ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB TIK.MM Memilih dan memakai Software dan Hardware untuk Multimedia.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
OPERASI DASAR KOMPUTER
Advertisements

Video • Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer.
Merakit Personal Komputer (PC)
DASAR-DASAR KOMPUTER. APAKAH KOMPUTER ITU ??? KOMPUTER MUDAH RUSAK HARUS PINTAR HARUS PINTAR KEBUTAAN ANDA SALAH BESAR ANDA SALAH BESAR.
PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
PERANGKAT PADA KOMPUTER
Mengenal Komputer.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER (HARDWARE)
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
LANGKAH MUDAH MERAKIT KOMPUTER Oleh: La Ode Rabani (Departemen Ilmu Sejarah FIB Universitas Airlangga)
PENGERTIAN KOMPUTER Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung.
Komponen Sistem Teknologi Informasi
STMIK AKBA MAKASSAR.
Unsur-unsur Komputer Aplikasi Komputer 1.
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Alat Proses Heatsink Fan adalah perangkat yang berfungsi menyerap panas pada processor Kabel Power digunakan untuk menyalurkan daya dari power supply ke.
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
SOFTWARE Perangkat lunak.
Pertemuan 10 Software (Perangkat Lunak)
SOFTWARE KOMPUTER Pertemuan ke-4.
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) DAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Mengoperasikan PC Stand Alone
Perangkat Keras (Hardware)
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
KOMPUTER.
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer.
Komponen Utama dan Arsitektur Komputer
PENGENALAN SISTEM KOMPUTER
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Sistem Operasi - Multimedia
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A
Materi Perkuliahan Pertemuan 1 : Pengenalan Komputer
Aplikasi Teknologi Informasi 1
(Electronic Data Processing System)
Mengkonfigurasi dan menguji peralatan yang telah dipasang untuk multimedia BASUKI ERYANTO KELOMPOK 3 KELAS N MULTIMEDIA.
Pengantar Teknik Elektro
KOMPUTER.
DASAR DASAR MULTIMEDIA
PERANGKAT MULTIMEDIA.
KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR
Perangkat Lunak (Software) Komputer
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMKN 1 ) 2008
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Application Software & System Software
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
Sistem Komputer terdiri atas 3 (tiga) aspek yaitu :
REVIEW MATERI TIK X GANJIL 2011
SISTEM KOMPUTER.
Sekilas Tentang Komputer
Teknologi perangkat keras
Perangkat Lunak Komputer Created by: Kusnul Kotimah.
Software Perangkat lunak Teknisi Komputer - LPK HIDAYAH.
TEKNOLOGI INFORMATIKA
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengolahan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
APLIKASI KOMPUTER PERTEMUAN KE 2 SAFITRI JAYA, S.Kom, M.T.I
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
KOMPONEN SISTEM INFORMASI DEDI ZAENAL ARIFIN, M.T.
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer.
Hari 1 - Remediasi PENGENALAN KOMPUTER.
Transcript presentasi:

ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB TIK.MM Memilih dan memakai Software dan Hardware untuk Multimedia

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 1.Mengidentifikasi persyaratan fungsi yang akurat, komplit dan sesuai prioritas sesuai keperluan dengan referensi semua tipe media. 2.Mengidentifikasi persyaratan yang berlawanan dan overlapping. 3.Menentukan persyaratan fungsi yang didokumentasi dan divalidasi oleh klien. 4.Menentukan sumber-sumber dan pembiayaan yang tersedia diidentifikasi dan divalidasi oleh klien. 5.Mengidentifikasi dan mengevaluasi produk-produk dan peralatan yang relevan dengan referensi persyaratan fungsi. 6.Mengidentifikasi dan menganalisa kemandirian produk dan peralatan dengan referensi pada persyaratan fungsi dan arsitektur sistem. Tujuan Pembelajaran

