Warna & Kepribadian daniar wikan setyanto, M.Sn

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BERSYUKUR sumber: milis agusman_1981
Advertisements

keyakinan, kepercayaan, ketelitian, kehidupan.
MANAJEMEN MUTU TERPADU (MMT) BAHASA KE
DASAR-DASAR DESAIN.
Di suatu masa warna-warna dunia mulai bertengkar Semua menganggap dirinyalah yang terbaik yang paling penting yang paling bermanfaatyang paling disukai.
Floor Plan Pertemuan Matakuliah: DESAIN INTERIOR III Tahun: 2009/2010.
Week 5 Persepsi dalam desain.
Psikologi Dunia Kerja Frustasi & Pengaruhnya Dalam Pekerjaan
Stefanus T A. Ivan Lucky G
INTERIOR DECORATION Hiasan yang dirancang untuk ruang kantor, lobby, kamar hotel, rumah tempat tinggal, galery dsb, dengan desain warna, peralatan, dan.
Warna pada Pemasaran Jalan di toko manapun kita akan menemukan, apakah itu produk dlm kemasan manifaktur atau display merchandises yg ditampilkan secara.
NURUL ATIKAH BINTI ABDUL NAPIS
ASUHAN KEPERAWATAN KEHILANGAN DAN BERDUKA
DASAR-DASAR MELATIH.
Manusia dan Penderitaan
Efek Warna Biru Terhadap Kantor
KOMUNIKASI KARAKTER NURUL MUSTAWATIRA P..
BAB 12 KEBUDAYAAN & MASYARAKAT
Kepribadian Oleh : AKHMAD LUTFI Yuk belajar Pengertian Kepribadian Kepribadian adalah keseluruhan cara di mana seorang individu bereaksi dan berinteraksi.
KEPRIBADIAN.
Nurul Hanifah R KDG-15.1.A Menu Pengertian Warna Spektrum Warna
Warna & Kepribadian daniar wikan setyanto, M.Sn
STRESS KERJA PERTEMUAN KE 8.
TIPE-TIPE KEPRIBADIAN
Dasar Disain yang baik mencakup
KEPEMIMPINAN 1. M. Ghantar
PENGELOLAAN SDM : MANAJEMEN STRES KERJA
Anak, Masa Depan Kita Topik ini terinspirasi dari sebuah lagu indah “Greatest Love of All”. Anak-anak adalah masa depan kita karena kita tidak pernah terlepas.
Jatuh Cinta Sebagai Kejadian Spiritual
LOGO.
E l E M E N Warna.
Qudwah Hayati Rombel 2 Antropologi kesehatan
PSIKOLOGI INDUSTRI & ORGANISASI: MANAJEMEN STRES KERJA
Tafakur Meditasi Islam Abah Didi
LOGO.
Desain: unsur konsep, rupa, dan komposisi
4 karakter manusia FARIS.S.Sos.,M.Med.Kom.
Dasar-Dasar Dukungan Psikososial
Menggambar Perspektif
Pelangi Kehidupan Di suatu masa warna-warna dunia mulai bertengkar. Semua menganggap dirinyalah yang terbaik, yang paling penting, yang paling bermanfaat,
Bahasa tubuh Data statistik mengungkapkan 90% dari efektivitas komunikasi disambungkan melalui komunikasi nonverbal (Hap P Hannan author “look who’s talking”
Awas! Bahaya Diet Ada beberapa cara diet yang dapat menimbulkan gejala-gejala seperti berkurangnya volume darah (hypovolemia). Penyakit ini diketahui dengan.
Desain Komunikasi Visual UDINUS
Kegiatan dasar wirausaha
Teori Empat P yang Melandasi Pengembangan Kreativitas Pertemuan 5
MOTIVASI DIRI.
SENI RUPA (VISUAL ART) Skema Warna.
Bahasa tubuh Data statistik mengungkapkan 90% dari efektivitas komunikasi disambungkan melalui komunikasi nonverbal (Hap P Hannan author “look who’s talking”
Olivia Tjandra Waluya M. Si., Psi Fakultas Desain dan Industri Kreatif
Konsep Pewarnaan Website
Apa Kata Bunga Favorit Anda tentang Anda?
Komunikasi Bisnis Dahulukan Berkarakter atau Berintelektual dalam Berkomunikasi di Organisasi?
TEMPERAMEN MANUSIA.
PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
DESAIN PORTOFOLIO Universitas Esa Unggul Pertemuan Ke-6
ENDI GUSTIRADIAN MILA FITRIANINGSIH MISKA KHOIRIAH YASNI
Arti Warna dalam Desain Grafis
Yang benar vs yang salah
Etika dan Estetika Berbusana…
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
 IQ (Intelegence Quotient) yang artinya ukuran kemampuan intelektual, analisis, logika, dan rasio seseorang. IQ adalah istilah kecerdasan manusia dalam.
DESAIN AND INTERIOR Desain interior adalah Ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan digunakan untuk memecahkan.
KEHILANGAN DAN BERDUKA Eri Riana Pertiwi. Kehilangan (loss) adalah suatu situasi aktual maupun potensial yang dapat dialami individu ketika terpisah dengan.
JENIS-JENIS KEPRIBADIAN
SMART PARENTING KKN Universitas Muhammadiyah Purwokerto 2016.
KEPRIBADIAN.
Mengenal Warna. Warna dapat didefinisikan secara obyektif/fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan, atau secara subyektif/psikologis merupakan bagian.
Transcript presentasi:

