Pemodelan Perangkat Lunak. Unified Modelling Language Memvisualisasikan dan mendokumentasikan hasil analisa dan desain.  Unified karena …  Mengkombinasika.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 4 Behavioral Modeling 1 – Use Case
Advertisements

U M L Unified Modeling Language
Ian Sommerville Software Engineering
Desain Berorientasi Objek
Making Use Case 23/09/2014. USE CASE Find out the Functional Requirements of a software system Use case represents an objective user wants to achieve.
Yang akan dipelajari Pengenalan UML Sejarah Singkat UML
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
TEKNIK – TEKNIK ANALISA DESAIN PADA PERANCANGAN PROGRAM
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
UML mendukung pengembangan aplikasi Kelas application partitioning Objek-objek Business Relationships Business Process Objek-objek Use Cases Sistem untuk.
Activity Diagram Shinta P.. For Bussiness Modeling, Activity diagrams describe the activities of a class. It is used for the following purposes: (Bennet.
Model dan Pemodelan. Topik Bahasan 1. Definisi Model dan Pemodelan 2. Beberapa jenis model 3. Model pada Pengembangan Sistem.
Testing Implementasi Sistem Oleh :Rifiana Arief, SKom, MMSI
1 Pertemuan 09 Kebutuhan Sistem Matakuliah: T0234 / Sistem Informasi Geografis Tahun: 2005 Versi: 01/revisi 1.
UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML)
PERTEMUAN KE-6 UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML) (Part 2)
1 Pertemuan 11 Function dari System Matakuliah: M0446/Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 0/0.
Oleh : Veri Julianto, M.Si
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Disajikan untuk Lingkungan FIT Dosen : Ferra Arik Tridalestari., M.T.
Software Engineering Process
Object-Oriented Design (OOD)
Pert. 16. Menyimak lingkungan IS/IT saat ini
Citra N., S.Si, MT Sistem Informasi - UNIKOM
Pemodelan Perangkat Lunak
Notasi Object Oriented System
PEMODELAN SISTEM INFORMASI BERORIENTASI OBYEK
Object-Oriented Analysis (OOA)
Rekayasa Perangkat Lunak Class Diagram
Object oriented analyst and design
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
UML mendukung pengembangan aplikasi
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
PEMODELAN SISITEM INFORMASI
CLASS DIAGRAM.
Analisa dan Desain Berbasis Objek UML (Unified Modelling Language]
OOAD – TI S1 Defri Kurniawan UDINUS
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Ujian Akhir Semester (UAS)
Oleh : Sri Herawati, S.Kom
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Use Case Diagram.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pemodelan & Pelaksanaan Kebutuhan
Kk ilo Associative entity.
ANALISIS & DESAIN SISTEM
Unified Modelling Languange (UML)
Citra N., S.Si, MT Sistem Informasi - UNIKOM
UML- UNIFIED MODELING LANGUAGE
Unified Modeling Language (UML)
Pertemuan 4 CLASS DIAGRAM.
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Iconix Process Doug Rosenberg.
Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
Oleh : Cosmas Haryawan -- Pengenalan UML -- Dari Berbagai Sumber
ANALISIS & DESAIN BERORIENTASI OBJEK AGUS WAHYUDDIN, ST, M.KOM
Analysis Kebutuhan dengan Use Case Modeling
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Analisa Desain Berorientasi Objek
RPL untuk Pemrograman Berorientasi Obyek
TIM RPL Program Studi Teknik Informatika
USE CASE DIAGRAM.
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
Transcript presentasi:

Pemodelan Perangkat Lunak

Unified Modelling Language Memvisualisasikan dan mendokumentasikan hasil analisa dan desain.  Unified karena …  Mengkombinasika metode OO yg sudah ada sebelumnya (Booch by Grady Booch, OMT by Jim Rumbaugh and OOSE by Ivar Jacobson)  Modelling karena…  Digunakan terutama untuk memodelkan sistem secara visual  Language karena …  Berisi sintak yang digunakan untuk memodelkan pengetahuan

 Bahasa untuk menangkap dan menggambarkan pengetahuan  Perangkat untuk menemukan dan membangun sistem.  Perangkat untuk memodelkan pembangunan sistem secara visual  Perangkat yang populer

 Bahasa pemrograman visual (IDE)  Perangkat pengolah database  SDLC  Perangkat yang bisa memecahkan semua permasalahan.  Garansi kualitas

Help you to:  Memudahkan berpikir dan mendokumentasikan sistem sebelum mengimplemntasikannya  “meramalkan” sistem  Menurunkan biaya pembangunan  Merencanakan dan menganalisa logika sistem(perilaku)  Membuat keputusan yang benar sedini mungkin (sebelum melangkah ke coding)  Men-deploy sistem lebih baik, karena ada perencanaan penggunaan memori dan prosesor yang efisien.  Lebih mudah memodifikasi/mengelola sistem yang terdokumentasi dengan baik.  Biaya perawatan yang rendah  Membuat suatu bentuk komunikasi yang standar

UML ViewsDiagramsModel Elements General Mechanisms FunctionalNon-functionalOrganisational 9 diagrams (see further on) Symbology / notation AdornmentsNotesSpecifications

UML diagrams Use-Case Static StructureStateActivityInteractionImplementationObject ClassSequenceCollaborationComponentDeployment

