem tersebut dapat diwujudkan. Beberapa model proses pengembangan Sistem: Waterfall / SDLC Prototyping Model Spiral Model Rational Unified Process (RUP) Extreme Programming (XP)

METODE PENGEMBANGAN Pendekatan, sudut pandang, atau kumpulan aturan yang harus diikuti untuk menyelesaikan tahap-tahap aktivitas pengembangan produk perangkat lunak. Beberapa metode pengembangan PL: Konvensional atau tradisional (1955) Berorientasi Data (1975) Berorientasi Aliran Data atau Proses (1976) Berorientasi Objek (1980an)

METODE KONVENSIONAL Sudut pandang pengembangan adalah alur (prosedur) kerja pada sistem fisik organisasi. Prinsip pengembangan: Dokumen apa yang menjadi media data atau informasi Bagaimana dokumen tersebut terbentuk dan mengalir dari satu bagian organisasi ke bagian organisasi yang lain Proses apa saja yang dilakukan terhadap dokumen tersebut Proses mana yang akan dibantu komputer

METODE BERORIENTASI DATA Sudut pandang pengembangan adalah struktur data dari dokumen masukan/keluaran yang digunakan dalam sistem . Prinsip pengembangan: Mengidentifikasi entitas atau item-item yang menjadi objek informasi berikut operasi-operasinya. Menyatakan struktur informasi secara hirarki dengan menggunakan konstruksi sequence, selection dan repetition. Memetakan hirarki struktur informasi menjadi struktur program.

METODE BERORIENTASI FUNGSI Sistem dianggap sebagai kumpulan fungsi atau proses transformasi data: data masukan proses transformasi data keluaran/hasil transformasi keadaan awal dan akhir perubahan (dari keadaan awal ke akhir) aksi untuk mengubah keadaan

METODE BERORIENTASI OBJEK Dekomposisi persoalan menjadi objek-objek yang berkorespondensi dengan dunia nyata. Persoalan: PERKULIAHAN Objek: Dosen Mahasiswa Kuliah Nilai

OBJECT ORIENTED VS FUNCTIONAL

ALAT BANTU Perangkat bantu atau kakas otomatis dan semi- otomatis yang akan digunakan untuk mendukung proses dan metode. Bentuk-bentuk alat bantu pengembangan: Diagram-diagram untuk memodelkan hasil setiap tahap pengembangan. Perangkat lunak untuk membantu pelaksanaan analisis, perancangan, pembuatan program, atau pengelolaan proyek. Bahasa pemrograman untuk penulisan program.

ALAT BANTU PEMODELAN PERSOALAN BISNIS Workflow Diagram Event Model Value Chain Diagram H – Method Business Modeling: Business Use Case Diagram Business Object Model Business Activity Diagram

CONTOH WORKFLOW DIAGRAM pencatatan kas/piutang pemesanan pemeriksaan stok pengiriman pengepakan

EVENT MODEL Prinsip pelaksanaan analisis seperti workflow, akan tetapi fokus ke kejadian (event) bukan kronologis pekerjaan. Contoh: Pemesanan Pemeriksaan Stok Pengepakan Barang Pengiriman Barang mulai selesai Pemeriksaan Hutang

H – METHOD Inputs. What the person needs to do their job. Outputs. What the person produces. Functionality. What the person does. Business Rules. What rules govern the way the person works. Data. The people places and things the person needs to keep track of.

CONTOH H – METHOD

CONTOH BUSINESS MODELING Use Case Model Business Object Model

ALAT BANTU PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK Konvensional Tahap Pengembangan Alat Bantu Analisis Flowmap Perancangan System Flowchart, Program Flowchart Implementasi Bahasa pemrograman Fungsi Tahap Pengembangan Alat Bantu Analisis DFD, DD, p-spec, ERD Perancangan Structure chart, pseudo-code Implementasi Bahasa pemrograman prosedural Objek Tahap Pengembangan Alat Bantu Analisis dan Perancangan UML Implementasi/Pemrograman Bahasa pemrograman objek

AKTIVITAS PENGEMBANGAN (1) Analisis dan pemodelan persoalan Analisis (pemahaman) persoalan Pemodelan persoalan Analisis dan perancangan sistem (jika sistem belum ada/belum dibuat) Pembuatan Sistem: Analisis Kebutuhan Perancangan Konstruksi / Implementasi / Coding Pengujian Deployment

AKTIVITAS PENGEMBANGAN (2) Layer Aktivitas Pelaksana Persoalan Analisis Persoalan Subject Matter Analyst, System Analyst Pemodelan Persoalan Sistem Analisis Sistem System Analyst, DBA, Network Engineer Perancangan Sistem Perangkat Lunak Analisis Kebutuhan System Analyst, Software Architect Perancangan Implementasi Programmer Pengujian Software Tester Deployment Deployment Team