PRAKTEK RPL.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by.
Advertisements

Pertemuan 4.
Pengembangan Sistem Informasi
The Product and the Process CHAPTER 2 The Process Software engineering: a practitioner’s approach / Roger S. Pressman.—5th ed.
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE DESIGN)
Bab 6 PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
DESAIN ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK
Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengembangan PL Ahmat Adil.
Protyping IMK-M5.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK REQUIREMENTS ANALYSIS FUNDAMENTALS
Konsep & Prinsip Analisis
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by.
These slides are designed to accompany Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 7/e (McGraw-Hill, 2009) Slides copyright 2009 by Roger Pressman.1.
PROSES Perangkat Lunak
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI
Perencanaan Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)
PROTOTYPING.
SESI 3. KONSEP MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
SESI 4. PERENCANAAN PROYEK PL
Metode rpl BY: Y. PALOPAK S.Si., MT..
Pengembangan Solusi Content Management Pertemuan 3.
Pengantar UML.
Memulai Sebuah Proyek WebApp Pressman 6ED
PERENCANAAN AKTIVITAS PROYEK
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK
PriNciples That Guide Practice
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Apakah “Praktek”? Praktek adalah sejumlah konsep, prinsip, metode dan tools that yang harus dimiliki ketika software direncanakan dan dikembangkan. Dia.
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK ( PL )
PIHAK-PIHAK YANG TERLIBAT DALAM PROYEK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Interaksi Manusia & Komputer Prototyping
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pemeliharaan Perangkat Lunak
RPL.
Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Jaminan Mutu dalam Kebutuhan Rekayasa
R.S. Pressman & Associates, Inc
Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
Analisa Perancangan Sistem
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
SOFTWARE ENGINEERING Astrina DF ( ) Bagus Ilyas R ( )
Materi Rekayasa Perangkat Lunak
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Rekayasa Kebutuhan.
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 8 Rekayasa Kebutuhan
Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak
KELOMPOK 6 Modeling Adnin Devit C F
Hanya digunakan di lingkungan Universtias
Pengembangan Sistem Informasi
Pengembangan Sistem Informasi
R.S. Pressman & Associates, Inc
PIHAK-PIHAK YANG TERLIBAT DALAM PROYEK
PERENCANAAN PROJEK PERANGKAT LUNAK
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Transcript presentasi:

PRAKTEK RPL

Apakah “Praktek”? Praktek adalah sejumlah konsep, prinsip, metode dan tools yang harus dimiliki ketika software direncanakan dan dikembangkan. Dia menunjukkan detail —Konsideran teknis dan praktis, yang berada di dalam proses perangkat lunak, sesuatu yang dibutuhkan untuk membangun perangkat lunak komputer berkualitas tinggi.

Esensi Praktek George Polya, di dalam buku yang ditulis di tahun 1945 menggambarkan esensi dari praktek RPL … Memahami permasalahan (komunikasi dan analisis). Merencanakan solusi (pemodelan dan desain PL). Melaksanakan rencana (pembuatan kode). Memeriksa akurasi hasil (menguji dan QA). Pada prinsipnya praktek yang baik adalah pemecahan masalah yang umum

Prinsip Inti RPL Menyediakan nilai pada konsumen dan pengguna KIS—keep it simple! Mengelola produk dan visi project Apa yang anda hasilkan, yang lain akan memanfaatkan Terbukalah pada masa depan Rencaana ke depan untuk menggunakan kembali Berpikir!

Praktek-Praktek RPL Memahami bingkai kerja proses umum : komunikasi perencanaan pemodelan konstruksi deployment Di sini kita akan mengidentifikasi : Prinsip-prinsip Bagaimana memulai praktek Sekelompok tugas yang bisa diperpendek

Praktek Komunikasi Prinsip-prinsip Mendengar Persiapkan sebelum komunikasi Fasilitasi komunikasi Tatap muka adalah yang terbaik Buat keputusan dan catatan tertulis Kolaborasi dengan konsumen Tetap fokus Buat gambar ketika ada sesuatu yang tidak jelas Terus bergerak Negosiasi sukses ketika dua belah pihak menang.

