UPT Pelayanan Pendidikan Unila RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN Oleh Ngadimun Hd UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Taman Kotaku Indah Metro-ku Tercinta
IDENTITAS Nama : Ngadimun Hd Lahir : Di Metro, 7 Januari 1950 Pendidikan: SD di Metro, lulus 1963 SMP di Metro, lulus 1966 SPG di Metro, lulus 1969 Sarjana Muda STIP Muh Metro, lulus 1974 S1 Adm Pendidikan Unila, lulus 1983 S2 Penelitian & Ev. Pend. IKIP Yogyakarta, lulus 1997 S3 Penelitian & Ev. Pend. UNJ, lulus 9 Maret 2011 Pekerjaan: Guru SD 1969 – 1977 Guru SGO 1977 – 1991 Dosen FKIP 1991 - sekarang
Tujuan Instruksional Umum Dapat menjelaskan adanya beragam media yang dapat dipilih sebagai media pembelajaran. Tujuan Instruksional Khusus Dapat menjelaskan: pengertian media pembelajaran klasifikasi jenis media dalam pembelajaran karakteristik masing-masing jenis media
MEDIA MEDIA PEMBELAJARAN “Alat komunikasi yang digunakan untuk membawa suatu informasi” MEDIA PEMBELAJARAN Alat komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran
KLASIFIKASI JENIS MEDIA PEMBELAJARAN (Heinich dkk, 1996) l Yang tidak diproyeksi l Yang diproyeksikan l Audio l Video l Multimedia berbasis komputer l Multi media kit
Media Tidak Diproyeksikan (Media Display/Displayed Media) m Realia: benda nyata yang digunakan sebagai bahan belajar m Model: benda tiga dimensi yang merupakan representasi dari benda sesungguhnya m Bahan Grafis: gambar atau visual yang penampilannya tidak diproyeksikan (gambar, grafik, chart, poster, kartun) m Display: bahan pameran/display yang penggunaannya dipasang di tempat tertentu
MACAM GRAFIK 1. Grafik batang: untuk membandingkanobjek sejenis Grafik gambar: angka dilambangkan dg gambar 3. Grafik lingkaran: keterbacaannya tinggi 4. Grafik garis: paling akurat, bisa data kompleks
Indikator: Siswa dapat menyimpulkan data pada grafik Soal bentuk Indikator: Siswa dapat menyimpulkan data pada grafik Soal bentuk . . . . Kuncinya . . . . ?
CHART Pengertian: Chart: Representasi grafis untuk tata hubungan Flow Chart: menggambar proses atau alur kejadian Kartun: . . . . . Poster: . . . . .
LANGKAH POKOK PENGEMBANGAN SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN ALOKASI WAKTU PENGALAMAN BELAJAR MATERI POKOK SUMBER BAHAN/ ALAT PENENTUAN SOAL UJIAN Pusat Sekolah © 2003-Direktorat Dikmenum
Panduan Pemanfaatan Bahan Grafis Seleksi gambar berdasarkan pembentukan kompetensi Seleksi gambar sesuaikan waktu yg tersedia Satu ide untuk satu gambar Kurang tepat untuk mengenal definisi Perhatikan estetika penampilan & kualitas produksi
Bahan Pameran (display) Pengertian: Medium yg dipasang di tempat tertentu, misal: bulletin board, papan tulis magnetis, flip chart
Pemilihan media visual, Agar memperhatikan: Tujuan Pembelajaran (Kompetensi Dasar) Karakteristik mhs Kondisi yang ada Materi perkuliahan
Media Yang Diproyeksikan Over Head Projector (OHP): alat untuk memproyeksikan gambar atau tulisan pada transparansi film Slide projector: alat untuk memproyeksikan gambar atau tulisan pada film positif
Media Audio Berbagai cara untuk merekam dan menyampaikan suara untuk tujuan pembelajaran (media dengar) Kelebihan Kekurangan 1. Fleksibel 2. Relatif murah 3. Ringkas 4. Mudah dibawa (portable) 1. Memerlukan peralatan khusus 2. Memerlukan kemampuan khusus untuk pemanfaatannya
Media Video Format media yang memanfaatkan tabung katoda/LCD untuk menayangkan pesan dalam bentuk animasi dan film Kelebihan 1. Memanipulasi waktu dan ruang 2. Menampilkan objek yang terlalu kecil, besar, dan berbahaya 3. Cocok untuk mempelajari keterampilan motorik 4. Menyajikan gambar dengan lambat Kekurangan Memerlukan peralatan dan kemampuan khusus untuk memanfaatkannya
Media Berbasis Komputer Media yang dioperasikan melalui komputer, yang biasa dikenal sebagai perangkat lunak (software) Kelebihan 1. Memungkinkan terjadinya interaksi mahasiswa dan materi pelajaran 2. Proses belajar secara individual sesuai kemampuan mahasiswa 3. Menampilkan unsur audiovisual 4. Langsung memberikan umpan balik 5. Menciptakan proses belajar yang berkesinambungan Kekurangan 1. Peralatan untuk memanfaatkannya masih mahal 2. Perlu keterampilan khusus untuk mengoperasikannya
Multi Media Berbasis Komputer Media yang mengintegrasikan berbagai bentuk materi seperti: teks, gambar, grafis, dan suara yang dioperasikan dengan komputer Bentuk q Hypermedia, gabungan teks, grafik & audio-video q Video interaktif q CD-Rom q Digital video interactive q Virtual reality
Multi Media Kit Paket bahan ajar yang terdiri dari beberapa jenis media digunakan untuk menjelaskan materi tertentu, yang biasanya dilengkapi dengan buku panduan
Pertimbangan Pemilihan dan Pemanfaatan Media Memperhatikan: 1. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai 2. Karakteristik mahasiswa 3. Kondisi yang ada (ketersediaan perangkat lunak dan perangkat kerasnya 4. Materi perkuliahan
Mari upayakan Media Pembelajaran bagi Siswa SD Buku Pelajaran Gambar dengan ukuran memadai & menarik Tape Recorder dengan kaset audio (suara) Video Player dengan VCD (suara & gambar) Komputer: File-file gambar suara, CD pembelajaran, program (bermacam-macam soft ware), akses internet S2 Penelitian & Ev. Pend. IKIP Yogyakarta, lulus 1997
Mari Akses Internet Alamat Akses Internet http://kemendiknas.go.id http://disdik.lampungprov.go.id http://fkip-unila.ac.id http://staff.unila.ac.id/ngadimunhd Alamat epmail: ngadimun_hd@unila.ac.id
atas perhatian Bp/Ibu sekalian. Terima kasih, atas perhatian Bp/Ibu sekalian.
Semoga bermanfaat Sampai jumpa !