KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 4.
Advertisements

MODEL PROTOTYPE.
Bab 6 PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
ANALISIS SISTEM.
DESAIN ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by.
REKAYASA SISTEM.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
PERENCANAAN PROSES PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK REQUIREMENTS ANALYSIS FUNDAMENTALS
Konsep & Prinsip Analisis
Analisis Persyaratan Perangkat Lunak dan Spesifikasi
Perancangan Perangkat Lunak
THE REQUIREMENTS ANALYSIS PHASE
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Managing Software Requirement 1
A NALISIS K EBUTUHAN DAN S PESIFIKASI P ERANGKAT L UNAK.
Pemodelan Analisis (Part 1) Pertemuan 5 Rekayasa Perangkat Lunak
KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
Pertemuan 11 PRINSIP DAN KONSEP ANALISA
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Kelompok 4 Agusta Sigit Dewantoro Almizan Dio Restu Saputra
Spesifikasi Perangkat Lunak
ANALISIS KEBUTUHAN.
Perangkat Lunak 1.
PriNciples That Guide Practice
Analisis Perancangan Berbasis Objek
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Konsep dan Prinsip Analisis
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
11. REKAYASA SISTEM BERBASIS KOMPUTER
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
Pemeliharaan Perangkat Lunak
RPL.
KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
4 Managing Software Requirement Analisis Kebutuhan
ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
12. KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
Jaminan Mutu dalam Kebutuhan Rekayasa
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
JAMINAN KUALITAS PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE QUALITY ASSURANCE)
RPL.
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
Rekayasa Kebutuhan Software
Analisis Kebutuhan.
PERTEMUAN 1 Konsep Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Analisis Persyaratan System
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Kebutuhan.
Analisa [Kebutuhan] Sistem
Pertemuan 8 Rekayasa Kebutuhan
REKAYASA SISTEM BERBASIS KOMPUTER
JAMINAN KUALITAS PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE QUALITY ASSURANCE)
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
Hanya digunakan di lingkungan Universtias
TESTING DAN QA SOFTWARE PERTEMUAN 18
PRAKTEK RPL.
12. KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
Analisis Persyaratan Perangkat Lunak dan Spesifikasi
KREATIVITAS DAN INOVASI PART 2
Transcript presentasi:

KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS RPL – PERTEMUAN 4

PEMAHAMAN KONSEP ANALISIS Analisis merupakan sebuah : Penemuan Perbaikan Pemodelan Spesifikasi (baru)

PRINSIP ANALISIS PRINSIP OPERASIONAL : domain informasi, fungsi-fungsi, perilaku, model-model, proses analisis PRINSIP PANDUAN : memahami masalah, mengembangkan prototipe, merekam asal dan alasan, menggunakan pandangan persyaratan bertingkat, memprioritaskan persayaratan, mengurangi ambiguitas

PIHAK YANG TERLIBAT Pengembang perangkat lunak Klien Akuntan Auditor eksternal

TUJUAN ANALISIS SISTEM Mendefinisikan masalah secara tepat Menyusun alternatif penyelesaian Memilih dan mempertimbangkan satu dari alternatif tersebut Menyusun spesifikasi logis untuk penyelesaian Menyusun persyaratan fisik untuk penyelesaian Menyusun anggaran untuk fase desain sistem pengkodean dan implementasi sistem

AREA KERJA ANALISIS PERANGKAT LUNAK Identifikasi dan perumusan masalah Evaluasi dan sintesis Pemodelan Spesifikasi kajian

IDENTIFIKASI DAN PERUMUSAN MASALAH Mempelajari spesifikasi sistem Mempelajari rencana projek perangkat lunak

EVALUASI DAN SINTESIS Fokus utama analisis adalah pada ‘apa’ bukan ‘bagaimana’ Menciptakan model-model sistem untuk memahami aliran data dan kontrol, operasi behavioral dan pemrosesan fungsional, serta muatan informasi Model-model sistem yang diciptakan berfungsi sebagai dasar bagi desain perangkat lunak dan untuk membuat spesifikasi perangkat lunak Spesifikasi lengkap belum bisa didapatkan pada tahap ini, pendekatan alternatif pada analisis persyaratan adalah prototyping

PEMODELAN ANALISIS

PEMODELAN DATA Terdiri dari tiga informasi yang saling tergantung Objek data Atribut hubungan

SPESIFIKASI Spesifikasi merupakan representasi persyaratan dari perangkat lunak yang akan dibangun. Diperlukan pendekatan sbb : Teknik spesifikasi yang terfasilitasi (Facilitated Aplication Specification Techniques = FAST) Pertemuan dilakukan di tempat netral yang dihadiri oleh pengembang maupun pelanggan. Tujuannya : identifikasi masalah, pemecahan, negosiasi, membentuk persyaratan PL. Ada fasilitator (sebaiknya konsultan) yang bertugas mengontrol pertemuan. Penyebaran fungsi kualitas Quality Function Deployment (QFD) adalah teknik manajemen kualitas yang menterjemahkan kebutuhan pelanggan ke dalam persyaratan teknis bagi perangkat lunak QFD berkonsentrasi pada pemaksimalan kepuasan pelanggan Hasil proses spesifikasi dituangkan dalam Dokumen Spesifikasi PL

KAJIAN Kajian digunakan untuk memastikan Spesifikasi sudah lengkap, konsisten, dan akurat. Contoh pertanyaan kajian : • Apakah tujuan dan sasaran yang dinyatakan bagi PL tetap konsisten dengan tujuan dan sasaran sistem? • Apakah interface ke semua elemen sistem sudah digambarkan? • Apakah aliran informasi dan struktur telah didefinisikan dengan tepat bagi domain masalah? • Apakah diagram telah dipresentasikan dengan jelas? • Apakah fungsi mayor tetap ada dalam ruang lingkup dan sudah digambarkan dengan tepat? • Apakah perilaku PL konsisten dengan informasi yang harus diproses dan fungsi yang harus dilakukannya? • Apakah batasan desain realistis? • Apakah risiko teknologis pengembangan sudah dipertimbangkan? • Apakah kriteria validasi dinyatakan secara detil dan memadai untuk menggambarkan sebuah sistem yang berhasil? • Apakah ada inkonsistensi, penghilangan, atau redundancy? • Apakah kontak dengan pelanggan sudah lengkap? • Apakah pemakai sudah mengkaji manual atau prototype?

KEBUTUHAN SOFTWARE Prinsip Spesifikasi Memisahkan kemampuan dari implementasi Mengembangkan suatu model menyangkut perilaku yang diinginkan dari suatu system Menetapkan konteks di mana software beroperasi Menggambarkan lingkungan di mana sistem beroperasi Menciptakan suatu model teori dibanding suatu implementasi atau disain model Spesifikasi adalah suatu model abstrak dari suatu sistem riil Menetapkan struktur dan isi dari suatu spesifikasi ( mudah untuk diubah)