Pengertian Komputer, Sejarah Komputer & Alat Input 3.2 Menerapkan perakitan komputer 4.2 Merakit Komputer.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ketrampilan Mengetik 10 Jari
Advertisements

PERANGKAT INPUT OUTPUT (IO- STORAGE)
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
KOMPUTER HARDWARE.
Pertemuan ke 3 Oleh : Muh. Ary Azali. Peralatan Input (Input Device) Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori.
Ketrampilan Mengetik 10 Jari
PERANGKAT INPUT OUTPUT (IO- STORAGE)
PENGENALAN KOMPUTER Oleh: Amir Ar Razzaaq.
PENGANTAR TEKNOLOGI & SI 1A Minggu 2 - Jenis Komputer.
Ketrampilan Mengetik 10 Jari
Mouse jenis ini menggunakan bola yang dapat berputar ke segala arah. Kemudian putaran tersebut di deteksi oleh roda-roda sensor di dalam roda tersebut.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Keyboard Cara memasang keyboard:
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER Semangat Memperhatikan
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
PERANGKAT KERAS MASUKAN
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Pertemuan ke-1 PENGENALAN KEYBOARD Oleh Arifin Junaedy.
PERTEMUAN KETIGA Keyboard HARDWARE.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
 1. RAHMAT IPANDI MUHAMMAD ARLI NURDIN SAPTO ARIYANTO BAGUS NOOR FAUZAN ERIE FAUZIANNOOR
© PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI ® Introduction
H A R D W A R E K O M P U T E R.
BAB I PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER Apa itu komputer? Sebuah perangkat elektronoik yang beroperasi dibawah kendali perintah-perintah (software) yang.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Keterampilan Mengetik 10 Jari
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
Computare (Latin) to compute menghitung
Memilih Perangkat Interaksi Yang Tepat Next About Us
PERKEMBANGAN KOMPUTER
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
PIRANTI INTERAKSI.
PERANGKAT INPUT TONY ROHMAN.
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
Computare (Latin) to compute menghitung
Definisi, Sejarah Perkembangan dan Klasifikasi
OM SWASTYASTU PIRANTI MASUKAN DAN KELUARAN D3 MANAJEMEN INFORMATIKA.
PERTEMUAN KETIGA Keyboard HARDWARE.
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Definisi, Sejarah Perkembangan dan Klasifikasi
PERALATAN INPUT (Input Device)
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Komponen perangkat input
Kinds Of Input/Interaction Devices
Rani Susanto, M.Kom Teknik Informatika – UNIKOM 2017
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
Peralatan Input (Input Device)
ORGANISASI KOMPUTER OLEH : ATISATYA,S.ST.
Definisi, Sejarah Perkembangan dan Klasifikasi
Piranti Masukan Piranti masukan (input device) merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Data masukan.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER
INPUT DEVICE.
TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DI SUSUN OLEH KELOMPOK 1.
Computare (Latin) to compute menghitung
Perangkat Input Dan Output Beserta Fungsinya
KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI
Pengantar Teknologi informasi Novi Hendriyanto, M.Kom
Computare (Latin) to compute menghitung
Ketrampilan Mengetik 10 Jari
Komponen Komputer HARDWARE Perangkat Keras SOFTWARE Perangkat Lunak BRAINWARE User/Administrator Komputer bekerja secara sistematis dan terstruktur.
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER OLEH : Sunti Eka Prawesti.
Mengenal IT & Komputer Asrinah_ “Hardware”
PERANGKAT INPUT.  Perangkat yang dipergunakan untuk memberikan perintah atau data tertentu ke dalam sistem komputer agar dapat bekerja sesuai keinginan.
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER. PENGGOLONGAN ALAT PENGOLAHAN DATA 1. Peralatan manual : yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor.
Transcript presentasi:

Pengertian Komputer, Sejarah Komputer & Alat Input 3.2 Menerapkan perakitan komputer 4.2 Merakit Komputer

Komputer Komputer berasal dari bahasa latin “computare” yang berarti “menghitung” Menghitung dapat diartikan sebagai mengelola, mengolah serta menata data-data yang dimasukkan sehingga dapat menghasilkan suatu informasi baru yang bermanfaat. Definisi Komputer : Sebuah perangkat bantu elektronis yang berfungsi menerima data (input) serta mengolahnya sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah keluaran (output) dalam bentuk informasi yang bernilai.

