DESAIN PRODUK 5 (FUTURE TREND) Teknologi & Life Style

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Studi Dasar (Baseline) untuk Advokasi Kebijakan
Advertisements

Penulisan Naskah Iklan by agus Situational Analysis Dig up all the facts and information, then cut away the unimportant information and get down to the.
Konsep Pendekatan Sistem dalam Desain Instruksional
Making Use Case 23/09/2014. USE CASE Find out the Functional Requirements of a software system Use case represents an objective user wants to achieve.
Managing Software Requirements (manajemen kebutuhan perangkat lunak)
RENCANA PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK (RPPL)
Pemanfaatan dan pengolahan limbah (Pilihan) Kuliah – 1 8 Februari 2008.
Delivery/Inform/Convey Information with Facebook An Introduction of Information and Communication Technology.
THE REQUIREMENTS ANALYSIS PHASE
© 2007 by Prentice Hall Management Information Systems, 10/e Raymond McLeod and George Schell 1 Management Information Systems, 10/e Raymond McLeod and.
PROJECT FRAMEWORK Pertemuan-14 Mata Kuliah: CSM-211, Management Support System Tahun Akademik : 2012 / 2013 Sasaran Pembelajaran The student can make design.
INTRODUCING PERTEMUAN 1 DST115 Desain Praktis Indra G Rochyat, MA.
Kelompok 5 : Asdin Ines Lestari Neng Susanti Siti Robiahtul Adawiyah Vena Senja Maba SOFTWARE REQUIREMENTS.
LOGO RESPONSI MOSDM MINGGU KE-5 15 MARET 2013 PENJELASAN BAB V CASE STUDY 4 SEKILAS ABDI DALEM PSMI.
Oleh: SARIPUDIN Jurusan SISTEM INFORMASI
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
1 Pertemuan 09 Kebutuhan Sistem Matakuliah: T0234 / Sistem Informasi Geografis Tahun: 2005 Versi: 01/revisi 1.
1 Pertemuan 12 Pengkodean & Implementasi Matakuliah: T0234 / Sistem Informasi Geografis Tahun: 2005 Versi: 01/revisi 1.
ABSTRACT for further detail, please visit
The Bug Tracking Database (1) Pertemuan 6
Phase III Rapid Prototyping and Demonstration Prototype
1 Pertemuan 21 Function Matakuliah: M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 5.
1 Pertemuan 2 Unit 1 - Careers Matakuliah: G0682 / Bahasa Inggris Ekonomi 1 Tahun: 2005 Versi: versi/revisi.
1 Pertemuan 11 Function dari System Matakuliah: M0446/Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 0/0.
HOW TO ACHIEVE 30% BLENDED LEARNING IN 1 HOUR. Objective To achieve 30% blended learning To achieve 30% blended learning.
1 INTRODUCTION Pertemuan 1 s.d 2 Matakuliah: A0554/Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Tahun: 2006.
THE OLD WAY OF BRANDING Brand (-ing) is only about tagline for promotion Brand (-ing) is only about the logo & creative Brand (-ing) is only for the communication.
Pertemuan 2 Tetty Harahap, ST., M.Eng
Pendekatan & Kategori Iklan Pertemuan 2
Using Course-view to Enhance our Course Design
Management Information Systems, 10/e
Kuliah 4 : Spesifikasi Produk (Product Specification)
EIS (Executive Information Systems)
Functional Requirements vs Non Functional Requirements
Pert. 16. Menyimak lingkungan IS/IT saat ini
Notasi Object Oriented System
Kemampuan Berkomunikasi Siswa
AKUNTANSI PAJAK EDISI 6 WALUYO
Membangun Web Site“Cantik”
Skripsi, tesis & disertasi
Pertemuan 03 Materi : Buku Wajib & Sumber Materi :
4 Managing Software Requirement Analisis Kebutuhan
PERANCANGAN SISTEM SECARA UMUM
Pendahuluan Analisis & Desain Berorientasi Obyek (ADBO)
DST115 Desain Praktis Indra G Rochyat, MA INTRODUCING PERTEMUAN 1.
CA113 Pengantar Manajemen Bisnis
Perancangan Basis Data
Pengantar Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak
Software Engineering Rekayasa Perangkat Lunak
Pertemuan 17 Aplication Domain
Pertemuan <<18>> << Penemuan Fakta(01) >>
Analisis Kebutuhan.
Kuis 1 April 2017 Pilih Suatu Proyek IT
Introduction to Database Management System Pertemuan 01
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
CA113 Pengantar Manajemen Bisnis
EIS (Executive Information Systems)
Pemodelan dan Simulasi
SYSTEMS INVESTIGATION Pertemuan 3 s.d 6
Rabiatul Hasanah Nadia Putri Anugrah Ramadhan Khoirur Roziqin
Dasar-Dasar Sistem Informasi
Project Initiation.
INF – UNIJOYO Analisa dan Desain Berbasis Objek
PROJECT FRAMEWORK Pertemuan-13
IT 330 Metodologi Penelitian
How Can I Be A Driver of The Month as I Am Working for Uber?
CA113 Pengantar Manajemen Bisnis
INTEGRASI RISET & PEMBELAJARAN FISIKA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Rank Your Ideas The next step is to rank and compare your three high- potential ideas. Rank each one on the three qualities of feasibility, persuasion,
Building Information Systems
Transcript presentasi:

