SOFTWARE ENGGINERING Pengantar Software Engginering

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengenalan Pengolahan Data Elektronik
Advertisements

PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
PROYEK SISTEM INFORMASI
Topik-topik Lanjutan Sistem Informasi (System Analyst) Elviera Fella15011 Anggun Dwi Fitria M. Rayhan Sherly Mareta Ryan.
BRAINWARE ( Manusia / User )
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
SISTEM KOMPUTER Kelompok 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2
Profesionalisme Kerja Bidang IT
KOMPUTER Yogi Pranata.
KONSEP SISTEM INFORMASI
KOMPUTER MHD.HARIS AL ANSYOR NASUTION  Hardware (Perangkat Keras)  System Software (Perangkat Lunak Sistem)  Application Software (Perangkat Lunak.
MATA KULIAH PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
Stake Holder dalam Sistem Informasi
PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI
Sistem komputer.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Membangun Sistem Informasi ERP
KOMPONEN SISTEM INFORMASI
Arsitektur Komputer Semester Ganjil 2014/2015
Peranan sistem informasi dan teknologi informasi
Implementasi Sistem Akuntansi
DATABASE ADMINISTRATION
Testing dan implementasi sistem
Sistem Informasi Manajemen
Enterprise Information System (E I S)
Pengenalan Sistem Informasi dan Komponen Sistem Informasi
ORGANISASI LAYANAN INFORMASI
Pertemuan 7 ORGANISASI LAYANAN INFORMASI
Database Change Management source : Database Administration the complete guide to practices and procedures chapter 7 by. Craig S. Mullins.
Pengguna dan Pengembang Sistem
Stake Holder dalam Sistem Informasi
SISTEM BASIS DATA H. Batkunde, S.Si, M.Si.
Disusun oleh : Ika Zakiyah
Desain Sistem.
DATABASE ADMINISTRATION
PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI
IK2163-Pemrograman Berorientasi Objek Pengantar
Kontrak Kuliah Pengenalan Sistem Informasi
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Membangun Sistem Informasi ERP
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Membangun Sistem Informasi ERP
Analisis Sistem dan Pemrogram
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Pengantar Teknologi Informasi
SOSIO TEKNOLOGI INFORMASI
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER PRINGSEWU
Pengantar Aplikasi Komputer
Kontrak Kuliah Pengenalan Sistem Informasi
04 Membangun Sistem Informasi ERP Tahapan SDLC Hata Maulana, M.T.I.
Sekilas Tentang Komputer
STRUKTUR DATA OLEH: KHAIRIL ANWAR, ST.
KOMPONEN DASAR KOMPUTER
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BAB IV DASAR INFORMASI TEKNOLOGI
مقدمة في تفنة المعلو مات
APLIKASI KOMPUTER PERTEMUAN KE 1 SAFITRI JAYA, S.Kom, M.T.I
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
PENGGUNA Brainware.
ARSITEKTUR KOMPUTER Pengantar Arsitektur Komputer
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Profesi di Bidang Teknologi Informasi Pertemuan 4
SISTEM INFORMASI PERENCANAAN
Kemal Farouq Mauladi Sistem penilaian ; 1.Kehadiran 20 % 2.Tugas 70 % 3.UTS dan UAS 10 % Total 100%
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
BAHASA BASIS DATA Pengantar Bahasa Basis Data
Hari 1 - Remediasi PENGENALAN KOMPUTER.
Transcript presentasi:

SOFTWARE ENGGINERING Pengantar Software Engginering Adi Panca Saputra Iskandar, S.Kom | adipancaiskandar @gmail.com

KEHADIRAN 75% DARI ABSENSI

KETERLAMBATAN 12 MENIT SEJAK MULAI PERKULIAHAN

1 2 3 4 5 Bobot Penilaian Nilai = Tugas + Quiz + Keaktifan + UTS + UAS Komponen – Komponen Yang Perlu Diperhatikan 1 2 3 UAS 30% 4 5 UTS 25% TUGAS 15% QUIZ 15% KEAKTIFAN 15% Nilai = Tugas + Quiz + Keaktifan + UTS + UAS

Pilih satu dari 4 Gambar

1. Anda orang intelektual yang obyektip, rasional, dan pengambil keputusan yang baik

Anda orang yang stabil, dapat dipercaya, konservatip dan memiliki visi 2. Anda orang yang stabil, dapat dipercaya, konservatip dan memiliki visi jangka panjang.

Anda tidak puas dengan status-quo, berani mengambil resiko, 3. Anda tidak puas dengan status-quo, berani mengambil resiko, dan selalu ingin berbeda.

Anda selalu memikirkan SEX. 4. Anda selalu memikirkan SEX.

Maybe Freud is right !

4. Anda selalu ingin keseimbangan hidup, jujur, tidak serakah, Membela teman.

Download Materi Website : https://adipancaiskandar.com

Aktivitas Belajar Website : https://golds.adipancaiskandar.com

Komponen Komputer Hardware Software Brainware

Komponen Hardware

Pengertian Software Perangkat lunak atau software adalah program dari komputer. Perangkat lunak adalah program yang berisi instruksi untuk melakukan proses pengolahan data

Pengertian Brainware Brainware Komputer adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer.

Brainware Operator Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu.

Brainware Administrator Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.

Brainware Programmer Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.

Brainware System Analyst System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.

Software Engginering

Software Engginering

Tujuan Software Engginering Kinerja Biaya Waktu

Tantangan Software Engginering 1. Memenuhi kebutuhan user agar software benar-benar digunakan 2. Mengedukasi user agar berpindah dari manual ke otomatis 3. Mengatasi ketidakmampuan user mengoperasikan komputer 4. Sudah ada perangkat lunak eksisting 5. Sistem yang dibangun harus memenuhi proses bisnis sistem lain 6. Sistem yang dibangun memerlukan data dari system lain

Mitos Software Engginering

Mitos Software Engginering Mitos: kebutuhan software berubah secara terus-menerus, tetapi perubahan tersebut dapat dengan mudah diatasi, karena software itu fleksibel. Realitas: kebutuhan software memang akan terus berubah, namun dampak dari perubahan tersebut sangat bervariasi berdasarkan tahap dimana perubahan itu terjadi.

Mitos Software Engginering Mitos: ketika program ditulis dan dapat dijalankan, pekerjaan kita selesai. Realitas: pada kenyataannya 60%-80% dari keseluruhan pekerjaan dilakukan setelah software diberikan kepada user untuk pertama kalinya.

Mitos Software Engginering Mitos: Pekerjaan programer hanya sebatas melakukan pengkodean program. Realitas: Programer menganalisa, merancang sistem dan database, menjadi tester hingga launching.