Use-Case (relation of actors to system functions) Class (static class structure) Object (same as class - only using class instances – i.e. objects) State (states of objects in a particular class) Sequence (Object message passing structure) Collaboration (same as sequence but also shows context - i.e. objects and their relationships) Activity (sequential flow of activities i.e. action states) Component (code structure) Deployment (mapping of software to hardware)

UML diagram:  Menggambarkan konsep  Dalam bentuk simbol  Menggambarkan hubungan/relasi antar konsep  Berupa garis  Menggambarkan nama  Label dibawah atau samping suatu simbol dan garis

 Use-Case  Class  Sequence  State

 Object  Collaboration  Activity  Component  Deployment

UML DM Requirements Gathering AnalysisDesignDevelopment Deployment

Pemodelan Perangkat Lunak

 A use-case is…  Penyederhanaan dari business process model  a set of activities within a system  Dihadirkan dalam sudut pandang masing – masing aktor. (aktor yang berinteraksi dengan sistem)  What is the model supposed to do?  Memberikan notasi yang sederhana dan terbatas  Bisa digunakan oleh diagram lain.

Components: use-cases and actors  Use-case harus selalu membawa suatu nilai kepada aktor  Keseluruhan dari use-case merupakan fungsi komplit dari sistem tersebut Tujuan:  Konsolidasi kebutuhan fungsional sistem  Memberikan dasar untuk ujicoba sistem  Memberikan peta fungsi operasi dasar

 The use case itself is drawn as an oval.  The actors are drawn as little stick figures.  The actors are connected to the use case with lines. Actor symbol Use-case symbol Relationships and connectors System boundary System «extend» «include»

 An actor  Is a class that forms a system boundary  participates in a use-case  is not within our responsibility as systems analyst/s and/or designer/s  Examples are  end-users (roles)  external systems (co-operations)  time related events (events)  external, passive objects (entities)

A primary actor uses the system's primary functions (e.g. a bank cashier); A secondary actor uses the system's secondary functions (e.g. a bank manager, system administrator); An active actor initiates a use-case; A passive actor only participates in one or more use-cases.

Ask yourself the following questions: Who are the system’s primary users? Who requires system support for daily tasks? Who are the system’s secondary users? What hardware does the system handle? Which other (if any) systems interact with the system in question? Do any entities interacting with the system perform multiple roles as actors? Which other entities (human or otherwise) might have an interest in the system's output?

«actor» The guy Staff Clerical staffAcademic staffSupport staff  The guy

Definition: “Suatu rangkaian himpunan dari suatu aksi pada sebuah sistem yang memberikan hasil suatu nilai yang dapat diamati oleh aktor tertentu.“ Use-case characteristics: Selalu diawali oleh seorang aktor (sengaja atau tidak) Harus memberikan nilai yang dapat dilihat oleh aktor Harus membentuk suatu fungsi konseptual yang komplit (conceptual completion is when the end observable value is produced)

Use-Case Number (ID) and Name  actors  pre- and post-conditions  invariants  non-functional requirements  Behaviour modelled as: - activity diagram/s - decomposition in smaller UC diagrams  error-handling and exceptions  Rules modelled as: - activity diagram/s  services  examples, prototypes, etc.  open questions and contacts  other diagrams Use-case Described by

UC: Login authentication User Disable access - Enable access Logged in user = valid user Login delay; line security Behaviour modelled as: - activity diagram/s - decomposition in smaller UC diagrams Invalid login name; interrupt entry Rules modelled as: - activity diagram/s Log, pass prompts; authenticate examples, prototypes, etc. open questions and contacts other diagrams (realisations)

Konsolidasi dengan menjawab pertanyaan ini: Apakah semua aktor yang berinteraksi dengan UC memiliki komunikasi (berupa relasi) yang berasosiasi dengannya? Apakah ada aturan / role umum diantara aktor? Apakah terdapat kesamaan UC? Apakah semua fungsi sistem dipenuhi oleh UC?

Association relationship Extend relationship Include relationship Generalisation relationship «include» «extend»

 Associations ▪ Menghubungkan aktor dengan UC nya  Use (or include) ▪ Gambar garis dari UC dasar ke UC yang harus dilibatkan, menunjukkan kebutuhan fungsionalitas dari suatu UC dengan yang lain  Extend ▪ Gambar garis dari UC tambahan ke UC dasar, menunjukkan perilaku pilihan yang dapat dilibatkan.  Generalisation ▪ Gambar garis dari UC khusus ke UC dasar, menunjukkan hubungan dari UC khusus ke UC yang lebih umum.

make an interview produce a SRS elicit customer needs « include » «extend»

Attention focuser on the part of the business process that is going to be supported by the IS. It is the end-user perspective model. It is goal driven Helps to identify system services. Are not used as DFDs. Sequences, branching, loops, rules, etc. cannot (and should not) be directly expressed. Are often combined with activity diagrams, which serve as their refinement.

Vending Machine  After client interview the following system scenarios were identified: ▪ A customer buys a product ▪ The supplier restocks the machine ▪ The supplier collects money from the machine  On the basis of these scenarios, the following three actors can be identified: ▪ Customer; Supplier; Collector

Introducing annotations (notes) and constraints.

Verification  Confirmation of correct development according to system requirements. Validation (only when working parts become available)  Confirmation of correct system functionality according to end-user needs.