Warna & Kepribadian daniar wikan setyanto, M.Sn

Kesukaan seseorang terhadap warna menurut penelitian ilmu jiwa, bisa diasosiakan dengan sifat pembawaan seseorang.

Merah Warna yang diasosiasikan dengan api dan darah. Seseorang yang menyukai warna merah akan menunjukkan bahwa orang tersebut bersifat ekstrover, pribadi yang integratif dengan dunia, orang yang penuh vitalitas, lebih dikuasai oleh dorongan hatinya (love&passion). Merah juga dapat melambangkan energi, semangat dan kekuatan, sedangkan yang negatif melambangkan keagresifan, kemarahan, revolusi dan kekejaman. Warna merah dapat dikatakan warna yang paling arogan diantara warna lain karena sifatnya yang lebih menonjol ketika dilihat mata telanjang. Orang yang mengenakan pakaian merah kelihatan “lebih berat”. Untuk penyakit mental/jiwa, merah diasosiasikan dengan kecenderungan yang berlebih-lebihan (maniak).

Kuning Kuning adalah warna matahari, emas, spiritual dan inspirasi. Sifat positif yang menyertai kuning antara lain kebijaksanaan, optimisme, cahaya, keceriaan, hasrat dan cinta. Sedangkan sifat negatifnya cemburu, pengecut, penipuan, kebohongan dan peringatan. Menurut Faber Birren, diasosiasikan dengan gangguan jiwa yang ekstrem, genius atau lemah pikiran. Dengan kata lain bahwa warna kuning adalah warna intelektual. Menyebabkan mata cepat lelah (mudah iritasi), karena lebih cemerlang dari putih. Di Burma dan Mesir – lambang duka cita, Jepang diasosiasikan keberanian, Di India – lambang pedagang dan petani.

Hijau Warna dari tumbuh-tumbuhan yang mengesankan kesegaran dan alami. Karena kedudukannya sebagai warna komplemen/berlawanan dengan warna merah, warna hijau melambangkan kebalikan dari sifat warna merah ; kehidupan, harapan, kesuburan, kesuksesan, alami, harmoni, muda dan kelahiran. Pilihan orang yang mempunyai kedudukan sosial yang tinggi, mempunyai kesempatan banyak bicara, dan selera makan tinggi. Orang yang menyukai warna hijau bila sedang dalam tekanan tidak akan merasa jadi hukuman, sebaliknya mereka akan mencari jalan luar dan mencari teman. Selain itu warna hijau juga melambangkan ketamakan, cemburu/iri, racun, kerusakan dan kurang berpengalaman. Di rumah sakit digunakan untuk membuat pasien rileks. Di Arab – warna religi dan di Cina – lambang laki-laki.

Biru Diasosiasikan ke dalam warna yang dingin, tenang dan sabar seperti langit dan laut. Lambang dari pengetahuan, ketenangan, sejuk, kedamaian, maskulin, kesetiaan, keadilan dan kecerdasan. Juga melambangkan sifat depresi, lesu dan apatis. schizophrenia (penyakit jiwa). Orang yang menyukai warna biru berlebihan mempunyai kepribadian integritas ke dalam. Di bawah tekanan, orang yang suka warna biru akan menuju pelarian yang tragis dari lingkaran (DEPRESI). Juga dapat diasosiasikan. Biru adalah simbol dari surga dan ketuhanan. Di Cina, simbol dari anak kecil (gadis) dan di Iran lambang duka cita.