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 7.Mengidentifikasi dan mendokumentasikan produk terbaik dan solusi peralatan, termasuk keterbatasan-keterbatasan 8.Memilih dan memesan peralatan sebagaimana diperlukan sehubungan dengan kebijaksanaan perusahaan penjualan. 9.Memasang dan mengkonfigurasi peralatan menurut petunjuk dari vendor dengan referensi pada sistem arsitektur dan persyaratan fungsi pelanggan. 10.Menyesuaikan sistem arsitektur dan konfigurasi sebagaimana keperluan 11.Menyiapkan dan menjadwalkan tes untuk dilaksanakan sebagaimana keperluan 12.Melacak, menterjemahkan dan memperbaiki error sebagaimana keperluan. Tujuan Pembelajaran

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 13.Membuat perubahan sebagaimana berdasar pada hasil pengujian. 14.Mendokumentasikan konfigurasi peralatan sesuai permintaan pelanggan 15.Mengidentifikasi, mendokumentasi, dan melaporkan Implikasi pembuatan professional dengan referensi pada kebijaksanaan perusahaan. 16.Melakukan pendidikan dan pelatihan pemakai peralatan sesuai keperluan dengan referensi pada kebijaksanaan perusahaan. 17.Menggunakan peralatan sesuai petunjuk dari vendor 18.Mengevaluasi peralatan kebutuhan klien. Tujuan Pembelajaran

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA a.Perangkat keras multimedia 1)Perangkat konektor  Small computer system interface (SCSI) SCSI merupakan perangkat standar utuk penghubung secara fisik dan pertukaran data antara computer dan peripheral 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA a.Perangkat keras multimedia 1)Perangkat konektor  Media control interface (MCI) MCI merupakan perpanjangan dari API untuk mengendalikan peripheral multimedia yang terhubung dengan computer. MCI terdiri dari empat bagian, yaitu AVI video, CD audio, sequencer dan wave audio 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia AVI Video / CD Audio Sequencer Wave Audio

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA a.Perangkat keras multimedia 1)Perangkat konektor  Universal serial bus (USB) USB merupakan standard bus serial untuk menghubungkan beberapa perangkat. USB didesain untuk memungkinkan berbagai peripheral terhubung menggunakan sebuah soket antarmuka standard dan memiliki kemampuan plug and play, artinya perangkat dapat dipasang dan dilepas tanpa harus mematikan computer terlebih dahulu. 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA a.Perangkat keras multimedia 1)Perangkat konektor  Integrated drive electronic (IDE) Antarmuka IDE merupakan standard untuk media penyimpan yang terhubung ke komputer 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA a.Perangkat keras multimedia 1)Perangkat konektor  High-definition multimedia interface (HDMI) HDMI adalah sebuah standard koneksi digital yang dirancang untuk menampilkan gambar dan suara resolusi tinggi. Kelebihannya adalah kabel HDMI dapat menampilkan gambar Full-HD, surround sound, control signal, bahkan data Ethernet, hanya dengan satu kabel 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 2)Perangkat input Perangkat input adalah perangkat yang berfungsi untuk mentransformasi informasi dari dunia luar untuk diolah oleh computer. Perangkat input biasanya dikendalikan secara langsung oleh pengguna.  Keyboard 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 2)Perangkat input  Perangkat pointing (mouse, touchpad, touchscreen, trackball, lightpen) 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia Mouse touchpad touchscreen trackball lightpen

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 2)Perangkat input  Perangkat input gambar dan video (scanner, webcam) 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia Scanner Web Cam

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 2)Perangkat input  Perangkat input audio (microphone) 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 3)Perangkat Output Perangkat Output adalah perangkat yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data dari computer kepad a pengguna.  Speaker  Amplifier 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia Speaker Amplifier

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 3)Perangkat Output  Monitor  Proyektor  Printer. 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia Monitor Proyektor Printer

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 4)Perangkat Penyimpanan Perangkat penyimpanan adalah perangkat untuk merekam atau menyimpan informasi (data). Perangkat penyimpan dapat digunakan untuk menahan maupun memproses data  Random access memory (RAM)  Read Only Memory (ROM)  Hardisk 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia RAM ROM HARDISK