Alur Kerja Komputer INPUT PROSES OUTPUT

Bagan Sistem Komputer BRAINWARE SOFTWARE HARDWARE

Sejarah Komputer Sebelum Tahun Abacus  Sempoa 2.Kalkulator Roda Numerik 1  Pascaline Ditemukan Blaise Pascal pada thn Kalkulator Roda Numerik 2 Ditemukan Gottfred Wilhem von Leibnis pada tahun Kalkulator Mekanik Ditemukan Charles Xavier Thomas de Colmar

Gambar alat hitung

Sejarah Komputer Setelah Tahun Komputer generasi pertama ( ) Menggunakan tabung vakum 2.Komputer generasi kedua ( ) Menggunakan transistor Menggunakan bahasa asembly 3.Komputer generasi ketiga ( an) Menggunakan Integrated Circuit (IC) Penggunaan Sistem operasi 4.Komputer generasi keempat (1980 – sekarang) Menggunakan Large Scale Integration (LSI)  VLSI  ULSI 5.Komputer generasi kelima (masa depan)

Perangkat Input Input Device adalah perangkat yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam sistem komputer. Contoh Input Device : a.Keyboard b.Mouse c.Touchpad, pointing stick & trackball d.Light pen e.Pen tab/Graphic pad f.Joystick & Gamepad g.Scanner & Barcode reader h.Kamera Digital, Kamera Video Digital, Web cam i.Mikropon

Keyboard (papan ketik) -Keyboard difungsikan untuk memasukkan huruf, angka dan karakter khusus serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan. -Penciptaan keyboard berasal dari mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Lathan (1868) -Keyboard diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan Remington (1887) -Keyboard jenis QWERTY (1973) diresmikan sebagai standar keyboard internasional (ISO)

Jenis-jenis Keyboard berdasarkan tipe konektornya 1.Keyboard Serial (XT) 2.Keyboard PS/2 (Personal Standard) 3.Keyboard USB (Universal Serial Bus) 4.Keyboard Wireless (tanpa kabel)

Jenis-jenis Keyboard berdasarkan tipe papan ketiknya Jenis-jenis Keyboard berdasarkan tipe papan ketiknya (tata letak hurufnya) terbagi : 1.Keyboard QWERTY 2.Keyboard DVORAK 3.Keyboard KLOCKENBERG 4.Keyboard ALPHABET 5.Keyboard MALTRON 6.Keyboard NUMERIC 7.Keyboard CHORD

Mouse (tetikus) Mouse merupakan perangkat pointing device yang paling umum digunakan. Pointing device berfungsi untuk menggerakkan kursor (penunjuk dilayar) dan memilih obyek. Yang termasuk pointing device lainnya: touch pad, touch screen, light pen. Mouse merupakan perangkat wajib ketika kita bekerja pada sistem operasi GUI (Graphical User Interface)

Jenis-jenis Mouse Berdasarkan bentuknya : -Mouse Optik : menggunakan teknologi optik untuk menggerakkan pointer -Mouse Trackball : menggunakan bola kecil untuk menggerakkan pointer Berdasarkan tipe konektornya : 1.Mouse Serial 2.Mouse PS/2 3.Mouse USB 4.Mouse Wireless

Istilah-istilah dalam penggunaan Mouse Klik = untuk memilih file atau folder klik kanan = untuk melihat pilihan komentar yang di tampilkan double klik = untuk masuk ke program atau folder drag and drop = untuk memindah dan blog semua file atau folder scroll = untuk menggulung layar atau tampilan keatas dan kebawah *Note : Drag yaitu menekan tombol mouse sebelah kiri tanpa dilepas sambil digeser. Drop yaitu melepaskan proses drag.