The Humans Role in UCD.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
1 Start with Question • Pernahkah Anda menutup sebuah website karena waktu loading yang lama? • Seberapa sering Anda menemukan website yang –tidak (atau.
Advertisements

PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Teknologi Informasi ~ Sistem Informasi ~
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
PENGENALAN ANALISA SISTEM BERORIENTASI OBYEK
Manusia Estimasi Kreatif Tidak tergantung energi listrik Mempunyai inisiatif Memberi instruksi pada komputer.
Pemodelan & Kualifikasi
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER – PART 8 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng.
Interaksi Manusia dan komputer
Prototype.
USABILITY DARI ISO 9241 (ALAN DIX ET ALL, 1993)
Web Design & Multimedia M. Akbar. Web Design Apa yang anda pikirkan dengan Mata kuliah ini ?
Analisis dan Perancangan Sistem
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 Review Software Engineering.
Kelompok 1 Mochammad. Nasir Mochammad. Nasir Isommuddin Isommuddin T. Yusak D
DESAIN IMK-M5.
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
PROTOTYPING.
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Interaksi Manusia & Komputer Evaluasi
Model Proses Perangkat Lunak
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
Interaksi Manusia Dan Komputer
PENGEMBANGAN APLIKASI
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Perancangan antarmuka (design interface)
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Latihan Ujian UTS dan UAS
PENDEKATAN RPL UNTUK INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER
SISTEM DAN ELEMEN SISTEM
Interaksi Manusia & Komputer Prototyping
Semoga ALLAH memberikan kita KEBERKAHAN dan KEMUDAHAN
Interaksi Manusia & Komputer
DESIGN AND DEVELOPING ONLINE LEARNING
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Prototyping
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
DAYA GUNA / USABILITY.
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
USABILITY.
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Human Computer Interaction (1)
Interaksi Manusia dan Komputer
KELOMPOK 8 NAMA ANGGOTA : Firda Firdaus W.L( ) M. Ichsan Rauf ( ) Rananda Putra I.( ) Taufan Herman ( ) Trisna Syahputra(
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Membangun Web yang baik (lanjutan)
Interaksi Manusia dan Komputer
Introduction to Human Computer Interaction
Web usability Firman Wahyudi.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Tujuan instruksional umum:
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
PROTOTYPING IMK 2015 Laseri, S.Kom.
Desain Antarmuka (User Interface Design)
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Prototyping Deskripsi Desain  Bagaimana kita menyatakan dengan cepat gagasan-gagasan desain ?  Tidak ada koding.
Sistem Pendukung Keputusan Roni Andarsyah, ST., M.Kom Lecture Series.
Interaksi Manusia Komputer [IF ]
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER. PENGERTIAN DESAIN  Desain adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk.
DAYA GUNA.
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Metode penelitian Usability Nielsen
Transcript presentasi:

The Humans Role in UCD

Manusia Estimasi Kreatif Tidak tergantung energi listrik Mempunyai inisiatif Memberi instruksi pada komputer

Komputer Kalkulasi Akurat Konsisten Multitasking Bebas Kesalahan Bekerja cepat, tepat & teliti Cocok untuk pekerjaan rutin (berulang)

Expecting DIFFERENT Result

What is ? USER CENTERED DESIGN

What is GOAL of UCD ?

What is GOAL of UCD ? The ultimate goal of UCD is to optimize a user’s experience of a system, product, or process

USER PERSPECTIVE?

Kebutuhan Tujuan, Motivasi Keterbatasan Task, Aktivitas & Perilaku Kehidupan kerja & Pengalaman

Memahami perspektif user, memungkinkan perancang sistem dapat memenuhi kebutuhan user

Pengujian Usability

Learnability bagaimana waktu yang digunakan pengguna untuk dapat mengerti dan menggunakan aplikasi. Jakob Nielsen,

Efficiency seberapa cepat pengguna dapat mengerti dan menggunakan task Jakob Nielsen,

Memorability bagaimana pengguna dapat mengingat cara kerja sistem setelah tidak berinteraksi Jakob Nielsen,

Errors berapa banyak eror yang dilakukan oleh pengguna Jakob Nielsen,

Satisfaction bagaimana kepuasan yang diterima oleh pengguna setelah berinteraksi dengan sistem yang digunakannya Jakob Nielsen,

What is UCD PROCESS ?

USER SCENARIOS SURVEYS TASK ANALYSIS STRATEGY DEVELOPMENT

STORYBOARD PARTISIPASI DESAIN

DESAIN DESAIN GRAFIS DESAIN LOGO PROTOTYPING

Usability Evaluation