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 4)Perangkat Penyimpanan Perangkat penyimpanan adalah perangkat untuk merekam atau menyimpan informasi (data). Perangkat penyimpan dapat digunakan untuk menahan maupun memproses data  Compact disk (CD)  Digital versatile disk (DVD) 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia Yang membedakan kapasitas penyimpanan

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 5)Perangkat komunikasi Aplikasi multimedia dibuat oleh tim yang terdiri dari beberapa orang, yang bisa jadi bekerja dalam satu gedung, namun dapat pula bekerja pada gedung yang berlainan dan berjauhan jaraknya. Sehingga dibutuhkan perangkat komunikasi untuk saling menghubungkan mereka.  modem  ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, yang menyediakan konektivitas digital ujung ke ujung untuk menunjang suatu ruang lingkup pelayanan yang luas. 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia X Modem ISDN

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA b.Perangkat lunak multimedia 1)Bahasa Pemrograman Multimedia Bahasa pemrograman multimedia adalah bahasa-bahasa yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Deplhi, SQL, Visual Basic dan Java. 2) Perangkat Lunak System (System Software) ▪ DOS (Disc Operating System) ▪ Windows 95/98/ME ▪ Windows NT/2000 ▪ Windows XP ▪ Windows Vista ▪ UNIX, Linux atau Mac OS. 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia X

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA b. Perangkat lunak multimedia 3)Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk user yang beroperasi dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling dan animasi  Perangkat Pengolah Teks  Microsoft Word, Word Star for Windows, Word Perfect dan Star Writer  Open source misalnya Open Writer, Kwriter dan Abi Word  Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D ▪ Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator. ▪ Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp. Animasi, misalnya Macromedia Flash. 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia X X

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA b. Perangkat lunak multimedia 3)Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia  Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modelling Grafik 3D Contoh dari perangkat lunak animasi dan modelling grafik 3D adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan lain sebagainya.  Perangkat Lunak Authoring Multimedia Authoring merupakan aplikasi computer yang memberikan peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman Bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa Pemrograman). Jenis perangkat ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu authoring berbasis halaman, authoring berbasis icon dan authoring berbasis waktu 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia X X

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA b. Perangkat lunak multimedia 3)Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia  Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web Contoh produk-produk mendesain web antara lain adalah macromedia flash yang digunakan untuk membuat animasi grafis pada web, macromedia dreamweaver dan Microsoft front page. 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia X X

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA  Freeware ( suatu software atau aplikasi yang dapat digunakan oleh semua orang atau pengguna tanpa membayar )  Contoh : Photoscape, winamp, tag scanner, irfanview.  Shareware ( software atau aplikasi yang dapat di-download dan digunakan secara gratis. Namun penggunaannya atau pemakai memiliki batas waktu tertentu dalam penggunaanya)  Contoh: Winrar, microsoft office, coral draw, nero, real.  Open Source ( software yang dapat dimodifikasi ulang sesuai keinginan penggunanya )  Contoh : Ubuntu, linux, notepad++, audacity, pidgin, inkscape, gimp, wine, amarok, tunderbird.  Commercial Software ( software berbayar yang disuport resmi oleh perusahaan pembuatnya. Pengguna tidak bisa memodifikasi software tersebut)  Contoh : microsoft windows, Macromedia Flash Full Version, adobe photoshop, zope, Adobe Acrobat. 2.Memilih peralatan yang digunakan dalam pembelajaran multimedia X

Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA Lembar Kerja 1.Buat kelompok 3-4 orang! 2.Tuliskan lima kelompok perangkat keras yang dibutuhkan untuk multimedia! 3.Tuliskan dan jelaskan yang dimaksud perangkat lunak multimedia! 4.Dalam pemilihan perangkat lunak multimedia, dibagi dalam kelompok perangkat lunak berdasarkan sifatnya, Jelaskan! 5.Jelaskan tampilan area kerja pada aplikasi Adobe Photoshop! 6.Jelaskan tampilan area kerja pada aplikasi Macromedia Flash! 7.Susun dalam bentuk power point! 8.Presentasikan di depan kelas KG!