DESAIN PRODUK 5 (FUTURE TREND) Teknologi & Life Style POKOK BAHASAN UTAMA PRODI: User-Market Trend Sistem teknologi Sustainable produk Produksi & manufaktur HASIL LUARAN & CAPAIAN PERKULIAHAN MAHASISWA: Mahasiswa dapat membuat konsep desain berdasarkan trend perkembangan desain kedepan dan menghasilkan mockup atau prototype produk fungsional yang menerapkan teknologi terkini atau yang akan datang dan dapat bermanfaat untuk masyarakat.

REFERENSI PUSTAKA The Fundamentals of Product Design (Richard Morris) Product Design and Development (Mc Graw Hill Karl T. Virich, Steven D. Eppinger) New Product Design (Zeixs, Peter Feierebend) Industrial Design (Earl E. Hoyt Jr)

MATERI PENUNJANG PERKULIAHAN DP V MATAKULIAH SEMINAR DESAIN MATERI PENUNJANG & KAITAN DENGAN MK PRODI LAINNYA MATERI PENUNJANG PERKULIAHAN DP V DESAIN PRODUK 5 (FUTURE DESIGN) SUSTAINABLE PRODUK SISTEM & TEKNOLOGI TREND BARU/ FUTURE TREND USER-MARKET (Lokal-Global) FUNGSI PRODUK PRODUKSI - MANUFAKTUR MATA KULIAH PENUNJANG DP 5 “MK PILIHAN 1” (MK KOTA dari Fak Teknologi dan desain : prodi TIF-SIF atau prodi lainnya yang berhubungan dengan DP 5 ) “MK PILIHAN 2” (MK KOTA Sosial Humaniora: prodi Manajemen-Akuntansi atau prodi lainnya yang berhubungan dengan DP 5) MATAKULIAH SEMINAR DESAIN

PENILAIAN PERKULIAHAN NO Nama Mahasiswa 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 Total Nilai Akhir Presentasi hasil survey Pencarian data Presentasi hasil data yang didapat Presentasi draft konsep & data Sketsa ide Presentasi sketsa ide Presentasi revisi idea Detail idea Presentasi ide final Gambar detail Gambar Part & gambar kerja UTS Membentuk form Bentuk dasar Presentasi bentuk dasar Modeling Presentasi rencana dan tahapan pembuatan prototyping Presentasi progres 1 pembuatan prototyping Presentasi progres 2 pembuatan prototyping Presentasi progres 3 pembuatan prototyping (final) UAS Proses Total Nilai 1 Risang A Banur Stefanus Husein Penilaian Proses 50% UTS 25% UAS Acuan penilaian tugas Lengkap dan detail 100 Lengkap kurang detail 90 Ada, kurang lengkap &detail 70 Ada & tidak jelas 60 Tidak ada hasil Bobot Penilaian A 85-100 B 70-84,9 C 60 -69.9 D 40 - 59.9 E 0-39.9

TIMELINE & TARGET CAPAIAN PERKULIAHAN DP 5 PERTEMUAN 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 PEMBAHASAN Survey Hasil Survey Konsep Revisi konsep Modeling UTS/Desain Final Final Desain Gambar Kerja Prototyping UAS MATERI   Pengantar perkuliahan Presentasi hasil survey Presentasi draft konsep & data Presentasi revisi idea Membentuk form Presentasi Revisi bentuk dasar Presentasi konsep, sketsa ide & alternatif modeling Presentasi final ide & modeling Gambar Part & gambar kerja Presentasi rencana dan tahapan pembuatan prototyping Presentasi progres 1 pembuatan prototyping Presentasi progres 2 pembuatan prototyping Presentasi progres 3 pembuatan prototyping (final) Presentasi konsep final, sketsa dan desain final, gambar kerja final, model, prototype & kelengkapan lainnya (laporan) Pencarian data Sketsa ide Detail idea Gambar detail Presentasi hasil data yang didapat Presentasi sketsa ide Bentuk dasar - Review

