Pengenalan Perangkat lunaK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE ENGINEERING)
Advertisements

Rekayasa Perangkat Lunak 1
Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
Perencanaan Perangkat Lunak
PENDAHULUAN Pertemuan 1.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak 1
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
1 Pendahuluan Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I.
PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Methods for Software Engineering
PENGETAHUAN PERANGKAT LUNAK & REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Diadopsi dari presentasi Ian Sommeriville, Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak.
Managing Software Requirement 1
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 : Pengantar RPL
Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SOFTWARE ENGINEERING (Nelly Sofi).
Pengantar Teknologi Sistem Informasi C
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Perencanaan Proyek Perangkat Lunak
Perangkat Lunak 1.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
2 The Software Product.
IF36318 Rekayasa Perangkat Lunak
Pendhahuluan Software engineering BY: Y. PALOPAK S.Si., MT.
Rekayasa Perangkat Lunak Metode desain
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri--20 %
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak 1
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
Pendahuluan Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I..
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Oleh : Dewi Sartika, M.Kom
Pengenalan Software Engineering
Pengenalan Software Engineering
Rekayasa Perangkat Lunak
2 The Software Product.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Perangkat Lunak Oleh: Ika Novita Dewi|Universitas Dian
Manajemen Proyek Pengantar Perencanaan Proyek Software
SOFTWARE ENGINEERING.
Manajemen Proyek Pengantar Perencanaan Proyek Software
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengantar Teknologi Informasi
Pengantar Teknologi Informasi
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : Yudha Dwi Putra negara, S.Kom
Pengantar Teknologi Informasi
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PERANCANGAN BASIS DATA
Pertemuan #1: Software & Software Engineering
Perencanaan Perangkat Lunak
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
PERENCANAAN PROJEK PERANGKAT LUNAK
Pengenalan Perangkat lunaK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK PROGRAM STUDI D3
2 The Software Product.
SOFTWARE ENGINEERING (Indah Tri Handayani).
Pengantar Teknologi Informasi
Pengantar Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Transcript presentasi:

Pengenalan Perangkat lunaK Universitas Indraprasta PGRI

APA Itu Perangkat Lunak (PL)? Program komputer (perintah) yg memberikan fungsi yg diinginkan, dokumen yg menggambarkan kegunaan program, struktur data yg memungkinkan program memanipulasi informasi. Produk PL dibangun  Umum  Sistem yg diproduksi oleh organisasi pengembang dan dijual ke pasar terbuka ke siapapun yg membelinya. Contoh : word, Excel. Pesanan  Sistem yg dipesan oleh pelanggan tertentu. Dikembangkan khusus bagi pelanggan oleh kontraktor perangkat lunak. PL baru dapat dibuat dengan mengembangkan program baru, mengatur sistem PL umum atau menggunakan kembali PL yang ada

Karakteristik PL PL dibangun dan dikembangkan, tidak dibuat dalam bentuk yang klasik Perangkat lunak tidak pernah usang Sebagian besar perangkat lunak dibuat secara custom-built, serta tidak dapat dirakit dari komponen yang sudah ada. Dengan berkembangnya OOP, pengembangan software berbasis komponen semakin banyak dilakukan.

Evolusi PL

Tipe PL System Software Real-time Software Business Software Engineering & Scientific Software Embedded Software PC Software Web-based Software Artificial Intelligence Software

System Software Software Sistem adalah PL yang berfungsi untuk melayani PL lainnya Tugas utama : resource sharing, scheduling, manajemen proses, interface eksternal, dll. Contoh : compiler, utility manajemen file, komponen-komponen operasi, driver, dan sebagainya.

Real-Time SOFTWARE PL yang berfungsi untuk memonitor/ menganalisis/mengontrol kejadian-kejadian dalam “real world”

SofTware Bisnis Merupakan daerah aplikasi software terbesar Dibuat untuk mempercepat proses bisnis dan mempermudah pengambilan keputusan Berhubungan dengan database yang besar Contoh : MyOB, Accurate

SoFtWARE Embedded Produk-produk mekanik/elektronik semakin “pintar” karena dilengkapi dengan prosesor dan software yang embeded didalamnya. PL biasanya disimpan dalam ROM/EPROM PL melakukan fungsi-fungsi yang sederhana Contoh : VCR, televisi, mesin cuci, dashboard mobil, dsb

Sofware Web-Based PL Web-based pada prinsipnya merupakan kombinasi dari bahasa untuk memformat dokumen (HTML) serta instruksi-instruksi yang dinyatakan dalam bentuk CGI Java Perl

Software Intelligence PL Intelligence adalah PL yang dapat menggantikan sebagian fungsi kecerdasan. Salah satu bentuk aplikasi yang populer adalah “Expert System”.  C/o : Expert Choice, Superdecision Berkembang pula “Artificial Neural Network”

Harga PL Harga PL sering didominasi oleh biaya-biaya sistem komputer. Biaya-biaya software pada PC > Biaya H/w. Biaya PL lebih digunakan untuk memelihara dibandingkan saat awal membangun PL tsb. Harga pemeliharaan bisa beberapa kali lipat untuk hidup PL lebih lama. Alasan  saat pengembangan, desain kode menjadi sulit Pembangunan PL berkaitan dengan biaya efektif

Apa Ciri-ciri PL yang Baik? PL harus sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan dan dijalankan serta harus dapat dipelihara, diandalkan dan diterima oleh user. Pemeliharaan PL harus berkembang untuk memenuhi perubahan kebutuhan Dapat diandalkan PL harus dapat dipercaya Efisiensi PL tidak boleh menyia-nyiakan penggunaan sumber daya sistem. Dapat diterima PL harus diterima oleh user ketika telah dirancang  dimengerti, dapat digunakan dan cocok dengan sistem lain.

Krisis PL Kegagalan PL dimana : Melebihi anggaran Terlambat Tidak memenuhi harapan dan kebutuhan user Tidak memenuhi persyaratan fungsional atau kinerja Tidak memenuhi persyaratan mutu

Contoh Kegagalan PL State of California: $40M DMV project $44M Prison software system $100M State child support system $10B FAA modernization project UK tax filing system

Contoh Kegagalan PL yang fatal Di tahun 1988, sebuah kapal laut Amerika menembakkan peluru kendali dan menjatuhkan sebuah pesawat yang di identifikasi sebagai musuh. Ternyata pesawat yang ditembak adalah sebuah pesawat komersial Airbus A 320 yang sangat jauh berbeda dengan pesawat musuh. Akibatnya 290 penumpang pesawat tersebut tewas. Angkatan laut Amerika menyalahkan sistem penjejak ( tracking software ) yang memperagakan output yang tidak dapat dimengerti (cryptic) sehingga mengambil kesimpulan yang salah.

Apa penyebab Krisis PL? Kebutuhan S/w tidak cocok untuk menggambarkan kebutuhan atau harapan user Perencanaan proyek sering tidak realistis, tidak lengkap atau diabaikan Biaya proyek dan estimasi jadwal diremehkan atau ditetapkan oleh dekrit manajemen Kualitas S/w sulit untuk ditentukan, didesain, dan dibangun Kemajuan pembangunan S/w sulit untuk dilihat  tdk diketahui. Perubahan persyaratan tidak disertai dengan perubahan dalam rencana S/w Desain berubah tanpa mengubah persyaratan Standar tidak digunakan atau didokumentasikan

Bagaimana Pemecahannya?  Rekayasa Perangkat Lunak