APLIKASI KOMPUTER PERTEMUAN KE 2 SAFITRI JAYA, S.Kom, M.T.I

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengenalan Pengolahan Data Elektronik
Advertisements

OPERASI DASAR PERALATAN KOMPUTER
Perangkat Lunak.
Bab 5 Perangkat Lunak.
STMIK/ AMIK “PARNA RAYA” MANADO
PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
PENGENALAN KOMPUTER Oleh: Amir Ar Razzaaq.
PENGERTIAN KOMPUTER Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung.
Komponen Sistem Teknologi Informasi
Unsur-unsur Komputer Aplikasi Komputer 1.
Software Aplikasi Raisul Azhar STMIK Bumigora Mataram
SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)
TEKNOLOGI PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
Pelatihan Komputer dan Internet Materi: Pengenalan Komputer
Komputer dan Pendidikan
UNSUR-UNSUR KOMPUTER Oleh : Anggi Ranggini
OLEH : Lili herawati UNSUR-UNSUR KOMPUTER.
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) DAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK BEBERAPA PROGRAM APLIKASI
Mengoperasikan PC Stand Alone
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Software Aplikasi Raisul Azhar STMIK Bumigora Mataram
MATA KULIAH PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
KOMPUTER.
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
Komponen Utama dan Arsitektur Komputer
PENGENALAN PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
PENGENALAN SISTEM KOMPUTER
Perangkat Lunak Aplikasi
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A
Perangkat-Perangkat Lunak (Softwares)
Teknologi Komputer By Daniel Damaris NS.
KOMPUTER dan MANAJEMEN INFORMASI
Aplikasi Teknologi Informasi 1
PENGELOMPOKAN KOMPUTER
Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah
Unsur-unsur Komputer Aplikasi Komputer 1.
PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI
SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Definisi dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT) Adalah wadah terpusat yang mencakup seluruh peralatan.
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMKN 1 ) 2008
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
Hardware dan software komputer
Pengantar Teknologi Informasi
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
REVIEW MATERI TIK X GANJIL 2011
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER PRINGSEWU
SISTEM KOMPUTER.
Pertemuan 9 Software.
Sekilas Tentang Komputer
Teknologi perangkat keras
Disusun Oleh : Tutuk Jatmiko,SPd SMK Ibrahimy Panji Kab. Situbondo – Jawa Timur.
Software Perangkat lunak Teknisi Komputer - LPK HIDAYAH.
TEKNOLOGI INFORMATIKA
STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengerti sejarah komputer
NAMA : RAHMAWATI SETIA WULANDARI
APLIKASI KOMPUTER PERTEMUAN KE 1 SAFITRI JAYA, S.Kom, M.T.I
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) TIK
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
SISTEM KOMPUTER. Sistem Komputer Kombinasi dari elemen:  Perangkat keras ( hardware ),  Perangkat lunak ( software ),  Data/Informasi,  Prosedur,
Aplikasi dalam OS.
MATERI PERANGKAT KOMPUTER HARDWARE DAN SOFTWARE Kompetensi Dasar : 3.1. Memahami Interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna Indikator.
Hari 1 - Remediasi PENGENALAN KOMPUTER.
OPERASI DASAR KOMPUTER. Apa itu Komputer Komputer berasal dari kata Compute = Menghitung, jadi semua proses yang dilakukan komputer baik yang ditampilkan.
Transcript presentasi:

APLIKASI KOMPUTER PERTEMUAN KE 2 SAFITRI JAYA, S.Kom, M.T.I SEMESTER GANJIL TA 2017/2018 UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA APLIKASI KOMPUTER

Aplikasi komputer Aplikasi komputer adalah sebuah piranti lunak (software) program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman dan berfungsi melakukan perintah sesuai dengan keinginan dari pembuat aplikasi. Aplikasi komputer adalah penggunaan teknologi komputer untuk menunjang aktivitas perkantoran yaitu pengerjaan pengolahan data (teks dan angka). Contoh aplikasi komputer : Program-program dalam dunia bank yang digunakan untuk menyediakan informasi buku rekening bulanan para nasabah. Program dalam perusahaan penerbangan domestik yang memberikan informasi pemesanan dan jadwal penerbangan.

Peran komputer dalam era masyarakat informasi Masyarakat dapat memperoleh informasi untuk mendukung aktivitas melalui komputer; Masyarakat dapat memperoleh kemudahan dalam mengambil sebuah keputusan; Proses pengambilan keputusan saat ini memerlukan ketersediaan informasi dalam jumlah yang banyak, akurat, relevan, lengkap dan tepat waktu; Komputer mampu meningkatkan efisiensi dan kemampuan sumber daya manusia dalam berbagai bidang, seperti : pendidikan, kedokteran,perindustrian, militer, ekonomi dan bisnis, bidang teknik, hiburan, dll.