JINGGA/ORANGE Diasosiasikan dengan musim gugur dan jeruk. Melambangkan creatifitas, menyegarkan, keunikan, energi, semangat, stimulasi, kesehatan dan bersifat menyilaukan. Warna yang dapat merangsang nafsu makan dan warna yang dicat dengan warna jingga/orange membuat orang berfikir dan berbicara. Warna jingga juga mewakili aktifitas. Orang yang ramai, ramah, creatif dan enerjik dihubungkan dengan warna jingga.

UNGU Diasosiasikan sebagai warna bangsawan/ningrat. Melambangkan sifat kemewahan, kebijakan, pangkat, kekayaan, keduniawian, imajinasi, inspirasi dan mistik. Juga mempunyai sifat berlebih-lebihan dan kegilaan. Di negara Amerika Latin melambangkan kematian, Di Thailand diapakai janda yang sedang berkabung, Di Jepang mempunyai arti perayaan dan arogan. Ungu mempunyai sifat romantis dan feminim. Orang yang sifatnya artistik (eksotik) suka akan warna merah keunguan (purple).

HITAM Diasosiasikan dengan malam. Melambangkan kekuatan, berat, formalitas, keseriusan, martabat, kesunyian, misteri, ketakutan, konfensional, kematian, setan, kerahasiaan, duka cita, penyesalan, kehampaan. Memakai baju hitam orang akan nampak lebih kurus. Hitam membuat warna lain menjadi terang. Dan dalam terapi warna, hitam mendorong seseorang untuk percaya diri dan kuat.

PUTIH Warna cahaya. Melambangkan kesempurnaan, kesucian, kemurnian, kebaikan, kecerahan, kelembutan, keramat, simpel, steril, mudah pecah (fragil) dan dingin. Putih dianggap warna keberuntungan jika dipakai untuk upacara pernikahan. Juga sering diasosiasikan dengan Tuhan dan Malaikat. Di sebagian tempat di Indonesia warna putih juga melambangkan warna duka cita (kematian).

Orang yang menyukai warna biru kehijauan cenderung mempunyai sifat narsisis. Orang yang menyukai warna biru keunguan biasanya bersifat pemilih, sensitif, diskriminatif. Karakter orang yang menyukai warna coklat berdasarkan psikoanalisa Freud adalah keras kepala, cermat, teliti dan seksama. Merah maroon mempunyai sifat berdisiplin tinggi. Orang yang agresif, ulet berjuang dan keras terbawa warna merah muda.

Secara mutlak tentu tidak ada warna yang mempunyai nilai intrinsik, walaupun sifat pribadi seseorang dapat diteliti. Beberapa ahli menaksir sifat-sifat kepribadian seseorang dihubungkan dengan nilai simbolis warna, yang lainnya menganalisis nilai simbolisnya dalam istilah tingkah laku. Birren melaporkan hasil penelitiannya bahwa warna mempengaruhi detak jantung, aktivitas otak, pernafasan dan tekanan darah. Sifat kewanitaan dan kejantanan seseorang juga dapat diungkapkan melalui warna. Wanita lebih menyukai warna hangat, warna pastel dan warna lembut. Pria lebih menyukai warna-warna yang tegas, tua, sejukvdengan intensitas yang kuat.

Asosiasi psikologi terhadap warna merupakan ikatan budaya suatu masyarakat tertentu yang telah menjadi kesepakatan bersama.

MORE THAN JUST A VISUAL PHENOMENON: PEOPLE REMEMBER COLOR . . . [IT] IS MORE THAN JUST A VISUAL PHENOMENON: IT HAS TREMENDOUS EMOTIONAL POWER. “Orang mengingat warna … bukan hanya semata fenomena visual : Warna mempunyai kekuatan emosional yang sangat besar sekali”

Penggunaan Warna Menggunakan warna dengan baik dan tepat merupakan masalah desain yang rumit. Macam-macam individu ataupun budaya mempunyai standar serta kriteria yang berbeda-beda dalam menentukan warna yang baik dan tepat.

Tidak ada istilah warna yan buruk bila warna digunakan secara tepat. Pada bidang komersial, ada satu ukuran yang dapat diuji dan dibuktikan mengenai bagus tidaknya,yaitu “The beautiful color are the ones that sell, the ugly color are the ones that don’t” (Faber Birren, 1956:15) Walaupun hal tersebut masih dapat diperdebatkan laku atau tidaknya merupakan kenyataan. Laku banyak berarti warna tersebut ‘baik’ dan diterima umum, warna yang tidak laku berarti buruk.

Penelitian lain menyatakan bahwa pandangan dan kerlingan mata konsumen terhadap lemari etalase di toko/supermarket kepada benda tidak lebih dari 0,03 detik. (Donald Pavey, 1980, h. 170)