Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom syukriya_alasyik@yahoo.com 08563110766 - 03181104897
Overview: System Development Life Cycle 19 November 2018 Overview: System Development Life Cycle Planning Analysis Design Implementation System
Overview: System Development Life Cycle Fase Langkah-langkah Teknik Planning Mengenali nilai bisnis Analisa kelayakan Rencana kerja Penugasan Kontrol dan penunjukan System request Kelayakan teknis, ekonomis, resiko Tentukan task dan waktunya Rencana penugasan dan chart project Perbaiki perkiraan/penilaian, track task, koordinasi, atur scope, minimalkan resiko Analysis Mengumpulkan Informasi Pemodelan Use case Pemodelan Structural Pemodelan Perilaku Analisa Permasalahan,benchmarking, reengineering Interview, Kueisoner Use cases, Use case model CRC Card, Class diagram Sequence diagram, collaboration diagram, state diagram 19 November 2018 ADBO Pertemuan 1
Overview: System Development Life Cycle Fase Langkah-langkah Teknik Design Desain System Desain Arsitektur Jaringan Desain Interface Desain File dan Database Desain Object Custom development, package development, outsourcing Desain Hardware, desain jaringan Chart Struktur Interface, desain input , desain output Pemilihan format penyimpanan data, optimasi data storage Chart Struktur Program, Spesifikasi program Implementation Konstruksi Instalasi Support Pemrograman, pengujian Direct conversion, parallel conversion, phased conversion Support strategy, Post-Implementation, Review 19 November 2018 ADBO Pertemuan 1
Overview Metodologi Pengembangan System Secara umum, tahapan siklus hidup system(SDLC) bisa dibagi menjadi 2 tahap, yaitu: System Development Menggunakan Metodology Pengembangan System System Operation and Support Menggunakan Teknologi Informasi Dalam kuliah ini, pembahasan lebih ditekankan pada system development dengan menggunakan metodology pengembangan system Planning Analysis Design Implementation System System Development System Operation and Support 19 November 2018 ADBO Pertemuan 1
Overview System Development Life Cycle ADBO Pertemuan 1 19 November 2018 Overview System Development Life Cycle Keberhasilan dalam mengembangkan/membangun suatu perangkat lunak bergantung pada beberapa hal, diantaranya adalah pengalaman terbaik (best practices) dan metodology Contoh best practices dan metodology akan dijelaskan pada bagian berikut ini
ADBO Pertemuan 1 19 November 2018 Best Practices Best Practices dari suatu pengembangan system diantaranya adalah : Pengembangan secara iterative Pengendalian dan pengaturan kebutuhan system Penggunaan Arsitektur Komponen Pemodelan secara Visual dengan UML Verifikasi kualitas secara berkesinambungan Pengendalian dan pengaturan perubahan
Definisi Metodology Pengembangan System ADBO Pertemuan 1 19 November 2018 Definisi Metodology Pengembangan System Metodologi pengembangan system adalah: sekumpulan aktifitas, metode, best practices, deliverables dan automated tool untuk pengembangan system . Pada slide berikutnya akan dijelaskan beberapa contoh metodology ADBO serta perbandingannya.
Metodologi Analisa dan Desain Terstruktur Analisa dan Desain Berorientasi Object Fusion AD Foundation
Perbedaan ADT dengan ADBO 19 November 2018 Perbedaan ADT dengan ADBO ADT (Analisa dan Desain Terstruktur) Dekomposisi system berdasarkan fungsi-fungsi Pemodelan proses dengan DFD dan pemodelan data dengan ERD ADBO (Analisa dan Desain Berorientasi Object) Dekomposisi system berdasarkan object-object Pemodelan visual menggunakan UML
OOAD Analisa : Desain : OOAD : What Memahami permasalahan bisnis, tidak tergantung pada solusi teknologi. Lebih menekankan pada apa yang menjadi permasalahan Desain : How Memahami dan mendefinisikan solusi software yang merepresentasikan hasil analisa dan akan diimplementasikan dalam bentuk code Tergantung pada solusi teknologi OOAD : Pengembangan Software yang menggunakan pendekatan object/menekankan solusi yang berdasarkan object-object Memahami Permasalahan dan solusi logic dari sudut pandang object(benda, konsep, entitas)
Kelebihan ADBO Memudahkan pemanfaatan ulang code dan arsitektur 19 November 2018 Kelebihan ADBO Memudahkan pemanfaatan ulang code dan arsitektur Lebih mencerminkan dunia nyata (lebih tepat dalam menggambarkan entitas perusahaan, dekomposisi berdasarkan pembagian yang natural, lebih mudah untuk dipahami dan dirawat) Kestabilan (perubahan kecil dalam requirement tidak berarti perubahan yang signifikan dalam system yang sedang dikembangkan) Lebih mudah disesuaikan dengan perubahan
Contoh metodology ADBO ADBO Pertemuan 1 19 November 2018 Contoh metodology ADBO Contoh metodologi ADBO antara lain: Object Modeling Technique (OMT) dari Rumbaugh Object Oriented Analysis/Design (OOA/D) dari Shlaer-Mellor Metodology Booch Responsibility-Driven Design/-Class/Responsibility/Collaboration (RDD/CRC) dari Wirfs-Brock Metodology Coad/Yourdon Jacobson Object-Oriented Software Engineering (OOSE)
Pertimbangan Pemilihan Metodology ADBO Pertemuan 1 19 November 2018 Pertimbangan Pemilihan Metodology Untuk memilih metodology yang paling cocok ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, antara lain: Kesesuaian dengan kebutuhan aplikasi termasuk tahapan SDLC dan juga kesesuaian dengan bahasa pemrograman yang akan digunakan. Pengalaman developer dengan metodology tertentu Dukungan tool terhadap suatu metodology yang akan dipilih Kemudahan suatu tool untuk digunakan dan dimengerti
Unified Modeling Language (UML) ADBO Pertemuan 1 19 November 2018 Unified Modeling Language (UML) Dengan banyaknya metodology dengan masing-masing kelebihan dan kekurangan, timbul suatu kebutuhan akan sebuah metodology yang terstandarisasi dan mudah digunakan. Untuk melakukan standarisasi metodology akhirnya Object Management Group (OMG) menetapkan sebuah bahasa standar dalam ADBO yang disebut dengan Unified Modeling Language (UML) UML ini merupakan gabungan dari metodology OMT Rumbaugh, Booch dan OOSE Jacobson
Unified Modeling Language (UML) ADBO Pertemuan 1 19 November 2018 Unified Modeling Language (UML) UML sebagai bahasa standar ADBO juga berfungsi untuk mengintegrasikan tool dan proses (process). Tool pemodelan dengan bahasa UML : Rational Rose, Power Designer (versi 9 keatas ), SmartDraw, UMLet dan lain-lain. Dalam kuliah ini, tool yang akan dipakai adalah Rational Rose Proses (Process) dalam rekayasa S/W: Tahapan dan pedoman dalam membangun suatu system perangkat lunak. Dalam kuliah ini pembahasan process ADBO akan menggunakan RUP (Rational Unified Process)