Communication Practices Inisiasi Pihak terkait harus dekat satu dengan yang lain Pastikan komunikasi interaktif Ciptakan ekosistem tim yang solid Gunakan struktur tim yang tepat Sekelompok tugas yang dapat diperpendek Kenali siapa yang perlu diajak bicara Tentukan mekanisme terbaik untuk komunikasi Buat tujuan keseluruhan dan tentukan ruang lingkup Buat lebih detail Stakeholder harus mendefinisikan skenario penggunaan Ambil fungsi-fungsi utamanya Review hasilnya dengan semua stakeholder

Praktek Perencanaan Prinsip-prinsip : Pahami ruang lingkup proyek Libatkan konsumen (dan stakeholder yang lain) Kenali bahwa perencanaan adalah iteratif Lakukan estimasi berdasar apa yang anda ketahui Sadari resiko Realistis Sesuaikan hal-hal kecil yang berserakan ketika anda merencanakan Tentukan bagaimana kualitas dapat digapai Tentukan bagaimana anda dapat mengakomodasi perubahan Lacak apa yang telah anda rencanakan

Praktek Perencanaan Inisiasi Berikan pertanyaan-pertanyaan Boehm : Mengapa sistem mulai dikembangkan ? Apa yang akan dikerjakan ? Kapan itu akan selesai? Siapa yang akan bertanggung jawab? Dimana mereka ditempatkan (secara organisatoris)? Bagaimana tugas diselesaikan, baik secara teknis maupun manajerial ? Berapa banyak untuk masing-masing sumberdayanya ?

Praktek Perencanaan Sekelompok tugas yang bisa diperpendek Periksa kembali ruang lingkup project Periksa resiko Evaluasi fungsi/fitur Pahami fungsi/fitur infrastruktur Buat rencana bertahap : Jumlah tahapan PL Jadwal keseluruhan Tanggal penyajian untuk setiap tahapan Buat rencana awal yang baik untuk tahapan pertama Periksa kemajuan

Praktek Pemodelan Kita membuat model untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik terhadap entitias aktual yang akan dibangun Model Analisis menampilkan kebutuhan konsumen dengan melukiskan PL dalam tiga domain yang berbeda : domain informasi, domain fungsi, dan domain perilaku. Model Desain menampilkan karakteristik PL yang membatu praktisi untuk mengkonstruksinya secara efektif : arsitektur, antarmuka, detail level komponen.

Praktek Pemodelan Analisis Prinsip-prinsip pemodelan analisis Menampilkan domain informasi Menampilkan fungsi PL Menampikan perilaku PL Partisi dari tiga representasi ini Bergerak dari esensi menuju implementasi Elemen-elemen model analisis (Bab 8) Data model Flow model Class model Behavior model

Praktek Pemodelan Desain Prinsip-prinsip : Desain harus dapat dilacak dari model analisis Senantiasa memahami arsitektur Fokus pada desain data Antarmuka (pengguna maupun internal) harus didesain Komponen harus menunjukkan independensi fungsional Komponen-komponen harus “loosely coupled” Representasi desain harus mudah dipahami Model desain harus dikembangkan secara iteratif Elemen-elemen model desain Data design Architectural design Component design Interface design

Praktek Konstruksi Prinsip Persiapan : Sebelum anda menulis satu baris kode, pastikan bahwa anda : Memahami permasalahan yang anda coba selesaikan (lihat komunikasi dan pemodelan) Memahami prinsip dan konsep desain dasar. Mengambil bahasa pemrograman yang memenuhi kebutuhan PL untuk dibangun dan lingkungan dimana dia beroperasi. Pilih lingkungan pemrograman yang menyediakan tool untuk memudahkan perkerjaan anda. Buat sejumlah tes unit yang akan dilakukan ketika kode komponen sudah lengkap.

Praktek Konstruksi Prinsip-prinsip coding: ketika mulai menulis program, pastikan anda : Batasi algoritma anda dengan mengikuti ketentuan pemrograman terstruktur. Pilih struktur data yang memenuhi kebutuhan desain. Pahami arsitektur PL dan buat antarmuka yang konsisten dengannya. Jaga logika kondisional sesederhana mungkin. Buat perulangan bersarang dg cara yang membuatnya mudah untuk diuji. Pilih nama-nama variabel yang bermakna, dan ikuti standar lokal yang lain. Tulislah kode yang self-documenting. Buatlah layout visual (indent, baris kosong) yang mempengaruhi pemahaman.

Praktek Konstruksi Prinsip-prinsip validasi : Setelah anda melengkapi kode pertama anda, pastikan anda : Melakukan pelacakan kode ketika dimungkinkan. Melakukan tes unit dan memperbaiki kesalahan yang anda temukan. Refactor kode program.

Praktek Konstruksi Prinsip-prinsip Pengujian Semua tes harus bisa dilacak dari requirement Pengujian harus bisa direncanakan Menggunakan prinsip pareto Pengujian mulai dari “kecil” dan bergerak ke “besar” Pengujian yang melelahkan tidak mungkin

Praktek Deployment Prinsip-prinsip : Kelola harapan pengguna pada setiap tahap Paket penyajian lengkap harus disusun terpadu dan teruji Tim pendukung harus disediakan Materi pelatihan harus disediakan pada pengguna akhir PL yang buggy, diperbaiki dulu, baru disajikan