Minggu #1 THE FUTURE & TREND OF PRODUCT DESIGN Desain produk 5, proses perancangan berdasarkan aspek : Trend kedepan-New Market Gaya hidup (life style) Teknologi terkini Sustainable desain

Desain produk 5, proses perancangan berdasarkan aspek : Trend kedepan (Future Trend) Kecenderungan sebagian besar masyarakat (lokal maupun global) untuk melakukan, memiliki atau menggunakan sesuatu yang dihasilkan secara alamiah ataupun hasil dari penciptaan atau kreasi manusia yang terjadi pada rentang waktu tertentu. Gaya hidup (life style) Pola, kebiasaan, tingkah laku dan cara hidup yang dijalankan oleh manusia secara individu yang terbetuk dari pengaruh interaksi dengan lingkungan sosial (lokal maupun global), perkembangan zaman dan teknologi. Teknologi terkini Hasil pemikiran dan pengetahuan manusia yang diaplikasikan untuk menghasilkan penemuan, inovasi atau modifikasi yang diciptakan secara terpadu untuk memenuhi dan membantu kebutuhan hidup manusia. Sustainable desain Sustainable desain (desain berkelanjutan), mengurangi atau menghilangkan dampak negatif terhadap lingkungan dan manusia yang meliputi : Penggunaan material, Energi, daur ulang (recycle product), Umur pakai produk (life cycle product).

Desain produk 5, contoh produk: Fungsi & Teknologi

Fungsi & Energi

Fungsi & Material

Fungsi & User

SURVEYS Mencarai permasalahan desain Kegunaan dari survei antara lain: Mendapatkan dan memperoleh fakta dari fenomena yang ada. Mendapatkan keterangan riil dari suatu komunitas, group atau wilayah . Melakukan kajian dan evaluasi serta membandingakn kasus serupa yang telah dilakukan orang lain. Hasil yang didapat digunakan untuk penyusunan perencanaan dan menetapkan keputusan yang akan dilaksanakan/diambil. Kategori Survey: Survey responden dengan quisioner Observasi lapangan Survey pengambilan sampel/contoh Yang Harus Diperhatikan Dalam Melaksanakan Survey: Introduction Kapan? Apa yang harus diperhatikan Membuat dan Mendistribusikan survei Analisis data dan interpretasi Mengkomunikasikan temuan

Introduction Latar belakang mengapa harus dilakukan survey, menjelaskan maksud, tujuan dan data/sampel yang akan diambil, responden/objek yang disurvey, perangkat dan cara yang dilakukan dalam melaksankan survey, timeline/jadwal atau tahapan survey. Kapan Dan Dimana? For a new product (or a new version), a survey can be a great way to start your user requirements gathering For a new product Help you identify your potential user population Find out what they want and need in the product you are proposing Find out at a high level how they are currently accomplishing their tasks. For an existing product Learn about the user population and their characteristics Find out users’ likes and dislikes about the current product Learn how users currently use the system

Apa Yang Harus Diperhatikan Response Bias, Jawaban responden atau hasil pengamatan dan sampel tidak mencerminkan kondisi yang sebenarnya, pada saat survey dilakukan. Cobalah untuk menyediakan responden/objek survey dengan identitas yang lengkap dan jelas. Survey yang disertakan dengan pertanyaan atau kuisioner kepada responden, dibuat dengan cara yang singkat, mudah dipahami dan dengan pertanyaan yang spesifik. Membuat Dan Mendistribusikan Survei Preparation timeline Identify the Objectives of Your Study Who is the survey for? What information are you looking for? How will you distribute the survey and collect responses? How will you analyze the data? Who will be involved in the process? Composing the Questions

Analisis Data Dan Interpretasi Melakukan klasifikasi data atau hasil survey Membuat skala peringkat, %, atau rata-rata dari data yang didapat Membuat diagram grafik dari data yang didapat Mengkomunikasikan Hasil Survey A good report illuminates all the relevant data, provides a coherent story, and tells the stakeholders what to do next You can use: A poster “Personas” and/or “Scenarios” Identify follow-up activities Table of recommendations

STUDY CASE Write a survey : Introduction Questions (Minimum 25 questions) Analysis of results Communication of results

Minggu #2 what to do next Desain Brief Project Overview What is the final deliverable of this project and what problem does this deliverable solve? Goals and Objectives In numbers or plain language, what are we trying to achieve with this project — and by what date do we want to accomplish that objective? Target Audience As specifically as possible, who are we talking to? What are their defining demographic and psychographic characteristics? Design Requirements What additional design specifications are required for successful completion of this project? Outline all design specs and include any relevant reference materials below. Key Project Stakeholders Budget and Schedule Data dan referensi Mengumpulkan data & referensi untuk mencari solusi Buat perbandingan dari solusi yang sudah ada sebelumnya (kekurangan dan klebihannya)