PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI GAME BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 3-7 TAHUN BERBASIS FLASH MULTIMEDIA DI TK BINDA ASUH NANDA Maya Andriati 10508345 PROGRAM.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
APLIKASI PERMAINAN EDUKATIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA Eka Rachmadini
Advertisements

RUBIK DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN TENTANG CARA MENYELESAIKAN for further detail, please visit
METAMORFOSIS PADA HEWAN KATAK DAN KUPU-KUPU DENGAN PEMBUATAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG for further detail, please visit
PEMBUATAN Agung Wicaksono
BAWAH DENGAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 APLIKASI PEMBELAJARAN ARITMATIKA UNTUK ANAK BERUSIA 7 TAHUN KE for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI GAME PUKUL BINATANG MENGGUNAKAN Satria Putra Mandiri for further detail, please visit
MANFAATNYA UNTUK ANAK SD KELAS 1-4 APLIKASI MULTIMEDIA PENGENALAN BUAH-BUAHAN DAN for further detail, please visit
APLIKASI Dwi Mulyani for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN OLAHRAGA BOLA Ibnu Hidayat,
AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX APLIKASI PEMBUATAN CD INTERAKSI KISAH-KISAH KEAJAIBAN for further detail, please visit
PEMBUATAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN UNTUK ANAK-ANAK Surya Mada Sibero, for further detail, please visit
PEMBUATAN Andrie. Fitriansyah for further detail, please visit
DENGAN MACROMEDIA FLASH MX 2004 APLIKASI PEMBIMBINGAN AGAMA KRISTEN UNTUK ANAK-ANAK for further detail, please visit
MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 CD INTERAKTIF BELAJAR SHALAT LIMA WAKTU DENGAN for further detail, please visit
Latar Belakang Fenomena global warming yang mulai dirasakan.
Menggunakan Macromedia Flash MX Pembuatan CD Interaktif Untuk Mengenal
APLIKASI for further detail, please visit
Oleh : DAPIT MELIJANA NIM :
ALAT BANTU BELAJAR BERHITUNG UNTUK SISWA SD KELAS 2-3 Samuel G. F
APLIKASI PEMBELAJARAN MEMBACA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH Arief Fathulah,
PEMBUATAN CD INTERAKTIF UNTUK MENGENAL BERHITUNG, BUAH Maria Luciana Daniel for further detail, please visit
MODUL for further detail, please visit
MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN for further detail, please visit
PI. Sistem Informasi. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
PI Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Animasi Pengenalan Angka Dengan Macromedia Flash Mx for further detail, please visit.
ABSTRAKSI for further detail, please visit
“PEMBUATAN WEBSITE INFORMASI DATA NILAI MAHASISWA NURDIANTO
GAME PEMBUATAN for further detail, please visit
PEMBUATAN CD INTERAKTIF PENGENALAN HURUF DAN ANGKA Riri Ananda Putri
DENGAN MACROMEDIA FLASH MX APLIKASI INTERAKTIF “MANDARIN UNTUK ANAK”
NAMA HEWAN UNTUK USIA 5 -7 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN NAMA BUAH DAN for further detail, please visit
MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX”
KAPITA SELEKTA HASIL-HASIL PENELITIAN PAUD “MEMBAHAS JURNAL NASIONAL”
APLIKASI Rosita Vollyana,
Pembuatan Aplikasi Permainan Untuk Anak-anak Dengan Macromedia Flash 8 Muhammad Ridha for further detail, please visit
for further detail, please visit
APLIKASI PEMBELAJARAN BAGI ANAK – ANAK MENGGUNAKAN Firdhaus Shaputra
APLIKASI MULTIMEDIA UNTUK ANAK - ANAK PLAYGROUP Sandy Marino ( )
PEMBUATAN CD INTERAKTIF MENGENAL ANGKA DALAM BAHASA Catur Wibisono,
MODUL N. Bericho S for further detail, please visit
APLIKASI BELAJAR HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN PERANGKAT TELEPON SELULER
SISTEM INFORMASI PERNJUALAN BATIK BERBASIS WEBSITE PADA RILA BATIK
PEMBUATAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG Rizal Subagja,
APLIKASI PENGENALAN ORGAN TUBUH MAKHLUK HIDUP DALAM Prastia Puspita Saputri, for further detail, please visit
BAWAH DENGAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 APLIKASI PEMBELAJARAN ARITMATIKA UNTUK ANAK BERUSIA 7 TAHUN KE for further detail, please visit
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
COMPANY PROFILE DINAS PERKEBUNAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL Meva Ayu Anis Baraden
OLEH : SHENI TRESNANING AYU NIM
BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG
SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN OBAT PADA APOTEK DZANI FARMA
Oleh : Ricky Setiadi PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
ADAM MUKHARIL BACHTIAR S.Kom., M.T.
APLIKASI TENSES BAHASA INGGRIS BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID
Di susun Oleh : Dentries Setia PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA 2012
SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN 16 TENSES DALAM BAHASA INGGRIS BAGI SISWA-SISWI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KOTA BANDUNG BERBASIS PLATFORM ANDROID.
SISTEM INFORMASI PELAYANAN SERVICE DAN PENJUALAN SUKU CADANG PADA BENGKEL VIA MOTOR SPORT SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat kelulusan Strata.
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI IV DUREN KARAWANG) Disusun oleh : Melfin Richard Sakul.
Oleh : Ricky Setiadi PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
INTERAKTIF APLIKASI for further detail, please visit
Roy Andika Sinulingga for further detail, please visit
PEMBUATAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN MUSIK ‘EASY BASS A
APLIKASI PENDIDIKAN BAGI ANAK DI BAWAH UMUR 7 TAHUN Tandri Alfiano
APLIKASI PANDUAN BELAJAR MENGENAL BILANGAN DAN Dini
Pembuatan Website “ Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak” dengan menggunakan Saptari, for further detail, please visit
MENGENALKAN DEVICE PC PADA ANAK MENGGUNAKAN MACROMEDIA Parulian Hutagaol, for further detail, please visit
PEMBUATAN Tommy Susanto,
Transcript presentasi:

PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI GAME BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 3-7 TAHUN BERBASIS FLASH MULTIMEDIA DI TK BINDA ASUH NANDA Maya Andriati 10508345 PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA BANDUNG 2012

Latar Belakang Penelitian Perkembangan teknologi dan persaingan kini semakin ketat, namun semakin ketatnya perkembangan teknologi tidak membuat pencarian informasi dan media menjadi sulit, bahkan menjadikan pencariannya semakin mudah. Media komukikasi komputerisasi pun hampir semua menggunakan Bahasa Inggris. Maka agar dapat menguasai Bahasa Inggris yang merupakan Bahasa Internasional, ada baiknya mempelajari sedini mungkin. Oleh karena itu pendidikan Bahasa Inggris perlu diperkenalkan pada anak-anak sejak usia dini. Namun, pada umumnya anak-anak mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa asing, termasuk Bahasa Inggris.

Identifikasi masalah Akibat dari kurang adanya pelengkap dalam aplikasi educations game saat ini menjadikan adanya beberapa permasalahan yang muncul seperti : Belum adanya pelengkap aplikasi education Bahasa Inggris di TK. Bunda Asuh Nanda. Belum adanya sarana pembelajaran Bahasa Inggris berbasis multimedia. Belum adanya game edukasi yang menarik di TK. Bunda Asuh Nanda.

Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah dalam pembuatan aplikasi education game ini adalah sebagai berikut : Bagaimana cara memberikan sarana anak dalam memfokuskan pada pembelajaran Bahasa Inggris yang menarik sebagai pengenalan dasar bagi anak-anak ? Bagaimana merancang aplikasi education game berbasis multimedia yang interaktif dengan menggunakan adobe flash macromedia ? Bagaimana implementasi aplikasi edukasi sebagai alat bantu pembelajara ?

Tujuan Penelitian Tujuan yang ingin penulis capai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Untuk mengetahui pembuatan education game dengan mendalam menggunakan adobe flash macromedia Dapat memberikan sarana yang baik dalam bentuk game edukasi dan dapat diterapkan sebagai sarana pengajaran Bahasa Inggris yang peraktis baik dengan atau pun tanpa pengajar secara menarik Untuk mengimplementasikan aplikasi edukasi sebagai alat bantu pembelajaran

Batasan Masalah Melihat uraian latar belakang masalah diatas, maka akan menjadi batasan masalah dalam penelitian ini adalah: Aplikasi game yang di buat sesuai kriteria sebagai bahan pembelajaran untuk anak usia dini dalam rentang usia 3-7 tahun yang sudah dapat membaca dan menulis. Aplikasi education game ini menggunakan adobe flash macromedia , php dan base mysql. Untuk bahan evaluasi akhir anak dalam mengetahui hasil akhir sebagai alat ukur hasil system kerja otak dalam ketertarikan anak pada education game tersebut.

Gambaran Umum Aplikasi yang Diusulkan Game ini dibuat untuk diimplementasikan pada personal computer dengan system oprasi windows , game bersifat single player . Adapun gambaran pada aplikasi ini : Menggunakan Bahsa Inggris. Terdapat empat materi pada menu kosa kata ( Mengenal binatang, Mengenal warna, Mengenal buah, Mengenal alphabet, Mengenal angka, Mengenal Sayuran). Game bersifat edukasi. Terdapat tiga level dalam menu game ( Menemukan gambar, Menemukan nama dan kuis mengetik).

Perancangan Aplikasi Diagram Navigasi Aplikasi

Perancangan Aplikasi Flowchart menu utama

Perancangan Aplikasi Flowchart navigasi main menu

Perancangan Aplikasi Flowchart navigasi menu hewan

Perancangan Aplikasi Flowchart game tebak gambar

Perancangan Aplikasi Flowchart ketik kuis

Kesimpulan Berdasarkan uraian dan hasil analisa yang telah dilakukan selama pengerjaan game edukasi bahasa inggris ini, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Dengan adanya game edukasi ini penyampaian materi bisa cepat dihafal oleh anak. Game ini dapat memicu daya tarik anak dalam belajar bahasa inggris karena dalam penyampaian materi sudah berbentuk edukasi. Setelah adanya game edukasi ini, pengajar dapat mengetahui score hasil anak dalam penyimpanan data base.

Saran Sebagai saran yang dapat diberikan dalam pembuatan game edukasi bahasa inggris ini yaitu : Pembuatan permainan yang dibuat penulis dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran, terutama dalam pembuatan modul ajaran lain dengan content dan materi yang lain. Pembuatan game yang dibuat penulis dapat dikembangkan lebih beragam lagi dalam hal animasi, desain, fitur, musik serta pemograman yang lebih efektif. Membuat game yang bagus agar hasilnya lebih memuaskan, harus di lakukan secara tim.

Terima Kasih Maya Andriati