Inheritance (pewarisan)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PEMROGRAMAN SISTEM PERNYATAAN DASAR PERULANGAN Pertemuan V
Advertisements

STRUKTUR KONTROL PERCABANGAN DAN STRUKTUR KONTROL LOMPATAN
Inheritance (pewarisan)
PEWARISAN ( INHERITANCE)
BAB III – CLASS (1) DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom.
Fungsi (lanjutan) Pertemuan ke-9 Bahasa C.
Struktur.
Pembahasan soal-soal pemrograman terstruktur
PENGENALAN c++ DAN STRUKTUR DASAR C++
Perintah Input-OutPut
PEMROGRAMAN SISTEM PERNYATAAN DASAR PILIHAN Pertemuan V
Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB 2013
ARRAY OF STRUCT Apabila hendak menggunakan 1 struct untuk beberapa kali, ada 2 cara : Deklarasi manual #include typedef struct Mahasiswa { char.
Class.
Fungsi.
POINTER (VAR.PENUNJUK)
Pertemuan 7 inheritance.
#include //bagian modul int hitung(x,y) { return(x+y); } //bagian utama main() { int jumlah,a,b; a=8; b=2; jumlah=hitung(a,b); cout
Jawaban ujian MID. #include int pil; char tny; main(){ menu: cout
STRUCT OF ARRAY Apabila hendak menggunakan 1 struct untuk beberapa kali, ada 2 cara : Deklarasi manual #include typedef struct Mahasiswa { char.
Friend. Adalah fungsi bukan anggota kelas yg dapat mengakses anggota kelas. Secara umum friend berguna jika terdapat suatu operasi yg hendak mengakses.
Bab 05 Tipe Data dan Mengisi Variabel
1 Pertemuan 9 Inheritance Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
STRUKTUR KONTROL PENYELEKSIAN KONDISI LANJUTAN…….
1 Pertemuan 16 Multiple Inheritance Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
// Contoh program c++ dengan fungsi template
Kontrak Kuliah Pengenalan OOP
INHERITANCE & POLIMORPHISME Pertemuan Inheritance
DASAR BAHASA PEMROGRAMAN BORLAND C++
I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom
12.Objek S. Indriani L, M.T 12. Objek.
ARRAY / LARIK STRUKTUR DATA Oleh : Yuli Praptomo PHS, S.Kom.
Statement Control (if dan switch)
Pertemuan 10 Inheritance Lanjutan
INPUT DAN OUTPUT OLEH: SRI SUPATMI,S.KOM.
Elemen dasar Pertemuan 3.
10. Kelas S. Indriani L, M.T.
S T R U K T U R.
STRUKTUR DATA Pengenalan C++
2. Pengenalan Program C++
TYPE DATA ,VARIABEL &KONSTANTA Dalam C++
FUNCTION Fungsi (Function) merupakan sekumpulan instruksi yang membentuk satu unit serta memiliki nama. Fungsi digunakan.
ARRAY.
Struktur Manfaat tipe data struct secara umum adalah untuk menyimpan paket (sekumpulan) data ke dalam satu buah nama variabel saja. Kumpulan data di dalam.
Inheritance Pertemuan 21
PERNYATAAN DASAR DALAM C++.
Struktur.
Operator overloading.
Class dan Objek Lanjutan Pertemuan 18
C++ static.
Sumber : repository.binus.ac.id/content/T0454/T ppt
STRUCT OF ARRAY.
Program komputer Sebuah program komputer yang ditulis dengan bahasa apapun dapat dipandang sebagai sebuah himpunan operasi yang dikerjakan pada data-data.
Operator dan Operasi Input Output pada C++ Pertemuan 11
Inheritance lanjutan Pertemuan 22
~ PERTEMUAN 4 KONSEP TIPE DATA ~
Pemrograman Terstruktur
Generic Data Type Pertemuan 25
13. Pewarisan S. Indriani L, M.T 12. Pewarisan.
CLASS.
STRUCTURE Struktur (Structure = struct) merupakan suatu struktur data yang terdiri dari satu atau lebih variabel yang bertipe data.
BAHASA PEMROGRAMAN II DEDED RAMAD KAMDA, S. KOM.
Pertemuan 3 Input/output Statement Assignment Statement
C++ Polymorphism.
(Object Oriented Programming)
Pengantar Pemrograman Bahasa C
Pemrograman Terstruktur
PERTEMUAN V F U N G S I Tujuan membuat suatu fungsi
Teknik Pemrog. Terstruktur 2
STRUKTUR KONTROL PERCABANGAN DAN STRUKTUR KONTROL LOMPATAN
Transcript presentasi:

Inheritance (pewarisan) Dalam C++ dimungkinkan untuk mewariskan class atau fungsi ke kelas atau fungsi lain Sifat ini disebut pewarisan (Inheritance) Class yg mewarisi sifat kelas lain disebut turunan (derived clas) Class yg mewariskan sifat ke kelas lain disebut class dasar (base class)

Sifat A Sifat A Sifat yg di wariskan Sifat B Sifat B Sifat C Sifat spesifik Class dasar Class turunan

: KELUARAN Info turunan di jalankan..... Judul : C++ class Buku { protected : char judul[20]; char pengarang[20]; int jumlah; public : void inisialisasi(char *Judul, char *Pengarang, int Jumlah) { strcpy(judul, Judul); strcpy(pengarang, Pengarang); jumlah = Jumlah; } void info() { cout << "Judul : " << judul << endl; cout << "Pengarang : " << pengarang << endl; cout << "Jumlah : " << jumlah << endl; } ; class Turunan : public Buku { public: void info_turunan() { cout<<“Info turunan di jalankan....." << endl; }; int main() { Turunan anak; anak.info_turunan(); anak.inisialisasi("C++", "Borland", 5); anak.info(); return 0; KELUARAN Info turunan di jalankan..... Judul : C++ Pengarang : Borland Jumlah : 5 TANDA TITIK DUA :

Menghitung luas permukaan tabung tertutup Permukaan Tertutup t r = jari-jari penutup tabung t = tinggi tabung

Bentuk tabung pada Gbr.1 mempunyai dua permukaan yang tertutup sehingga untuk menghitung luas keseluruhan permukaan tabung maka perlu tahapan seperti berikut, Tahap I : menghitung luas kedua permukaan penutup (2πr2) Tahap II: menghitung luas permukaan yang mengelilingi tabung(2πrt) Tahap III: menjumlahkan luas pada Tahap I & II (2πr2) + (2πrt)

/* --------------------------------------*/ /* Nama File: WARIS02.C */ /* Pewarisan */ #include <iostream.h> #include <conio.h> #include <math.h> class Luas_Permukaan // Menghitung luas permukaan kedua penutup { // (Tahap I) protected: float luas_penutup; float jari_jari_penutup; public: void menghitung_luas_penutup() float jari_jari; cout << "Jari-jari kedua penutup tabung : "; cin >> jari_jari; cout << endl; jari_jari_penutup = jari_jari; luas_penutup = 2 * 3.14 * (pow(jari_jari_penutup, 2)); } };

class Dinding_Tabung:public Luas_Permukaan // Menghitung luas { // dinding // (Tahap II) protected: float luas_dinding_tabung; public: void menghitung_luas_dinding_tabung() { float tinggi_tabung; cout << "Tinggi tabung : "; cin >> tinggi_tabung; cout << endl; luas_dinding_tabung = 2 * 3.14 * jari_jari_penutup * tinggi_tabung; } };

class Luas_Tabung:public Dinding_Tabung // Menghitung jumlah luas { // tabung (Tahap III) public: void luas_keseluruhan() { float luas_tabung; luas_tabung = luas_penutup + luas_dinding_tabung; cout << "Luas Tabung : " << luas_tabung; } };

main() { clrscr(); // Hapus layar monitor Luas_Tabung Luas_Permukaan_Tabung; // definisi obyek/kelas Luas_Permukaan_Tabung.menghitung_luas_penutup(); cout << endl; Luas_Permukaan_Tabung.menghitung_luas_dinding_tabung(); Luas_Permukaan_Tabung.luas_keseluruhan(); getch(); // Berhenti sejenak untuk melihat keluaran dan tekan // tombol apa saja pada papan ketik untuk melanjutkan clrscr(); // Hapus layar monitor }

Keluaran setelah program di-run Jari-jari kedua penutup tabung : 20 Tinggi tabung : 50 Luas tabung : 8792

Hidupkan kendaraan anda... Hidupkan mesin truk ... class Kendaraan { protected: char nama[15]; public: Kendaraan(char *nama_kendaraan = "XXX") { strcpy(nama, nama_kendaraan); cout << "Hidupkan kendaraan anda..." << endl; } ~Kendaraan() cout << "Matikan mesin kendaraan anda..." << endl; void info_kendaraan() cout << nama << " sedang berjalan .." << endl; }; class Truk : public Kendaraan { public: Truk(char *nama_truk) : Kendaraan(nama_truk) cout << "Hidupkan mesin truk ... " << endl; ~Truk() cout << "Matikan mesin truk..." << endl; int main() Truk fuso("Truk Fuso"); fuso.info_kendaraan(); cout << "Akhir program... " <<endl; return 0; Hidupkan kendaraan anda... Hidupkan mesin truk ... Truk Fuso sedang berjalan .. Akhir program... Matikan mesin truk... Matikan mesin kendaraan anda...