Klasifikasi komputer (Robert H Blissmer) 1. Berdasarkan data yang diolah : Komputer analog dan komputer digital Komputer digital Komputer analog

Klasifikasi komputer (Robert H Blissmer) 2. Berdasarkan penggunanya : Komputer untuk tujuan khusus dan komputer untuk tujuan umum Komputer untuk tujuan umum Komputer untuk tujuan khusus

Klasifikasi komputer (Robert H Blissmer) 3. Berdasarkan kapasitas dan ukurannya : Komputer mikro, komputer mini, komputer kecil, komputer menengah, komputer besar dan komputer super Komputer mini Komputer besar Komputer mikro Komputer super Komputer menengah

Klasifikasi komputer (Robert H Blissmer) 4. Berdasarkan bentuk dan ukuran fisik : tower, desktop, portable, notebook, subnotebook, dan palmtop.

KOMPONEN dasar komputer

Skema blok sistem komputer

Mengenal macam-macam sistem operasi

Jenis-jenis aplikasi komputer Aplikasi Perkantoran Aplikasi perkantoran adalah aplikasi komputer yang berguna menyediakan layanan pekerjaan kantor. Contoh dari aplikasi perkantoran adalah Microsoft Office. Aplikasi Multimedia Aplikasi multimedia adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk menggabungkan sebuah informasi, teks, video, dan audio. Contoh dari aplikasi ini adalah Aimp3/Winamp dan Windows Media Player. Aplikasi Grafis Aplikasi Grafis adalah aplikasi yang berfungsi untuk membuat desain logo maupun editing foto/gambar. Contoh aplikasi Adobe Photoshop, Corel Draw.

Jenis-jenis aplikasi komputer Aplikasi Internet Aplikasi Internet adalah aplikasi komputer yang menyediakan layanan kemudahan dalam beraktifitas di internet. Contoh E-mail, Google, Bing, dan Yahoo. Aplikasi Programming Aplikasi Programming adalah aplikasi khusus untuk membuat software atau program tertentu. Contoh aplikasi Visual Basic, PHP, Delphi 7. Aplikasi Game Aplikasi Game adalah aplikasi permainan yang ada didalam sebuah komputer. Contoh Zuma, Call Of Duty, dan Grand Theif Auto.

Piranti komputer Piranti utama Piranti utama merupakan piranti penting yang harus ada di komputer agar komputer berfungsi dengan baik. Beberapa diantaranya : layar monitor, keyboard, mouse, motherboard, CPU, RAM, HDD, power supply, DVD-ROOM, kartu ekspansi. Piranti pendukung Piranti pendukung merupakan alat untuk menunjang kemampuan komputer, digunakan piranti pendukung untuk keperluan tertentu. Beberapa diantaranya : printer, scanner, webcam, headset, microphone. Media penyimpanan Agar data yang dihasilkan komputer dapat disimpan, maka digunakan media simpan yang terdiri dari : HDD, USB, Disket, Zip Drive, One Drive

Sejarah perkembangan komputer Kalkulator roda numerik Kalkulator mekanik ABACUS Komputer era 1 - ENIAC Komputer era 1 – EDSAC Computer Komputer era 1 – EDVAC Computer Komputer era 1 - UNIVAC

Sejarah perkembangan komputer Komputer era 4 Komputer era 3 Komputer era 2 - LARC Komputer era 5

Perangkat Lunak Aplikasi Bisnis & Perkantoran Perangkat lunak dibedakan menjadi tiga, yaitu : Berdasarkan hak ciptanya Berdasarkan fungsinya Berdasarkan lingkup penggunanya

Kelompok Aplikasi (Hak cipta) Opensource Bebas didistribusikan tanpa adanya persyaratan royalty, program harus memiliki sourcecode, licensi harus dapat dimodifikasi, integrity dari pembuat source code.

Kelompok Aplikasi (Hak cipta) Proprietary software disebut juga komersial Hanya hak ciptanya dimiliki pembuat, kita dapat menggunakannya setelah mendapat lisensi.

Kelompok Aplikasi (Hak cipta) Freeware Perangkat lunak yang dapat digunakan tanpa membayar, namun source code-nya tidak dapat dilihat atau diubah.

Kelompok Aplikasi (Hak cipta) Public domain software Perangkat lunak yang tidak disertai hak cipta dan memungkinkan siapa saja untuk melakukan tindakan apapun terhadap program tersebut.

Kelompok Aplikasi (Hak cipta) Shareware Perangkat lunak yang tersedia tanpa source code dan dapat digunakan sampai batas waktu tertentu, apabila melewati batas waktu harus membayar.

Kelompok Aplikasi (Hak cipta) Rentalware Perangkat lunak yang digunakan oleh suatu institusi tertentu dengan cara membayar sewa.

Kelompok Aplikasi (fungsi) Aplikasi perkantoran

Kelompok Aplikasi (fungsi) Aplikasi grafis

Kelompok Aplikasi (fungsi) Aplikasi multimedia

Kelompok Aplikasi (fungsi) Aplikasi internet

Kelompok Aplikasi (fungsi) Aplikasi keamanan komputer

Kelompok Aplikasi (fungsi) Aplikasi desain sistem