Usabilitas L. Erawan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
 Faktor budaya  Faktor sosial  Faktor pribadi  Faktor psikologi  Faktor ekonomi.
Advertisements

Perbandingan win 7 dengan win 8. 1.Menurut Performa 2.Menurut Compatibility 3.Tampilan 4.Kelemahan dan kekurangan Kategori.
Ultrabook adalah sebuah komputer dalam kategori tipis dan ringan ultraportable laptop, didefinisikan oleh spesifikasi dari Intel.
U NIVERSITAS B INA D ARMA P ALEMBANG L AILI A DHA, M.K OM /T EKNIK I NFORMATIKA /2013.
CLOUD COMPUTING (Komputer Di Awan)
L. Erawan. Each Area Need Different Expertise Pakar Bisnis Pakar Komunikasi Pakar Pengalaman Pengguna.
Ferdika Putri D Dian Agus Prayitno Herlambang P.S. Andina Maharani
KONSEP WEB.
Pertemuan ke-5 Pengendalian formulir RM: Pengertian Tujuan Tahap-tahap.
By : Asriadi Pertemuan 4. Casing Power Suplay Casing merupakan bagian komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU. Bentuk yang umum.
Pertemuan 10 Understanding Marketing Strategies on Internet 1.
MENEMUKAN PELUANG USAHA
PENGANTAR MANAJEMEN BY SUYATMI.
Pengantar Hadware Komputer Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2013.
Information Architecture web dasar Metode merancang situs web
PENGUJIAN APLIKASI WEB
Pemrograman Web Lanjut
PERANGKAT JARINGAN Komponen Hardware A. Personal Komputer - PC Desktop
USABILITAS WEB (WEB USABILITY)
PRINSIP USABILITY.
USABILITAS WEB (WEB USABILITY)
OS CUSTOM BAGI PERUSAHAAN
Pengantar Teknologi Informasi
ISAK 14 Biaya Situs Web SIC 32 Website Cost
Bab 15 Merancang dan Mengelola Saluran Pemasaran Terintegrasi
Strategi Periklanan Ecommerce
Bab 13 Troubleshooting Abdillah, MIT.
PENGALAMAN PENGGUNA A. Ridwan Siregar.

TUGAS BESAR 1 (Tugas Individu)
Efektivitas Pengembangan Website
Tutorial Perakitan Komputer
Pengantar Hadware Komputer
JENIS SITUS WEB A. Ridwan Siregar.
PEMROGRAMAN PIRANTI BERGERAK
USABILITY.
Bab 15 Troubleshooting Abdillah, MIT.
OLEH : Vivi Amalia Shofiana Teknik Komputer Jaringan
KEBERGUNAAN Anna Dara Andriana., M.Kom
Gambaran Umum Sistem Pengarsipan dan Akses
KEYBOARD.
Mobile Device User Interface
Interaksi Manusia - Komputer Rani Susanto, M. Kom
THREAD.
Bagian Bagian Dalam CPU
Rizkyanti Fadillah Ratrinoor RI
Baterai Laptop.
Web usability Firman Wahyudi.
BAB IV KEBERGUNAAN (usebility)
SISTEM OPERASI - CHAPTER 1 SISTEM KOMPUTER
Pengantar Teknologi Mobile
BATERAY.
Pertemuan 10 Understanding Marketing Strategies on Internet
DISUSUN OLEH : DWI WAHYU HANDYO KELAS XI TJA 4 ABSEN 12.
Pertemuan ke 2 pengantar teknologi informasi
Tugas Simulasi Digital
ANALISIS PENJUALAN KOMPUTER
KOMPUTER TERCANGGIH SAAT INI
...Tekan ‘GO’ Untuk Memulai...
Teknologi perangkat keras
NAMA : RAHMAWATI SETIA WULANDARI
Usrotul hasanah XI Tkj 6 XI Tkj.
Suplemen collaboration diagram component diagram
Toshiba Ketiban Rezeki Tablet Toshiba yang selama ini dikenal sebagai produsen notebook boleh jadi belum masuk ke pasar tablet seperti vendor-vendor yang.
Kelebihan PDA dibandingkan dengan notebook
PRINSIP USABILITY.
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENCATATAN
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
PEMBUATAN APLIKASI E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN ASP Agus Priyanto
Metode penelitian Usability Nielsen
Transcript presentasi:

Usabilitas L. Erawan

Peranan Usabilitas Usabilitas penting dalam pengembangan situs web. Kajian terhadap perilaku pengguna di Web menemukan bahwa terdapat toleransi yang rendah dari pengguna untuk desain yang sulit atau situs yang lambat. Orang tidak mau menunggu, dan mereka tidak mau harus mempelajari dulu sebelum dapat menggunakan situs web. Orang ingin dapat memahami fungsi situs segera setelah melihat sekilas halaman web selama paling banyak beberapa detik. Jika tidak, sebagian besar pengguna biasanya akan meninggalkan situs lalu browsing atau berbelanja di situs lain.

Definisi Definisi usabilitas menurut ISO adalah “Sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai tujuan tertentu dengan efektif, efisien, dan memuaskan dalam konteks penggunaan tertentu”

Kriteria Learnability: Seberapa mudah bagi pengguna untuk menyelesaikan tugas-tugas dasar mereka pada penggunaan pertama kali suatu desain? Efisiensi: Setelah pengguna mempelajari desain, seberapa cepat mereka dapat melakukan tugas-tugasnya? Memorability: Bila pengguna kembali ke desain setelah beberapa lama tidak menggunakannya, akan seberapa mudah mereka dapat membangun kembali kemampuannya? Kesalahan: Berapa banyak kesalahan yang dibuat pengguna, seberapa parah kesalahan tersebut, dan seberapa mudah mereka dapat pulih dari kesalahan? Kepuasan: Seberapa menyenangkankah menggunakan desain tersebut?

Kasus Usabilitas Berikut akan dipraktekkan contoh pembentukan usabilitas pada situs yang dibangun.

Kasus Pembangunan Situs Ecommerce Produk Komputer Pada tahap penentuan konten (barang-barang yang akan dijual), konten per;lu dikelompokkan dan diberi nama Teknik yang akan digunakan adalah sorting card Disini, Anda dianggap sebagai representasi/perwakilan dari target pengguna Anda dimintai bantuan untuk menggolongkan barang- barang yang akan dijual (bayangkan barang-barang di swalayan)

Barang-barang Power supply Casing Processor Memory Server Notebook Asus Smartphone LG Memory dekstop Smartphone Samsung Car Kit/Charger Notebook Acer Smartphone Android Charger Handphone Charger Tablet Notebook Lenovo Memory notebook Portable Charger Universal Charger

Pengelompokkan Komponen Power supply Casing Processor Memori Memory Server Memory Desktop Memory Notebook Adapter/Battery Charger HP Charger Tablet Portable Charger Universal Charger Car Kit/Charget Notebook Notebook Asus Notebook Lenovo Notebook Acer Smartphone Smartphone LG Smartphone Samsung Smartphone Android